Kumpulan Soal Latihan UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Indonesia) Bagian Kelima (Part 5)

Berikut ini adalah bagian kelima dari kumpulan latihan soal Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Indonesia (UKMPPD) yang telah kami himpun dari beberapa sumber, untuk kumpulan soal sebelumnya dapat diklik disini. Diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi para calon peserta ujian maupun dapat juga berfungsi untuk mengasah pengetahuan dan mengingat kembali ilmu yang telah dipelajari bagi para teman sejawat maupun mahasiswa. Kami memohon maaf jika terdapat kesalahan penulisan atau beberapa penjelasan maupun kunci jawaban yang kurang tepat. Semoga dapat memberikan manfaat dan bagi yang akan menjalani UKDI / UKMPPD diberikan kesuksesan dan kelancaran.


1. Seorang laki-laki diantar polisi ke UGD RS oleh seorang polisi setelah Kecelakaan Lalu Lintas (KLL) dengan keluhan sesak nafas, pasien juga mengeluh nyeri dada. Pada pemeriksaan fisik ditemukan memar pada dada, pernapasan dada kanan tertinggal, perkusi hipersonor pada dada kanan. TD 110/80mmHg, RR 30x/menit, Nadi 92x/ menit, Suhu 36,9 derajat celcius. Pada pemeriksaan radiologis didapatkan gambaran sebagai berikut:

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Seorang laki-laki diantar polisi ke UGD RS oleh seorang polisi setelah Kecelakaan Lalu Lintas (KLL) dengan keluhan sesak nafas, pasien juga mengeluh nyeri dada. Pada pemeriksaan fisik ditemukan memar pada dada, pernapasan dada kanan tertinggal, perkusi hipersonor pada dada kanan. TD 110/80mmHg, RR 30x/menit, Nadi 92x/ menit, Suhu 36,9 derajat celcius. Pada pemeriksaan radiologis didapatkan gambaran ronsen dada jantung paru opak lusen radioopaque

Apakah komplikasi yang bisa terjadi pada pasien ini?

A. Shock hipovolemik

B. Shock haemorrhagic

C. Shock neurogenic

D. Shock anafilaktik

E. Shock kardiogenik

 

Jawaban: E. Shock Kardiogenik

Penjelasan :

  • Dada kanan tertinggal ➔ sesuatu patologis di dada kanan
  • Hipersonor di dada kanan ➔ udara berlebih di dada kanan
  • Ada udara berlebih yang patologis yang disebabkan oleh trauma thorax pada pasien ini. Kemungkinan besar suatu pneumothorax. Konfirmasi radiologis menunjukkan adanya pneumothorax di hemithorax kanan. Komplikasi syok pada pneumothorax adalah jika pneumothorax tersebut ventil/tension, maka terjadi mediastinal shifting yang membuat vena cava tertekuk dan jantung tertekan. Hal ini membuat terjadi adanya kegagalan fungsi diastolik jantung, sehingga akan cepat menimbulkan syok kardiogenik dan kematian.


2. Anak laki-laki usia 10 tahun, mengeluhkan bagian alat vitalnya kesakitan setelah bermain bola. Posisi salah satu testis lebih tinggi dan mendatar, dari USG doppler ditemukan vaskularisasi menurun. Refleks cremaster masih ada. Diagnosis?

A. Torsio testis

B. Epididimitis

C. Orkitis

D. Varikokel

E. Ruptur uretra


Jawaban: A. Torsio testis

Penjelasan :

  • Nyeri testis mendadak ➔ akut  scrotum (torsio testis,  torsio appendix testis, epididimoorchitis akut, perdarahan, hernia scrotalis inkarserata/stranggulata, tumor testis yang pecah)
  • Testis lebih tinggi, letak horizontal/ melintang/ mendatar tanda torsio testis. Doppler ditemukan vaskularisasi menurun meningkatkan diagnosis torsio testis. Pada epididimoorchitis akut vaskularisasinya meningkat.


3. Anak laki-laki 6 tahun datang dengan keluhan nyeri tungkai kanan bawah. Keluar nanah sejak 6 bulan dari tungkai kanan. Riwayat fraktur tulang 1/3 tengah tungkai kanan bawah tapi tidak diobati. Dari foto X-Ray didapatkan gambaran sebagai berikut:

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Anak laki-laki 6 tahun datang dengan keluhan nyeri tungkai kanan bawah. Keluar nanah sejak 6 bulan dari tungkai kanan. Riwayat fraktur tulang 1/3 tengah tungkai kanan bawah tapi tidak diobati. Dari foto X-Ray didapatkan gambaran sebagai berikut, radiologis, ronsen, radioopaque, radioluscen, luscen, lusen, opaque. opak

Apa kemungkinan diagnosis dari kasus di atas?

A. Osteomyelitis Kronis

B. Osteomyelitis Akut

C. Osteosarcoma

D. Fraktur Malunion

E. Fraktur Non Union


Jawaban: A. Osteomyelitis kronis

Penjelasan :

  • Nyeri tungkai, keluar nanah, riwayat neglected fracture ➔ osteomyelitis kronis. Pada foto terlihat adanya involucrum dan sinus track untuk drainase pus yang merupakan tanda dari osteomyelitis kronis.



4.    Anak 7 tahun diare darah lendir sebanyak 4x sejak kemarin. Riwayat muntah hijau 2 hari yang lalu, didahului dengan diare sejak 1 minggu yang lalu. Pemeriksaan fisik perut tidak distended, teraba massa di perut kuadran atas kanan. Dari rectal toucher terdapat kolaps caecum, pada sarung tangan terdapat darah. Foto toraks abdomen didapatkan dilatasi usus halus. Dari CT scan tidak didapatkan target sign. Diagnosis?

A. Disentri amoeba

B. Tumor abdomen

C. Ileus

D. Apendisitis

E. Volvulus





Jawaban: A. Disentri amoeba

Penjelasan :

  • Pada kasus in diare 7 hari, diare darah lendir, muntah hijau, masa perut kanan atas
  • Kolitis amuba muncul secara bertahap, dengan gejala yang muncul selama 1-2 minggu; pola ini membedakan kondisi ini dari disentri bakteri. Diare adalah gejala yang paling umum. Pasien dengan kolitis amuba biasanya datang dengan keluhan nyeri perut kram, diare berair atau berdarah, dan penurunan berat badan atau anoreksia. Demam tercatat pada 10-30% pasien. Amebiasis usus dapat menyerupai apendisitis akut. Pendarahan rektal tanpa diare dapat terjadi, terutama pada anak-anak. Pasien dengan kolitis amuba akut mungkin memiliki nyeri tekan perut kuadran bawah (12-85% kasus). Demam tercatat hanya pada sebagian kecil pasien (10-30%). Penurunan berat badan terjadi pada 40%. Dehidrasi jarang terjadi. Darah samar hampir selalu ada dalam tinja (70-100%). Kolitis amuba fulminan biasanya ditandai dengan nyeri perut, distensi, dan nyeri tekan.
  • Gejala apendisitis akut klasik adalah nyeri epigastrium atau periumbilikal diikuti dengan mual, muntah, dan anoreksia singkat. Setelah beberapa jam, nyeri berpindah ke kuadran kanan bawah. Nyeri meningkat dengan batuk dan gerakan. Tanda-tanda klasik apendisitis adalah nyeri tekan kuadran kanan bawah langsung dan rebound yang terletak di titik McBurney.
  • Gejala volvulus berkembang dengan cepat dan umumnya cukup dramatis sehingga bayi dibawa lebih awal ke ruang gawat darurat, yang dapat menjadi kritis untuk kelangsungan hidup, seperti: nyeri perut atau distensi (pembengkakan perut), mual atau muntah, muntah cairan hijau tua atau bahan bernoda hijau (juga disebut muntah empedu), tinja berdarah atau merah tua, sembelit atau kesulitan mengeluarkan tinja, syok.
  • Target sign pada CT scan: penebalan dinding usus, Some diseases with which this sign has been associated include ischemic bowel disease (ischemic enteritis and ischemic colitis), intramural intestinal hemorrhage, idiopathic inflammatory bowel diseases (Crohn disease and ulcerative colitis), vascular disorders (Henoch-Sch├Ânlein purpura), infectious diseases (infectious colitis and pseudomembranous colitis), radiation damage (enteritis and radiation colitis), and bowel edema associated with portal hypertension.




5. Laki-laki 22 tahun, datang ke IGD setelah jatuh dari sepeda motor. Pada X-ray didapatkan fraktur distal radius dengan dislokasi radioulnar. Diagnosa?

A. Fraktur Galeazzi

B. Fraktur Smith

C. Fraktur Colles

D. Fraktur Montegia

E. Fraktur Ulnaris





Jawaban: A . Fraktur Galeazzi

Penjelasan :

  • Fraktur-dislokasi Galeazzi adalah pola cedera yang melibatkan fraktur terisolasi dari persimpangan sepertiga distal dan sepertiga tengah radius dengan subluksasi atau dislokasi sendi radioulnar distal (DRUJ) terkait.
  • Fraktur Smith (juga dikenal sebagai fraktur Goyrand dalam literatur Prancis) adalah fraktur radius distal dengan angulasi palmar terkait dari fragmen fraktur distal. Fraktur Smith biasanya terjadi dalam salah satu dari dua cara: jatuh ke pergelangan tangan yang tertekuk atau pukulan langsung ke bagian belakang pergelangan tangan.
  • Colles: fraktur regio metafisis radial distal dengan angulasi dorsal dan impaksi, tetapi tanpa melibatkan permukaan artikular.
  • Fraktur-dislokasi Monteggia terdiri dari fraktur poros ulna dan dislokasi kaput radial.




6. Laki-laki 20 tahun, datang ke IGD setelah jatuh dari mengendarai sepeda motor. Pasien jatuh dengan posisi tangan tertekuk ke dalam menatap aspal. Pada Xray didapatkan fraktur distal radius dengan pergeseran ke anterior. Diagnosa?

A. Fraktur Galeazzi

B. Fraktur Smith

C. Fraktur Colles

D. Fraktur Montegia

E. Fraktur Ulnaris






Jawaban: B. Fraktur Smith

Penjelasan :

  • Fraktur-dislokasi Monteggia terdiri dari fraktur poros ulna dan dislokasi kaput radial.
  • Fraktur-dislokasi Galeazzi adalah pola cedera yang melibatkan fraktur terisolasi dari persimpangan sepertiga distal dan sepertiga tengah radius dengan subluksasi atau dislokasi sendi radioulnar distal (DRUJ) terkait.
  • Fraktur Colles: fraktur regio metafisis radial distal dengan angulasi dorsal dan impaksi, tetapi tanpa melibatkan permukaan artikular.
  • Fraktur Smith (juga dikenal sebagai fraktur Goyrand dalam literatur Prancis) adalah fraktur radius distal dengan angulasi palmar terkait dari fragmen fraktur distal. Fraktur Smith biasanya terjadi dalam salah satu dari dua cara: jatuh ke pergelangan tangan yang tertekuk atau pukulan langsung ke bagian belakang pergelangan tangan.




7. Anak 12 bulan dibawa orang tuanya ke IGD dengan keluhan nyeri perut mendadak, setiap 15 menit durasi 3 menit. Didapatkan muntah, BAB darah dan lendir, setiap serangan kaki mengangkat keatas. Terdapat masa di abdomen kanan atas. Apa kemungkinan penyebab keluhan di atas?

A. Neoplastik

B. Volvulus

C. Invaginasi

D. Hernia

E. Hirschprung's disease






Jawaban: C. Invaginasi

Penjelasan :

  • Intususepsi/Invaginasi: Bayi dengan intususepsi tiba-tiba mengalami nyeri kram perut; lutut bayi menekuk, dan bayi menangis dan menunjukkan pucat dengan pola kolik yang terjadi setiap 15 sampai 20 menit. Pemberian makan ditolak. Saat intususepsi berkembang, dan obstruksi menjadi berkepanjangan, muntah empedu menjadi menonjol, dan usus yang melebar dan lelah menghasilkan lebih sedikit tekanan dan lebih sedikit rasa sakit. Aliran keluar vena dari intususeptum terhambat, menyebabkan edema, tangisan cairan, dan kongesti dengan perdarahan. Kehilangan cairan dari ruang ketiga dan hasil feses "currant jelly". Massa berbentuk sosis yang disebabkan oleh usus yang bengkak dan terintususepsi dapat teraba di kuadran kanan atas atau epigastrium.
  • Volvulus: Volvulus usus adalah suatu kondisi di mana usus menjadi bengkok, yang mungkin merupakan akibat dari malrotasi. Gejala volvulus berkembang dengan cepat dan umumnya cukup dramatis sehingga bayi dibawa lebih awal ke ruang gawat darurat, yang dapat menjadi kritis untuk kelangsungan hidup, seperti: nyeri atau distensi perut (pembengkakan perut), mual atau muntah, muntah cairan hijau tua atau bahan bernoda hijau (juga disebut muntah empedu), tinja berdarah atau merah tua, sembelit atau kesulitan mengeluarkan tinja, syok.
  • Penyakit Hirschprung: Biasanya muncul pada periode bayi baru lahir dengan kegagalan mengeluarkan mekonium pada usia 24 jam. Gejala obstruksi usus distal terjadi dengan distensi dan muntah empedu. Pemeriksaan rektal digital mengungkapkan rektum kosong yang mengepal di sekitar jari pemeriksa, memberikan kesan sfingter memanjang. Ketika jari ditarik, semburan kuat tinja yang tertahan sering dikeluarkan.





8. Anak laki-laki 12 tahun datang ke IGD RS setelah jatuh dari motor dengan keluhan sakit saat kencing. Yang dikhawatirkan terjadi pada pasien ini adalah?

A. Rupture uretra pars bulbaris

B. Prostat membesar sehingga menekan uretra

C. Nyeri sehingga tubuh mengira VU penuh

D. Hematoma perineum






Jawaban: A. Rupture uretra pars bulbaris

Penjelasan :

  • Urethra posterior: pars prostatica dan pars membranosa, sedangkan uretrha anterior: pars bulbosa dan pars pendulosa.
  • Adanya riwayat trauma (terjatuh dari sepeda motor) sebelumnya kemudian terjadi nyeri kencing patut dicurigai adanya suatu trauma/rupture urethra.





9. Bayi usia 5 hari dibawa ibunya ke IGD RS karena perut membesar dan tidak BAB sejak 4 hari lalu. BAB berwarna hijau keluar sedikit demi sedikit pada usia 1 hari. Setelah dilakukan RT didapatkan feses muncrat. Diagnosis pada pasien ini adalah .......

A. Penyakit hirschprung

B. Atresia ani

C. Atresia duodenum

D. Stenosis pilorus

E. Intususepsi






Jawaban: A. Penyakit Hirschsprung

Penjelasan :

  • Keluhan obstruksi upper GI ➔ muntah dominan, segera, anak sering dehidrasi, abdomen flat/schapoid
  • Keluhan obstruksi lower GI ➔ perut membesar dominan, BAB
  • tidak keluar/mekoneal terlambat, sering datang bbrp hari kemudian, jarang dehidrasi, abdomen distensi, bisa muntah faecal.
  • Pada pasien ini didapatkan tanda obstruksi lower GI. BAB sulit, mekoneal terlambat, saat RT feses keluar menyemprot merupakan tanda dari aganglionic megacolon hirschsprung disease. Malformasi anorektal lain didapatkan kesulitan saat RT karena posisi ato diameter anorektal tidak normal.





10. Laki-laki 21 tahun, dibawa ke IGD dengan keluhan nyeri terbakar dan kesemutan pada tungkai kanan. Saat ini pasien tidak dapat menggerakkan kakinya. Terasa nyeri saat digerakkan secara pasif. Pasien memiliki riwayat kakinya terbentur saat bermain sepakbola. Pemeriksaan fisik pada tungkai kanan bawah: pain, pallor, puffiness, pulseless.

Diagnosis pasien ini ......

A. Ankle sprain

B. Compartement Syndrome

C. Dislokasi Genu

D. Dislokasi Ankle

E. Fraktur tibia








Jawaban: B. Compartment Syndrome.

Penjelasan :

  • Keluhan nyeri, adanya riwayat trauma disertai dengan tanda dari 5P: Pain, Pallor, Puffiness, Pulseless, dan Paresthesia merupakan syarat yang digunakan untuk diagnosis sindroma kompartemen secara klinis. Sprain, dislokasi, dan fraktur umumnya hanya menimbulkan tanda dan gejala terlokalisir di sendi yang bersangkutan, tetapi dapat berisiko terjadinya sindroma kompartemen dalam prosesnya. (ATLS manual 9th, Bab 8)






11. Laki-laki 26 tahun mengeluh BAB berdarah. Darah merah segar keluar lebih dulu sebelum kotoran keluar. BAB terasa keras. Tidak ditemukan adanya benjolan pada perianal. Terapi yang tepat pada pasien ini?

A. Vasokonstriktor + Diet Tinggi Serat

B. Antikoagulan + Diet Tinggi Serat

C. Operatif + Modifikasi gaya hidup

D. Diet Tinggi Serat + Modifikasi gaya hidup

E. Operatif + vasokonstriktor








Jawaban: D. Diet tinggi serat + modifikasi gaya hidup.

Penjelasan :

  • Gejala BAB berdarah tanpa ditemukan benjolan pada perianal menandakan suatu diagnosis hemorrhoid internal grade I (sama sekali tidak ada benjolan) atau grade II (benjolan bisa masuk secara spontan). Penderita juga memiliki faktor risiko BAB yang keras. Tatalaksana untuk hemorrhoid interna grade I atau II adalah terapi konservatif, antara lain rendam duduk, diet tinggi serat, minum air yang cukup, pencahar, analgetik sistemik atau topikal, dan menjaga higienitas anal. (Medscape, Hemorrhoids)







12. Laki-laki 40 tahun mengeluh sulit buang air kecil. Riwayat pernah keluar batu seukuran kacang dari saluran kencing. Nyeri ketok CVA (+). Pemeriksaan penunjang yang pertama dilakukan pada kasus di atas adalah .........

A. Foto polos abdomen

B. IVP

C. USG urologi

D. CT abdomen

E. CT urologi






Jawaban: C. USG Urologi.

Penjelasan :

  • Adanya keluhan BAK, riwayat keluar batu dari saluran kencing, dan nyeri ketok CVA menjadi kecurigaan akan adanya batu di saluran kencing, mulai dari ginjal, ureter, buli, bahkan urethra.
  • Ultrasound (US) sebaiknya digunakan sebagai alat pencitraan diagnostik utama, meskipun demikian penghilang rasa sakit, atau tindakan darurat lainnya tidak boleh ditunda oleh penilaian pencitraan. USG aman (tidak ada risiko radiasi), dapat diulang dan relatif murah. Ini dapat mengidentifikasi batu yang terletak di kaliks, panggul, dan persimpangan pyeloureteric dan vesicoureteric, serta pada pasien dengan dilatasi saluran kemih bagian atas. USG memiliki sensitivitas 45% dan spesifisitas 94% untuk batu ureter dan sensitivitas 45% dan spesifisitas 88% untuk batu ginjal. Sensitivitas dan spesifisitas radiografi KUB adalah 44-77% dan 80-87%. Radiografi KUB tidak boleh dilakukan jika NCCT dipertimbangkan, namun, hal ini membantu dalam membedakan antara batu radiolusen dan radiopak dan untuk perbandingan selama masa tindak lanjut. (European Association of Urology in Guideline on Urolithiasis, halaman 11)




13. Laki-laki 60 tahun datang ke IGD dengan keluhan sulit BAK, terasa tidak puas, pancaran kencing terputus-putus disertai nyeri. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembesaran prostat (-) polus superior teraba, nyeri (+) konsistensi kenyal, berdungkul (-). Diagnosis pada pasien .......

A. Prostatitis

B. BPH

C. CA prostat

D. Tumor buli

E. Ca Buli






Jawaban: A. Prostatitis

Penjelasan :

  • Prostatitis: pada umumnya terjadi pada pria dewasa. Gejala frekuensi, urgensi, disuria, bahkan sampai pada retensi urine. Pada pemeriksaan DRE/RT, tidak didapatkan pembesaran prostat dan disertai nyeri hebat.
  • BPH : ada pembesaran prostat, pada RT pole superior tidak teraba. Ca prostat: pada RT permukaan prostat berdungkul, PSA meningkat
  • Ca buli: painless, gross, intermitten hematuria Sumber: Oxford Handbook of Urology, Bladder Outlet Obstruction



14. Laki-laki 65 th datang dengan keluhan tidak bisa berkemih sejak 12 jam yang lalu, beberapa bulan ini dirasakan kencing tidak tuntas, dan sering terbangun pada malam hari untuk kencing. Tanda vital dalam batas normal. Teraba masa kistik pada area suprapubik. Apakah tindakan yang tepat dilakukan pada pasien?

A. Cystografy

B. Cystosomy

C. USG

D. Pemasangan kateter

E. IVP







Jawaban: D. Pemasangan kateter

Penjelasan :

- Penyebab retensi urine paling umum pada pria adalah BPH, Ca prostat, dan striktur uretra. Penyebab lainnya injury pada S2-S4, clotting, obstruksi batu, dll. Langkah utama, sederhana, dan non-invasive yang bisa dilakukan adalah pemasangan kateter urine. Sumber: Oxford Handbook of Urology, Acute Urinary Retention





15. Pria berusia 61 tahun datang ke RS dengan keluhan pancaran kencing melemah sejak 4 bulan yang lalu. Pada anamnesa pasien tidak mengeluh nyeri dan keluar cairan bening. Pasien sering terbangun pada malam hari karena sering kencing. Pasien mengeluh setiap kencing harus mengejan dan tidak puas setelah kencing. Pasien tidak mengeluh demam. Pada pemeriksaan fisik TD 110/80 N 18 RR 20. Pada memeriksaan rectal toucher, didapatkan pembesaran prostat, simetris, dan rata. Pada pemeriksaan urin tidak didapatkan bakteri.

Apa kemungkinan hormon yang berperan pada keluhan di atas?

A. Dehidrotestosteron

B. Aldosterone

C. Progesterone

D. HCG

E. Testosterone






Jawaban: A. Dihidrotestosteron.

Penjelasan :

  • Pancaran melemah, sering kencing, mengejan untuk memulai kencing, merasa ada sisa saat selesai kencing ➔ LUTS (Lower urinary tract symptoms). LUTS sering didapatkan pada batu buli, ISK bawah (sistitis), atau BPH. Pada pasien ini didapatkan prostat membesar dan tidak ada bakteriuria, sehingga mengarah pada BPH.
  • Hormon paling bertanggung jawab pada BPH adalah dihidrotestosteron (DHT).

Referensi : Smith's General Urology 17th ed. Halaman 348

 



16. Pria 60 tahun datang ke poliklinik dengan riwayat karsinoma prostat. Sudah dilakukan TURP (Transurethral resection of the prostate) pada pasien. Lokasi TURP/karsinoma yang paling sering adalah ......

A. Zona transisional

B. Zona perifer

C. Zona perivaskuler

D. Zona transisional dan perifer

E. Zona perifer dan perivaskuler








Jawaban: B. Zona perifer

Penjelasan :

  • Kurang lebih 75% karsinoma prostat terdapat pada zona perifer prostat dan 15-20% terdapat pada zona sentral dan zona transisional.




17. Ibu membawa anaknya yang berumur 1 bulan karena BAB jarang, tiap 2-3 hari sekali. Riwayat mekoneum keluar 48 jam setelah lahir. Dari Rontgen Babygram didapatkan gambaran dilatasi kolon. Saat di RT dan dilepas didapatkan feses meleleh. Apakah diagnosa pasien diatas:

A. Hirschprung disease

B. Atresia kolon

C. Atresia ani

D. Fistula rektovaginal

E. Fistula rektouretral









Jawaban: A. Hirchsprung disease

Penjelasan :

  • A. Hirchsprung disease (passage mekonium > 24 jam, dilatasi kolon pada xray. Pada anak yang lebih besar memiliki gejala konstipasi persisten dan distensi abdomen kronik).
  • Atresia ani, atresia kolon ➔ obstruksi komplit, tidak bisa BAB
  • Fistul rektouretra ➔ BAK bercampur BAB.




18. Pria 55 tahun datang dengan keluhan sakit perut dan BAB berdarah. Dari pemeriksaan histo PA colon didapatkan abses dengan kripte. Diagnosis kasus di atas adalah .....

A. Crohn disesase

B. Colitis ulcerative

C. Hirschprung

D. Ileus

E. Carcinoma colon






Jawaban: B. Colitis ulcerative

Penjelasan :

  • Temuan mikroskopis yang khas pada kolitis ulserativa adalah peradangan pada mukosa dan submukosa. Lesi yang paling khas adalah abses kripta, di mana kumpulan neutrofil mengisi dan memperluas lumina/ lumen kripta individu Lieberk├╝hn. Meski demikian Abses kripta, tidak spesifik untuk kolitis ulserativa dan dapat juga ditemui pada penyakit Crohn dan kolitis infeksi.




19. Laki laki , 17 tahun, datang ke IGD RS dengan keluhan utama bengkak di buah zakar kanan dan nyeri sejak 1 hari yang lalu. Keluhan lain berupa nyeri menjalar sampai ke lipat paha. Pemeriksaan fisik didapatkan kemerahan, testis kanan tampak lebih horisontal daripada kiri . Diagnosis?

A. Torsio testis

B. Orkitis

C. Epididymitis

D. Gangren scrotalis










Jawaban: A. Torsio testis

Penjelasan :

  • Torsio testis (paling banyak pada usia 12-20 tahun), berkaitan dengan kelainan sistem penyanggah testis (anomali bellclapper) ' saat kontraksi kremaster berlebihan, misalnya perubahan suhu yang mendadak (seperti pada saat berenang, ketakutan, latihan yang berlebihan, batuk, celana yang terlalu ketat, defekasi, atau trauma yang mengenai skrotum ➔ torsio testis).
  • Klinis: nyeri mendadak, bengkak pada testis, nyeri menjalar ke inguinal atau perut bawah, letak testis lebih tinggi dan lebih horizontal dari kontralateral.
  • Pada epididimitis akut, jika testis diangkat, nyeri berkurang. Pada torsio testis, nyeri tetap.
  • Keadaan pada pilihan jawaban lain tidak menyebabkan letak testis lebih horizontal disertai inflamasi yang akut (1 hari).



20. Laki laki, 25 tahun, keluhan utama sesak nafas dan nyeri dada kanan setelah jatuh dari sepeda motor 2 jam yang lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan hipersonor dada kanan, suara vesikuler menurun, dada kanan tertinggal, trakea di tengah. Tatalaksana yang tepat untuk kasus di atas:

A. Dekompresi jarum

B. Intubasi

C. Face mask

D. Cairan kristaloid

E. Trakeostomi








Jawaban: C. Face mask (+oksigen)

Penjelasan :

  • Manifestasi klinis pneumothorax: suara nafas menurun, perkusi hipersonor, gerak dada menurun saat inspirasi. Kalau open, diberi occlusive dressing tiga sisi. Kalau closed, WSD.
  • Tension pneumothorax: ditambahi deviasi trakea, shifting mediastinum, hipotensi, distres nafas ➔ tatalaksana: needle decompression.
  • Tatalaksana trauma ABC:

  1. Airway: bebaskan jalan nafas (tanpa alat/manuver atau dengan alat, misalnya OPA, NPA, intubasi, trakeostomi, dsb),
  2. Breathing: oksigen, chest decompression pada tension pneumothorax, WSD pada hemothorax atau pneumothorax
  3. Circulation: resusitasi dengan cairan kristaloid/koloid.




21. Laki-laki 40 tahun, dibawa ke IGD setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Terjadi penurunan kesadaran, GCS E2V2M4, pupil anisokor, nadi 55x/menit, RR 28, TD 160/70. Tatalaksana awal apa yang paling tepat dilakukan?

A. Burr hole

B. Craniotomy

C. MRI kepala

D. Infus manitol

E. Infus cairan isotonis

 








Jawaban: D. Infus Mannitol.

Penjelasan :

  • Bradikardia dan hipertensi merupakan dua dari trias Cushing, pupil yang anisokor, dan GCS 8, keseluruhan dari gejala-gejala tersebut adalah tanda dari peningkatan tekanan intra kranial (TIK), bahkan tanda awal herniasi batang otak. Oleh karena itu, pertolongan pertama yang harus diberikan dalam unit gawat darurat adalah head up 30o, pemberian manitol dan/atau furosemide, dan pemasangan pipa endotrakeal. (Guideline to Practice of Emergency Medicine halaman 109)




22. Laki-laki 19 tahun datang ke IGD karena nyeri tiba-tiba di kantung buah zakar setelah bermain bola. Dari pemeriksaan didapatkan testis kiri lebih tinggi dan horizontal. Phren sign (+). Tatalaksana awal yang tepat adalah?

A. Detorsi manual

B. Orkidektomi

C. Orkidopeksi

D. Pasang kateter

E. Vasektomi









Jawaban: A. Detorsi manual.

Penjelasan :

  • Nyeri skrotal akut dan riwayat trauma dicurigai menjadi suatu kegawatdaruratan dalam bidang urologi. Torsio testis merupakan kegawatdaruratan yang harus diterapi secepatnya. Pada pemeriksaan fisik, dapat dijumpai pembengkakan, nyeri, testis yang lebih tinggi sebelah, posisi horizontal pada testis yang terkena, dan hilangnya reflek kremaster. Phren sign yang positif merupakan pemeriksaan untuk mencurigai epididimitis akut, tapi pemeriksaan ini tidak spesifik. Detorsi pembedahan harus dilakukan dalam waktu 6 jam, tapi detorsi manual dapat dikerjakan terlebih dahulu di UGD karena dapat meningkatkan viabilitas testis dan mengurangi rasa nyeri. (Medscape, Testicular Torsion Treatment and Management)




23. Laki-laki 70 tahun, mengeluhkan ada benjolan di dubur, terasa nyeri sejak 2 minggu yang lalu. TD 110/70, N 80x, RR 20x, suhu 37. Pada pemeriksaan fisik mukosa ani prolaps dan terjadi inkaserata. Terapi non-farmakologis yang paling tepat adalah .......

A. Manual Reduction

B. Rubber band ligation

C. Sclerotherapy

D. Heater probe coagulation

E. Hemorroidectomy









Jawaban: E. Hemorroidectomy

Penjelasan :

  • Untuk complicated hemorrhoid, pilihannya adalah hemorroidectomy. Sumber: American College of Gastroenterology Clinical Guideline: Management of Benign Anorectal Disorders.




24. Laki-laki post KLL mengeluhkan sesak TTV normal, perkembangan dada kanan tertinggal, suara nafas turun, perkusi redup. Didapatkan gambaran rontgen sebagai berikut. Syok yang mungkin terjadi ....

A. Syok kardiogenik

B. Syok septik

C. Syok hipovolemik

D. Syok neurogenic

E. Syok distributive











Jawaban: A. Syok kardiogenik

Penjelasan :

  • Soal lesi di kanan, pada foto rontgen lesi di kiri. Pada Ro Thorax didapatkan air-fluid level yang merupakan gambaran pada hematopneumothorax. Penekanan pada rongga mediastinum dapat menghambat kontraktilitas jantung terutama pada fase diastolik, menurunkan cardiac output, sehingga terjadi syok kardiogenik.




25. Laki-laki 70 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada kaki, bengkak, dan kemerahan. Terdapat riwayat penurunan berat badan. Dari foto rontgen didapatkan erosi pada tulang rawan. Diagnosis pada pasien?

A. Osteoporosis

B. Ewing sarcoma

C. RA

D. Gout artritis akut

E. Osteomyelitis










Jawaban: C. Rheumatoid arthritis

Penjelasan :

  • Ewing sarcoma terjadi pada dekade pertama dan dekade kedua umur manusia. Gout arthritis akut menyerang MTP 1 unilateral. Osteoporosis lebih sering pada wanita. Sumber: PAPDI edisi 4, Bab Reumatologi




26. Laki-laki, 28 tahun, datang ke IGD RS dengan keluhan nyeri perut kanan bawah sejak 2 hari yang lalu. Sebelumnya nyeri perut dirasakan di daerah epigastrium dan menjalar ke kanan bawah. Demam, mual, muntah (+). TTV (febris 38.3). Dari pemeriksaan fisik didapatkan nyeri tekan daerah appendix (+), nyeri lepas (+), Rovsing sign (+). Diagnosis?

A. Appendicitis akut

B. Appendicitis kronis

C. Appendicitis infiltrat

D. Appendicitis perforata

E. Gastroduodenitis









Jawaban A. Appendicitis akut

Penjelasan :

  • Gejala apendisitis akut klasik adalah nyeri epigastrium atau periumbilikal diikuti dengan mual, muntah, dan anoreksia singkat. Setelah beberapa jam, nyeri berpindah ke kuadran kanan bawah. Nyeri meningkat dengan batuk dan gerakan. Tanda klasik apendisitis adalah nyeri tekan kuadran kanan bawah langsung dan rebound yang terletak di titik McBurney (persimpangan sepertiga tengah dan luar dari garis yang menghubungkan umbilikus dengan spina superior anterior). Tanda apendisitis tambahan adalah nyeri yang dirasakan pada kuadran kanan bawah dengan palpasi pada kuadran kiri bawah (Rovsing sign), peningkatan nyeri yang disebabkan oleh ekstensi pasif sendi panggul kanan yang meregangkan otot iliopsoas (tanda psoas), atau nyeri yang disebabkan oleh rotasi internal pasif dari paha yang tertekuk (tanda obturator). Demam ringan (suhu rektal 37,7 hingga 38,3 ° C [100 hingga 101 ° F]) sering terjadi. Studi laboratorium biasanya menunjukkan leukositosis (12.000 hingga 15.000/mL), tetapi temuan ini sangat bervariasi; jumlah WBC normal tidak boleh digunakan untuk menyingkirkan apendisitis.



27. Laki-laki, 30 tahun, sudah 2 tahun menikah tidak punya anak. Keluhan (-). Kerja di pabrik pestisida, hubungan suami-istri rutin. Pemeriksaan sperma di bilik hitung 10 juta/ml, motilitas a: 10 b: 20 (turun), morfologi (turun).

A. Normozoospermia

B. Oligozoospermia

C. Oligoastenozoospermia

D. Oligoteratozoospermia

E. Oligoteratoastenozoospermia











Jawaban: E. Oligoteratoastenozoospermia

Penjelasan :

- Spermiogram atau semen analysis adalah pemeriksaan sperma untuk diagnostic dalam kasus infertilitas. Kriteria lama menganjurkan interpretasi spermiogram difokuskan pada 3 hal (konsentrasi jumlah sperma dalam 1 ml, presentase spermatozoa yang masih aktif/motil dalam 1 jam setelah ejakulasi, serta morfologi/ bentuk sperma normal).

Interpretasi spermiogram:

1. Jumlah spermatozoa/mL 0 - azoo*

0-5 juta/ml - ekstrimoligo* 5-20juta/ml - oligo*

20-250 juta/ml - normal

<250 juta/ml - polizoo*

2. Presentasi spermatozoa yang motil dalam 1 jam setelah ejakulasi; lebih dari 50% motil-normal

< 50% motil - astheno* ➔ perlu dilakukan uji viabilitas

3. Presentase bentuk/morfologi normal

Lebih dari 30% - normal

<30% yang normal- terato*

*=zoospermia


SPERM/SEMEN ANALYSIS: RESULT

Normozoospermia

Normal Ejaculate

Oligozoospermia

Spermk concentration <20 million/ml

Asthenozoospermia

Movement Abnormalities

Teratozoospermia

<30% sperm with normal morphology

Oligoasthenoterato zoospermia

Disturbance of all three variables

Azoospermia

No sperm in ejaculate

Aspermia

No ejaculate

                            Rowe PJ, et al. 1993.


Table1 - SEMEN ANALYSIS-W.H.O. 2010 REVERENCES RANGES

Ejaculate Volume

1.5 - 5.5 ml

Sperm Concentration

>14 x 106 sperm/ml

Motility

>43%

Forward Progression

2 (scale 1-4)

Morphology

4% Kruger

Also: No agglutination (clumping), white cells, or increased viscosity


Rangkai 3 kriteria diatas sesuai hasil lab pasien dan tambahkan zoospermia. Sementara pada tahun 2010 WHO menerbitkan guideline/criteria baru untuk sperma normal meliputi volume, jumlah sperma, konsentrasi sperma, motilitas dan bentuk normal.




28. Laki-laki, 60 tahun, datang ke IGD rumah sakit dengan keluhan sulit kencing. Keluhan disertai nyeri pada tulang. Pada pemeriksaan colok dubur, didapatkan massa tidak simetris, permukaan tidak rata. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan proteinuria dan hematuria. Kadar PSA meningkat. Diagnose?

A. BPH

B. Ca prostat

C. Prostatitis

D. Ca Buli

E. Nefrolithiasis

 








Jawaban: B. Ca prostat

Penjelasan :

  • Gejala kanker prostat antara lain: keluhan atau retensi urin, nyeri punggung, hematuria. Peningkatan kadar antigen spesifik prostat (PSA),Risiko penyakit meningkat seiring dengan peningkatan kadar PSA, dari sekitar 8% dengan kadar PSA 1 ng/mL menjadi sekitar 25% dengan kadar PSA 4-10 ng/mL. Sebuah nodul mencurigakan untuk keganasan dan memerlukan evaluasi. Selain itu, temuan seperti asimetri, perbedaan tekstur, dan bogginess merupakan petunjuk penting dan harus dipertimbangkan dalam hubungannya dengan tingkat PSA.
  • Pasien dengan prostatitis bakteri akut dapat datang dengan gejala berikut: demam, menggigil, malaise, artralgia, mialgia, nyeri perineum / prostat, disuria, gejala saluran kemih obstruktif, termasuk frekuensi, urgensi, disuria, nokturia, hesitansi, aliran lemah, dan tidak lengkap berkemih, nyeri punggung bawah, nyeri perut bagian bawah, sekret uretra spontan, riwayat skleroterapi untuk prolaps rektum. Pemeriksaan pada pasien dengan prostatitis bakteri akut dapat mengungkapkan hal berikut: kelenjar lunak, nodular, panas, berawa, atau normal pada pemeriksaan rektal digital; nyeri perut suprapubik; kandung kemih yang membesar karena retensi urin.
  • Sekitar 80-90% pasien dengan kanker kandung kemih datang dengan hematuria kotor tanpa rasa sakit. Semua pasien dengan presentasi klasik ini harus dianggap menderita kanker kandung kemih sampai ditemukan bukti sebaliknya. Gejala iritasi kandung kemih seperti disuria, urgensi, atau frekuensi buang air kecil terjadi pada 20-30% pasien kanker kandung kemih. Pasien dengan penyakit lanjut dapat datang dengan nyeri panggul atau tulang, edema ekstremitas bawah akibat kompresi pembuluh darah iliaka, atau nyeri pinggang akibat obstruksi ureter.




29. Wanita 35 tahun datang dengan benjolan di leher yang ikut bergerak saat menelan. Tidak ada keluhan berdebar ataupun mata menonjol. Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan TSH normal. Pemeriksaan selanjutnya?

A. USG tiroid

B. Foto X-Ray servikal

C. CT scan leher

D. FNA-B

E. MRI

 








Jawaban: A. USG tiroid

Penjelasan :

  • -Goiter nontoksik adalah pembesaran kelenjar tiroid difus atau nodular yang tidak disebabkan oleh proses inflamasi atau neoplastik dan tidak terkait dengan fungsi tiroid yang abnormal. Goiter endemik didefinisikan sebagai pembesaran tiroid yang terjadi pada lebih dari 10% populasi, dan gondok sporadis adalah akibat dari faktor lingkungan atau genetik yang tidak mempengaruhi populasi umum.
Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) TSH Thyroide hormone, Hot nodule Radioiodine , jinak, benign, intermediate, curiga suspicious, malignant Rekomendasi LATS (Long acting Thyroid stimulator) untuk nodul tiroid,




30. Laki-laki 55 tahun ditemukan tidak sadar. Dari pemeriksaan didapatkan denyut nadi tidak teraba, nafas tidak adekuat. Tindakan yang paling tepat dilakukan adalah ......

A. Resusitasi cairan

B. Intubasi

C. Heimlich maneuver

D. Resusitasi jantung paru

E. Defibrilasi








Jawaban: D. Resusitasi jantung paru

Penjelasan :

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Tata cara panduan resusitasi jantung paru (RJP) Cardio-pulomonary resuscitation, kompresi , compression, nafas buatan


31. Wanita, 25 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri perut kanan bawah dan nyeri ulu hati yang hilang timbul sejak 3 hari yang lalu. Nyeri dirasakan terutama saat pasien berjalan dan tungkai bawah ditekuk. Demam (+), Mual Muntah (+). Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tampak sakit berat, GCS 456, TD: 110/70 mmHg N: 112x/m, RR: 20x/m. Nyeri tekan perut bawah (+) dan nyeri tekan lepas perut bawah kiri (+) dan nyeri lipat paha (+). Pemeriksaan lab ditemukan Hb: 12,2 g/dl, Leukosit 13.000/ul, Trombosit 200.000/ul.

Pemeriksaan radiologi yang cepat dan tepat pada pasien wanita tersebut diatas adalah .........

A. Appendicogram

B. USG Abdomen

C. BNO 3 posisi

D. Osephagomaagduodenoscopy (OMD)

E. CT Scan Abdomen









Jawaban: B. USG Abdomen

Penjelasan :

  • Nyeri Mc Burney, demam, mual muntah, tampak sakit berat, rovsing (+), psoas (+), lekositosis ' kecurigaan acute appendicitis. Pemeriksaan penunjang lini pertama yang cepat dan tepat adalah USG abdomen. Jika USG abdomen negatif namun klinis mendukung maka bisa dilakukan pemeriksaan CT scan abdomen dengan kontras oral atau kontras intravena.

Medscape: Appendicitis. http://emedicine.medscape.com/article/773895-workup#c15



32. Bayi laki-laki, 5 hari, datang ke IGD RS dengan keluhan utama sesak nafas sejak kemarin. Bayi menangis lebih keras dan tampak kesakitan terutama saat kedua kaki diangkat. TTV: Nadi 140x/m, RR 40x/m, Tax 38.0C. Gambaran X-ray:

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Gambar pencitraan radiologis x-ray hernia diafragmatika strangulata pada bayi laki laki-laki, 5 hari, datang ke IGD RS dengan keluhan utama sesak nafas sejak kemarin. Bayi menangis lebih keras dan tampak kesakitan terutama saat kedua kaki diangkat. TTV: Nadi 140x/m, RR 40x/m, Suhu 38 derajat celsius hernia inkarserata, Intususepsi, atresia bilier


Diagnosa pada kasus ini adalah .........

A. Hernia umbilikalis

B. Intususepsi

C. Hirschprung's disease

D. Atresia bilier

E. Hernia inkarserata/ strangulata

 










Jawaban: E. Hernia inkarserata/strangulata

Penjelasan :

  • Tampak kesakitan, keluhan perut ➔ akut abdomen. Di dalam jawaban soal ini yang
  • termasuk akut abdomen adalah intussusepsi dan hernia inkarserata/strangulata.
  • Lebih sakit jika dimanipulasi ➔ hernia strangulata
  • Sesak nafas, foto dada tampak gas-gas di paru kanan, kiri beda terlalu jauh➔ hernia tinggi diafragma kanan dan diafragmatika kongenital. Jadi pada pasien ini kemungkinan besar adalah hernia diafragmatika yang strangulata.




33. Pasien datang ke IGD setelah kecelakaan motor. TD : 70/40 N : 140 RR: 30, CRT > 2s. Ditemukan fraktur femur terbuka Dextra. Kemungkinan diagnosis pada pasien adalah .......

A. Syok distributif

B. Syok neurogenik

C. Syok cardiogenik

D. Syok hipovolemik

E. Syok anafilaksis










Jawaban: D. Syok hipovolemik

Penjelasan :

  • Pasien trauma, hipotensi, takikardi, tanda hipoperfusi ➔syok hipovolemik karena perdarahan (pikirkan juga syok kardiogenik karena tamponade jantung atau tension pneumothorax). Perdarahan ada eksternal (bisa dilihat mata) bisa internal. Perdarahan internal yang bisa membuat syok adalah hematothorax, abdominal bleeding, atau fraktur tulang panjang.
  • Pada pasien ini didapatkan fraktur femur (tulang panjang).

 



34. Pasien laki-laki berusa 40 tahun datang ke IGD dengan dibawa keluarganya mengeluh sesah sejak satu jam lalu. Pasin mengelu nyeri tiba- tiba dan sesak. Pasien menyangkal adanya trauma. Pada pemeriksaan fisik TD: 90/70 mmHG RR: 30x/menit Nadi: 120x/menit. Pada pemeriksaan thorax, pergerakan dinding dada tertinggal, suara nafas hipersonor, dan vesikular menurun. Tindakan yang tepat adalah ........

A. Thoracosentesis

B. Kontra ventil

C. Pemberian oksigen

D. Thoracostomi

E. Thoracoscopy









Jawaban: B. Kontraventil

Penjelasan :

  • Nyeri dan sesak tiba-tiba + klinis pneumothorax ➔ curiga pneumothorax spontan, hipotensi dan takikardi (lihat tanda tension pneumothorax lain), jika ada tanda tension ➔ dekompresi segera. 
  • Manifestasi klinis pneumothorax: suara nafas menurun, perkusi hipersonor, gerak dada menurun saat inspirasi. Kalau open, diberi occlusive dressing tiga sisi. Kalau closed, WSD.
  • Tension pneumothorax: ditambahi deviasi trakea, shifting mediastinum, hipotensi, distres nafas ➔ tatalaksana: needle decompression/ kontraventil.



35. Pasien laki-laki 50 tahun datang ke IGD mengeluhkan nyeri saat kencing disertai sedikit darah dan rasa tidak puas. Nyeri ketok pinggang (+). Riwayat sering makan makanan tinggi protein. Dari hasil USG didapatkan: hiperechoic shadow ukuran 2x3x1 cm di VU. Diagnosis?

A. Ca buli

B. Vesikolitiasis

C. Ureterolitiasis

D. Nefrolitiasis

E. Urethritis








Jawaban: B. Vesikolithiasis

Penjelasan :

  • Hiperchoic shadow➔ batu -> lokasi di vesika urinaria : vesikolithiasis. Gejala khas batu buli-buli adalah berupa gejala iritasi antara lain : nyeri kencing/disuria hingga stranguri, perasaan tidak enak sewaktu kencing, dan kencing tiba-tiba terhenti, kemudian menjadi lancar kembali dengan perubahan posisi tubuh.




36. Laki-laki 40 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan nyeri setelah makan makanan berlemak terutama pagi hari. Steatorrhea (+), warna feses hipocholic. Diagnosa yang mungkin dari kasus ini adalah?

A. Pankreatitis

B. Kolangitis

C. Kolesistitis

D. Koledokolitiasis

E. Hepatitis









Jawaban: D. koledokolitiasis

Penjelasan :

  • Nyeri terutama saat makan berlemak ➔colic bilier. Paling banyak disebabkan karena batu empedu. Batu empedu bisa di gall bladder, ductus cysticus, atau ductus choledocus.
  • Steatore, feses hipokolik ➔ tidak ada empedu dan garam empedu yang keluar. Empedu dihasilkan di hati, jika tidak keluar ke usus berarti ada hambatan antara hati (ductus hepaticus) dan usus 12 jari.
  • Batu yang bisa menutup jalannya empedu dari hati ke duodenum adalah batu ductus choledocus (choledocolithiasis)




37. Pasien laki-laki 20 tahun datang ke UGD setelah kecelakaan motor. Dari pemeriksaan fisik didapatan fraktur brachii. TD 90/60, N 110x, RR 28x. Berapa perkiraan perdarahan pada pasien tersebut?

A. <250

B. 251-750

C. 750-1500

D. 1500-2000

E. >2000









Jawaban: C. 750-1500

  • Perdarahan pada 1 humerus dapat menyebabkan hilangnya darah (EBL) 500 - 1500 cc.

Sumber : Buku ABC of Major Trauma. 

 




38. Pasien laki-laki 35 tahun mengeluhkan nyeri tiba-tiba pada kantung pelirnya setelah mengangkat berat. Pemeriksaan fisik didapatkan phren sign (+) dan posisi testis menjadi horisontal. Diagnosis kasus ini ......

A. Torsio testis

B. Epididimistis

C. Orchitis

D. Hidrokel

E. Varikokel











Jawaban: A. Torsio testis

Penjelasan :

  • Klinis: nyeri mendadak, bengkak pada testis, nyeri menjalar ke inguinal atau perut bawah, letak testis lebih tinggi dan lebih horizontal dari kontralateral.
  • Pada epididimitis akut, jika testis diangkat, nyeri berkurang. Pada torsio testis, nyeri tetap.
  • Keadaan pada pilihan jawaban lain tidak menyebabkan letak testis lebih horizontal disertai inflamasi yang akut (1 hari).



39. Pasien laki-laki 56 tahun merasakan nyeri punggung, terutama saat membungkuk mengambil barang. Dari pemeriksaan rontgen didapatkan penyempitan foramen intervertebralis L5 - S1. Diagnosis ?

A. Canal stenosis

B. HNP

C. Spondilolistesis

D. Spondilitis

E. Ankylosing Spondilosis









Jawaban: B. HNP

Penjelasan :

  • HNP➔ xray tidak terlihat nukleus pulposusnya, tapi dapat ditemukan penyempitan kanal spinalis.
  • Spinal stenosis: usia biasanya >50 tahun, mengeluh nyeri, berat, kesemutan dan mati rasa di paha dan kaki, muncul saat berdiri atau berjalan 5-10 menit, berkurang dengan duduk, jongkok, atua membungkuk.
  • Herniasi diskus intervertebralis: beberapa hari setelah kegiatan berat atau trauma ringan, pasien merasa nyeri hebat dan menyiksa saat bersin, batuk, twisting/mulet, mengambil barang, membungkuk. Lalu diikuti nyeri menjalar ke ekstremitas bawah/ sciatica.
  • Degenerasi diskus intervertebralis, instabilitas, OA facet joint/ spondylosis: nyeri hebat atau sciatica tanpa tanda HNP, serangan nyeri muncul dipicu kegiatan mengangkat berat, atau gerakan abnormal, hasil xray: disc space menyempit, osteofit marginal, distorsi facet joint.
  • Ankylosing spondiLITIS: inflamasi kronik, mengenai berbagai sendi dan organ. Nyeri punggung memberat saat pagi atau tidak aktif, berkurang dengan aktivitias.
  • SpondyloLISTHESIS: forward shift dari spine, biasanya pada L4-L5, atau L5 dan sakrum. Klinis pada dewasa: nyeri intermiten, muncul saat aktivitas atau mengejan, dapat muncul sciatica, dapat pula muncul pseudoclaudicatio akibat spinal stenosis pada pasien > 50 tahun. Orthopaedic, hal 276; Appley textbook of orthopaedic, hal 400.




40. Seorang laki laki 40 tahun datang ke IGD setelah mengalami kecelakaan. Pada pemeriksaan didapatkan prostat melayang dan trauma uretra posterior. Pemeriksaan selanjutnya adalah .....

A. USG

B. Foto polos abdomen

C. BNO

D. Retrograde pyelography

E. Sistografi







Jawaban: B. Foto polos abdomen

Penjelasan :

  • High-riding prostate adalah salah satu tanda dari fraktur pelvis, maka perlu dilakukan foto polos abdomen untuk menegakkan diagnosis tersebut (adjunct to primary survey)

Sumber: ATLS 9th Edition, Trauma Abdomen dan Pelvis




41. Seorang laki laki 37 tahun didapatkan cedera pada Thoracal VII dan didapatkan penonjolan di daerah punggung. Foto yang dilakukan pada pasien ini adalah…

A. Thoracolumbal B Lumbal

C. Thoracosacral

D. Thorakal

E. Sacral







Jawaban: D. Thorakal

Penjelasan :

  • Apabila yang dimaksud oleh soal adalah fungsi motorik ataupun dermatom, rontgen tetap diambil di area thorakal. Apabila corpus vertebranya yang dimaksud maka rontgen yang dilakukan tetap area thorakal. Sumber: Sobotta



42. Seorang laki laki usia 28 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri pinggang kanan, keluhan disertai demam dan nyeri saat buang air kecil. Nyeri ketok CVA (+). Diagnosis pada kasus ini adalah?

A. Cystitis

B. Uretritis

C. Pyelonephritis

D. Vesicolitiasis

E. Ureterolitiasis







Jawaban: C. Pyelonephritis

Penjelasan :

Pembahasan: Tampilan klasik pasien dengan pyelonefritis akut seperti:

  1. demam - tidak selalu ada, namun bila disertai demam biasanya suhu badan lebih dari 39,4°C
  2. Nyeri ketok kostovertebral - nyeri bisa ringan, sedang atau berat
  3. Mual dan/atau muntah
  4. Gross hematuria, jarang pada laki-laki dengan pyelonefritis. Terjadi pada 30-40% wanita, tersering pada wanita muda, dengan suatu kelainan lain.

Gejala-gejala tersebut biasanya berkembang dalam beberapa jam atau beberapa hari tetapi dapat muncul secara tidak bersamaan. Bila pada pasien laki-laki, tua, atau anak-anak gejala telah berlangsung lebih dari 7 hari, infeksinya harus dianggap berkomplikasi sampai terbukti sebaliknya.

 




43. Seorang laki-laki 60 tahun mengeluh sering BAK tidak tuntas, sedikit-sedikit tapi sering hingga malam hari sering terbangun karena ingin BAK. Saat dilakukan RT didapatkan pembesaran prostat. Bagian manakah dari prostate yang mengalami pembesaran?

A. Zona perifer

B. Zona transisional

C. Zona sentral

D. Zona perifer dan transisional

E. Zona sentral dan transisional







Jawaban: B. Zona transisional

Penjelasan :

  • Pembahasan: Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) terjadi karena adanya proliferasi sel-sel stromal dan epitelial dari zona periurethral (zona transitional) prostat dan tumbuh kearah dalam. Sedangkan Ca prostat dimulai dari zona perifer prostat, tumbuh keluar dan menginvasi jaringan sekitarnya.



44. Pasien laki-laki pemain sepakbola mengeluh nyeri kemerahan di daerah betis kanan. Tampak massa pada pertengahan betis. Diagnosa yang paling mungkin pada kasus di atas adalah......

A. Ruptur M. gastrocnemius

B. Strain M. gastrocnemius

C. Tendinitis

D. Rhabdomyosarcoma

E. Osteoarthritis









Jawaban: A. Ruptur M. Gastrocnemius

Penjelasan :

  • Robeknya otot gastrocnemius atau muskulus soleus akan menghasilkan nyeri lokal yang parah pada otot yang rusak. Pembengkakan mungkin ada.
  • Strain, tendinitis➔ tidak ada efek massa
  • Rhabdomyosarcoma➔ tidak mendadak
  • OA➔ di sendi, bukan betis.

Sumber : Snell's clinical anatomy by region 8ed.




45. Pasien wanita 34 tahun mengeluh nyeri saat berkemih. Tidak didapatkan nyeri ketok kostovertebrae. Dari hasil pemeriksaan urin didapatkan bakteri (+). Diagnosis yang paling mungkin adalah? .......

A. Pyelonefritis

B. Vesikolitis

C. Uretritis

D. Batu ginjal

E. Sistitis







Jawaban: E. Sistitis

Penjelasan :

  • Nyeri saat berkemih diakibatkan terjadinya reaksi inflamasi yang menyebabkan mukosa buli-buli menjadi kemerahan, edema dan hipersensitif hingga bila terisi urine akan mudah terangsang untuk segera berkontraksi dan menyebabkan frekuensi. Kontraksi buli menyebabkan rasa sakit/nyeri pada suprapubik. Pada ISK bawah tidak didapati gejala sistemik seperti demam dan juga nyeri pinggang. Bila didapati gejala sistemik maupun nyeri pinggang maka dapat dicurigai adanya penjalaran infeksi ke saluran kemih atas. Mikroorganisme penyebab infeksi ini terutama adalah E.coli, Enterococci, Proteus dan Stafilokokus aureus. Bila didapati kejadian berulang perlu dicurigai adanya keganasan, urolitiasis sehingga dibutuhkan PIV atau USG atau Sistoskopi.




46. Perempuan 18 th mengeluh nyeri perut kanan bawah sejak 3 jam yang lalu. Nyeri awalnya di ulu hati namun kelama-laman pindah ke kanan bawah. PF: TD 110/80 N76x/m, Tax 37°C. Defans muscular (+), pada pemeriksaan urologis dan ginekologis dalam batas normal. Apa diagnosis yang paling mungkin?

A. Appendisits akut

B. Kolesistitis

C. Divertikulitis meckel

D. Ileitis

E. Enterocolitis








Jawaban: A. Appendisitis akut

Penjelasan :

-  Gejala nyeri perut kanan yang berasal dari ulu hati dan berpindah ke kanan bawah, yang bersifat akut merupakan gejala klasik pada appendisitis akut. Apalagi tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan urologis dan ginekologis. Pada kolestisitis, nyeri abdomen dirasakan terutama pada daerah atas yang menjalar ke scapula atau bahu kanan. Divertikulum Meckel sebagian besar bersifat asimtomatis dan umumnya disertai dengan hematochezia.




47. Perempuan 70 tahun mengeluh tidak dapat menggerakkan kaki setelah jatuh 1 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan edema, deformitas, nyeri, krepitasi. ROM aktif dan pasif terbatas. Kemungkinan diagnosis pada kasus di atas adalah .........

A. Fx collum femoris

B. Fx femur

C. Fx pelvis

D. Fx acetabulum

E. Fx Ramus pubis









Jawaban: A. Fraktur collum femoris

Penjelasan :

  • Fraktur collum femoris merupakan salah satu fraktur yang sering diderita oleh pasien geriatrik di samping fraktur pelvis dan intertrochanter. Collum femoris merupakan bagian terlemah dari tulang femur dan kejadian fraktur seringkali diawali dengan trauma/ jatuh pada pasien geriatri atau trauma hebat pada pasien muda. 

Sumber : Medscape, Femoral Neck Fracture




48. Pria 26 th dibawa ke UGD setelah kecelakaan lalu lintas. Terdapat riwayat perut terkena dashboard mobil. Mengeluh nyeri perut bagian bawah, dan keluar darah dari MUE. Dari pemeriksaan fisik terdapat fraktur pelvis, prostat melayang. Diagnosa pada pasien ini adalah ......

A. Ruptur uretra posterior

B. Ruptur uretra anterior

C. Ruptur prostat

D. Ruptur ginjal

E. Ruptur VU







Jawaban: A. Ruptur uretra posterior

Penjelasan :

  • Hematuria merupakan tanda utama pada trauma uretra. Prostat yang melayang (high-riding prostate) merupakan pemeriksaan fisik yang memperkuat diagnosis ruptur uretra. Ruptur uretra anterior seringkali disebabkan straddle injuries atau tendangan pada daerah perineum. Ruptur uretra posterior paling sering terjadi pada fraktur pelvis yang umumnya akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Guidelines on Urological Trauma, European Association of Urology



49. Pasien laki-laki 22 tahun datang dengan keluhan utama nyeri ulu hati yang berpindah ke perut kanan bawah. Riwayat trauma disangkal. Perpindahan nyeri ulu hati ke perut kanan bawah dinamakan .....

A. Rovsing sign

B. Psoas sign

C. Kocher sign

D. Blumberg sign

E. Tenhorn sign








Jawaban: C. Kocher sign

Penjelasan :

  • Rovsing's sign: Nyeri pada kuadran kanan bawah saat dilakukan palpasi pada kuadran kiri bawah, tanda iritasi peritoneum. Psoas sign: Nyeri pada kuadran kanan bawah saat ekstensi sendi pinggul kanan atau fleksi sendi panggul kanan melawan tahanan. Kocher's sign: nyeri yang berawal dari daerah umbilikal yang lalu berpindah ke regio ileum kanan. Blumberg sign: Peningkatan nyeri saat palpasi dengan jari di segitiga Petit kanan. Ten horn's sign: Nyeri yang disebabkan tarikan gentle pada spermatic cord kanan.

Sumber : Medscape, Appendicitis



50.    Pasien laki-laki 30 tahun dibawa ke UGD setelah mengalami kecelakaan dengan keluhan nyeri perut hebat. Pasien mengaku perutnya terbentur setir. Didapatkan distended abdomen, hematome pada perut kiri atas. Diagnosis yang paling mungkin pada kasus di atas adalah ......

A. Ruptur buli

B. Ruptur ginjal

C. Ruptur lien

D. Ruptur hepar

E. Ruptur uretra







Jawaban: C. Ruptur lien

Penjelasan :

  • Organ abdomen pada ULQ yang dapat menyebabkan internal bleeding massive adalah lien.



51. Seorang anak 4 tahun mengalami batuk pilek sejak 1 bulan yang lalu. 1 minggu kemudian pasien tidak dapat berjalan karena didapatkan bengkak pada sendi lulut dan teraba panas. Kemudian pasien datang ke tempat praktek anda. Apakah perkiraan diagnosa pasien tersebut?

A. Osteomyelitis kronis

B. Septic arthritis

C. Fraktur femur

D. Rheumatoid arthritis

E. Osteosarcoma






Jawaban: B. Septic arthritis

Penjelasan :

  • Riwayat batuk pilek adalah petunjuk penting dalam menentukan diagnosis dalam kasus ini. Kelompok umur, serta lokasi lesi menyimpulkan dugaan diagnosisnya. Organisme penyebab biasanya adalah S. aureus dan H. influenza. Lokasi di sendi besar (lutut) dan terjadi pada anak usia 4 tahun. Osteomyelitis biasanya terjadi pada tulang panjang dan disertai pus yang keluar sampai kulit. RA tidak cocok pada kelompok umur kasus.

Sumber: Apley and Solomon's Concise System of Orthopaedics and Trauma, Infections

 


48. Seorang anak 5 tahun dibawa ibunya ke dokter. Pasien mengeluh setelah jatuh lalu didapatkan edema, nyeri tekan dan kemerahan pada panggul, maka diagnosa yang tepat adalah?

A. Osteomyelitis akut

B. Osteomyelitis kronik

C. Septic arthritis

D. Fraktur

E. Osteosarcoma







Jawaban: D. Fraktur

Penjelasan :

  • Dari analisa look, feel, movement (dalam hal ini hanya look dan feel) dan riwayat jatuh, dapat disimpulkan adanya fraktur. Untuk kelainan lain memerlukan waktu untuk bermanifestasi.

Sumber: Apley and Solomon's Concise System of Orthopaedics and Trauma, The Hip.



49. Seorang laki-laki 61 tahun datang dengan keluhan nyeri pinggang kanan sejak 2 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan demam dan tidak bisa buang air kecil. Pasien riwayat sering minum susu berkalsium tinggi karena osteoporosis dan suka menahan kencing. Pemeriksaan fisik TD 130/90, N 100 x/menit, RR 16 x/menit, suhu 39,2 derajat celsius. Nyeri ketok costovertebral kanan (+). Lab: Hb 12,4; leukosit 10.000; MCV MCH normal; Creatinine 1,31g/dL. Apa pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis pasien ini?

A. Uretrografi

B. Cystografi

C. Retrograde pyelografi

D. Voiding uretrocystografi

E. Intravenous pyelografi






Jawaban: E. Intravenous pyelografi

Penjelasan :

  • Pembahasan: Nyeri pinggang kanan 2 hari, demam, tidak bisa BAK, sering minum susu berkalsium tinggi dan suka menahan kencing didukung oleh adanya nyeri ketok CVA kanan, sedikit peningkatan SK mengarahkan pada kecurigaan suatu pyelonefritis dengan preisposisi adanya Batu Saluran Kencing. IVP merupakan modalitas pencitraan standard untuk kasus batu saluran kencing. IVP memberikan informasi berguna tentang batu (ukuran, lokasi, radiodensitas) dan lingkungan sekitarnya (anatomi kaliks, derajat obstruksi), demikian juga untuk kondisi unit ginjal kontralateralnya (fungsi, anomali).




50. Seorang laki-laki 70 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri pada panggul setelah jatuh terpeleset. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital normal. Didapatkan deformitas dan krepitasi pada panggul kanan. Penyebab terjadinya krepitasi.

A. Fraktur acetabulum

B. Fraktur collum femur

C. Fraktur femur

D. Fraktur caput femur

E. Fraktur pelvis








Jawaban : B. Fraktur collum femur

Pembahasan :

  • Fraktur collum femur: Biasanya terjadi karena terjatuh secara langsung mengenai trochanter mayor. Hal ini sering dialami oleh orang tua dengan kondisi tulang yang sudah osteoporosis.
  • Fraktur acetabulum: terjadi utamanya pada dewasa muda sebagai akibat trauma kecepata tinggi. Fraktur ini sering berkaitan dengan luka mengancam nyawa lainnya.



51. Seorang laki-laki datang ke UGD RS karena mengalami luka bakar di seluruh tubuh 3 jam yang lalu. Pemeriksaan fisik ditemukan luka bakar derajat 2 di wajah, leher, dada, dan perut. Setelah itu pasien meninggal. Apa perkiraan penyebab pasien meninggal?

A. Sepsis

B. Gagal multi organ

C. Asfiksia

D. Perdarahan

E. Syok neurogenic






Jawaban: C. Asfiksia

Pembahasan:

  • Luka bakar yang terjadi di daerah wajah dan leher dapat menyebabkan trauma inhalasi yang menyebabkan obstruksi jalan nafas.Selain itu sindroma kompartemen dapat juga ditemukan pada luka bakar dada dan perut yang menyebabkan gangguan inspirasi. Eskarotomi pada dada dan perut dengan melakukan incisi di linea aksilaris anterior kebawah menyilang kearah pertemuan perut dan dada sehingga menghilangkan gangguan yang terjadi. Dengan demikian penyebab kematian yang paling memungkinkan pada kasus ini adalah asfiksia.



52. Seorang laki-laki 39 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari pemeriksaan didapatkan fraktur pelvis. Pada pemeriksaan kontras didapatkan kontras memenuhi ruang perivaskuler. Penanganan yang paling tepat adalah?

A. Sistostomi

B. Reparasi buli

C. Pemasangan plat

D. Pemasangan screw

E. Pemasangan kateter urin








Jawaban: C. Pemasangan plat

Penjelasan :

  • Fraktur pelvis merupakan fraktur dengan tingkat unity yang tinggi (mudah pulih). Tindakan yang dilakukan adalah mengurangi deformitas dan mencegah malunion. Untuk fraktur yang kompleks dan tidak stabil, maka dibutuhkan reduksi terbuka dan fiksasi internal dengan plat.



53. Seorang laki-laki mengalami KLL. Dari pemeriksaan GCS 456, TTV normal, namun didapatkan hematoma periorbital. Apakah tindakan yang dokter lakukan terhadap pasien:

A. Rawat jalan (pasien langsung dipulangkan)

B. Observasi 24 jam di IGD

C. CT scan di IGD jika hasil normal pasien boleh pulang

D. CT scan dilakukan jika saat dirumah terjadi penurunan kesadaran

E. CT scan di IGD dan di observasi 24 jam








Jawaban: E. CT Scan di IGD dan diobservasi 24 jam




54. Seorang laki-laki tiba di IGD dalam keadaan tidak sadar. Pasien mengalami kecelakaan dan sempat pingsan selama 15 menit, kemudian sadar penuh. 1,5 jam kemudian pasien kembali tidak sadar. Diagnosa yang tepat?

A. SDH

B. EDH

C. Intracerebral hemorhage

D. SAH

E. Contusio cerebral







Jawaban: B. EDH

Penjelasan :

  • Tidak sadar kemudian sadar kemudian kembali tidak sadar ' lucid interval, tanda dari EDH.





55. Wanita 34 th datang ke PKM dengan benjolan di leher sejak 6 bulan yang lalu. Benjolan tidak nyeri. Suara serak sejak 2 tahun terakhir. Dahak putih keluar setiap pagi. Tidak ditemukan dada berdebar, keringat berlebih, BB tetap, aktivitas tidak menurun. Pemeriksaan fisik pembesaran leher grade 2 sebelah kanan. Diagnosa yang tepat adalah:

A. Ca tiroid

B. Nodul tiroid

C. Tiroiditis

D. Struma multinodusa

E. Graves disease



Jawaban : A. Ca tiroid

Penjelasan :

  • Adanya benjolan yang tidak nyeri dan suara serak mengarahkan diagnosis ke Ca tiroid. Tidak adanya tanda tirotoksikosis menyingkirkan diagnosis Grave's disease. Keluhan utama tiroiditis adalah nyeri pada benjolan di leher disertai demam. Sedangkan nodul tiroid tidak menginfiltrasi jaringan lainnya.



56. Wanita 45 tahun datang dengan keluhan benjolan di pantat awalnya kecil dan sekarang sebesar telur angsa. Dari pemeriksaan didapatkan massa dengan diameter 8 cm, subkutan, mudah digerakkan. Diagnosis?

A. Lipoma

B. Leiomioma

C. Fibroma

D. Hemangioma

E. Rhabdomioma






Jawaban : A. Lipoma

Penjelasan :

- Benjolan yang membesar, terletak pada subkutan dan mobile. Terutama lokasinya di pantat yang banyak jaringan lemak.

Sumber: Buku Ajar Ilmu Bedah de Jong

 



57. Wanita datang ke dokter dengan keluahan nyeri perut di daerah umbilikus yang kemudian menjalar ke perut kanan bawah. Dokter melakukan pemeriksaan dengan meminta pasien berbaring lalu mengangkat 1 kakinya lalu lututnya ditekan. Pemeriksaan apa yang dilakukan oleh dokter?

A. Psoas sign

B. Rovsing sign

C. Obturator sign

D. Blumberg sign

E. Murphy sign







Jawaban: A. Psoas sign

Penjelasan :

  • Rovsing sign: nyeri tekan lepas di kuadran kiri bawah.
  • Obturator sign: fleksi dan internal rotasi dari hip. Blumberg sign: nyeri tekan lepas pada titik McBurney.
  • Murphy sign: pemeriksa menekan area di bawah arcus costae kanan, kemudian saat pasien diminta menarik napas akan muncul nyeri mendadak, ini mengarah pada cholecystitis.

Sumber: Buku Ajar Ilmu Bedah de Jong



58. Seorang laki-laki 18 tahun mengalami kecelakaan dan dibawa oleh warga ke IGD RS. Pasien berteriak kesakitan pada perut depan. TD 70/50, nadi 120x/menit, RR 24x/menit, Tax 37,1. Dari pemeriksaan inspeksi didapatkan memar pada abdomen lateral superior sinistra. Kemungkinan diagnosis?

A. Ruptur hepar

B. Ruptur lien

C. Ruptur Ginjal

D. Perdarahan retroperitoneal

E. Fraktur pelvis








Jawaban: B. Ruptur lien

Penjelasan :

- Jejas di abdomen, tanda syok➔ perdarahan internal di perut. Lesi di perut lateral superior sinistra➔ trauma lien.

 


59. Seorang laki-laki, 30 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri perut sebelah kiri bawah sejak 2 hari yang lalu. Nyeri awalnya dirasakan di daerah pusar kemudian dirasakan berpindah ke bagian kiri bawah, lalu dirasakan di seluruh area perut. Nyeri dirasakan dengan demam, mual, muntah dan perut kembung. Gejala ini memberat 2 jam yang lalu. Pasien baru pertama kali merasakan sakit seperti ini. Pasien juga tidak BAB sejak 2 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan nampak lemah, dengan tekanan darah 100/70 mmHg, nadi 110 x/menit, RR 24x/menit, suhu 37.8°C. Pada pemeriksaan abdomen didapatkan perut sedikit cembung, bising usus menurun, perkusi timpani, perut nampak seperti papan, defans muscular (+), nyeri tekan di seluruh regio abdomen. Diagnosa?

A. Peritonitis e.c Kholedokolitiasis

B. Peritonitis e.c Appendcitis perforata

C. Peritonitis e.c Ulkus peptikum

D. Peritonitis e.c Pankreatitis akut

E. Peritonitis e.c Kholelitiasis







Jawaban: B. Peritonitis e.c. appendicitis perforata

Penjelasan :

  • Nyeri perut daerah pusar, berpindah ke kiri bawah, demam, tampak lemah ➔ appendicitis pada situs inversus? Diverticulitis? Colitis sigmoid?
  • Nyeri di seluruh perut, perut membesar, BAB (-) 2 hari, abdomen cembung, bising usus menurun, defans (+) ➔ peritonitis



60. Seorang perempuan 35 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas dan dibawa ke IGD RS. Pasien mengeluh nyeri pada kuadran kiri atas dan bagian depan. Apa kemungkinan diagnosisnya?

A. Ruptur ginjal

B. Ruptur lien

C. Ruptur hepar

D. Ruptur organ retroperitoneal

E. Ruptur uretra

 






Jawaban: B. Ruptur lien

Penjelasan :

  • Ginjal letak di belakang/ retroperitoneal.
  • Pada trauma lien, terdapat tanda iritasi peritoneum (tenderness, guarding, rebound) yang kadang muncul. Tenderness pada perkusi atau tanda memar kebiruan atau kontusio jaringan lunak pada sisi kiri bawah posterior batas costae biasanya ada pada cedera langsung yang mengakibatkan trauma lien. Keluhan nyeri kuadran kiri atas atau nyeri alih bahu kiri (tanda Kehr) berkorelasi kuat dengan derajat cedera.

Sabiston Textbook of Surgery 18ed, chap 56 > spleen trauma



61. Seorang perempuan 65 tahun, jatuh dikamar mandi dan mengeluhkan bengkak pada pangkal paha, nyeri, deformitas (+), palpasi krepitasi (+) pada paha. Pemeriksaan ROM pasif maupun aktif sendi tidak dapat digerakan. Diagnosis.

A. Close fracture acetabulum

B. Close fracture colum femoris

C. Close fracture femur

D. Fracture pelvis

E. Fracture ramus pubis








Jawaban: soal kurang jelas - C. CF femur?

Penjelasan :

  • Soal kurang lengkap. Fraktur column femoris jarang menyebabkan bengkak karena darah berkumpul intrakapsular.

Salter, RB. Textbook of Disorders and Injuries of the Musculoskeletal System 3rd ed. Chap 17



62. Seorang pria kecelakaan jatuh dari sepeda motor. Lalu wajahnya membentur trotoar jalan. Keluar darah dari telinga. Dan daun telinganya sobek. Yang dialami pria ini adalah?

A. Fraktur basis cranii

B. Trauma wajah

C. Trauma aurikula

D. Fraktur submandibula

E. Fraktur os. Facialis

 






Jawaban: soal kurang jelas

Penjelasan :

  • Fraktur basis cranii ' jika bloody otorhea (darah bercampur CSF, dibuktikan dengan Halo sign +)
  • Trauma wajah ' tidak spesifik
  • Trauma aurikula ' ada bukti robekan daun telinga, mungkin darah yang dimaksud di soal dari aurikula.
  • Fraktur submandibula dan os facialis ' tidak ada keterangan



63. Se orang wanita 43 tahun datang ke IGD RS dengan keluhan nyeri perut disertai demam, mual dan muntah sejak 1 hari yang lalu. Nyeri awal dirasakan di ulu hati kemudian berpindah ke perut kanan bagian atas. Pasien mengaku 2 hari yang lalu makan-makanan bersantan dan berlemak. Pemeriksaan fisik didapatkan nyeri tekan kuadran kanan atas menjalar sampai ke pundak. BB 72Kg, TB 156 cm. Diagnosis pada kasus di atas:

A. Kolesistitis akut

B. Kolelitiasis

C. Pankreatitis akut

D. Gastroduodenitis

E. Perforasi ulkus lambung






Jawaban: A. Kolesistitis akut

Penjelasan :

  • Kolesistitis akut➔ nyeri kuadran kanan atas, lebih lama dari kolik bilier sebelumnya, adalah gejala yang khas. Bisa diikuti demam, mual, muntah. Pada pemeriksaan fisik terdapat tenderness kuadran kanan atas, guarding, dan rigiditas. Massa (kandung empedu + omentum di sekitarnya) biasanya teraba, murphy's sign juga dapat muncul
  • Kolelithiasis➔ Faktor yang mendasari 7F: fat, forty, female, fertile, flatulence, food, family. Kolelithiasis tanpa komplikasi kolesistitis jarang menimbulkan demam dan jaundice.



64. Seorang wanita usia 31 tahun datang dengan keluhan nyeri pinggan kanan hilang timbul sejak 3 bulan yang lalu. Keluhan disertai buang air kecil disertai nyeri dan keruh. Pada pemeriksaan urin rutin didapatkan leukosit (+) dan blast (+) dan pada pemeriksaan BNO didapatkan gambaran radiopaque pada daerah suprapubik. Diagnosis pasien ini adalah?

A. Pielonefritis

B. Pionefrosis

C. Nefrolithiasis

D. Pielonefrolithiasis

E. Hidronefrosis







Jawaban: A. Pielonefritis/ B. Pyonefrosis (abses ginjal)

Penjelasan :

  • Tanda ISK saluran atas (demam, nyeri pinggang) + bak keruh dan nyeri (tanda isk bawah) + urin wbc banyak + batu di vesika urinaria (radioopaq suprapubik) [obstruksi yang menyebabkan pielonefritis] ' pielonefritis
  • Pyonefrosis bisa terjadi pada pielonefritis dengan obstruksi saluran kencing, dd dengan pemeriksaan tambahan.

Dasar-dasar Urologi edisi 2 - Basuki B. Purnomo, hal 51.



65. Seorang wanita usia 35 tahun, mengeluh nyeri pada bagian leher depan. Pemeriksaaan fisik didapatkan tiroid difusa. Pada pemeriksaan KGB didapatkan sedikit pembesaran. TD: 130/80, Nadi 80x, RR20x. Didapatkan juga tremor ringan pada telapak tangan. Kemungkinan diagnosa?

A. Struma difusa toksik

B. Struma nodusa

C. Struma difusa non toksika

D. Tiroiditis akut

E. Grave disease






Jawaban: D. Tiroiditis akut

  • Struma difusa toksik atau grave disease dapat memiliki gejala dan tanda berupa struma dan hipertiroid, antara lain penurunan berat badan meski nafsu makan baik, mudah berkeringat, palpitasi, tremor, struma dapat terasa agak nyeri, dll. Tiroiditis akut ditandai terutama dengan adanya nyeri di leher bagian depan disertai pembesaran tiroid. Selain itu, dapat didapatkan pula demam (terutama pada anak- anak), gejala tirotoksikosis sementara (tidak selalu), dan pembesaran KGB (kelenjar getah bening) regional. Struma nodusa ditandai dengan pembesaran kelenjar tiroid berupa nodul tunggal atau multipel.




66. Wanita 45 tahun nyeri panggul kanan menjalar ke paha bawah. Riwayat konsumsi obat sesak dan nyeri selama 15 tahun. Hasil foto rontgen tampak fraktur kompresi L4-L5. Diagnosis pada kasus ini adalah?

A. Spondilitis TB

B. HNP

C. Osteoporosis

D. Spondilolitesis

E. Osteoporosis







Jawaban: C atau E. Osteoporosis

Penjelasan :

  • Spondilitis TB (penyakit Pott) ditandai awalnya dengan nyeri punggung, yang dapat disertai gejala sistemik seperti demam dan penurunan berat badan rata-rata selama minimal 4 bulan, dan paling sering mengenai daerah thorakalis; Fraktur kompresi pada daerah lumbal pada pasien berusia muda sering diakibatkan kecelakaan sedangkan pada pasien yang lebih tua disebabkan penyakit degeneratif seperti osteroporosis; Osteoporosis dapat dipercepat dengan beberapa faktor risiko seperti penggunaan steroid jangka panjang, dsb.;
  • HNP disebabkan dengan keluarnya nukleus pulposus melalui diskus intervertebralis tanpa adanya kerusakan pada susunan tulang belakang; Spondilolistesis umumnya disebabkan penggunaan tulang belakang secara berlebihan pada beberapa olahraga, terjadinya fraktur pars interartikularis disertai pergeseran vertebra ke depan menjadi proses terbentuknya kelainan ini.




67. Sepasang suami istri datang ke poliklinik RS, ingin konsultasi karena belum memiliki keturunan sejak 5 tahun yang lalu, pemeriksaan fisik istri maupun suami tidak didapatkan kelainan. Pemeriksaan laboratorium istri dalam batas normal, sperma suami didapatkan variasi bentuk, bulat, tanpa kepala, ekor kecil, sebagian bergerak pelan dan mati. Diagnosa kasus di atas adalah:

A. Azoospermia dan teratospermia

B. Teratospermia dan necroozopermia

C. Necroozopermia dan azoospermia

D. Astenospermia dan necroozopermia

E. Azoospermia dan astenospermia








Jawaban: B. Teratospermia dan necroozospermia

Penjelasan :

  • Azoospermia: tidak ada spermatozoa yang ditemukan pada pemeriksaan mikroskopis; Teratospermia: banyak ditemukan spermatozoa yang memiliki bentuk yang abnormal; Necroozospermia: spermatozoa dalam semen ditemukan tidak bergerak atau mati;
  • Astenospermia: kurang dari 50% spermatozoa yang dapat bergerak



68. Wanita, 45 tahun, datang ke tempat praktek anda dengan keluhan utama bengkak di kaki kanan. Pasien sedang menjalani kemoterapi untuk ca mammae. Riwayat tirah baring lama (+). Pemeriksaan laboratarium D-Dimer meningkat. Diagnosa pada kasus ini adalah?

A. Phlebitis

B. Trombosis vena dalam

C. Iskemik arteri akut

D. Penyakit buerger

E. Penyakit arteri perifer







Jawaban: . B. Trombosis vena dalam

Penjelasan :

  • DVT (trombosis vena dalam): ditandai terutama dengan edema ekstremitas, dapat bilateral ataupun unilateral, kadang ditemukan nyeri, riwayat tirah baring lama dan penggunaan obat-obatan kemoterapi.
  • Pemeriksaan D-dimer: memiliki sensitifitas yang tinggi tetapi spesifisitas yang rendah sehingga lebih cocok digunakan untuk mengekslusi diagnosis DVT;
  • Iskemia arteri akut ditandai dengan 6P: paresthesia, pain, pallor, pulselessness, poikilothermia, dan paralysis;
  • Buerger disease (tromboangiitis obliterans): ditandai dengan tanda iskemia pada ekstremitas distal dari klaudikasio hingga gangren, adanya riwayat merokok, dan usia muda


 

69. Wanita 20 th, mengeluh ada benjolan di payudara kiri. Ukuran 2x2x1 cm teraba lunak,tidak nyeri, mobile. Diagnosisnya adalah?

A. FAM

B. Mastitis

C. Ca mamae

D. Tumor pyloides

E. Abses payudara






Jawaban: A. FAM

Penjelasan :

  • Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan tumor padat, jinak, umum ditemukan pada wanita berusia muda, dan mengalami peningkatan ukuran selama hamil dan menyusui;
  • Mastitis ditandai dengan nyeri dan kemerahan pada payudara, disertai nyeri bagian tubuh lain dan demam, sering dialami oleh wanita yang sedang menyusui;
  • Ca mammae merupakan tumor ganas payudara yang ditandai dengan massa yang tidak nyeri, skin dimpling, inversi puting, cairan dari puting yang umumnya mengandung darah, dan massa di aksila;
  • Tumor phyllodes umumnya ditandai dengan massa yang cepat bertambah besar, jarang mengenai daerah puting-areola atau membentuk ulkus.



70. Wanita 24 th nyeri perut kanan bawah dan ulu hati sejak 3 hari, nyeri bertambah saat kaki ditekuk dan berjalan, demam (+) Tax 37,8 nyeri tekan perut kanan bawh (+), nyeri tekan lepas perut kiri bawah (+), leukosit 12000. Diagnosis pada pasien?

A. Appendisitis akut

B. Appendisitis kronis

C. Appendisitis perforasi

D. Peritonitis e.c perforasi appendiks

E. Peritonitis e.c perforasi gaster








Jawaban: A. Appendicitis akut

Penjelasan :

  • Nyeri berpindah dari epigastrium ke McBurney, psoas sign, nyeri tekan McBurney, Rovsing sign adalah tanda-tanda dari appendicitis akut. Dari Alvarado score didapatkan score lebih dari 7


71. Wanita umur 17 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan gangguan menelan. Pasien tidak bisa makan makanan padat, hanya makanan cair. Jika diberikan makanan padat beberapa menit kemudian dimuntahkan kembali. Riwayat sebelumnya, pasien melakukan percobaan bunuh diri 1 tahun yang lalu menggunakan pemutih pakaian. TTV dalam batas normal. Apa kemungkinan diagnosis pada pasien?

A. Tumor Gaster

B. Tumor epiglotis

C. Gastritis erosiva kronis

E. Striktur/stenosis esofagus






Jawaban: E. Striktur/stenosis esofagus (penyempitan esofagus)

Penjelasan :

  • Disfagia, terutama kesulitan menelan makanan padat merupakan ciri utama dari striktur esofagus. Ditambah lagi dengan riwayat percobaan bunuh diri dengan penggunaan bahan-bahan korosif.

 


72. Wanita mengeluhkan nyeri dan kemerahan pada payudara pasien sehabis menyusui dan bengkak. Terdapat inflamasi kemerahan pada payudara. Diagnosisnya adalah....

A. FAM

B. Mastitis

C. Ca mamae

D. Tumor pyloides

E. Abses payudara





Jawaban: B. Mastitis

Penjelasan :

Gejala dari mastitis supuratif jarang muncul sebelum akhir minggu pertama postpartum dan tidak sampai minggu ketiga atau keempat. Infeksinya hampir selalu unilateral, dan pembengkakan hebat biasanya menyertai inflamasi yang terjadi. Tanda pertama inflamasi yang terjadi adalah menggigil yang kemudian diikuti dengan demam dan takikardia. Payudara mengeras dan merah, dan pasien mengeluh nyeri yang hebat. Sekitar 10% pasien dengan mastitis akan menjadi abses. Gejala dasar abses mammae lebih hebat, tetapi pada beberapa kasus indikasi pertama untuk memastikan adanya abses adalah dengan adanya fluktuasi. Bakteri utama penyebab mastitis adalah Staphylococcus sureus. Secara empiris dikloksasilin, 4x500mg bisa segera diberikan. Eritromisin sebagai alternatif bila sensitif terhadap golongan penicillin. Bila infeksi disebabkan oleh stafilokokus penghasil penicilinase yang resisten atau organisme lain yang resisten, sambil menunggu hasil kultur, dapat diberikan vankomisin, yang efektif terhadap MRSA.

Sumber: Cunningham, F. Gary et al. 2005. Williams Obstetrics twenty-second edition: Chapter VI.The Puerperium



73. Wanita, 33 tahun, datang ke IGD RS dengan keluhan nyeri perut KIRI bawah sejak kemarin. Disertai demam, mual, muntah (+). TTV (normotensi, takikardia 110x/m, febris 38.5). Dari pemeriksaan fisik didapatkan perut sebelah kiri tampak keras dan sedikit tegang. Nyeri tekan di regio kiri bawah (+), nyeri lepas (-). Hasil USG menunjukkan gambaran hypoechoic di daerah appendicular. Diagnosis?

A. Abses hepar

B. Divertikulosis

C. Appendicitis

D. Intususepsi

E. Gastroduodenal ulcer








Jawaban: B. Divertikulosis

Penjelasan :

Kelainan abdomen akut, nyeri, kolik bilier, ulkus duodenal perforasi, divertikulum meckel, apendisitis akut perforativa, kista ovarii ruptur, salpingitis akut, ulkus gaster perforativa, pankreatitis akut,, obstruksi intestinal akut, divertikulitis akut, torsi ovarii, kehamilan ektopik terganggu (KET)

  • Pembahasan : Nyeri abdomen terlokalisir pada kuadran kiri bawah. Perlu diingat pembagian kuadran abdomen dan organ yang ada di bawahnya.
  • Divertikulosis: merupakan keadaan di mana terdapat banyak penonjolan mukosa yang menyerupai kantung/diverticula yang tumbuh dalam usus besar, seringnya kolon sigmoid. Peradangan akut menyebabkan diverticulitis. Sebagian besar asimptomatik.
  • Divertikulosis yang nyeri: nyeri pada daerah fossa iliaka kiri (abdomen kiri bawah), konstipasi atau diare. Pada keadaan akut dapat menjadi peradangan/diverticulitis akut: demam, malaise, nyeri tekan pada fossa iliaka kiri dengan atau tanpa massa yang teraba dan distensi abdomen.

 


74. Seorang wanita 17 tahun, belum menikah, datang dengan keluhan keputihan dan nyeri. Pasien pernah berhubungan seksual sebelumnya. Dokter meminta izin untuk melakukan pemeriksaan genitalia kepada pasien. Tujuan dokter melakukan hal tersebut adalah untuk:

A. Melindungi pasien

B. Melindungi otonomi pasien

C. Menciptakan suasana saling percaya

D. Menciptakan keputusan yang rasional

E. Menghindari penipuan terhadap pasien






Jawaban: B. Melindungi otonomi pasien


75. Seorang ibu datang dengan anak perempuannya. Ibu tersebut meminta dokter menggugurkan kandungan anaknya. Dokter menyetujui permintaan tersebut karena mengenal Ibu pasien. Yang dilakukan dokter tersebut merupakan tindakan?

A. Maleficence

B. Missficence

C. Nonficence

D. Disficence

E. Professional misconduct








Jawaban: E

Pembahasan:

  • Profesional misconduct: pelanggaran aturan atau batas-batas yang ditetapkan oleh organisasi profesi
  • Kode Etik Kedokteran Pasal 1 berbunyi: Setiap dokter wajib menjunjung tinggi, menghayati, dan mengamalkan sumpah dan atau janjinya.
  • Berdasarkan Sumpah Dokter butir 6 dan Kode Etik Kedokteran pasal 7d: tindakan aborsi untuk indikasi selain medis (abortus provocatus therapeuticus) jelas bertentangan dengan Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran
  • Jadi pada kasus ini dokter melakukan aborsi karena kenal ibu pasiennya, tidak ada indikasi medis untuk melakukan aborsi. Dengan demikian melanggar Sumpah dokter dan Kode etik kedokteran.


76. Seorang perempuan, 27 tahun, memeriksakan diri ke dokter ditemani suaminya. Pasien mengeluhkan keputihan selama 2 bulan ini. Ketika diperiksa, didapatkan kondom dalam vagina pasien. Dokter langsung mengatakan hal ini di hadapan suami pasien. Suami pasien marah karena merasa tidak pernah menggunakan kondom ketika berhubungan dengan istrinya. Prinsip etik yang dilanggar oleh dokter adalah?

A. Autonomy

B. Beneficience

C. Non maleficence

D. Justice

E. Confidentiality






Jawaban: E. Confidentiality

Penjelasan:

- Kerahasiaan (Confidentiality) : Aturan dalam prinsip kerahasiaan adalah informasi tentang klien harus dijaga privasinya. Segala sesuatu yang terdapat dalam dokumen catatan kesehatan klien hanya boleh dibaca dalam rangka pengobatan klien. Tidak ada seorangpun dapat memperoleh informasi tersebut kecuali jika diijinkan oleh klien dengan bukti persetujuan.

- Menepati janji (Fidelity): Prinsip fidelity dibutuhkan individu untuk menghargai janji dan komitmennya terhadap orang lain. Perawat setia pada komitmennya dan menepati janji serta menyimpan rahasia klien. Ketaatan, kesetiaan, adalah kewajiban seseorang perawat untuk mempertahankan komitmen yang dibuatnya kepada pasien.

- Kejujuran (Veracity): Prinsip veracity berarti penuh dengan kebenaran. Nilai ini diperlukan oleh pemberi pelayanan kesehatan untuk menyampaikan kebenaran pada setiap klien dan untuk meyakinkan bahwa klien sangat mengerti. Prinsip veracity berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengatakan kebenaran. Informasi harus ada agar menjadi akurat, komprensensif, dan objektif untuk memfasilitasi pemahaman dan penerimaan materi yang ada, dan mengatakan yang sebenarnya kepada klien tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan dirinya selama menjalani perawatan.


77. Seorang perempuan hamil 25 tahun G2P1Ab0 dibawa ke UGD karena penurunan kesadaran. Terjadi perdarahan pervaginam masif sejak 1 hari yang lalu. Tekanan darah 90/70, HR 100x/menit, RR 32x/menit. Dokter ingin melakukan pemeriksaan Hb. Dari hasil pemeriksaan, dokter berkeyakinan hasil pemeriksaan Hb-nya keliru dan langsung menyatakan di depan pasien tanpa konfirmasi. Aspek bioetika apa yang dilanggar oleh dokter tersebut...

A. Beneficience

B. Autonomy

C. Justice

D. Confidentially

E. Non Maleficence








Jawaban : E

Penjelasan:

Azas Beneficence:

  • ALTRUISME (menolong tanpa pamrih, rela berkorban untuk kepentingan orang lain)
  • Tindakan dokter harus bermanfaat bagi pasien untuk mengurangi penderitaan atau memperpanjang hidup
  • Menjamin nilai pokok harkat dan martabat manusia
  • Mengusahakan kebaikan/manfaat > keburukannya
  • Meminimalkan akibat buruk
  • Menjamin kehidupan baik minimal manusia
  • Kewajiban menolong pasien gawat darurat
  • Menghargai hak2 pasien secara keseluruhan

Dilakukan pemeriksaan Hb, dokter yakin bahwa hasil keliru, langsung menyatakan ke pasien tanpa konfirmasi dulu -> merugikan pasien, karena harusnya bila terjadi ketidaksesuaian antara klinis dan laboratoris dilakukan konfirmasi dahulu ke petugas lab lalu hasil dari konfirmasi (dilakukan cek ulang Hb) baru diberitahukan ke pasien hasil yang benar. Dokter seharusnya bisa mengusahakan kebaikan/manfaat > keburukannya dan meminimalkan akibat buruk yang bisa terjadi karena menginformasikan hasil Lab yang belum dicek kebenarannya.



78. Seorang laki laki usia 35 tahun mengeluh batuk berdahak selama 3 minggu. Hasil pemeriksaan menunjukkan BTA (+) dan HIV (+). Pasien masih berhubungan seksual dengan pasangannya. Pasien tidak mau pasangannya tahu terkait penyakit yang dideritanya. Bagaimana sikap dokter yang paling tepat?

A. Tetap memberi tahu pasangan pasien

B. Menuruti permintaan pasien untuk tidak memberi tahu ke pasangan pasien

C. Memberi pengertian ke pasien agar pasien memberi tahu sendiri ke pasangannya

D. Membiarkan saja karena tidak mau mencampuri urusan orang lain

E. Secara diam-diam memberi tahu kepada pasangan pasien melalui surat







Jawaban: C. Memberi pengertian ke pasien agar pasien memberi tahu sendiri ke pasangannya.

Penjelasan:

Syarat seorang pasien yang boleh memberikan pernyatan, yaitu :

  • Pasien tersebut sudah dewasa. Masih terdapat perbedaan pendapat pakar tentang batas usia dewasa, namun secara umum bisa digunakan batas 21 tahun.
  • Pasien yang masih di bawah batas umur ini tapi sudah menikah termasuk kriteria pasien sudah dewasa.
  • Pasien dalam keadaan sadar. Hal ini mengandung pengertian bahwa pasien tidak sedang pingsan, koma, atau terganggu kesadarannya karena pengaruh obat, tekanan kejiwaan, atau hal lain. Berarti, pasien harus bisa diajak berkomunikasi secara wajar dan lancar.
  • Pasien dalam keadaan sehat akal.


Hak suami/istri pasien

  • Untuk beberapa jenis tindakan medis yang berkaitan dengan kehidupan berpasangan sebagai suami-istri, maka pernyataan persetujuan terhadap rencana tindakan medisnya harus melibatkan persetujuan suami/istri pasien tersebut apabila suami/istrinya ada atau bisa dihubungi untuk keperluan ini. Dalam hal ini, tentu saja suami/istrinya tersebut harus juga memenuhi kriteria "dalam keadaan sadar dan sehat akal". Beberapa jenis tindakan medis tersebut misalnya tindakan terhadap organ reproduksi, KB, dan tindakan medis yang bisa berpengaruh terhadap kemampuan seksual atau reproduksi dari pasien tersebut.






79. Dokter melakukan penelitian untuk mengetahui angka penyakit TB di suatu kota. Ternyata angka kejadian penyakit TB di kota tersebut sangat tinggi. Dari pihak Dinkes meminta untuk mengganti angka tersebut untuk pencitraan baik. Dokter setuju karena akan mendapat insentif. Prinsip yang dilanggar oleh dokter?

A. Justice

B. Veracity

C. Autonomy

D. Beneficience

E. Non Maleficence






Jawaban: B. Veracity

Penjelasan :

  • Pembahasan: Dokter setuju mengganti angka kejadian penyakit karena akan mendapat insentif'dokter tidak berbicara benar, jujur dan terbuka.



80. Dokter akan melakukan pemeriksan inspekulo dan memberikan informed consent terlebih dahulu pada Pasien. Apa tujuan dilakukan informed consent?

A. Mengurangi prasangka

B. Melindungi otonomi pasien

C. Menjalin hubungan baik

D. Melindungi pasien

E. Menghindari malpraktek






Jawaban: B. Melindungi otonomi pasien

Penjelasan :

 Azas OTONOMI

  • Kebebasan mengetahui/memutuskan
  • Tidak mengintervensi pasien dlm membuat keputusan
  • Berterus terang
  • Menghargai privasi
  • Menjaga rahasia pasien
  • Berhak mendapat informasi ? informed consent
  • Tidak berbohong ke pasien meski demi kebaikan pasien

 


81. Laki-laki mengalami kecelakaan lalu lintas dan didapatkan luka terbuka pada betis. Lokasi kecelakaan paling dekat dengan klinik anda. Karena fasilitas memadai, pasien ditangani sampai tuntas dan pulang. Dasar bioetik apa yang dilakukan oleh dokter klinik?

A. Beneficence

B. Non maleficence

C. Justice

D. Autonomy

E. Veracity






Jawaban: B. Non maleficence

Penjelasan :

  • Pasien KLL,Luka terbuka di betis,dibawa ke klinik terdekat' keadaan emergency; fasilitas memadai dan ditangani sampai tuntas'dokter sanggup melakukan rawat luka dan jahit luka, menghentikan perdarahan dan mencegah syok hipovolemik (manfaat bagi pasien >kerugian dokter).

Azas Non Maleficence :

  • Menolong pasien emergensi➔pasien dalam keadaan amat berbahaya(darurat)dokter sanggup mencegah bahaya tindakan dokter terbukti efektif manfaat bagi pasien➔ kerugian dokter
  • Tidak membunuh pasien (euthanasia)
  • Tidak memandang pasien hanya sebagai obyek
  • Tidak melakukan tindakan yang tidak perlu
  • Mengupayakan tindakan yang tidak merugikan pasien
  • Tidak membahayakan kehidupan pasien karena kelalaian
  • Tidak mengobati secara tidak proposional
  • Tidak menghina/memanfaatkan pasien



82. Laki-laki 24 tahun kecelakaan parah, jatuh pada kondisi vegetatif, dirawat di ICU dan dipasang ventilator. 1 minggu kemudian, Istri pasien meminta dokter untuk melepas ventilator karena kesulitan biaya. Dokter pun melepas ventilator tanpa mendiskusikan dengan dokter lain. Prinsip dasar etik yang dilanggar dokter adalah?

A. Beneficence

B. Veracity

C. Autonomy

D. Non maleficence

E. Justice








Jawaban: . A. Beneficence.

Penjelasan :

  • Dokter menghentikan tindakan yang bermanfaat bagi pasien ' pelanggaran beneficence



83. Pasien kanker stadium terminal. Diberi morfin oleh dokter untuk menurunkan nyerinya. Pasien meminta dokter untuk menaikkan dosis morfin sehingga dia bisa meninggal dengan tidak merasakan nyeri. Dokter menolak permintaan pasien. Apa yang menjadi dilema?

A. Non maleficence - Beneficence

B. Non maleficence - Justice

C. Beneficence - Justice

D. Justice - Otonom

E. Beneficence - Otonom







Jawaban: E. Benificence - Otonom

Penjelasan :

  • Permintaan pasien ' otonomi
  • Tidak melakukan yang membahayakan pasien ' beneficence



84. Laki-laki, 42 tahun, datang ke Poliklinik RS dengan keluhan keluar cairan merah kehijauan dari lubang kemaluan. Dari hasil pemeriksaan, dokter mendiagnosis sebagai gonorrhea. Pasien meminta untuk tidak memberitahukan istri pasien tentang penyakitnya. Apa yang sebaiknya dilakukan dokter?

A. Memberitahukan penyakit suami kepada istri sesuai asas otonomi untuk istri

B. Tidak memberitahu istri pasien sesuai asas otonomi pasien

C. Tetap memberitahukan sesuai asas justice untuk kepentingan masyarakat luas

D. Memberitahu kepada istri sesuai asas beneficance untuk istri

E. Sesuai asas non maleficence dengan menjelaskan dan edukasi agar tidak memperburuk penyakit Pasien







Jawaban: . B.

Penjelasan :

  • Tidak memberitahu istri pasien sesuai asas otonomi pasien
  • Pasien dewasa, sehat secara mental, tidak dalam sakit penyakit yang menyebabkan terganggunya fungsi kognitif mempunyai otonomi terhadap dirinya sendiri.



85. Pasien berobat ke puskesmas oleh dokter diberi obat dekongestan dan cotrimoxazole. Keesokan harinya pasien datang dengan keluhan bentol-bentol dan bula seluruh badan. Dokter tidak mengira akan terjadi hal tersebut. Termasuk apakah kejadian di atas?

A. Kelalaian medis

B. Kecelakaan medis

C. Risiko yang dapat dihindari

D. Risiko yang tidak terduga

E. Risiko medis







Jawaban: E. Risiko Medis

Penjelasan :

Insiden yang tidak disengaja:

  1. Kejadian sentinel: Mengakibatkan kematian atau cedera yang serius
  2. Kejadian tidak diharapkan (adverse event): Mengakibatkan cidera
  3. Kejadian nyaris cidera (near miss): Belum sampai terpapar ke pasien
  4. Kejadian tidak cidera (no harm): Sudah terpapar ke pasien, tetapi tidak timbul cedera:

  • Kondisi potensial cidera: Berpotensi untuk menimbulkan cedera, tetapi belum terjadi insiden.
  • Risiko medis: adalah suatu keadaan yang tidak dapat dijangka sebelumnya,atau satu keadaan yang secara medis sudah tidak dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan
  • Kelalaian medis: Terpenuhinya semua syarat berikut (4D):

                    -Profesi medis (duty)

                    -Penyimpangan kewajiban dari profesi medis (derelection of duty)

                    -Hubungan sebab akibat langsung (direct causality)

                    -Adanya dampak/kerugian medis (damage)



86. Pasien laki-laki 30 tahun datang ke RS dengan keluhan sakit ditempat penyuntikan dan terdapat benjolan. Penyuntikan dilakukan satu hari yang lalu. Penyuntikan telah dilakukan dengan standar medis. Dokter menjelaskan benjolan tersebut tidak membahayakan pasien dan akan hilang dengan sendirinya. Kejadian di atas, merupakan kejadian?

A. Malpraktik

B. Aciden

C. Near Miss

D. Resiko Medis

E. Insiden








Jawaban: D. Risiko medis

Penjelasan :

  • Benjolan dan nyeri di tempat penyuntikan ' abses gluteal atau nekrosis karena regimen obat yang pekat/iritatif.
  • Abses gluteal merupakan risiko medis tindakan penyuntikan intramuskuler



87. Pasien laki-laki mengalami kecelakaan, kemudian diantar oleh PMI dan polisi ke IGD RS tempat anda bekerja. Sebagai dokter apa yang anda lakukan terkait dengan informed consent?

A. Inform consent minta pada PMI

B. Inform consent dilakukan setelah pasien sadar

C. Inform consent diminta setelah keluarga datang

D. Lifesaving tanpa meminta inform consent

E. Life saving dengan meminta persetujuan polisi






Jawaban: D. Lifesaving tanpa meminta inform consent

Penjelasan :

- Permenkes No 585 th 1989 pasal 11 : Dalam hal pasien tdk sadar dan tdk didampingi keluarga,memerlukan tindakan terapi maupun diagnostik untuk menyelamatkan jiwa/cacad, tidak perlu persetujuan dari siapapun.


88. Pasien perempuan 21 th, dirujuk oleh spesialis IPD dengan diagnosa sirosis. Dengan memberi catatan ditujukan ke dokter UGD untuk sebelum masuk ke ruangan. Dokter ipd meminta untuk memasang kateter urin terlebih dahulu. Dokter jaga meminta keluarga untuk mengisi surat persetujuan tindakan sebelum pemasangan kateter. Tindakan dokter UGD dengan prinsip autonomicity?

A. Menghormati hak sehat pasien

B. Memasang infus

C. Mengkonfirmasi ke dokter ipd setelah memasang kateter urin

D. Menyodorkan kepada pasien lembar persetujuan tindakan medik kateterisasi urin

E. Membaca surat rujukan dengan lebih teliti








Jawaban: D. Menyodorkan kepada pasien lembar persetujuan tindakan medik kateterisasi urin

Penjelasan :

  • Autonomi: menghargai keputusan pasien/ keluarga (jika pasien tidak kompeten) setelah memberikan penjelasan (information for consent)
  • Kuliah etika: persetujuan tindakan medik



89. Pasien perempuan berusia 25 tahun dirawat di RS dengan diagnosa HIV. Seminggu setelah dirawat, pasien meninggal di rumah orang tuanya. Keluarga pasien memanggil dokter untuk memeriksa keadaan pasien. Apa yang harus dilakukan dokter tersebut?

A. Melaporkan keadaan tersebut ke polisi tanpa visum

B. Melaporkan keadaan tersebut ke keluarga

C. Melaporkan keadaan tersebut ke kelurahan

D. Melaporkan keadaan tersebut ke teman sejawat

E. Melaporkan keadaan tersebut ke komisi Etik RS







Jawaban: B. Melaporkan keadaan tersebut kepada pihak keluarga

Penjelasan :

  • Meninggal di rumah, bukan di rs. Surat kematian dibuat dan diberikan keluarga, keluarga yang mengurus administrasi.


90. Seorang wanita 17 tahun belum menikah datang bersama pacarnya ke klinik pratama dengan keluhan keluar perdarahan dari jalan lahir. Pada pemeriksaan inspekulo didapatkan OUE serviks terbuka dan teraba jaringan. Pada pemeriksaan didapatkan TD 90/60, N 120x/menit, RR 28x/menit, Tax 37,8. Apakah yang akan anda lakukan sebagai dokter umum di daerah terpencil?

A. Merujuk ke RS yang biasa melakukan aborsi

B. Menolak pasien karena takut tersangkut masalah hukum

C. Melakukan tindakan untuk life saving dan menghentikan perdarahan

D. Merujuk ke spesialis obgyn






Jawaban: C. Melakukan tindakan untuk life saving dan menghentikan perdarahan

Penjelasan :

  • Permenkes No 585 th 1989 pasal 11: Dalam hal pasien tdk sadar dan tdk didampingi keluarga,memerlukan tindakan terapi maupun diagnostik untuk menyelamatkan jiwa/cacad, tidak perlu persetujuan dari siapapun.



91. Seorang dokter melakukan penelitian mengenai Diabetes mellitus pada pasien. Dokter tersebut mengikuti selama beberapa tahun. Lalu ada seorang pasien yang tiba-tiba mengundurkan diri dari penelitian tersebut, namun dokter tidak mengizinkan dan memberikan sejumlah uang pada pasien agar ia tetap mengikuti penelitian tersebut. Kaidah dasar etik apa yang dilanggar dari dokter tersebut?

A  Autonomy

B. Beneficience

C. Justice

D. Veracity

E. Confidentally






Jawaban: A. Autonomy

Penjelasan :

- Dalam penelitian, subyek berhak untuk tetap ikut atau berhenti atas pilihannya sendiri. Peneliti tidak boleh menghalangi keputusan subyek.



92. Seorang dokter menginformasikan mengenai efek samping dari obat-obatan yang akan dokter berikan pada pasien, yaitu bisa menyebabkan mual muntah dan nyeri ulu hati. Prinsip etika kedokteran apa yang dilakukan oleh dokter tersebut?

A. Autonomy

B. Beneficence

C. Non maleficence

D. Justice

E. Veracity






Jawaban: E. Veracity

Penjelasan :

  • Autonomy: hak pasien dewasa yang kompeten untuk memberikan keputusan untuk pelayanan medis yang akan diberikan kepadanya;
  • Beneficence: melakukan tindakan untuk keuntungan penderita, tindakan yang dilakukan dapat mencegah kerusakan atau meningkatkan keadaan penderita;
  • Maleficence: do no harm, tidak memberikan tindakan yang tidak efektif atau merugikan penderita, prinsip ini dilanggar misalnya dengan menolak memberikan tindakan yang telah terbukti efektif;
  • Justice: menangani setiap penderita secara merata/ adil/ sama;
  • Veracity: penderita harus dijelaskan kebenaran mengenai terkait kondisi kesehatannya, baik saat diagnosis dan perkembangannya.



93. Seorang ibu membawa anaknya ke dokter umum kenalannya untuk melakukan pengguguran kandungan. Usia anak 17 tahun. Dokter menyutujui melakukan tindakan pengguguran. Termasuk tindakan apa yang dilakukan dokter

A. Misscense

B. Nonmiscense

C. Profesional misconduct


Jawaban: 

 


94. Seorang laki-laki dibawa ke IGD RS oleh satpam karena dipukuli warga setelah mencuri sepeda motor. Tindakan yang seharusnya dilakukan dokter?

A. Melakukan penatalaksanaan dan memberikan terapi

B. Merujuk ke dokter spesialis forensik

C. Merujuk ke RS lain karena tidak ingin terlibat masalah kriminal

D. Melaporkan ke polisi

E. Melaporkan ke komite medik RS







Jawaban: A. Melakukan penatalaksanaan dan memberikan terapi

Penjelasan :

- Sebagai seorang masyarakat hukum memang kita berkewajiban untuk menegakkan hukum/ kebenaran jika mengetahui ada suatu tindakan kriminal. Namun, sebagai seorang profesional yang menjalankan tugas profesinya di tempat bertugasnya, seorang dokter harus mampu menjalankan peran profesi sesuai dengan sumpahnya. Jadi dalam menghadapi kasus di atas, seorang dokter berkewajiban memberikan pelayanan sesuai standar profesinya terhadap penderita yang meminta bantuan kepadanya, hal tersebut adalah prioritas dokter tersebut.



95. Seorang laki-laki 53 tahun datang dengan muntah darah diantar oleh anaknya ke IGD RS. Pasien tampak kesakitan dan mengalami penurunan kesadaran. Pada pemeriksaan fisik didapat spider nevi dan gula darah 34 mg/dL. Dokter memberi obat untuk mengatasi muntah darah dan mengembalikan kadar gula darah. Setelah pasien stabil dokter merujuk ke dokter spesialis penyakit dalam. Apa tindakan dokter yang termasuk non maleficence?

A. Merujuk pasien ke dokter spesialis penyakit dalam

B. Memberikan tindakan emergency

C. Memberi resep pada pasien

D. Menelantarkan pasien

E. Memaksimalkan hak-hak pasien







Jawaban: D. Menelantarkan pasien

Penjelasan :

- Non maleficence: do no harm, tidak memberikan tindakan yang tidak efektif atau merugikan penderita, prinsip ini dilanggar misalnya dengan menolak memberikan tindakan yang telah terbukti efektif. Evidence-Based Medical Ethics, Chapter 2



96. Seorang laki-laki berusia 21 tahun dibawa oleh temannya ke IGD dengan keluhan kepala pusing karena membentur aspal. Pasien mengaku setengah jam yang lalu jatuh dari sepeda motor. Pasien memakai helm. Pada pemeriksaan tidak ditemukan tanda-tanda perdarahan dan peningkatan tekanan intracranial. Dokter melakukan pemeriksaan MRI terhadap pasien ini. Prinsip yang dilanggar oleh dokter tersebut adalah

A. Pembatasan goalbase

B. Meminimalisasi akibat buruk

C. Mengobati secara holistik

D. Mengobati secara profesional

E. Mengutamakan kepentingan pasien







Jawaban: 

Pembahasan :

- Pada kasus di atas, pasien trauma dengan kecurigaan trauma otak tapi tidak didapatkan tanda-tanda perdarahan dan peningkatan tekanan intra kranial secara klinis. Berdasarkan tatalaksana cedera otak/ kepala ringan, penderita tersebut hanya diperlukan observasi di unit gawat darurat dan tidak memerlukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI. Pada kasus di atas, dokter IGD langsung memberikan keputusan untuk melakukan pemeriksaan MRI sehingga dokter melanggar prinsip



97. Seorang laki-laki berusia 74 tahun datang ke praktik dokter untuk meminta dilakukan tindakan vasektomi. Hal ini karena pasien hendak menikah lagi setelah istrinya meninggal dunia beberapa tahun yang lalu. Pasien tidak ingin memiliki anak lagi karena usianya.

Yang harus dilakukan dokter adalah:

A. Meminta surat izin tertulis dari istri baru

B. Menolak dengan alasan sosial

C. Menolak karena risiko tindakan pada usia tersebut

D. Memenuhi keinginan pasien dengan informed consent

E. Memenuhi atau menolak dengan mempertimbangkan jumlah anak yang telah dimiliki pasien





Jawaban: A. Meminta surat izin tertulis dari istri baru

Penjelasan:

- Syarat-syarat menjadi akseptor vasektomi diatur oleh BKKBN



98. Seorang perempuan 24 tahun P1A0 datang ke Rumah Sakit dengan keluhan perdarahan massif sejak 6 jam yang lalu. Pasien baru saja melahirkan. Untuk menentukan diagnosis, Dokter memeriksakan pemeriksaan Darah lengkap. Setelah hasilnya keluar, dokter meyakini ada yang salah dengan pemeriksaan DL. Tanpa mengkonfirmasi lebih dulu, dokter menginformasikan kekeliruan itu pada keluarga pasien. Kaidah etik mana yang dilanggar oleh dokter tersebut?

A. Justice

B. Autonomy

C. Non Maleficence

D. Beneficience

E. Confidentiality






Jawaban: B. Autonomy

Penjelasan:

  • Autonomy: seorang dokter wajib menghormati martabat dan hak manusia. Setiap individu harus diperlakukan sebagai manusia yang mempunyai hak menentukan nasib sendiri. Dalam hal ini pasien diberi hak untuk berfikir secara logis dan membuat keputusan sendiri. Autonomi bermaksud menghendaki, menyetujui, membenarkan, membela, dan membiarkan pasien demi dirinya sendiri.
  • Beneficence: seorang dokter berbuat baik, menghormati martabat manusia, dokter tersebut harus berusaha maksimal agar pasiennya tetap dalam kondisi sehat. Perlakuan terbaik kepada pasien merupakan poin utama dalam kaidah ini. Kaidah beneficence menegaskan peran dokter untuk menyediakan kemudahan dan kesenangan kepada pasien mengambil langkah positif untuk memaksimalisasi akibat baik daripada hal yang buruk.
  • Non-malficence: suatu prinsip yang mana seorang dokter tidak melakukan perbuatan yang memperburuk pasien dan memilih pengobatan yang paling kecil resikonya bagi pasien yang dirawat atau diobati olehnya. Pernyataan kuno First, do no harm, tetap berlaku dan harus diikuti.
  • Justice: suatu prinsip dimana seorang dokter wajib memberikan perlakuan sama rata serta adil untuk kebahagiaan dan kenyamanan pasien tersebut. Perbedaan tingkat ekonomi, pandangan politik, agama, kebangsaan, perbedaan kedudukan sosial, kebangsaan, dan kewarganegaraan tidak boleh mengubah sikap dan pelayanan dokter terhadap pasiennya.

Sumber: Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan



99. Seorang laki-laki Tn. A 45 tahun memiliki riwayat penyakit ginjal kronis dan sedang menjalani terapi cuci darah. Namun, dokter memberi tahu bahwa terapi terbaik untuknya adalah transplantasi ginjal. Di saat yang sama ada anak laki-laki 10 tahun mengalami trauma abdomen sehingga salah satu ginjal nya hancur dan membutuhkan ginjal pengganti sesegera mungkin. Di saat yang sama ada Tn. C yang ingin mendonorkan ginjalnya kepada Anak B. mengetahui hal itu, keluarga Tn. A dan bersedia membayar berapapun biayanya. Namun, dokter menolak. Kaidah moral yang mendasari perilaku dokter tersebut adalah?

A. Justice

B. Autonomy

C. Non Maleficence

D. Beneficience

E. Confidentiality








Jawaban: A. Justice



100. Seorang pasien datang ke UGD mengeluh nyeri dan terdapat benjolan di lengan kanannya. Satu hari yang lalu pasien sempat dirawat di UGD dan mendapat suntikan di lengannya dari dokter. Dokter mengaku menyuntik pasien sesuai dengan standar pelayanan medik. Apakah hal di atas yang terjadi:

A. Accident

B. Insident

C. Nearmiss

D. Resiko tindakan

E. Malpraktek








Jawaban: D. Resiko tindakan

Penjelasan:

- Setiap tindakan medis selalu memiliki resiko. Apabila sudah dikerjakan berdasarkan standar profesi atau standar pelayanan medik atau standar operasional prosedur di tempat dokter tersebut bekerja, maka dokter tidak dapat disalahkan. Resiko medis memiliki pengertian bahwa dalam setiap tindakan medis ada kemungkinan resiko atau resiko tinggi yang dapat terjadi dan tidak sesuai harapan pasien.



101. Seorang dokter melakukan penelitian tentang pasien DM. namun tiba - tiba salah satu pasien ingin mengundurkan diri dari penelitian. Dokter akhirnya memberi uang kepada pasien tersebut agar tetap mengikuti penelitian. Prinsip etik apakah yang sedang di langgar oleh dokter tersebut?

A. Autonomy

B. Justice

C. Beneficence

D. Non maleficence

E. Altruism









Jawaban: A. Autonomy

Penjelasan: 

Azas OTONOMI

  • Kebebasan mengetahui/memutuskan
  • Tidak mengintervensi pasien dlm membuat keputusan
  • Berterus terang
  • Menghargai privasi
  • Menjaga rahasia pasien
  • Berhak mendapat informasi ? informed consent
  • Tidak berbohong ke pasien meski demi kebaikan pasien


 

102. Seorang pasien laki-laki 20 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas dan kemudian dibawa ke klinik yang terdekat dimana anda bertugas. Klinik cukup lengkap sehingga pasien ditangani sampai sembuh dan dipulangkan tanpa harus dilakukan rujukan. Kaidah etik apakah yang dilakukan dokter tersebut?

A. Autonomi

B. Beneficince

C. Non maleficence

D. Justice

E. Altruism






Jawaban: B. Beneficence

Penjelasan :

Memberikan terapi kepada pasien sesuai standar ' prinsip benificence



103. Pasien laki laki usia 24 tahun datang dengan keluhan keluar cairan kuning kehijauan di alat kelamin pasien dan telah di diagnosa GO. Pasien selama ini masih berhubungan seksual dengan istrinya. Oleh karena hal ini pasien meminta untuk merahasiakan penyakit yang di derita pasien ke istrinya. Sebagai dokter apa yang harus anda lakukan?

A. Dokter menghormati otonomi pasien dengan memenuhi permintaan pasien

B. Dokter menolak permintaan pasien, karena menyebabkan penularan ke istri pasien

C. Dokter memberitahu istri pasien secara diam-diam agar tidak ketahuan pasien

D. Dokter memberi saran kepada pasien agar istri pasien juga diperiksa dan diobati

E. Dokter mengutamakan manajemen untuk perbaikan dari kondisi pasien sebaik-baiknya








Jawaban: D. Dokter memberi saran kepada pasien agar istri pasien juga diperiksa dan diobati

Penjelasan :

- Pasien dewasa, sehat secara mental, tidak dalam sakit penyakit yang menyebabkan terganggunya fungsi kognitif mempunyai otonomi terhadap dirinya sendiri. Namun sebagai dokter, tetap harus menginformasikan bahwa untuk pengobatan yang paripurna harus dilakukan pemeriksaan dan pengobatan bersama.



104. Seorang wanita 27 tahun akan menikah. Pasien takut menderita thalassemia karena saudara sepupunya menderita thalassemia mayor. Pasien meminta diperiksa. Pasien 1 minggu kemudian datang dengan tunangannya. Apa yang sebaiknya dokter lakukan?

A. Menolak menjelaskan dan meminta pasien datang sendiri

B. Menolak menjelaskan dan meminta pasien datang dengan keluarganya

C. Menolak menjelaskan dan merujuk pasien ke spesialis hematologi

D. Menanyakan kebersediaan pasien atau tidak menganai hasilnya di depan tunangannya

E. Langsung menjelaskan hasil di depan tunangannya









Jawaban: D. Menanyakan kebersediaan pasien atau tidak menganai hasilnya di depan tunangannya

Penjelasan :

- Salah satu hak otonomi pasien: Pasien berhak memberitahukan kepada petugas kesehatan, kepada siapa saja perihal tentang penyakitnya dapat dibuka. Proses pemberian hak mengetahui ini harus dilakukan secara tertulis yang ditandatangani oleh pasien. KARS. 2012. Standar Akreditasi Rumah Sakit.



105. Wanita 15 tahun datang ke RS dengan keadaan lemah dan bingung. Pasien mengatakan sering mendapatkan kekerasan oleh majikannya. Pasien tidak ingat bagaimana kejadiannya dan kapan. Pada memeriksaan fisik didapatkan himen robek sampai dasar. Dokter mengambil sample cairan tubuh dari pasien dan hasilnya diperiksa oleh dokter sendiri dan ada yang di periksa di lab. Pemeriksaan apa yang dapat dilakukan oleh dokter sendiri?

A. Pemeriksaaan kehamilan

B. Pemeriksaaan sperma

C. Pemeriksaaan semen

D. Pemeriksaaan mikrobiologi

E. Pemeriksaaan toksikologi








Jawaban: A. Pemeriksaaan kehamilan

Penjelasan :

- Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan dokter sendiri secara sederhana dalam kasus ini adalah pemeriksaan kehamilan dengan urin (meskipun bukan tanda pasti kehamilan)



106. Pada jenazah dilakukan otopsi dengan menggali kuburnya karena diduga kematiannya tidak wajar. Hasil otopsi menunjukkan bahwa tulang lengkap dan pada calvaria ditemukan lubang, serta pada rongga kepala ditemukan peluru. Kemudian anak korban menanyaka tentang penyebab kematian. Sikap sebagai dokter adalah:

A. Menolak memberitahukan karena rahasia kedokteran

B. Memberitahukan isi VeR karena yang meminta adalah kerabat dekat korban

C. Memberitahukan ringkasan dari VeR

D. Menginformasikan langsung sebab kematian

E. Menyarankan untuk menanyakan pada kepolisian selaku penyidik







Jawaban: E. Menyarankan untuk menanyakan pada kepolisian selaku penyidik

Penjelasan :

- Jenazah yang diminta VER (luar atau dalam) adalah barang bukti. Barang bukti merupakan milik negara. Sehingga segala informasi terkait barang bukti hanya dapat ditanyakan ke penyidik, kejaksaan, atau saat persidangan.



107. Didapatkan kerangka pada exhumation perpindahan lokasi yang dahulunya merupakan sebuah makam. Apabila seorang dokter ingin mengetahui jenis kelamin dari kerangka tersebut, tulang apakah yang dapat digunakan oleh dokter tersebut?

A. Femur

B. Humerus

C. Sacrum

D. Coxae

E. Sternum








Jawaban: D. Coxae

Penjelasan :

Menurut Krogman, ketepatan penentuan jenis kelamin

  • 100% jika seluruh kerangka
  • 95% jika pelvis saja
  • 80-85% jika tulang panjang saja



108. Korban kecelakaan pesawat berjumlah 150 orang. Dilakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem untuk identifikasi. Yang bisa membantu dalam membuat kesimpulan adalah....

A. Antropologi

B. Odontologi

C. Pakaian

D. Golongan darah

E. Tato








Jawaban: B. Odontologi

Penjelasan :

- Pada proses reconciliation saat identifikasi korban bencana, data- data ante dan post mortem dicocokkan dengan berbagai metode berupa: identifikasi primer (sidik jari, odontologi, DNA) dan identifikasi sekunder (deskripsi temuan medis, data properti).



109. Seorang wanita diculik dan kemudian ditenggelamkan. Wanita ditemukan telah meninggal. Bukti bahwa wanita tersebut mati tenggelam adalah?

A. Ditemukan ganggang pada tes getah paru

B. Ditemukan pasir pada saluran napas atas

C. Ditemukan buih di hidung

D. Paru-paru berat berisi air

E. Washer woman hand








Jawaban: A. Ditemukan ganggang pada tes getah paru

Penjelasan :

  • Tes getah paru patognomonis untuk kasus tertentu.
  • Menurut beberapa ahli, cairan masih dapat mengalir ke dalam saluran nafas setelah korban meninggal, tetapi tidak sampai alveoli. (bisa ada pasir di saluran nafas atas).
  • Buih di hidung/mulut tidak spesifik karena bisa ditemukan di kasus orang yang meninggal akibat overload cairan infus.



110. Terjadi kericuhan pada sebuah pertandingan sepak bola dan jatuh korban jiwa. Dari salah satu korban didapatkan data seperti di bawah: Berapakah perkiraan usia korban?

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) UKDI  , Foto panoranik ronsen gigi laki-laki dewasa muda gigi molar 3, gigi seri, gigi taring, gigi geraham

A. <7 tahun

B. 7-10 tahun

C. 13-17 tahun

D. 20-25 tahun

E. > 30 tahun


Jawaban: D. 20-25 tahun

Penjelasan :

- Gigi molar 3 sudah ada benihnya (18-25 tahun)

Buku Ajar Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal



111. Seorang dokter diminta memeriksa jenazah yang diduga meninggal karena gantung diri. Terdapat bekas luka vertikal. Dokter menyarankan agar korban diautopsi. Namun keluarga menolak. Apa yang dilakukan dokter?

A. Tidak melakukan autopsy

B. Menunda melakukan autopsy

C. Meminta polisi memberikan surat agar di autopsi

D. Menunggu keputusan pengadilan

E. Tetap melakukan autopsy atas ijin penyidik







Jawaban: E tetap melakukan otopsi atas ijin penyidik➔ kalau tidak ada ijin tidak otopsi (?).

Penjelasan :

- Otopsi pada kasus yang dicurigai ada tersangkanya, harus dilakukan otopsi atas perintah dari penyidik (Polri). Jika keluarga keberatan, keluarga sendiri yang mengutarakan keberatan.

Buku Ajar Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal ed.8 Unair



112. Terjadi sebuah kecelakaan yang memakan 35 korban jiwa. Kemudian dilakukan pencocokan data ante dan post mortem dari korban. Apakah 1 data yang dapat membuat kesimpulan tentang identitas korban?

A. Antropologi

B. Odontologi

C. Tato

D. Pakaian

E. Golongan darah








Jawaban: B. Odontologi

Penjelasan :

- Pada proses reconciliation saat identifikasi korban bencana, data- data ante dan post mortem dicocokkan dengan berbagai metode berupa: identifikasi primer (sidik jari, odontologi, DNA) dan identifikasi sekunder (deskripsi temuan medis, data properti).




113. Seorang laki-laki ditemukan meninggal dunia dan di bawa ke RS. Dari pemeriksaan didapatkan lebam mayat berwarna merah terang. Zat kimia apa yang kemungkinan menjadi penyebabnya?

A. Karbondioksida

B. Sianida

C. Organofosfat

D. Karbamat

E. Karbon monoksida

 








Jawaban: B. Sianida atau E. Karbon monoksida

Penjelasan :

  • Umumnya, lebam mayat bewarna merah kebiruan. Pada korban yang meninggal akibat keracunan gas CO dan keracunan HCN, lebam mayatnya beware cherry red. Organ-organ yang mengalami kogesti juga akan mengalami perubahan warna cherry red seperti otot jantung, jaringan otak, konjungtiva, endocard. Sedangkan pada korban yang meninggal karena keracunan Nitro Benzena atau Potassium Chlorat maka lebam mayatnya akan bewarna chocolate brown.



116. Seorang lelaki tua ditemukan meninggal di pematang sawah. Tidak ada saksi mata yang melihat penyebab kematiannya. Dari hasil pemeriksaan jenazah didapatkan hasil seperti di bawah. Apakah hasil pemeriksaan jenazahnya?

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Kelainan kulit luka bakar

A. Luka bakar

B. Bula Ujud Kelainan Kulit

C. Luka tekan geser

D. Tanda iskemik

E. Laserasi

 







Jawaban: A. Luka bakar

Penjelasan :

- Luka akibat terbakar umumnya membentuk vesikel atau bula dan mudah terkelupas. Pada gambar di atas, gambaran yang nampak seperti bula yang telah terkelupas.



114. Seorang laki-laki dibawa ke IGD setelah kecelakaan lalu-lintas. Dari pemeriksaan didapatkan gambaran luka seperti di bawah. Apa jenis luka tersebut?

 

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) UKDI Foto wujud kelainan kulit pada lutut dengkul luka lecet geser, luka laserasi tekan

A. Luka sayat

B. Luka lecet geser

C. Luka lecet tekan

D. Luka tusuk

E. Laserasi








Jawaban: B. Luka lecet geser

Penjelasan :

- Luka lecet adalah suatu kerusakan yang mengenai lapisan atas dari epidermis akibat kekerasan dengna benda yang mempunyai permukaan yang kasar sehingga epidermis menjadi tipis, sebagian atau seluruh lapisannya hilang.

Ciri luka lecet: sebagian atau seluruh epitel hilang, permukaan bisa tertutup oleh eksudasi yang akan mongering (crusta), timbul reaksi radang berupa penimbunan sel-sel pmn, biasanya tidak meninggalkan jaringan parut. Umumnya gambaran di atas diakibatkan oleh gesekan kulit dengan suatu permukaan.



115. Pasien datang ke IGD dengan keluhan muntah darah sejak 2 hari yang lalu, diikuti dengan BAB berwarna hitam lengket. Pada pemeriksaan fisik didapatkan sclera ikterik, perut membesar, hepar tidak teraba. Pasien telah didiagnosis sirosis hepatis 6 bulan yang lalu. Dari pemeriksaan lab diketahui pasien menderita hepatitis B. Tidak lama kemudian pasien dinyatakan meninggal oleh dokter. Kapan dokter menyatakan kematian pasien?

A. Setelah memeriksa tekanan darah, nadi dan refleks batang otak

B. Menunggu 30 menit sampai lebam mayat muncul

C. Menunggu 30 menit sampai kaku mayat muncul

D. Menunggu 2 jam sampai lebam mayat muncul

E. Menunggu 2 jam sampai kaku mayat muncul







Jawaban: B. Menunggu 30 menit sampai lebam mayat muncul

Penjelasan :

- Tanda kematian yang pasti akan muncul ketika masuk dalam tahap cellular death, yaitu munculnya gejala menurunnya suhu mayat (argor mortis), timbulnya lebam mayat (livor mortis), terjadinya kaku mayat (rigor mortis). Lebam mayat pada umumnya sudah timbul dalam waktu 15 sampai 20 menit setelah orang meninggal. Buku Ajar Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Edisi 8 FKUA



116. Pasien laki-laki datang ke UGD RS diantar polisi untuk meminta visum. Pada dada pasien terdapat luka dan keluar darah cukup banyak. Ukuran luka terbuka 3x1 cm, tepi luka rata, tebing luka rata, tidak terdapat jembatan jaringan, kulit sekitar luka bersih. Pasien dilakukan operasi dan ternyata luka menembus jantung. Setelah terapi pasien sehat kembali. Mekanisme terjadinya luka tersebut?

A. Mekanik + fisik

B. Mekanik

C. Fisik

D. Kimia

E. Listrik

 





Jawaban: B. Mekanik

Penjelasan :

- Luka tusuk yang terjadi oleh benda tajam termasuk dalam luka mekanik.



117. Seorang laki-laki 40 th dibawa ke IGD RS oleh keluarganya dengan luka bakar seluruh tubuh. Pasien ditemukan 3 jam yang lalu di sebuah ruangan tertutup di rumahnya. Pemeriksaan fisik pasien dalam keadaan meninggal, terdapat luka bakar grade 2 pada wajah, leher, dada, perut, dan kedua ekstremitas superior dan inferior. Penyebab kematian adalah?

A. Syok neurogenik

B. Gagal napas

C. Asfiksia

D. Sepsis

E. Gagal multiorgan






Jawaban: C. Asfiksia

Penjelasan :

- Kegawatan pada combustio bukan hanya terdapat pada kehilangan cairan yang masif. Ada bahaya yang jauh lebih mengancam, yaitu laryng edema dan compartment syndrome pada rongga thorax. Keduanya menghambat airway (A) dan breathing (B) yang dapat menimbulkan asfiksia sehingga dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat.



118. Seorang wanita berusia 42 tahun datang dengan keluhan mendadak lemas dan kejang-kejang setengah jam yang lalu. Pasien adalah seorang petani. Satu jam yang lalu pasien menyemprot hama tanpa menggunakan masker dan sarung tangan. Pemeriksaan tanda vital suhu 37,1oC, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 68 kali permenit, laju nafas 22 kali permenit. Dari pemeriksaan fisik ditemukan sianosis pada ujung jari tangan dan kaki. Penyebab keracunan pada pasien ini yang paling mungkin adalah:

A. Sianida

B. Malonat

C. Plumbum

D. Benzene

E. Karbonmonoksida






Jawaban: B. Malonat (mungkin maksudnya adalah Malathion. Malathion terdapat pada insektisida).

Penjelasan :

- Sianida memberikan gejala kejang, tetapi kulit kemerehan. Karbon monoksida juga memberikan warna kulit cherry red. Untuk plumbum dan benzene jarang memberikan efek akut, biasanya setelah akumulasi dan mencapai konsentrasi tertentu barulah menimbulkan gejala.

Sumber: Buku Ajar Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Toksikologi



119. Dokter diminta polisi melakukan exhumatio. Kemudian dokter melakukan exhoumatio. Seminggu kemudian, anak dari yang meninggal dunia meminta hasil. Apa yang sebaiknya dilakukan dokter?

A. Memberikan hasil exhumatio

B. Meminta anak untuk bertanya pada polisi

C. Tidak memberikan hasil exhumatio







Jawaban: C. Tidak memberikan hasil exhumatio

Penjelasan :

- Permintaan melakukan exhumatio diputuskan melalui persidangan oleh hakim, dan hasilnya diberikan kepada penyidik sebagai barang bukti hukum yang sah. Hal ini membuat hasil exhumatio tersebut bukan merupakan hak keluarga sampa penyidik memlaporkan secara resmi.




120. Seorang laki laki ditemukan mati di apartmen, keluar darah dari mulut. Dari otopsi didapatkan pelebaran pembuluh darah gaster dan pembesaran hepar. Penyebab kematian yang mungkin adalah?

A. Keracunan

B. Ruptur varises esofagus

C. Syok neurogenik

D. Lupa

 





Jawaban: B. Ruptur varises esofagus

Penjelasan :

- Patofisiologi sama dengan sirosis hepatis dengan komplikasi ruptur esofagus. Karena adanya pembendungan di hepar sehingga menyebabkan backflow pada vena-vena saluran cerna yang bermuara vena porta. Sumber: PAPDI, Gastroenterologi



121. Terapi yang sesuai untuk herpes zoster adalah...

A. Prednison

B. Amoxicillin

C. Acyclovir

D. Cetirizine

E. Trakonazole







Jawaban: C. Acyclovir

Penjelasan :

Terapi kausal untuk herpes zoster adalah acyclovir (5x800 mg) atau valacyclovir (3x1 g)



122. Ibu membawa anaknya yang berusia 8 tahun ke dokter dengan keluhan gatal didaerah kepala. Pada pemeriksaan lampu wood tampak berwarna hijau keemasan. Organisme penyebab kelainan kulit di atas adalah...

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) soal pertanyaan UKDI. Foto wujud kelainan kulit karena jamur Mycosporum Sp. Mycrosporum, Trichophyton rubrum , candida albicans, Malassezia furfur, terlihat berwarna ungu dibawah lampu wood lamp atau lampu wood bisa juga kehaijauan biru atau merah

A. Trichopyton rubrum

B. Mycrosporum sp.

C. Candida albicans

D. Malassezia furfur

E. Staphylococcus aureus







Jawaban: B. Microsporum sp.

Penjelasan :

- Pada pasien tersebut menderita tinea capitis tipe gray patch. Gray patch ditandai dengan rambut yang berwarna kusam, patah beberapa mm setelah keluar dari folikel rambut, menyebabkan alopersia areata yang berwarna keabu-abuan, lampu wood (+) hijau keemasan. Gray patch disebabkan oleh jamus genus Microsporum



123. Wanita 25 th datang dengan keluhan gatal di jari manis stelah memakai cincin imitasi. Terdapat vesikel, papul, dan eritema. Kemungkinan diagnosa pada kasus ini adalah ........

A. Dermatitis kontak iritan

B. Dermatitis numularis

C. Dermatitis seboroik

D. Neurodermatitis

E. Dermatitis kontak alergi

 






Jawaban: E. Dermatitis kontak alergi

Penjelasan :

- Dermatitis kontak adalah dermatitis yang disebabkan terpaparnya kulit dengan bahan luar yang bersifat iritan atau allergen. Bahan iritan bersifat perih dan hampir semua orang akan timbul keluhan setelah terpapar bahan iritan, sementara bahan allergen lebih memberikan klinis gatal dan tidak semua orang akan menimbulkan keluhan setelah terpapar bahan tersebut. Pada kasus ini, pasien datang setelah memakai cincin imitasi, sehingga lebih cocok sebagai dermatitis kontak alergi.



124. Seorang anak 3 tahun dikeluhkan sering pilek. Didapatkan krusta kuning yang mudah lepas di sekitar hidung dan bibir. Antibiotik sistemik dari penyakit pada gambar di atas adalah:

A. Eritromisin

B. Doksisiklin

C. Tetrasiklin

D. CIprofloksasin

E. Cefixim







Jawaban: A.Eritromisin

Penjelasan :

- Impetigo krustosa➔ sering pada anak-anak, dengan vesikula/bula yang berdinding tipis di atas kulit eritem yang cepat memecah sehingga jarang terlihat vesikula dan bula, yang banyak terlihat adalah krusta tebal kuning kecoklatan. Causa terbanyak Staphylococcus aureus, selain itu Stretococcus beta hemoliticus. Antibiotik sistemik pilihan: eritromisin 4x12,5 - 50mg/kg/dosis p.c.


125. Seorang anak 3 tahun dikeluhkan sering pilek. Didapatkan krusta kuning yang mudah lepas di sekitar hidung dan bibir. Penyebab tersering dari kasus di atas adalah:

A. Streptococus beta hemolitikus

B. Staphylococcus Aureus

C. Streptococcus epidermitis

D. Proteus mirabilis

E. Candida sp.

 





Jawaban: A. Streptococus beta hemolitikus




126. Anak 7 tahun diantar ibunya ke puskesmas dengan keluhan muncul bintil pada tangan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan bintil berwarna abu-abu permukaan verukos di regio manus. Diagnosa pada kasus ini adalah?

A. Veruka Plana

B. Veruka Vulgaris

C. Condiloma

D. Sifilis sekunder







Jawaban: B. Veruka Vulgaris

Penjelasan : Veruka vulgaris adalah kelainan kulit berupa hiperplasi epidermis yang disebabkan oleh HPV, sering terjadi pada anak-anak, berupa nodula berwarna abu-abu kecoklatan dengan permukaan kasar atau verukosa dan bila digores dapat timbul autoinokulasi sepanjang goresan (fenomena Koebner)



127. Pria usia 35 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan muncul bercak kemerahan di seluruh tubuh selama 3 bulan. Bercak awalnya muncul di punggung, kemudian menyebar ke kaki dan tangan. Bercak tidak terasa gatal. Keluhan tersebut disertai vertigo, rasa kesemutan, dan rasa tebal di kedua kaki, kaki teraba kasar. TTV dalam batas normal. Status dermatologis didapatkan makula eritematous tersebar dengan ukuran bervariasi mulai dari numular hingga plakat, batas tegas dan beberapa tidak tegas. Diagnosis pada kelainan di atas adalah...

 

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) soal pertanyaan UKDI. Foto wujud kelainan kulit lepra, leprosy, psoriasis vulgaris, dermatitis numularis, tinea corporis, kandidiasis,  bercak kemerahan, gatal, rasa tebal, makula eritematous

A. Psoriasis vulgaris

B. Morbus hansen

C. Dermatitis numularis

D. Tinea corporis

E. Kandidiasis










Jawaban: B. Morbus hansen

Pembahasan :

- MH atau Morbus Hansen atau kusta atau lepra, adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan kuman Mycobacterium leprae yang menyerang syaraf tepi, kulit, jaringan tubuh lainnya kecuali susunan saraf pusat. Tanda utama atau cardinal sign (WHO/1997):

  1. Kelainan kulit yang hipopigmentasi atau eritematosa dengan anestesi yang jelas
  2. Kelainan saraf tepi berupa penebalan saraf dengan anestesi
  3. Hapusan kulit positif untuk kuman tahan asam.

Diagnosis ditegakkan bila dijumpai salah satu tanda utama di atas.



128. Pasien 60 tahun keluhan panas dan nyeri dada. Demam 38 derajat celsius. Vesikel unilateral sesuai dermatom. Lesi diawali 1 lesi diikuti lesi lain yang bergerombol mengikuti arah costae. Diagnosis pada kasus di atas adalah?


Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) soal pertanyaan UKDI. wujud kelainan kulit Varicella herpes zoster simpleks lesi kemerahan, vesikel unilateral sesuai dermatom

A. Varicella

B. Variola

C. Herpes simpleks

D. Herpes zoster

E. Measles

  







Jawaban: D. Herpes zoster

Penjelasan :

- Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang sifatnya localized, terutama menyerang orang dewasa dengan ciri khas berupa nyeri radikuler, unilateral, dan gerombolan vesikula tersebar sesuai dermatom yang diinervai oleh satu ganglion saraf sensorik. Gejala klinis:

  1. Stadium prodromal ' gatal, nyeri pada dermatom yang terserang disertai panas, malaise dan nyeri kepala
  2. Stadium erupsi ' timbul papul atau plakat urtika, 1-2 hari akan timbul gerombolan vesikula di atas kulit eritematus, sedangkan kulit di antara gerombolan tetap normal. Lokasi lesi sesuai dengan dermatom, unilateral, dan biasanya tidak melewati garis tengah dari tubuh.
  3. Stadium krustasi ' vesikula menjadi purulen, mengalami krustasi dan lepas dalam waktu 1-2 minggu. Sering terjadi neuralgi pascaherpetika, terutama pada orang tua yang dapat berlangsung berbulan-bulan parastesi yang bersifat sementara.



129. Seorang perempuan perawakan gemuk, usia 30 tahun, datang ke praktek pribadi dokter dengan keluhan tungkai kanan terkena duri 3 hari yang lalu. Pasien demam. Terdapat lesi kemerahan dengan batas tegas menjalar hingga ke paha dalam dan edema. Terdapat peninggian dari tepi lesi. Diagnosis yang tepat?

A. Erysipelas

B. Impetigo

C. Selulitis

D. Abses

E. Ektima







Jawaban: A. Erysipelas

Penjelasan :

  • Erysipelas➔ inflamasi jaringan dermis dan subkutan atas; eritema
  • lokal batas jelas, tepi meninggi, nyeri
  • Impetigo➔ infeksi piogenik pada kulit superfisial; jenisnya impetigo krustosa dan impetigo bulosa.
  • Selulitis➔ inflamasi jaringan subkutan; eritema meluas, batas tak jelas, tepi tidak meninggi, nyeri
  • Abses➔ kumpulan nanah dalam jaringan; fluktuatif +.
  • Ektima➔ mirip dengan impetigo, namun kerusakan dan daya invasive lebih dalam; membentuk ulkus dangkal yang ditutupi krusta berlapis.



130. Seorang anak 7 tahun datang diantar ibunya ke klinik dengan keluhan gatal pada perut dan punggung. Dari pemeriksaan didapatkan efloresensi vesikel umbilikated dengan tepi hiperemis. Apa kemungkinan penyebab pada kasus di atas?

A. HSV

B. VZV

C. Poxvirus

D. HPV

E. HZV







Jawaban: C. Poxvirus

Penjelasan :

  • HSV➔ menyebabkan herpes simpleks. vesikel berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, berisi cairan bening kemudian keruh, gatal dan menjadi krusta.
  • VZV➔ menyebabkan varisela dan herpes zooster. Varisela, klinis: vesikel polimorfik berdinding tipis seperti tetes air berukuran milier
  • dan lentikuler diatas makula eritematus. Reaktivasi dari VZV menyebabkan Herpes Zooster.
  • Poxvirus➔ menyebabkan moluskum kontagiosum. Klinis: papule milier bentuk kubah dengan delle; tersebar dan bila dipijat mengeluarkan massa putih spt nasi. Dapat terjadi di manapun pada tubuh termasuk wajah, leher , lengan, kaki , perut , dan area genital , sendiri atau berkelompok.
  • HPV➔ menyebabkan veruka vulgaris. Klinis nodul abu kecoklatan dengan permukaan verikosa.



131. Seorang laki-laki 40 tahun datang ke klinik anda dengan keluhan gatal pada kepala. Terdapat kebotakan terarea. Terdapat sisa rambut putus, rambut kusam,dan ada skuama halus tipis. Kemungkinan penyebab pada kasus di atas adalah ......

A. Tricophyton schonlei

B. M. furfur

C. Tricophyton violaseum

D. Tricophyton rubrum

E. M. Canis

 






Jawaban: E. M. canis

Penjelasan :

-Terdapat sisa rambut putus, alopesia areata, gatal ' tinea capitis tipe grey patch➔ Microsporum sp. (termasuk Microsporum canis)



132. Seorang wanita 27 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri dan gatal pada punggung kaki kanan. Pasien memiliki riwayat berkunjung ke pantai. Dari pemeriksaan fisik didapatkan lesi berkelok kelok dan dikeluhkan bertambah panjang setiap hari. Apa kemungkinan mikroorganisme penyebabnya?

A. Loa-loa

B. Ancylostoma duodenale

C. Ancylostoma brazilienses

D. Dracunculus medicinales

E. Strongyloides stercoralis








Jawaban: C. Ancylostoma braziliense

Penjelasan :

  • Lesi berkelok-belok, predileksi pada punggung kaki, riwayat kontak dengan tanah tanpa alas kaki➔ cuteneous larva migrans.
  • Penyebabnya adalah spesies hookworm yang zoonotik, memiliki host definitif pada hewan namun secara imsidentil menginfeksi manusia.



133. Seorang perempuan usia 60 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan tungkai kirinya terasa bengkak dan nyeri. Keluhan itu sudah dirasakan sejak 4 hari yang lalu. Pasien memiliki riwayat diabetes melitus. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pada tungkai bawah kiri plak eritematous dengan peninggian. Di atasnya terdapat ulkus berukuran 0.5 cm dan bula. Pada pengecatan gram didapatkan bakteri bentuk bulat, warna ungu, tersusun berderetan. Apakah bakteri penyebab kasus di atas?

A. Korinebakterium

B. Mikobakterium

C. Propipbakterium

D. Stafilokokus

E. Streptokokus







Jawaban : E


134. Diagnosis pada kelainan kulit di bawah adalah?

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia) Soal pertanyaan UKDI.Penampakan kutaneus CUtaneus larva migrans, terlihat gambaran seperti terowongan di permukaan kulit yang disebabkan larva serangga

A. Larva migrans

B. Enterobiasis

C. Filariasis

D. Dermatitis

E. Impetigo







Jawaban: A. Larva migrans

Penjelasan :

Lesi berkelok-kelok berbentuk seperti ular, eritematus, dapat disertai papul ataupun vesikel ' cutaneous larva migrans



135. Anak berusia 7 tahun diantar ibunya ke Puskesmas dengan keluhan muncul bintil pada tangan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan bintil berwarna abu-abu permukaan verukos di regio manus. Terapi pada kasus ini adalah .............

A. Acyclovir

B. Cryotherapy

C. Tingtura Podofilin

D. Doxycycline

E. Benzatin penisilin






Jawaban: C. Tingtura podofilin

Penjelasan :

- Diagnosis: veruka vulgaris/common wart. Merupakan infeksi virus HPV non genital. Tindakan utk eliminasi dapat menggunakan kimia mulai dari asam salisilat sampai dengan cyrotherapy. Penelitian membuktikan bahwa tidak ada perbedaan hasil terapi dengan kimia dan dengan cyrotherapy yang menggunakan nitrogen cair. Karena pasien dirawat di puskesmas maka dapat dipilih eliminasi dengan bahan kimia. Bahan kimia pilihannya adalah asam salisilat (keratolitik). Tingtura podifilin dapat juga dipakai meskipun biasanya digunakan pada infeksi HPV genital/genital wart/condyloma accuminata. (http://emedicine.medscape.com/article/1133317-treatment)


136. Seorang pasien wanita dengan riwayat diabetes melitus datang ke puskesmas dengan keluhan gatal. Dari pemeriksaan fisik didapatkan lesi kemerahan dan gatal pada lipat payudara. Diagnosis yang mungkin pada kasus ini adalah.....

A. Tinea corporis

B. Candidiasis kutis

C. Dermatitis intertriginosa

D. Neurodermatitis

E. Candidiasis intertriginosa








Jawaban: E. Kandidiasis intertriginosa

Penjelasan :

- Mengenai daerah lipatan-lipatan (intertriginosa), umbilikus, lipatan lemak badan, dan dapat meluas ke seluruh badah. Dapat mengenai skrotum dan penis. Kulit nyeri, inflamasi, eritematus, terdapat satelit vesikel/pustul/nodul/bula yang meninggalkan permukaan yang kasar dengan tepi yang erosi.

 


137. Seorang anak datang diantar ibunya ke puskesmas dengan keluhan gatal pada tangan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan kulit kemerahan dengan bintil berisi cairan dan luka bekas garukan. Riwayat sakit batuk pilek sejak 5 hari yang lalu. Terapi sistemik oral lini pertama dari kasus di atas adalah adalah ......

A. Eritromisin

B. Doksisiklin

C. Tertrasiklin

D. Metronidazole

E. Rifampisin






Jawaban: A. eritromisin

Penjelasan :

  • Lesi berupa vesikel, terasa gatal, bekas garukan, ada riwayat batuk pilek➔ impetigo➔ antibiotik yang mengkover gram positif dan resisten beta laktamase.
  • Untuk pasien yang alergi penisilin, eritromisin dan clindaymycin bisa jadi pilihan. Medscape > impetigo


138. Anak laki -laki 12 tahun dibawa ibunya ke puskesmas setelah main ke hutan kemudian punggung kaki kanan kemerahan bengkak dan nyeri. Dari pemeriksaan ditemukan parasit dengan badan pipih dorsoventral, kepala dan badan beruas - ruas, tiap ruas memiliki sepasang kaki, di kepala terdapat antena dan poison claw (+). Kemungkinan parasit penyebab....

A. Millipede

B. Centipede

C. Sarcoptei scabies

D. Lactrodectus geometricus








Jawaban: B. Centipede

Penjelasan :

- Arthropoda dengan kaki pada setiap segmen tubuh, ada poison claw ' centipede (kelabang)



139. Anak laki-laki 8 tahun dibawa oleh orang tuanya ke praktek dokter dengan keluhan kedua lengannya gatal setelah memakan udang. Keluhan ini sering berulang sejak pasien umur 4 tahun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan macula eritem dan urtikaria. Dokter mendiagnosis dengan urtikaria akut. Edukasi yang tepat untuk mencegah terulangnya kejadian ini:

A. Mengurangi makan udang

B. Pantang makan udang dan seafood lainnya

C. Tidak boleh makan makanan yang mengandung udang

D. Meminum antihistamin sebelum makan udang

E. Meminum antihistamin sesudah makan udang








Jawaban: C. Tidak boleh makan makanan yang mengandung udang

Penjelasan :

- Makan udang➔ urtikaria (alergi udang) Identifikasi makanan penyebab dan avoidance adalah satu- satunya langkah yang divalidasi untuk alergi makanan.



140. Anak laki-laki 8 tahun dibawa oleh orang tuanya ke praktek dokter dengan keluhan kedua lengannya gatal setelah memakan udang. Keluhan ini sering berulang sejak pasien umur 4 tahun. Dilakukan pemeriksaan darah tepi dan didapatkan ukuran 10-14mm, inti bersegmen, granulosa warna jingga, tidak menutupi inti. Gambaran apakah yang ditemukan dalam pemeriksaan darah tepi tersebut?

A. Basofil

B. Eusinofil

C. Neutrophil

D. Limfosit

E. Monosit








Jawaban: B. eosinofil

Penjelasan :

  • Riwayat alergi udang➔ pemeriksaan hapusan darah tepi inti bersegmen, granulosa warna jingga,
  • tidak menutupi inti➔ eosinofil (jingga)




141. Anak laki-laki 6 tahun dibawa ibunya ke dokter karena muncul plenting kecil berair awalnya pada wajah lalu menyebar ke perut. Tersebar sentripetal di seluruh tubuh. Riwayat demam 5 hari. Pemeriksaan Penunjang?

A. Tzank test

B. KOH test

C. Pewarnaan Gram

D. Ziehl Neelsen

E. Hematoksilin Eosin







Jawaban: A. Tzanck test

Penjelasan :

- Pletingan berisi air di wajah dan perut➔ menyebar ke seluruh tubuh➔ varicella. Medscape > varicella-zoster virus




142. Anak laki-laki usia 18 bulan datang diantar ibunya ke puskesmas dengan keluhan gatal dan muncul bintik-bintik di sela jari, selangkangan, dan siku. Sebelumnya kakak pasien juga mengalami gatal serupa dan tinggal di asrama. Obat yang tepat untuk untuk pasien ini adalah......

A. Permetrin 5%

B. Steroid

C. Salep 24

D. Cetirizine

E. Diphenhydramin


Jawaban: A. Permetrin 5% atau C. Salep 24

Penjelasan :

- Skabies adalah penyakit yang disebabkan infestasi dan sensitisasi kulit oleh tungau Sarcoptes scabiei dan produknya. Penultan dapat terjadi karena kontak langsung kulit dengan kulit penderita skabies, seperti menjabat tangan, hubungan seksual, atau tidur bersama. Selain itu, bisa pula terjadi penularan dengan kontak tidak langsung (melalui benda). Gejala kinis yang nampak adalah pruritus nokturna dan lesi timbul di sela jari, pergelangan tangam dan kaki, aksila, umbilikus dll. Lesi kulit berupa kanalikuli berwarna putih atau abu dengan panjang rata-rata 1 cm. Ujung terowongan terdapat papul, vesikel, dan wujud dari infeksi sekunder. Terapi yang dapat diberikan dengan salah satu obat topikal (skabisid) salep 2-4 dioleskan di seluruh tubuh selama 3 hari atau krim permetrin 5% di seluruh tubuh, setelah 10 jam dibersihkan dengan sabun.




143. Anak usia 5 tahun datang dengan mengeluhkan gatal gatal di bagian leher. Dari pemeriksaan fisik leher ditemukan plak warna putih. Oleh dokter dilakukan kerokan dan didapat gambaran hifa pendek dan spora bergerombol. Dilakukan flurosense didapatkan warna kuning keemasan. Diagnosis pada pasien ini adalah.....

A. Tinea

B. Candidiasis kutis

C. Ptiriasis versikolor

D. Keratitis

E. Vitiligo








Jawaban: C. Pityriasis versikolor

Penjelasan :

- Tinea versikolor atau yang lebih dikenal sebagai pityriasis versikolor adalah penyakit infeksi pada kulit superfisial dan berlangsung kronis yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Keluhan umum adanya bercak putih pada kulit dan gatal terutama saat berkeringat. Lesi berupa makula hipopigmentasi atau berwarna-warni, berskuama halus, berbentuk bulat dan tidak beraturan dengan batas tegas atau tidak tegas. Pemeriksaan lampu Wood (fluoresensi) kuning keemasan dan pemeriksaan mikroskopi sediaan kerokan skuama lesi dengan KOH menunjukkan gambaran hifa pendek dan spora bulat bergerombol (spaghetti and meatball).

Pedoman Pelayanan Klinis Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer 2014, hal 451



144. Seorang wanita datang dengan keluhan adanya nyeri pada kemaluannya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan luka pada vagina, serviks dan vagina eritema. Pada pemeriksaan didapatkan gambaran bakteri piriformis dan berflagel. Maka bakteri penyebab tersebut adalah:

A. Trichomonas vaginalis

B. Gardenalla vagnalis

C. Proteus mirabilis

 






Jawaban: A. Trichomonas vaginalis

Penjelasan :

- Trichomoniasis, yang disebabkan oleh trichomonas vaginalis, sering menyebabkan keluhan keputihan abnormal, gatal/ nyeri/ rasa terbakar pada kemaluan, dyspareunia, dan disuria.

Pada gambaran mikroskopis sediaan basah tampak protozoa piriformis berflagel. Gardnella vaginalis, yang menyebabkan bacterial vaginosis, memiliki gambaran clue cell pada sediaan mikroskopis. Proteus mirabilis dan Eschericia coli seringkali menProteus mirabilis dan Eschericia coli umumnya menyebabkan infeksi saluran kemih. Giardia lamblia, yang menyebabkan giardiasis, umumnya menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Medscape: Trichomoniasis, Bacterial vaginosis, Proteus infections, dan Giardiasis.



145. Tatalaksana yang tepat pada kasus di atas adalah ......

A. Ceftriaxon 250 IM pada pasien saja

B. Metronidazole 2x500mg selama 7 hari pada pasien dan suami

C. Metronidazole 3x500mg pada pasien saja

D. Metronidazole 4x250mg pada pasien saja

E. Cefixim 400mg per oral






Jawaban: B. Metronidazole 2x500 mg selama 7 hari pada pasien dan suami.

Penjelasan :

- Obat-obatan 5-Nitroimidazole merupakan terapi trichomoniasis. Di Amerika Serikat, metronidazole dan tinidazole adalah obat yang telah disetujui FDA. Metronidazole dapat diberikan dalam dosis tunggal 2 g atau 2 x 500 mg/hari selama 7 hari. Pasangan seksual harus diperiksa dan diobati bersama dengan pasien.

Sumber : Medscape: Trichomoniasis



146. Laki-laki 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal pada kemaluan serta rasa sakit seperti terbakar setelah kencing. Sehari sebelumnya melakukan hubungan seks dengan PSK. TD 120/90, N 80, RR 18, Tax 37. Pemeriksaan fisik MUE tampak discharge warna putih dan tidak berbau. Diagnosa yang tepat pada pasien ini adalah .......

A. Uretritis GO

B. Uretritis non GO

C. Sifilis stadium 1

D. Sifilis stadium 2

E. ISK







Jawaban: A. Uretritis GO

Penjelasan :

- Uretritis dapat disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea atau non-gonorea. Untuk uretritis non-gonorea umunya penderita asimtomatis. Sementara pada uretritis gonorea umumnya memiliki tanda dan gejala adanya cairan (discharge) yang keluar dari kemaluan, disuria, gatal, atau orchalgia. Sifilis umumnya memiliki gejala utama adanya lesi tanpa nyeri di bagian predileksi. Sementara ISK bawah umumnya tidak disertai keluarnya discharge dan memiliki keluhan demam, susah buang air kecil, disuria terminal, sering buang air kecil, nokturia, polakisuria, dan nyeri suprapubik. Medscape: Urethritis



147. Laki-laki 32 tahun datang dengan keluhan bercak kemerahan di muka. Riwayat sering terdapat ketombe. Terasa gatal. Tampak efloresensi kemerahan, berminyak dan skuama berwarna kekuningan. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah?

A. Psoriasis

B. Kandidiasis

C. Acne vulgaris

D. Ptiriasis

E. Dermatitis seboroik







Jawaban: E. Dermatitis seboroik

Penjelasan :

- Psoriasis pada umumnya timbul pada area trauma seperti siku dan lutut, tetapi bisa juga muncul di kulit kepala, bila dibandingkan dengan dermatitis seboroik, psoriasis scalp lebih kering dan tebal. Kandidiasis mekula eritematus dengan tepi tegas, tertutup skuama tipis, ada satelit papul. Ptiriasis hipopigmentasi batas tegas Sumber: Atlas Kulit dan Kelamin

 


148. Pasien laki-laki 35 tahun datang dengan benjolan pada lengan atas kiri, warna kemerahan tidak nyeri, eritema multimple nodul, hipoestesi tangan dan kaki glove stocking. Pemeriksaan yang disarankan adalah?

A. Pemeriksaan BTA

B. Pemeriksaan gram

C. Pemeriksaan giemsa

D. Pemeriksaan KOH

E. Pemeriksaan Tzank






Jawaban: A. Pemeriksaan BTA

Penjelasan :

- Penegakan diagnosis morbus hansen adalah dengan ditemukannya basil tahan asam dari sediaan kerokan lesi atau tetesan darah dari cuping telinga. Sumber: Atlas Kulit dan Kelamin



149. Pasien laki-laki datang dengan luka yang nyeri pada kelaminnya. Dari Pemeriksaan fisik didapatkan erosi, ulkus dengan dasar kotor. Diagnosa yang tepat pada kasus ini adalah?

A. Ulkus durum

B. Chanchroid

C. Gonorrhea

D. Kondiloma Akuminata

E. Urethritis







Jawaban: B. Chancroid

Penjelasan :

- Chancroid gambarannya adalah ulkus molle lunak, nyeri, dasar kotor, mudah berdarah, tepi menggaung. Ulkus durum tidak nyeri, batas tegas, diagnosis mengarah ke sifilis stadium I. Gonorrhea: urethral discharge, disuria. Kondiloma akuminata: vegetasi bertangkai, jinak, letak superfisial. Urethritis: sama seperti GO, hanya saja lebih ringan, penyebab paling banyak Chlamydia trachomatis. Sumber: Buku Ajar Infeksi Menular Seksual.



150. Laki-laki 25 tahun datang dengan keluhan kencing keluar nanah sejak 2 hari, terasa nyeri saat berkemih. Riwayat hubungan seksual dengan PSK 1 minggu yang lalu tanpa kondom. OUE (ostium urethra eksterna) tampat eritema. Dari pemeriksaan mikroskopis ditemukan leukosit 15/lpb. Dan gambaran sebagai berikut. 

Foto ilustrasi pada soal UKMPPD (uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter indonesia).Pemeriksaan urine mikroskopis Neiseria gonorea, bakteri gram negatif, diplokokus, intraseluler, Untuk sifilis stadium I gambarannya adalah ulkus durum. Sifilis stadium II gejalanya sistemik, bisa pada kulit atau mukosa, muncul makuler, papuler, rhagaden.

Apakah diagnosisnya?

A. Uretritis GO

B. Uretritis Non-GO

C. Sistitis

D. Sifilis stadium 1

E. Sifilis stadium 2







Jawaban: A. Uretritis GO

Penjelasan :

- Uretritis terbagi dua, yaitu GO dan non-GO. Gejala GO lebih berat daripada non-GO. Dari gambaran mikroskopis didapatkan gambaran bakteri gram negatif, diplokokus, intraseluler. Untuk sifilis stadium I gambarannya adalah ulkus durum. Sifilis stadium II gejalanya sistemik, bisa pada kulit atau mukosa, muncul makuler, papuler, rhagaden. Sumber: Buku Ajar Infeksi Menular Seksual


151. Laki-laki usia 60 tahun, mengeluh telah lama gatal gatal di kaki, gatal gatal dikaki dirasa semakin memberat terutama setelah dia berhenti dari pekerjaannya. Pemeriksaan fisik didapatkan macula hiperpigmentasi, dan likenifikasi di region dorsal pedis dextra dan sinistra. Diagnosis?

A. Neurodermatitis

B. Atopic dermatitis

C. Dermatitis kontak irritant

D. Psoriasis vulgaris

E. Liken planus







Jawaban: A. Neurodermatitis

Penjelasan :

- Neurodermatitis atau dikenal juga sebagai liken planus simplex, adalah penyakit kulit yang gatal dan muncul karena garukan berulang pada area yang sama dalam waktu lama. Pada umumnya muncul karena kondisi stress yang tidak dibarengi dengan manajemen yang baik. Meskipun nantinya stress bisa teratasi, gejala gatal biasanya akan menetap. Neurodermatitis dapat dibedakan dari atopic dermatitis dari area kulit lainnya yang sehat pada neurodermatitis, selain itu pada atopic dermatitis dapat ditemui gejala atopi lainnya. DKI harus ada data paparan bahan bersifat asam atau basa. Psoriasis vulgaris berbentuk seperti tetesan lilin, berlokasi di area trauma.

Sumber: American Academy of Dermatology




152. Pasien laki-laki datang dengan luka yang nyeri pada kelaminnya. Dari Pemeriksaan fisik didapatkan erosi, ulkus dengan dasar kotor. Terapi yang tepat pada kasus di atas adalah....

A. Penisilin 2.400.000 IU

B. Doksisiklin 2x100 mg

C. Cefixime 400 mg

D. Ofloksasin 2x200 mg

E. Ciprofloksasin 2x500 mg







Jawaban: E. Ciprofloksasin 2x500 mg

Penjelasan :

- Ulkus molle adalah penyakit infeksi genital akut, setempat, disebabkan haemophillus ducreyi, dengan gejala klinis khas berupa les mulanya macula/papula segera berubah menjadi pustul kemudian pecah membentuk ulkus yang khas, multiple, lunak, nyeri tekan, dasarnya kotor dan mudah berdarah, tepi ulkusnya menggaung, kulit sekitar ulkus bewarna merah. Terapi pengobatan sistemik dengan antibiotik seperti ciproflox 2x500mg selama 7 hari atau eritromisin 4x500mg selama 7 hari atau azitromisin 1g oral single dose atau ceftriaxon 250mg dosis tunggal injeksi im atau amoksiklav 3x125 mg selama 7 hari atau streptomisin 1g sehari selama 10 hari atau kotrimoxazole 2x2 tablet; pengobatan lokal dengan kompres larutan normal saline 2x sehari selama 15 menit; aspirasi abses transkutaneus dianjurkan untuk bubo yang berukuran 5 cm atau lebih dengan fluktuasi di tengahnya.



153. Pasien usia 34 tahun datang ke klinik karena mengeluh gatal didaerah lipatan paha. Gatal dirasakan semakin berat pada saat berkeringat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan makula eritema dengan batas tegas, central healing (+), dengan tepi aktif. Terapi topikal yang tepat adalah.....

A. Permetrin 5%

B. Gameksan 2%

C. Mupirosin

D. Steroid topikal

E. Ketokonazol 2%







Jawaban: E. Ketokonazol 2%

Penjelasan :

- Dermatofitosis atau tinea atau ringworm adalah infeksi jamur dermatofit yang menyerang epidermis bagian superfisialis, kuku dan rambut. Status lokalis macula eritematus berbatas jelas dengan tepi polisiklis, aktif dengan central healing tertutup skuama. Terapi pilihan adalah dengan antifungi (ketokonazol 2%)





Kata kunci : pdf  , doc , docx   , .pdf  ,  .doc   , .docx  , tes  , lulus  , kelulusan, dokter internship, koas , yudisium, nilai, coass, kuliah, praktikum, persiapan ujian, bangku ujian, pensil 2B, kartu tanda mahasiswa, nomor induk mahasiswa, NIM, nomor ujian, FKUI, FK Undip, Fakultas kedokteran, IDI (ikatan dokter indonesia), MKEK (majelis kehormatan etik kedokteran), KKI (Konsil kedokteran Indonesia), STR (Surat tanda registrasi), FK unpad, FK UGM, FK universitas udayana

0 comments:

Posting Komentar

Posting Terbaru

Silahkan Like di Facebook untuk mengikuti perkembangan artikel baru

Entri Populer

Kehidupan yang bermanfaat adalah kehidupan hebat

Ilmu adalah kunci kemajuan

Back to Top

Terima Kasih Telah Berkunjung

Diberdayakan oleh Blogger.