Rabu, 28 Juni 2017

Kumpulan Soal Latihan UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia) Bagian Pertama

       Berikut ini beberapa kumpulan latihan soal Ujian kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang telah kami himpun dari beberapa sumber, untuk bagian kedua dapat dibaca di sini dan bagian ketiga di sini. Diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi para calon peserta ujian maupun dapat juga berfungsi untuk mengasah pengetahuan dan mengingat kembali ilmu yang telah dipelajari bagi para teman sejawat maupun mahasiswa. Jika kami sempat nanti akan turut menyertakan jawaban dan pembahasan, dan kemudian akan memposting kumpulan soal berikutnya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dan lancar bagi yang akan menjalani UKDI.
1. Pasien umur 54 tahun,datang dengan keluhan muntah darah (+), mual-mual,edem pada kaki, asites (+), spider nevi (+), caput medusa (+), eritema palmaris, ikterik pada kulit,bab hitam, pasien saat ini dirawat di RS. Apa yang menyebabkan muntah darah pada pasien ini?
a. Gastritis erosive    b. Ruptur esofagus   c. Sirosis hepatis   d. Edema laring    e.Ulkus peptik

2. Seorang pasien 45 tahun mengatakan jari-jari tangannya terasa nyeri. Selain itu sering merasa kaku. Pasien memeriksakan asam urat didapatkan 10 g/dl. Apakah terapi yang anda berikan?
a. NSAID   b. Allpurinol    c. Probenecid    d.Aspirin    e.PCT

3. Anak laki-laki 5 tahun dibawa ibunya dengan keluhan cairan dari telinga kiri sejak 3 hari yang lalu. Sejak 1  minggu  anak  mengalami  batuk  pilek.  Pada  pemeriksaan  fisik;  composmentis,  suhu 39ᵒC, membran timpani menonjol. Apakah diagnosisnya?
a. Miringitis bulosa    b. Mastoiditis akut    c. Mastoiditis kronis    d. OMSK   e. Otitis Media Akut

4. Anak 2 tahun dibawa ke IGD karena mengalami kejang. Kejang berlangsung 20 menit. Setelah kejang anak langsung sadar dan menangis. Satu hari Sebelumnya pasien mengalami batuk, sesak dan demam tinggi. Pasien sempat mengalami kejang lagi saat dalam perjalanan menuju RS. Apa diagnosis pasien ini?
a. Kejang demam sederhana    b. Kejang demam kompleks    c. Meningitis   d. Ensefalitis    e.Epilepsi

5. Laki-laki, 24 tahun dibawa ke IGD dengan penurunan kesadaran 1 jam SMRS. Sebelumnya saat sedang berolahraga, pasien tiba-tiba mengeluh nyeri diseluruh bagian kepala dan muntah. Riwayat jatuh dan riwayat hipertensi sebelumnya disangkal, pada pemeriksaan fisik, pasien somnolen TD : 130/80, denyut jantung = denyut nadi =88x/menit, FP : 24x/menit. Pada pemeriksaan neurologi ditemukan Kaku kuduk dan Brudzinski I-II positif. Apa diagnosis pasien ini?
a. Stroke perdarahan intraserebral    b. Epidural hematoma     c. Subdural hematom    d.Stroke perdarahan subarakhnoid      e. Stroke cardioemboli 

6. Wanita 22 tahun datang ke IGD dengan keluhan sakit-sakit di sendi seluruh tubuh sejak 5 hari yang lalu, pasien juga mengeluhkan luka di mulut. Pemeriksaan fisik didapatkan oral ulcer, fotosensitivitas, diagnosis yang paling mungkin adalah :
a. Artritis   b. Rhematoid arthiritis   c. Lupus eritematosa sistemik    d. Atralgia    e. alergi obat

7. Pasien laki-laki 52 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan cepat lelah dan mudah haus. Pasien memiliki riwayat darah tinggi 5 tahun dan merupakan pasien DM. Kombinasi obat antihipertensi yang dapat diberikan pada kasus pasien di atas :
a. ACE-I dan ARB   b. ACE-I dan CCB   c. CCB dan beta bloker   d. diuretik dan vasodilator    e.CCB dan Loop diuretik

8. Pasien perempuan 54 tahun datang dengan keuhan nyeri di ibu kaki kiri, pemeriksaan fisik : edema (+), hiperemis (+), bengkak (+) di metatarsopalang digiti I, hasil lab : asam urat 14 mg/dl. Terapi yang dberikan :
a. Parasetamol    b. Asetosal    c. Na. Diklofenak    d. Allupurinol   e. Aspirin

9. Laki-laki, 60 tahun, datang dengan keluhan sesak napas, sesak dirasakan semakin memberat terutama saat berbaring sehingga pasien harus tidur menggunakan 2-3 bantal. Pasein mempunyai riwayat hipertensi selama 3 tahun. Pada pemeriksaan didapatkan TD=150/90  mmHg,  nadi 120x/menit, RR=32x/menit, anemis(+),tekanan vena jugular 5+2cm H2O,rhonki basah kasar dibasal paru, udem ekstremitas(+).
Penatalaksanaan yang tepat?
a. Furosemid    b. Captopril   c. Amlodipin   d. Spirinolakton    e. Valsartan

10. Wanita, 28 tahun datang dengan keluhan jantung berdebar sejak 1 minggu yll. Keluhan lain yang dirasakan adalah sulit tidur, penurunan BB 10 kg dalam 1 bulan, lebih nyaman pada keadaan dingin. TD 150/90, N 120 x/I, T 37,4oC, mata menonjol ke luar, pada leher bagian anterior terdapat massa, lunak, nyeri(-), bergerak saat menelan. Diagnosisnya:
a.    Hipotiroid   b. Hipertiroid   c. Hipoparatiroid       d. Hiperparatiroid       e. Limfoma 

11. Laki2 umur 36 tahun datang dengan keluhan bengkak ada paha atas. Pasien petani dan tinggal didekat persawahan. Px fisiik, nodul di inguinal dex et sin, nyeri(-), hilang timbul berukuran 2x1 cm. Pada pemeriksaan apusan darah tepi maka akan tampak?
a.    Wucheria Brancofti    b. Onchorera   c. Mikrofilaria    d.    Brugia malayi    e. Loa-loa

12. Seorang anak perempuan 10 tahun, dirawat di ruang intensif anak dengan penurunan kesadaran,os juga mengalami kejang 5 jam sblm MRS.di dpt kan riwayat sakit kepala dan penglihatan kabur.PF d dptkan somnolen,TD,180/110,edema perorbital+,px urinnalisisd dptkan albumin +2,eritrosit 3,2 penuh/lpb,darah albumin 3,2,titer ASTO meningkat,manakah yg mnjdi etiologi di bawah ini?
a. Sindrom nefrotik   b. Stenosis arteri renalis      c. Hipoplasia ginjal.   d. Sindrom hemolitik uremik    e. Glomerulonefritis akut pasca streptococcus

13. Laki-laki 35 tahun datang dengan keluhan pendengaran berkurang sejak 2 hari yang lalu setelah Mengeluarkan ingus kuat-kuat. Keluhan tidak disertai dengan telinga berdenging. Pasien sejak 5 tahun lalu mengeluhkan     ingus     encer,     bersin2     pagi     hari,     dan     disertai     hidung     tersumbat. Pemeriksaan apa yang diperlukan utk mengetahui penyebab keadaan pasien tersebut?
a. Timpanometri b. Audiometri   c. Skin prick test   d. Foto rontgen mastoid    e.Kadar eosinofil

14. Anak umur 3 tahun dibawa ibunya ke Poliklinik RS karena hidung berbau sejak seminggu yang lalu. Pasien    juga    pilek    dengan    ingus    hanya    keluar    dari    lubang    hidung    kanan    saja. Kemungkinan diagnosa?
a. Miaris hidung b. polip nasi
c. Benda asing
d. Larvariasis hidung e. Filariasis hidung

15. Pasien laki2 dtg ke poli dg keluhan telinga kanan masuk kecoa sejak 1 jam yg lalu. Telinga terasa nyeri dan berdenging. Penanganan?
a. Mengeluarkan kecoa tanpa mematikan b. Memberikan tetes telinga antibiotik c.Mematikan binatang kemudian mengeluarkannya d. Memberikan tetes H2O2
e. Membiarkan kecoa mati dengan sendirinya
Soal pertanyaan, komprehensif, kompetensi UKMPPD, pembahasan jawaban, Ujian kompetensi Mahasiswa program profesi, Ujian kompetensi Dokter Indonesia, SKP Satuan kredit Profesi

16. Pasien datang dengan keluhan pusing berputar sejak 2 bulan, telinga berdenging dan pendengaran menurun. Hellpike manuver negatif. Kemungkinan diagnosa?
a. Meniere's disease   b. Vestibular neuritis   c. Multiple sklerosis   d. Labirinitis   e. BPPV

17. Pasien 58 tahun datang dg keluhan keluar cairan kekuningan dari telinga sejak 5 bulan lalu. Pasien mempunyai riwayat kencing manis. Diagnosa?
a. Otitis eksterna benigna    b. otitis eksterna maligna    c. Glue ear

18. Pasien perempuan 19 tahun dtg dg keluhan nyeri telinga 2 hari yg lalu. Sebelumnya pasien merasa telinga    penuh    dan    mengoreknya    dengan    jepitan    rambut.    Nyeri    tekan    tragus    positif. Kemungkinan diagnosa?
a. Otitis media akut
b. Otitis eksterna akut

19. Pasien anak 9 tahun dibawa ibunya dengan keluhan nyeri telinga. Anak terlihat memgang telinganya yang sakit. Sebelumnya pasien batuk pilek. Dari pemeriksaan, liang telinga lapang, membran timpani hiperemis, tidak perforasi. Kemungkinan diagnosa?
a. Otitis media akut
b. otitis eksterna akut

20. Seorang pria 45 tahun dtg ke UGD karena perdarahan dari hidungnya sejak 1 jam lalu. Pasien juga merasa tengkuk dan kepalanya berat. Penanganan awal?
a. Ligasi arteri ..
b. pemasangan tampon anterior c. Pemasangan tampon posterior d. Transfusi

21. Seorang pasien laki2 datang dg keluhan penurunan pendengaran. Dari anamnesa, pasien sejak kecil sering keluar cairan, saat ini tidak nyeri. Dari pemeriksaan, hidung tenggorok dalam batas normal, telinga terdapat perforasi , sekret ada, pulsasi ada. Rinne kanan positif, rinne kiri negatif, weber lateralisasi ke telinga kiri, swabach telinga kiri memanjang. Kemungkinan diagnosa?
a. OMSK tipe aman fase aktif
b. OMSK tipe aman fase tenang c. OMSK tipe bahaya fase aktif
d. OMSK tipe bahaya fase tenang
e. OMSK tipe bahaya dengan komplikasi

22. Pasien dengan keluhan nyeri telinga. Pada pemeriksaan, pada liang telinga terdapat benjolan. Diagnosa?
a. Othematoma b. perikondritis c. Furunkel
d. Abses
e. kista sebasea

23. Pasien keluhan tidur mengorok sejak 1 tahun hilang timbul, dengan pemeriksaan didapatkan tonsil T3- T2b, kripta tidak melebar, detritus. Dokter menyarankan operasi karena ditakutkan komplikasi ke jantung dan ginjal. Organisme penyebab paling sering?
a. Stapilococcus aureus
b. Streptococcus beta hemoliticus 

24. Seorang anak 9 tahun datang dibawa ibunya dengan keluhan mata terasa kabur yang dirasakan saat melihat papan tulis sehingga pasien harus maju ke depan untuk melihat jelas. Dari pemeriksaan visus OD 6/20, OS 6/30. Penanganan?
a. Koreksi dg lensa spheris negatif
b. koreksi dengan lensa spheris positif c. koreksi dengan lensa silindris
d. Koreksi dengan lensa plano e. koreksi dg lensa prisma

25. Pasien 70 tahun dibawa anaknya dengan mata tiba2 terasa kabur dan sakit. Disertai dengan muntah. Dari  pemeriksaan  edem  kornea,  mata  merah,  COA  dangkal,pupil  midriasis,  TIO  60  mmhg. Penanganan?
a. Trabekulektomi b. trabekuloplasti c. Goniotomi
d. Iridotomi e. Iridoplasti

26. Pasien 70 tahun, didiagnosa katarak matur, dokter menyarankan operasi tapi selalu ditolak pasien. Saat ini, tiba2 maya pasien terasa sakit . Pemeriksaan visus 1/60, edem kornea, mata merah, pada CoA terdapat sel dan flare, pupil midriasis, TIO 60 mmhg. Penanganan?
a. Ekstraksi lensa b. Trabekulektomi c. Goniotomi
d. Iridotomi
e. Trabekuloplasti

27. Pasien anak datang dengan mata terasa kabur dan silau setelah tertimpa putik mangga 1 hari/ 1 jam lalu. Kornea bening, lensa pada tempatnya namun agak bergeser ke inferior 
a. Subluksasi b. endoftalmos c. Iridodialisis d. Kemosis

28.  Pasien  anak  dg  mata  kanan  kabur  setelah  terkena  kepala  temannya  saat  bermain  bola.  Dari pemeriksaan, .... .... Lensa di COA..Diagnosa?
a. Subluksasi anterior OD
b. Luksasi anterior OD
c. Obstruksi COA d. Kekeruhan lensa e. ruptur koroid

29.  Seorang  pasien  setelah  kecelakaan  terkena  kepala  merasa  mata  kiri  penglihatan  ganda.  Saat pemeriksaan gerakan mata kiri terbatas. Penyebab?
a. Parese M. Rektus lateral
b. Parese M. Rektus superior c. Parese M. Rektus inferior d. parese M. Rektus medius e. Parese M. Oblik inferior 

30. Pasien dengan mata pasca trauma , sulit membuka mata. Pada kelopak mata bengkak dan merah. Dari pemeriksaan terdapat darah di COA yang menutupi hingga setengah pupil. Apa yang menyebabkan keluhan pasien ini?
a. Nyeri yang hebat
b. Hematom palfebra c. Pseudoptosis
d. Ruptur palfebra e. Ruptur ..

31. Seorang anak dibawa ibunya dengan keluhan sulit melihat terutama malam hari. Menurut ibunya sejak kecil anak malas makan terutama buah dan sayur. Anak 9 tahun dg berat 15 kg,TB 130 cm. pada pemeriksaan normal. Diagnosa?
a. Buta senja
b. Katarak kongenital

32. Anak umur 5 bulan dibawa ibunya dengan mata membesar dan berwarna kebiruan. Anak juga sering mengedipkan mata bila terkena cahaya. Diagnosa?
a. Glaukoma sudut terbuka b. Glaukoma sudut tertutup c. Katarak kongenital
d. Katarak juvenil

33. Seorang anak 7 tahun dibawa ibunya dengan keluhan mata gatal, berair. Dari pemeriksaan visus tidak menurun,  injeksi  konjungtiva  positif,  injeksi  siliar  negatif,  pada  konjungtiva  tarsal  didapatkan gambaran papil tersusun seperti batu bata. Diagnosa?
a. Konjungtivitis alergi b. konjungtivitis vernal c. Konjungtivitis atopic
d. Endemic keratokonjungtivitis

34. Seorang anak dengan keluhan mata berair dan sekret kental. Awalnya pada satu mata, kemudian terkena pada mata sebelahnya. Pada pemeriksaan didapatkan pada konjungtiva terdapat 1-2 folikel.Diagnosa?
a. Konjungtivitis flikten b. konjungtivitis kataral
c. Konjungtivitis folikular d. Konjungtivitis herpes

35. Seorang perempuan 35 tahun dtg dengan keluhan merasa ketakutan saat berada di tempat keramaian.
Pasien merasa jantung berdebar, nyeri dada, tercekik dan terasa mau mati. Keluhan ini timbul tiba2 dan berlangsung hingga beberapa menit. Dari pemeriksaan jantung tidak ditemukan kelainan.
a. Gangguan panik
b. gangguan somatik
c. Gangguan psikosomatik
d. Gangguan kepribadian avoidance e. Gangguan kepribadian dependent

36. Seorang ibu berumur 48 tahun datang dengan keluhan berpindah2,terasa perut kembung, kemaluan perih, kedua kaki terasa lemas. Keluhan ini mengganggu fungsi sosial dan pekerjaan pasien. Tidak ditemukan kelainan dari pemeriksaan medis.
a. Gangguan konversi b. gangguan somatisasi 
c. Gangguan dismorfik tubuh d. Gangguan hipokondriasis

37. Seorang pasien dibawa keluarganya karena membakar seprai. Pasien juga sering bicara dan tersenyum tanpa sebab yang jelas, memakan kotoran sendiri.
a.Perilaku kacau b. halusinasi
c. Waham
d. Insomnia

38. laki-laki umur 20 tahun datang dengan keluhan bersin-bersin. Bersin terutama pagi hari saat membersihkan  kamar.  Keluhan  sudah  dialami  sejak  …  bulan  yang lalu.  Keluhan  disertai  hidung tersumbat  dan  gatal.  Dari  hasil  pemeriksaan  fisik  didapatkan  konka  berwarna  pucat  dan  cairan bening… Diagnosanya adalah
a. Rinithis vasomotor b. Rinithis alergi
c. Rinithis ozaena


39. Laki-laki umur 23 thn dtg dengan keluhan nyeri menelan. Keluahan dialami sudah 2 tahun. Dalam 1 tahun terakhir keluhan dirasakan kambuh setiap bulan. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan tonsil T3/T3 hiperemis. Penatalaksanaan untuk pasien ini adalah..
a. antibiotic, analgesic, diet lunak
b. analgesic, tonsilektomi, diet lunak
c. analgesic, antibiotic, tirah baring, diet lunak d. Tirah baring, antibiotic, diet lunak

40. Diagnosis utk kasus diatas adalah a. Tonsilitis akut
b. Tonsilitis kronis
c. Tonsilitis kronis ekasaserbasi akut d. tonsillitis…

41.  Laki-laki umur 12 tahun datang dengan keluhan gatal-gatal pada hidung. Dari hasil pemeriksaan didapatkan krusta kehitaman dan berair pada cuping hidung. Terapinya adalah
a. gentamicin
b. kloramfenikol c.mu..cin

42. Laki-laki 50 thn datang dengan keluhan bengkak pada kaki. Keluhan dirasakan dalam 2 minggu ini. Os dalam pengobatan OAT. Dari pemeriksaan fisik terlihat tanda-tanda peradangan, dan pembengkakan serta kaki nyeri bila digerakkan. Kadar uric acid 11 gr/dl. OAT yang menyebabkan hal tersebut adalah
a. Rifampisin b. Isoniazid
c. Pirazinamid d. Etambuthol e. streptomycin

43. Seorang bayi laki-laki lahir secara pervaginam, apgar score 9/10, segera menangis dengan BBL 4200 gr. 3 jam setelah lahir bayi tersebut terlihat lemas. pemeriksaan apa yang dilakukan?
a. darah lengkap b. Bilirubin
c. gula darah 
d. fungsi hati

44. Seorang anak datang untuk di sunat, ketika akan disunat mendadak anak tersebut mengalami serangan panic dan sesak nafas (nafasnya menjadi cepat) kemudian kakaknya menyuruh bernafas kedalam sebuah kantong. Dokter menyetujui tindakan kakak tersebut. Apa alasan tindakan tersebut?
a. Hipokapnia b. Hiperkapnia c. Hipoksemia
d. Hiperoksemia

45. Seorang laki-laki datang dengan keluhan penurunan berat badan, os juga mengaku sering buang air kecil pada malam hari dan nafsu makannya bertambah. Orang tua os memiliki riwayat DM. Dari hasil pemeriksaaan KGDS 180 gr/dl, KGD puasa 120 gr/dl. Pemeriksaan apa yang selanjutnya dilakukan?
a. KGD 2jam PP
b. TTGO
c. HbA1c

46. Wanita G..P.A.. dibawa bidan dengan keluhan perdarahan post partum, bayi lahir aterm dengan BBL 4000gr, placenta sudah lahir. Dari hasil pemeriksaan fisik terlihat robekan jalan lahir hingga otot perineum. Grade berapa?
a. grade 1 b. grade 2 c. grade 3 d. grade 4 e. grade 5

47. Seorang wanita membawa anak perempuannya untuk dilakukan visum menurut pengakuan korban mengalami pelecehan seksual 3 hari yang lalu.. Tindakan yang kita lakukan adalah?
a. melakukan visum dan menyerahkan hasilnya kepada ibu pasien b. menyuruh pasien melapor polisi, baru melakukan visum
c. melakukan visum, lapor polisi
d. inform concent visum, kemudian menyerahkan hasil visum pd pasien
e. melakukan visum dan menyatakan bersedian member kesaksian sebagai saksi ahli

48. Seorang wanita datang dengan keluhan gatal-gatal pada selangkangannya, gatal dari selangkangan hingga ke bawah perut. Gatal terutama bila os berkeringat. Dari hasil pemeriksaan fisik ditemukan macula eritem berbatas tegas, ada papul dan skuama tipis. Diagnose nya adalah
a. kandidiasis kutis b. tinea kruris
c. psoriasis
d. ptiriasis rosea

49. Laki-laki umur 20 tahun datang dengan keluhan nyeri pada telinga. Telinga juga terasa gatal. Telinga berdengung disangkal. Keluhan sering hilang timbul, terutama timbul bila pasien mengalami flu, pasien sering bersin-bersin. Pasien juga memiliki riwayat asma. Faktor predisposisi keluhan telinga adalah
a. ISPA
b. Alergi
c. Infeksi saluran nafas bawah

50. Seorang wanita datang dengan keluhan penurunan tajam penglihatan. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan mata kanan pasien hanya dapat melihat lambaian tangan saja. Berapa visus pasien?
a. 1/~
b. 1/30 
c. 1/60 d. 2/60 e. 1/6

51. Seorang dokter ingin mengadakan penelitian untuk mengetahui tentang hubungan antara MSG terhadap kejadian infark miokard. Ada dua kelompok, yang dibagi menjadi kelompok dengan riwayat infark miokard dan satu kelompok lagi tanpa riwayat   infark miokard. Kemudian pada tiap-tiap kelompok ditanyakan apakah mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG.Desain   penelitian yang cocok ialah...
a)  Potong lintang b)  Kasus kontrol c)  Kohort
d)  Eksperimental murni e)  Kuasi eksperimen

52. Wanita, 26 tahun, yang berprofesi sebagai guru PAUD, datang dengan keluhan batuk sejak 2 bulan yang lalu, demam yang tidak terlalu tinggi, dan mengeluhkan mengalami penurunan BB dalam 2 bulan ini. Setelah dilakukan pemeriksaan, wanita tersebut didiagnosis TB paru. Oleh dokter, wanita tsb diberikan surat izin sakit selama 2  minggu  dan disarankan untuk memakai masker saat mengajar. Beberapa hari kemudian, atasan wanita tersebut menelpon dokter dan menanyakan tentang penyakit wanita tsb.Tindakan dokter adalah...
a)  Memberitahukan karena TB adalah penyakit yang berbahaya
b)  Memberitahukan karena yang menanyakan adalah atasan  wanita tsb. c)  Tidak memberitahukan karena menyangkut kerahasiaan rekam medis d)  Tidak memberitahukan karena TB bukan penyakit berbahaya
e)  Tidak memberitahukan karena tidak ada pengaruhnya untuk atasan.

53. Laki-laki 56 tahun, datang dengan keluhan nyeri dada kiri yang dirasakan sejak lebih kurang 1 jam yang lalu. Nyeri menjalar ke lengan dan rahang kiri. Nyeri tidak berkurang dengan istirahat. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/80 mmhg, nadi 100 x/menit, napas 24 x/menit. Dari EKG didapatkan sinus rhytme 104 x/menit dengan T inverted di V1, V2, V3.
Diagnosis pasien tersebut adalah...
a)  Infark miokard dengan ST elevasi b)  Infark miokard tanpa ST elevasi
c)  Angina pektoris stabil
d)  Angina pektoris tidak stabil e)  Angina pektoris varians

54. Anak laki-laki, 12 tahu, ibawa orang tua dengan keluhan timbul benjolan di leher. Dari anamnesis didapatkan bahwa anak tsb tinggal di daerah pegunungan dan sebagian masyarakat di desanya juga mengalami keluhan yang sama. Anak tampak kurus, benjolan sudah terlihat tanpa perlu menengadah. Apakah penyebab kelainan pda anak tsb?
a)  Kekurangan iodium b)  Kekurangan kalsium c)  Kekurangan kalium
d)  Zat iatrogenik berlebih e)  Kekurangan zat besi

55.Seorang laki-laki berusia 36 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan batuk sejak 3 bulan yang lalu. Pasien mengeluhkan nafsu makan menurun dan berat badan menurun. 2 tahun yang lalu pasien pernah mendapatkan riwayat pengobatan tuberkulosis selama 6 bulan. Dari pemeriksaan fisik paru didapatkan 
ronkhi  pada  kedua  apeks  paru.  Pada  pemeriksaan  sputum  BTA  SPS  didapatkan  hasil  +2/  +3/
+1. Kapankah sebaiknya dilakukan pemeriksaan sputum?
a)  Bulan pertama setelah pengobatan b)  Bulan kedua setelah pengobatan
c)  Bulan ketiga setelah pengobatan
d)  Bulan keempat setelah pengobatan e)  Bulan kelima setelah pengobatan

56.Seorang  perempuan berusia  25 tahun datang dengan keluhan buang air kecil sakit sejak 3 hari yang lalu. Pasien juga merasa badannya demam. Pada pemeriksaan fisik  didapatkan keadaan umum baik, tekanan darah 120/80 mmHg, denyut nadi 98/menit, suhu 38,9o C, nyeri tekan  di regio suprapubis (+), nyeri pinggang (+).
Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a)  Sistitis b)  Uretritis
c)  Pielonefritis d)  Nefrolitiasiss e)  Ureteritis

57.Seorang anak laki-laki, 14 tahun, datang dengan keluhan sesak napas, mual dan muntah, yang dialami sejak 1 minggu yang lalu. Kulit kering (+), pasien juga mengeluhkan kencing sedikit-sedikit. Pasien sudah pernah mengalami keluhan yang sama lebih kurang 3 kali dalam 1 tahun ini. Dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan TD 130/80mmHg, nadi 88 x/menit, napas 28 x/menit, dari hasil laboratorium didapatkan hb 7, ureum 100 mg/dl.
Apakah diagnosis pasien tsb?
b)  Gagal ginjal kronik c)  GNA

58.  Perempuan 21 th, keluhan batuk berdahak kuning kehijauan sejak 3 minggu yg lalu disertai keringat malam, lelah, nafsu makan kurang, penurunan berat badan (+). Pemeriksaan penunjang apa yang menjadi baku emas diagnosis?
a)  Mantoux test b)  BTA sputum
c)  Darah lengkap d)  Rontgen thorax e)  Kultur dahak

59.  Seorang laki-laki berusia 58 tahun datang ke unit gawat darurat RS dengan keluhan muntah darah sejak 1 hari ini. Muntah berwarna merah segar. Pasien merupakan penyandang hepatitis B kronis. Pada pemeriksaan  fisik didapatkan tekanan darah 110/70 mmHg, denyut nadi 90x/menit, ikterus (+), spider nevi dan venektase dijumpai, ekstrimitas superior palmar eritema. Apakah  penyebab perdarahan yang paling mungkin?
a)  Gastritis erosiva b)  Ulkus perdarahan
c)  Pecahnya Varises esofagus d)  Karsinoma gaster
e)  Sindroma mallory weiss 

60.  Seorang laki-laki berusia 50 tahun di rawat di RS karena sesak napas. Pada pemeriksaan fisik diperoleh TD 120/90 mmHg, nadi 96 x/menit, napas 30x/menit. Pada pemeriksaan analisis gas darah ditemukan pH 7.22. pCO2 55. Apakah kondisi yang paling mungkin terjadi?
a)  Asidosis Respiratorik b)  Alkalosis Respiratorik c)  Alkalosis Metabolik
d)  Asidosis Metabolik e)  Alkaloasidosis

61.  Seorang laki-laki  60  tahun  datang dengan  keluhan  sesak  nafas,  cepat  lelah,  ketika tidur  nyaman memakai 3 bantal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan edema tungaki, iktus kordis teraba pada RIC VI, terdengar suara gallop. Pada kedua basal paru didapatkan ronki basah halus serta ditemukan edema pretibia. Diagnosis pasien adalah…
a)  Gagal jantung kanan b)  Gagal jantung kiri
c)  Gagal jantung kongestif d)  Tamponade jantung
e)  Kardiomiopati

62.  Seorang laki-laki berusia x tahun dibawa ke RS dengan keluhan batuk lama, demam, badan lemas, dan penurunan berat badan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 36.8oC, denyut nadi 84x/menit, frekuensi napas 20x/menit. Pada pemeriksaan foto rontgen diperoleh gambaran snow storm. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a)  Bronkitis kronis b)  Efusi Pleura
c)  Pneumonia d)  TB milier e)   Atelektasis

63.  Pasien dirawat di ICU, dari pemeriksaan diketahui sudah mengalami kematian batang otak. Setelah dijelaskan kepada keluarga, keluarga meminta untuk dilepaskan alat bantu (ventilator). Termasuk ke dalam aspek ?
a)  Beneficence
b)  Maleffecience c)  Autonomy
d)  Justice

64.  Anak laki-laki, usia 13 tahun, tinggi badan 190 cm. Sejak dari dahulu pertumbuhan badan lebih cepat dibanding teman-temannya.Yang menyebabkan hal tersebut ?
a)  Kelebihan
b)  Kelebihan gonadotropin c)  kelebihan
d)  Kekurangan
e)  Kekurangan prolaktin

65.  Perempuan x  tahun, mengeluh sakit di persendian. Ada ruam berbentuk kupu-kupu di wajahnya.
Diagnosis ?
a)  Artritis rheumatoid b)  SLE
c)  Gout arthritis
d)  Dermatitis numular 

66.  Perempuan, x tahun, datang dengan keluhan lemas, sering buang air kecil dan cepat lapar. Ibu dan kakak  pasien    DM  (+)  .  Dari  hasil  pemeriksaan  lab,  GDS  245  mg/dl,  GDPP  160  mg/dl.    Apa komplikasi makrovaskuler dari penyakit tsb?
a)  KAD
b)  Nefropati diabetik c)  Kesemutan
d)  Retinopati diabetik e)  Penyakit jantung (?)

67. Perempuan,26 thn, datang dengan keluhan lemah. Kaki terasa kesemutan. Dari pemeriksaan lab didapatkan Hb 11 mg/dl, MCV 110 FL. Penyebab keluhan tersebut akibat ?

68.  Pasien anak-anak 10 thn datang dengan keluhan sesak napas yang makin memberat. Dokter perlu melakukan  tindakan,  namun  orang  tua  pasien  di  luar  kota  dan  tidak  bisa dihubungi.  Apa  yang sebaiknya dilakukan oleh dokter tersebut ?
a)  Melakukan tindakan tanpa informed consent b)  Menelpon kembali orangtua pasien
c)  Menelpon wali pasien
d)  Menelpon pengasuh pasien

69.  Seorang laki-laki berusia 67 tahun datang ke praktek dokter dengan keluhan sesak nafas sejak 1 minggu yang lalu. Pasien juga mengeluh batuk produktif dengan dahak kental berwarna putih, demam dan sering berkeringat terutama pada malam hari. Pasien menderita batuk kambuh-kambuhan sejak lima tahun yang lalu. Pemeriksaan foto toraks menunjukkan adanya pendataran sudut recesus costodiafragmaticus. Kelainanparu apakah yang paling mungkin terjadi pada kasus tersebut?
a)  Pneumotoraks b)  Atelektasis
c)  Pyotoraks
d)  Efusi pleura
e)  Hematotoraks

70.  Seorang perempuan berusia 34 tahun, G2P1A0, datang ke puskesmas dengan keluhan batuk 3 minggu. Pada anamnesis batuk disertai dahak, demam dan penurunan nafsu makan. Pada pemeriksaan dahak didapatkan BTA positif. Dokter bermaksud memberikan OAT yang aman dan tidak memberikan efek gangguan pendengaran pada janin yang dikandungnya. Apakah regimen yang harus dihindari pada kasus di atas?
a)  Rifampisin (R)
b)  Isoniazid (H)
c)  Pirazinamid (Z)
d)  Etambutol (E)
e)  Streptomisin (S)

71.  Seorang pasien tuberkulosis sudah berobat selama 1 tahun tetapi belum sembuh. Sejak beberapa minggu ini pasien tidak mau minum obatnya dengan alasan percuma karena sudah 1 tahun tidak sembuh. Pada pemeriksaan psikiatris didapatkan bahwa penderita merasa malas bekerja, putus asa dan menganggap dirinya adalah yang paling sengsara karena tidak kunjung sembuh. Apakah terapi yang paling tepat untuk problem psikiatrisnya?
a)  Pemberian antipsikotikb)  Pemberian antidepresan
c)  Terapi kerja berkelompok d)  Ventilasi
e)  Sosialisasi dengan sesama penderita tuberculosis

72. Seorang anak berusia x tahun dibawa ibunya ke dokter dengan keluhan sesak napas. Tujuh hari sebelum sesak napas anak batuk pilek dan demam. Sebelumnya anak pernah sesak napas kambuh- kambuhan dan hampir tiap dua minggu sekali kambuh batuk terutama malam hari. Pada riwayat keluarga, ditemukan neneknya menderita bentol disertai gatal bila makan udang. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 370C, denyut nadi 120 x/menit, frekuensi napas 60x/menit, dan ekspirasi memanjang. Apakah obat yang pertama kali diberikan?
a)  Mukolitik b)   Antibiotika c)   Ekspektoran
d)  Kortikosteroid
e)  Golongan ß-2 agonis

73. Seorang laki-laki berusia 20 tahun dibawa ke puskesmas setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Pasien juga mengeluh tidak dapat kencing. Dari pemeriksaan fisik didapatkan adanya hematoma penis dan perineum dan terdapat kesan vesika urinaria penuh. Apakah tindakan yang paling tepat untuk mengatasi keluhan tersebut?
a)  Kateterisasi
b)  pungsi supra pubik
c)  tidak boleh minum dan segera merujuk ke rumah sakit d)  antibiotika
e)  analgesika

74.  Seorang laki-laki berusia x tahun datang ke puskesmas dengan keluhan batuk sejak 1 bulan yang lalu. Batuk berdahak warna kekuningan. Pasien mengalami penurunan berat badan. Dua tahun yang lalu pasien pernah berobat dengan keluhan  yangsama. Saat itu pasien  diperiksa dahaknya dan disuruh minum obat teratur selama 6 bulan, tetapi hanya minum obat selama tiga minggu karena keluhan membaik. Hasil pemeriksaan sputum BTA saat ini positif pada tiga kali pemeriksaan. Apakah diagnosis yang paling tepat?
a)  TB paru kasus gagal pengobatan b)  TB paru kasus resistensi obat
c)  TB paru kasus putus obat d)  TB paru kasus kambuh
e)  TB paru kasus baru

75.  Seorang laki-laki datang ke IGD RS dengan keluhan kulit melepuh sejak 2 hari yang lalu. Keluhan muncul hampir di seluruh tubuh. Pasien juga mengeluh badan demam dan lemah. Keluhan muncul setelah  minum  obat.  Pemeriksaan  fisik  menunjukkan  bula  di  seluruh  tubuh  diameter  2-3  cm, sebagian telah pecah membentuk erosi. Bibir erosi dengan krusta tebal warna hitam, konjungtiva hiperemis. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a)  Nekrolisis epidermal toksik b)  Dermatits kontak alergika
c)  Sindroma Steven Johnson d)  Dermatitis kontak iritan
e)  Pemfigus

76.  Seorang perempuan berusia 30 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan dada berdebar-debar sejak 1 minggu yang lalu. Pasien sering merasa gelisah, sulit tidur, mudah lelah dan mengalami 
diare. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 130/80 mmHg, denyut jantung 120 x/menit, frekuensi napas 24 x/menit, mata eksoftalmus, pembesaran kelenjar tiroid difus, akral teraba hangat. Apakah hasil pemeriksaan laboratorium yang paling mungkin ditemukan?
a)  TSH, T3 dan T4 meningkat
b)  TSH menurun, T3 dan T4 meningkat
c)  TSH menurun, T3 dan T4 normal
d)  TSH meningkat, T3 dan T4 menurun e)  TSH, T3 dan T4 menurun

77. Pasien laki-laki datang dengan keluhan batuk-batuk, riwayat kontak dengan penderita TB (+), tes uji tuberkulin > 10 mm.Pengobatan apa yang dilakukan ?
a.   Pengobatan profilaksis primer
b.   Pengobatan profilaksis sekunder c.   Pengobatan OAT

78. Seorang pria 45 tahun, datang denga keluhan memasukkan kawat timah melalui uretra sampai ke vesika urinaria. Saat kawat ditarik keluar timbul rasa sakit, dan kawat tidak bisa keluar. Penderita sering melakukan hal ini karena timbul rasa nikmat. Menurut istrinya ia sering melakukan hal ini. Gangguan apa yang dialami pasien ini ?
a.   Disfungsi orgasme b.   Pedofilia
c.   Ekshibionisme d.   Masokisme
e.   Fetishisme

79. Dalam suatu penelitian tentang hubungan merokok dengan hipertensi didaerah X, ada 1000 sampel, dari 300 sampel yang merokok 75 mengalami hipertensi, sisanya 50 yang mengalami hepertensi. Berapa persentase fakor resiko yang mengalami hepertensi ?
a. 2
b. 2,5
c. 3
d. 3,5
e. 4,3

80. Laki-laki 15 tahun, mengalami bengkak pada testisnya dengan diameter 10 cm, mebesar dengan kit tegang. Tansluminasi (+). Diagnosa ?
a.   Verikokel b.   Hidrokel

81. Pasien perempuan, mengalami kejang selama 30 menit sejak 1 jam yang lalu, kemudian 3 jan berikutnya mengalami kejang selama 2 jan. Diantara dua kejang tidak sadar. Diagnosa?
a.   Epilepsi umum episodik berulang b.   Status epileptikus

82. Wanita hamil 7 bulan, mengalami demam, sudah minum obat penurun panas, namun demam tidak berkurang. pasien juga mengalami batuk pilek. Terapi obat yang diberikan?
a.   Eritromisin b.   Sefalosporin
c.   Kloramfenikol d.   Tetrasiklin 

82. Anak usia 4 bulan mau melakukan imunisasi DPT, namun saat ini pasien mengalami batuk pilek.
Anda sebagai dokter apa yang dilakukan ?
a.   Menunda imunisasi
b.   Menunda imunisasi, dengan pemberian obat batuk
c.   Melanjutkan imunisasi, dengan pemberian obat batuk d.   Melanjutkan imunisasi, tanpa pemberian obat batuk

83. Laki-laki  datang  dengan  keluhan  sesak  napas,  dari  hasil  pemeriksaan  radiologi  tampak  cavitas dengan diameter 6 cm pada dada kanan, air fluid level . Diagnosa ?
a.   Aspergiloma
b.   Tumor mediastinum c.   Abses paru

84. Perempuan hamil dengan HPHT 20 juni 2011. TTP ?
a.   27 maret 2012 b.   27 juni 2012
c.   20 april 2012 d.   27 april 2012

85. Wanita hamil dengan TFU ½ simpisis-umbilikus. Berapa usia kehamilan ?
a.   8-10 minggu b.   10-12 minggu c.   12-14 minggu d.   14-16 minggu e.   18-20 minggu

86. Anak ruam di pipi, hiperpigmentasi, dengan skuamma. Ibu riwayat asma (+), nenek rhinitis alergi.
Pengobatan tipikal ?
a.   Hidrokortison zalf

87. Perempuan mengalami fraktur tertutup di kruris, pasien akan melakuakan operasi pemasangan plate dan skrew. Hb 8,0 mg/dl. Kesimpulan ASA ?
a.    1 b.    2
c.    1E d.    2E e.    3

88. Pasien menderita TB mengalami pengobatan di RS A, kemudian ia ingin pindah berobat ke RS B.
Oleh pihak rumah sakit tidak divberikan RM tersebut karena rahasia. Keluarga meminta rekan medis. Bagaimana sebaiknya ?
a.   Memberi rekam medik kepada keluar pasien b.   Melaporkan kepada direktur
c.   Menyuruh rekam medis memberi salisan
d.   Meberikan salinan berdasarkan haloanmnesa

89. Seorang wanita 19 tahun mengalami perdarahan pervaginam, perdahan berkumpal, pasien sudah 5 hari yang lalu melahirkan normal. Diagnosa ?
a.   Sisa plasenta b.   Inversio uteri

90. Seorang wanita tidak haid 1 bulan. Pasien memakai kb hormonal, riwayat OAT (+). Obat TB yang mengganggu siklus haid. 

a.   Rifampisin b.   INH
c.   Stertomisin d.   Etambutol
e.   Pyrazinamid



91. Anak bayi epilepsi pemeriksaan penunjangnya apa ?
a.   USG kepala
b.   CT Scan kepala c.   MRI kepala
d.   Schadel AP/Lat

92. Laki-laki ditemukan di suatu kamar dengan keadaan leher terjerat dengan tali tambang, korban gantung diri dengan menggunakan tali. Ilmu untuk mengidentifikasi korban ?
a.   Serologi b.   Patologi
c.   Forensik kedokteran

93. Seorang  peneliti  ingin  meneliti  tentang  pengaruh  vaksin  campak  terhadap  penyakit  campak.
Sejumlah 1000 anak yang telah diberikan vaksin campak kemudian diamati selama 5 tahun dan didapatkan 10 anak terjangkit campak, sedangkan pada kelompok pembanding di dapati dari 1000 orang anak 100 menderita campak.
Apakah hasil dari penelitian tentang kesakitan campak yang dilakukan peneliti?
a.   Prevalensi rate 10 %
b.   Insidensi rate 10%
c.   Commulative rate 11%
d.   Attack rate 0,5%
e.   Insiden density 5%

94. Seorang laki2 47 th datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri menelan sejak 2 hari yang lalu, nyeri sering dirasakan hilang timbul, dari hasil pemeriksaan rongga mulut didapatkan kripta melebaar, detritus (+) dan perlengketan dengan jaringan sekitarnya. Passion didiagnosa menderita tonsillitis.jenis tonsillitis apakah yang diderita pasien ini?
a.   Akut
b.   Lakunaris c.   Folikularis d.   Kronis

95. seorang laki2 45th  dibawa ke RS dengan keluhan sesak napas yang timbul mendadak saat pasien mengganti ban mobil, keluhan ini juga disertai dengan kedua tangan yang berkeringat dingin dan badan terasa lemas. Dua hari yang lalu pasien batuk , demam, disertai badan sumer. Batuk tanpa mengi  dan pada saat akan dibawa ke RS pasien batuk berdahak merah seperti darah. Pasien sudah 5 th menderita hipertensi dan berobat teratur, pasien juga pernah dirawat dirumah sakit  6 bln yang lalu karena mengalami serangan jantung. Dari hasil pemeriksaan didapatkan TD 170/110 mmHg Nadi 90 x/I, RR 28 x/I< T 36°C didapatkan pembesaran jantung dan ronki diseluruh lapangan paru, akral teraba dingin namun tidak dijumpai edema. Hasil pemeriksaan penunjang KGDS 160 mg/dl, CKMB
14, SGOT 24 IU, kreatinin 1,0 . hasil EKG irama sinus 90 x/i dengan infark miokard anterior luas yang lama.
Apakah diagnosis untuk pasien ini?
a.   Edema paru akut 
b.   Hipertensi krisis
c.   Sindrom koroner akut
d.   Gangguan jantung Fungsional kelas 2     e.   Infeksi saluran napas akut

96. Seorang wanita 70 thn , datang ke praktek dokter umum dengan keluhan badan terasa berputar disertai muntah dan pendengaran berkurang. Dari hasil pemeriksaan otoskop ditemukan membrane timpani intak dan reflek cahaya positif. Apakah diagnosis untuk pasien ini?
a.   Vertigo b.   Tinnitus
c.   Penyakit meniere    d. Neuroma akustik    e. Trauma akustik

97. Seorang wanita 35 th, datang ke  Rs dengan keluhan sejak 2 hari yang lalu sesak napas dan suara napasnya berbunyi “ngik-ngik” dari hasil anamnesa diketahui bahwa pasien sudah mengalami hal seperti ini sejak usia 5 tahun, dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan RR 28x/I dan suara wheezing di seluruh lapangan paru. Apakah diagnosis pada pasien ini?
a.   Pneumonia b.   TB paru
c.   Asma Bronkiale d.   Bronkitis kronik e.   PPOk

98. Seorang ibu membawa anaknya yang berusia 3 hari ke RS, sejak 2 hari yang lalu terdapat benjolan di kepala anaknya. Anaknya lahir normasl dengan presentasi belakang kepala, ditolong oleh bidan dengan BBL : 3100 gram segera menangis . dari hasil pemeriksaan ditemukan benjolan dikepala yang melewati sutura dan melebar sampai parietal. Anak terlihat anemis. Apakah diagnose pada pasien ini?
a.   Caput succaedaneum b.   Chepal hematoma
c.   Perdarahan subgaleal
d.   Perdarahan Intrakranial e.   Hidrochepalus

99. Anda adalah seorang dokter puskesmas di suatu kecamatan . Jumlah penduduk pada 1 januari 2008 sejumlah 90.000 ribu orang dan pada 31 desember 2008 sejumlah 110.000 orang. Dinas kesehatn setempat memberikan data jumlah penderita DM. Pada bulan   Januari   Jumlah penderita lama 50 orang dan penderita baru 10 orang,penderita baru pada maret 15 org , mei 10 org, July 5 org, Agustus 10 org, September 10 org, Desember 20 org. anda akan membuat rencana penangulangan DM. Berapakah insiden rate DM pada thn 2008?
a. 0,12% b. 0,08% c. 0,07% d. 0,06% e.   0,05%

100.  Seorang wanita datang ke puskesmas dengan keluhan binti-bintil dikemaluannya yang tidak terasa gatal dan tidak nyeri namun bertambah banyak. Sebelumnya suemainya juga pernah menderita hal yang sama, namun kemudian sembuh setelah diberi obat dari dokter kulit dan kelamin. Dari hasil pemeriksaan ditemukan papul-papul yang warnanya seperti warna kulit dengan permukaan verukosus. Apakah yang menjadi etiologi pada penyakit ini.
a.   HIV
b.   HPV 
c.   Herpes simplex virus d.   Pox virus
e.   Cytomegalovirus

101.  Seorang anak laki2 5 tahun dibawa ibunya ke RS dengan keluhan hidung sebelah kanan berbau busuk, tidak ada demam, tidak ada mimisan, pasien hanya batuk pilek. Tidak ada kelainan pada telinga maupun tenggorokan, tidak ada riwayat alergi dalam keluarga. Apakah diagnosanya?
a.   Ozaena
b.   Rhinitis atropikans
c.   Angio fibroma juvenile d.   Polip hidung
e.   Corpus alineum

102.  Seorang perempuan datang ke RS mengatakan bahwa dirinya diperkosa oleh pacarnya 12 jam sebelum pemeriksaan, dengan membawa surat VeR, dari hasil pemeriksaan fisik ditemukan luka memar pada bagian dalam, pada pemeriksaan genetalia ditemukan selaput dara utuh. Pada hapusan vulva tidak ditemukan spermatozoa. Apakah pemeriksaan penunjang yg sensitive dan spesifik untuk memastikan diagnose pada pasien tersebut?
a. Permettin b.Fosfatase asam c.Berberio
e.PSA
f.Florence

103.  Seorang perempuan 18 th datang ke puskesmas dengan keluhan jerawat pada wajah. Dari hasil pemeriksaan ditemukan komedo dan papul-papul dengan radang. Kelenjar apa yang terganggu pada penyakit ini?
a.   Sebasea
b.   Sudorifera c.   Parotid
d.   Moll e.   Zeiss

104.  Seorang  laki2  dengan  luka  tembak  di  bagian  perut  datang  ke  RS  didampingi  polisi  dengan membawa surat VeR. Setelah di lakukan operasi ,pasien dirawat di RS. Setelah 3 hari dirawat pasien meninggal. Jenis VeR apakah yang harus diberikan kepada penyakit?
a.   VeR sementara dan  lanjutan b.   VeR sementara dan  jenazah c.   VeR slanjutan dan  jenazah
d.   VeR korban hidup dan lanjutan e.   Ver korban hidup dan jenazah

105.  Seorang wanita dengan keluhan soft lens yang digunakannya berubah menjadi warna kuning, pasien sudah 2 x menganti softlens, tapi softlens tetap berubah menjadi warna kuning. Sudah satu bulan ini pasien rutin minum obat TB. Obat TB manakah yang menyebabkan kelainan ini?
a.   Rifampisin b.   INH
c.   Etambutol
d.   Piranzinamid e.   Streptomisin 

106.  Seorang wanita usia 25 tahun berusaha mengiris pergelangan tangannya. Pada pemeriksaan fisik terdapat luka sayat pada pergelangan tangan. Otot apakah yang terkena?
a.   Tendon m.digiti  profunda b.   Tendon m. provus longus c.   M
d.   Tendon m pronator
e.   Tendon m flexor digitorum

107.  Seorang laki2, pada pemeriksaan teraba hepar berdungkul, tepi tidak rata, konsistensi padat , palmar eritem(+), shifting dullness(+). Diagnosis?
a.   Sirosis Hepatis
b.   Ca hepatoseluler

108. Seorang ibu hamil, datang dengan fundus uteri lebih besar daripada usia kehamilan, pada pemeriksaan teraba 3 bagian besar, 2 ballotement.Diagnosa?
a.   Gemelli
b.   Mola Hidatinosa c.   Polihidroamnion

109.  Anda seorang dokter yang bertugas di puskesmas tiba2 keluarga pasien datang dan mengatakan bahwa ayahnya 65 th terjatuh tiba2 dari tempat duduk saat menonton TV. Setelah anda periksa, ternyata pasien tidak sadarkan diri . apa penatalaksanaan awal pada pasien ni
a.   Memindahkan pasien keatas tempat tidur b.   Melaporkan ke polisi tenteng kejadian ini c.   Bebaskan jalan napas
d.   Membawa pasien  ke rumah sakit
e.   Memastikan pasien masih sadar atau tidak

110.  Seorang wanita 40 th datang dengan keluhan nyeri di leher yang dirasakan menjalar kesiku kanan, nyeri dikeluhkan menjalar ke siku kanan. Nyeri di keluhkan memberat saat beraktifitas, pasien merupakan kuli panggul di pasar. Apa  kemungkinan penyebab pada keluhan pasien?
a.   Penjepitan saraf di leher
b.   Penjepitan saraf di ulnaris c.   Penjepitan saraf di radialis
d.   Penjepitan saraf di pergelangan tangan    e.  Penjepitan saraf di  siku

111.  Seorang wanita 16 tAhun mengeluhkan keluar darah dari kemaluan, banyak dan bergumpal. 5 hari yang  lalu  pasien  melahirkan  anak  pertama,  dari  hasil  pemeriksaan  didapatkan  vulvovaginal tampak perdarahn dari kemaluan, luka episiotomy baik dan tidak ada robekan jalan lahir , darah banyak dan bergumpal . Fundus uteri setinggi pusat. Apa kemungkinan diagnose pada pasien ini?
a.   Perdarahan pasca persalinan b.   Inversio uteri
c.   Menometroragia d.   Endometriosis
e.   Retensio placenta

112.  Seorang wanita 25 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan sulit menyelesaikan kuliah, dari hasil wawancara , di dapatkan klien sulit berkomunikasi dengan teman dan lingkungan, selalu ditemani bapaknya dan tidak pernah punya pacar. Pasien selalu dibantu oleh orang tuanya dalam menyelesaikan tugas kuliah. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a.   Gangguan kepribadian Skizoid 
b.   Gangguan kepribadian dependen
c.   Gangguan kepribadian obsesi kompulsif   d.   Gangguan kepribadian paranoid
e.   Gangguan kepribadian Skizotipal

113.  Seorang wanita 70 thn datang ke RS dengan keluhan sesak dan berdebar-debar sejak 3 hr yang lalu. 4 bln ynag lalu paien pernah dirawat inap karena penyakit jantung   dan kemudian tidak pernah kontrol lagi. Riwayat hipertnsi sejak pasien berumur 50 th dan hanya minum obat jika perlu, Dari hasilpemeriksaan : TD : 140/100 mmhg, Nadi : 98 x/I . RR 30 x/I dan ekstra sistol, pada pmeriksaan fisik : batas jantung kiri bergeser ke kiri , S1S2  teratur dengan ekstrasistole, tidak ditemukan bising jantung, px paru ronki basah halus di kedua lapangan paru basal. Dari hasil EKG : irama sinus  120 x/I dengan infark miokard lama anterior dan ekstrasistol ventrikel . hasil lab Hb: 11 gr/dl, leukosit
8100. Kalium 3,4 . Natrium 144, albumin 3. Apa yang harus di berikan pada pasien ini?
a.   Dekonversi 50 joule b.   Digoksi i. v
c.   Pasang pacu jantung sementara d.   Alfa bloker
e.   Beta bloker

114.  Seorang wanita 34 th datang ke praktek dokter umum dengan keluhan nyeri kepala hebat sejak 1 minggu  yang  lalu,  nyeri  kepala  dirasakan  di  seluruh bagian kepala terutama  kepala  bagian belakang  disertai  mual.  ketika  nyeri  kepal  dirasakan memberat dan  paling  berat  ketika beraktifitas. Apakah penyebab paling mungkin?
a.   Vasodilatasi pembuluh darah   b.   Spasme otot perikranial
c.   Bendungan cairan endolymphe   d.   Cupololithiasia
e.   Artheritis…

115.  Laki2, CKMB, troponin positif, EKG: infark miokard akut inferior + infark akut ventrikel kanan
(CRBBB)
a.   STEMI
b.   NSTEMI
c.   Hipertensi emergensi d.   Angina Stabil
e.   Angina tidak stabil

116.  Pasien  wanita 32  tahun  datang ke tempat  anda  praktek  dengan  keluhan  sering bersin-bersin, terutama dipagi hari. Hidung mengeluarkan lendir, jernih dan encer. wanita tersebut mengeluhkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Pada pemeriksaan rongga hidung, didapatkan rongga hidung sempit, mukosa hidung hiperemis, lendir, jernih dan encer. Pemeriksaan apakah yang menunjang diagnose penyakit diatas?
a.   Skin prick test b.   Darah rutin
c.   Apusan hidung d.   Hitung eosinofil

117. Seorang laki-laki 18 tahun, mengeluhkan batuk berdahak sejak 2 minggu ini, penurunan berat badan, sering berkeringat malam, batuk bercampur dengan bercak kemerahan. Pemeriksaan tanda vital. TD 120/70 mmHg, Nadi 68x/menit, RR 24x/menit, T 37,80C. pada pemeriksaan fisik, bibir pucat, palpebra sedikit anemis. Dari pemeriksaan Foto Rontgen dada di dapatkan gambaran seperti sarang tawon. Apakah diagnose penyakit diatas?
a.   TB paru  b.   Bronchitis c.   PPOK
d.   Bronchiektasis e.   Pneumonia

118.  Seorang  ibu  membawa  anak  perempuannya  ke  klinik  anda,  sang  ibu  mengatakan anaknya dicurigai telah diperkosa oleh tetangga sebelah rumah, dan meminta anda untuk melakukan visum terhadap anaknya. Sebagai dokter apakah yang akan anda lakukan?
a.   Langsung melakukan visum jika anaknya setuju b.   Melaporkan kepada pihak kepolisian
c.   Melakukan visum dan memberitahukan hasilnya kepada ibu tersebut.   d. Melakukan visum dan tidak memberitahukan hasil kepada sang ibu.
e.   Menyuruh pasien dan ibunya memeriksakan ketempat yang lain.

119.  Seorang wanita hamil G2P1A0, pada pemeriksaan dalam, pembukaan 10 cm, kontraksi teratur, teraba mata, hidung dan dagu, kepala di Hodge 4, perkiraan berat janin 4300 gram, sebelumnya riwayat melahirkan 3800 gram. Melahirkan normal di bidan. Sebagai dokter tindakan apa yang akan anda lakukan?
a.   Dorong fundus b.   Secio cesaria
c.   Tindakan forcep d.   Tindakan Vacum e.   Induksi Oksitosin

120.  Seorang wanita datang dengan suaminya ke  praktek anda, usia wanita 28 tahun dan suaminya 30 tahun. Suaminya sangat ingin segera mempunyai anak, namun istrinya ingin menunda sehingga siap untuk menjadi ibu. Mereka berkonsultasi kepada anda, menanyakan usia yang ideal untuk mempunyai anak.
a.   Usia 18-30 tahun b.   Usia 20-35 tahun c.   Usia 25-35 tahun d.   Usia 28-35 tahun e.   Usia 20-40 tahun

121.  Bayi perempuan usia 10 hari dibawa oleh ibunya keklinik anda, ibu tersebut mengeluhkan bayinya demam kemudian kejang, kejang 3x sekitar lebih 20 menit, dalam 24 jam. Setelah kejang tidak sadarkan diri. Dari pemeriksaan tanda vital, T 39,2 oC, nadi 102x/menit, RR 41x/menit. Kesadaran somnolen,  pemeriksaan  fisik  terdapat  benjolan  di  ubun-ubun  bayi  tersebut.  Apakah  diagnose pasien diatas?
a.   Cerebal Palsy
b.   Kejang demam Kompleks c.   Kejang demam sederhana d.   Meningitis
e.   Meningoensefalitis

122. Bayi  perempuan  usia  10  hari  dibawa  oleh  ibunya  keklinik  anda,  ibu  tersebut  mengeluhkan bayinya demam kemudian kejang, kejang 3x sekitar lebih 20 menit, dalam 24 jam. Setelah kejang tidak sadarkan diri. Dari pemeriksaan tanda vital, T 39,2 oC, nadi 102x/menit, RR 41x/menit. Kesadaran somnolen, pemeriksaan fisik terdapat benjolan di ubun-ubun bayi tersebut. Terapi apa yang paling tepat yang akan  anda berikan?
a.   Antibiotik b.   Antipiretik  c.   Analgetik    d.   Anti konvulsan

123.  Bayi perempuan usia 10 hari dibawa oleh ibunya keklinik anda, ibu tersebut mengeluhkan bayinya demam kemudian kejang, kejang 3x sekitar lebih 20 menit, dalam 24 jam. Setelah kejang tidak sadarkan diri. Dari pemeriksaan tanda vital, T 39,2 oC, nadi 102x/menit, RR 41x/menit. Kesadaran somnolen,  pemeriksaan   fisik  terdapat  benjolan  di  ubun-ubun  bayi   tersebut.  Pemeriksaan penunjang apakah yang anda lakukan untuk menetapkan diagnose diatas?
a.  CT-Scan kepala b. MRI
c.  Rontgen Kepala d. EEG
e.  Lumbal Punksi

124.  Pasien  laki-laki  47  tahun  mengeluhkan  nyeri  dada  tiba-tiba,  saat  mendorong  mobil,  tidak berkurang dengan istirahat, nyeri menjalar ketangan dan sampai kepunggung. Disertai mual dan muntah. Pasien tersebut mempunyai riwayat hipertensi namun tidak terkontrol. Pasien juga merokok.  Dari  pemeriksaan  tanda  vital  didapatkan  TD  150/90  mmHg,  nadi  79x/menit,  RR
24x/menit. Dari pemeriksaan EKG dijumpai ST depresi, di sadapan II,III,aVf. Apakah diagnose diatas?
a.   NSTEMI
b.   STEMI
c.   Angina Pectoris    d.   Gagal Jantung

125.  Puskemas B terletak di kecamatan A yang memiliki dua desa, anda sebagai kepala puskesmas ingin meningkatkan pelayanan dan kesehatan masyarakat di wilayah kerja anda. Tabel (susah dibuat), gambarannya, desa mantap jumlah penduduk lebih sedikit dari desa tumpul, jarak kepuskesmas 2,5 km sedangkan desa tumpul 5 km, jumlah kunjungan lebih banyak desa mantap daripada desa tumpul. Apa kendala yang dihadapi oleh desa tumpul?
a.   Luas wilayah
b.   Jumlah penduduk
c.   Jarak ke puskesmas d.   Jumlah Kader
e.   Jumlah Puskesmas Pembantu

126.  Puskemas B terletak di kecamatan A yang memiliki dua desa, anda sebagai kepala puskesmas ingin meningkatkan pelayanan dan kesehatan masyarakat di wilayah kerja anda. Tabel (susah dibuat), gambarannya, desa mantap jumlah penduduk lebih sedikit dari desa tumpul, jarak kepuskesmas 2,5 km sedangkan desa tumpul 5 km, jumlah kunjungan lebih banyak desa mantap daripada desa tumpul. Desa tumpul bisa dilewati oleh kendaraan. Sebagai pemegang kebijakan didaerah   tersebut   apakah   yang   akan   anda   lakukan   untuk   meningkatkan   taraf   kesehatan masyarakat?
a.   Menyediakan puskesmas keliling b.   Menambah jumlah kader
c.   Mendirikan puskemas pembantu d.   Menambah jumlah dokter

127. Seorang wanita 30 tahun sudah 5 tahun menikah belum memiliki keterunanan, dilakukan pemeriksaan penunjang  untuk  pasien  tersebut  seperti  foto  radiologi  di  bawah  ini.  Apa  nama pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis tersebut:
a.  Sistografi b. Uretrografi c. Fistulografi d. Retrografi
e.  Histerosalphingografi

128.  Seorang wanita 50 tahun datang dengan keluhan perut yang semakin lama semakin membesar dalam 2 minggu terakhir. Perut terlihat tegang. Sebelumnya pasien telah didiagnosis menderita tumor ovarium oleh dokter. Apa kesan  yang tampak pada foto radiologi ini: (ada foto polos abdomen)
a.  Ileus
b. Asietes
c.  Peritonitis
d. Pneumoperitonitis    e.  Obstruksi

129.  Seorang laki – laki 24 tahun  dibawa ke IGD RS dalam keadaan tidak sadar sejak 2 jam yang lalu.
Sebelumnya  pasien  mengalami  kecelakaan  lalu  lintas.  Pada  pemeriksaan  fisik  didapatkan ekstremitas dalam keadaan “deserebrasi”. Berapa GCS pasien tersebut:
a. E1M2V2 b. E2M2V1 c. E1M2V1 d. E2M2V1 e.  E2M4V1

130.  Seorang laki –laki usia 17 tahun dibawa ke IGD setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Pada saat kejadian pasien dalam keadaan tidak sadar, kemudian pada saat di RS pasien dalam keadaan sadar kembali dan diperbolehkan pulang. 2 jam kemudian pasien mengeluhkan pusing, mula dan muntah dan tidak sadar kembali. Apakah kemungkinan diagnosis pasien tersebut:
a.  Hematom subdural b. Hematom epidural
c.  Hemoragic intraserebral
d. Hemoragic sub arachnoid e.  Hemoragic subdural

131.  Seorang pasien laki-laki usia 27 tahun datang dengan keluhan pandangan double sejak 1 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan didapatkan pergerakan mata kanan terbatas dan mata kiri tidak bisa mengarah ke temporal. Apakah diagnosis pasien tersebut;
a.  Parese N. III b. Parese N. IV c.  Parese N. V d. Parese N. VI
e.  Parese N. VII

132.  Seorang laki-laki usia 30 tahun datang dengan keluhan mulut merot yang terjadi lebih kurang 1 minggu terakhir. Terdapat parese N. VII perifer dekstra. Pemeriksaan neurologis lainnya dalam batas normal. Obat apa yang diberikan untuk mengurangi komplikasi yang mungkin terjadi?
a.  Metilkobalamin b. Vitamin C
c.  Parasetamol d. ……
e.  …… 

133.  Seorang bayi lahir dengan berat badan lahir 1600 gr. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata usia gestasi pada saat lahir 32 minggu. Apa diagnosis pasien tersebut?
a.  Neonatus premature
b. Neonatus cukup bulan sesuai masa kehamilan
c.  Neonatus kurang bulan kurang masa kehamilan d. Neonatus kurang bulan kecil masa kehamilan
e.  Neonatus kurang bulan sesuai masa kehamilan

134.  Seorang anak laki-laki usia 2 tahun dibawa kepuskesmas dengan keluhan demam dan batuk pilek dalam 3 hari terakhir. Keadaan ini juga diikuti dengan munculnya ruam-ruam merah pada saat demam yang dimulai dari belakang telinga yang berlanjut ke seluruh tubuh. Nadi: 98 x/i., RR:
28x/I, T: 38,5ºC. terdapat ruam makulopapular. Apa diagnosis pasien tersebut:
a. Measles
b. Ptiriasis rosea c. Morbili
d. varisela e. …….

135.  Seorang anak laki-laki usia 2 tahun dibawa oleh ibunya ke puskesmas dengan keluhan batuk plilek. Pada pemeriksaan fisik didapatkan krusta kering seperti madu di bagian hidung. Apakah diagnosis pasien tersebut?
a.  Impetigo bulosa b. Impetigo bochart c.  Impetigo …..
d. Impetigo contangiosa e.  Impetigo neonatorum

136.  Seorang laki – laki 30 tahun jatuh dari terduduk dari ketinggian 3 meter. Dari pemeriksaan fisik terdapat perdarahan dari meatus uretra eksterna, hematom perianal dan suprapubik yang tegang. Tindakan pertama yang dilakukan adalah:
a.  Businasi
b. Pemasangan kateter c.  Eksplorasi uretra
d. Pemeriksaan radiologi e.  Punksi suprapubik

137.  Seorang laki- laki usia 37 tahun datang dengan keluhan urin yang keluar bercabang dan tidak puas bila BAK. Rasa nyeri (+), terdapat riwayat abses pada uretra. Apakah diagnosis pasien tersebut?
a.   Ruprur uretra b.   Stenosis uretra c.   Striktur urtera d.   Abses perianal e.   …….

138.  Seorang perempuan usia 28 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan bengkak di kemaluan yang didahului oleh keputihan, dari hasil pemeriksaan ditemukan benjolan di labia mayora pada arah jam 5 ukuran 3 x 2 cm, mudah digerakkan. Apa diagnosis pasien tersebut?
a.   Kista ovarium
b.   Kista gartner …?
c.   Endometriosis d.   Mioma uteri
e.   Kista bartolin

139.  Seorang petugas kesehatan ingin menentukan status kesehatan reproduksi, kependudukan dan kesehatan suatu wilayah. Indicator utama yang dibutuhkan adalah:
a.   Angka kematian ibu b.   Angka kematian bayi c.   Angka kematian balita d.   Angka kematian kasar e.   Angka kelahiran kasar

140.  Seorang pria 27 tahun datang dengan keluhan borok di kemaluan yang telah dialami 2 bulan terakhir. Dari hasil pemeriksaan ditemukan ulkus ukuran 3 cm, indoren dan undulasi (+), pus tidak ditemukan. Pemeriksaan apa yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis?
a.   TPHA
b.   Pemeriksaan Crowhite…?
c.   Tzank test
d.   Swab didasar ulkus untuk pewarnaan gram

141.  Seorang anak laki-laki usia 5 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan gatal di malam hari, terutama di kedua jari- jari tangan, jari- jari kaki. Ibu dan saudara kandung menderita keluhan yang sama namun tidak separah yang dialami pasien. Dari pemeriksaan pada daerah sela- sela jari kaki  dan  tangan  ditemukan  papul  kemerahan,  vesikel,  erosi,  krusta  kecoklatann  dan  bekas garukan. Pengobatan apa yang diberikan terhadap pasien tersebut?
a.   Permetrin 5 % bentuk krem b.   Gameksan 1 % bentuk krem c.   Sulfur 4 % bentuk krem
d.   Asam salisilat 2, 5% bentuk krem e.   Hidrokortison …..% bentuk krem

142.  Seorang wanita usia 56 tahun datang dengan keluhan nyeri pada kedua tungkai. Pasien memiliki riwayat diabetes mellitus dan hipertensi. Pasien juga memiliki riwayat ulkus gaster. Obat analgetik apa yang tepat diberikan pada pasien ini?
a.   Ibuprofen
b.   Parasetamol
c.   Asam mefenamat
d.   Natrium diklofenat e.   Asam salisilat

143.  Seorang perempuan usia 57 tahun datang dengan keluhan sesak napas yang dialami 2 jam terakhir. 2 sebelumnya pasien menderita demam  dan batuk. Pasien dengan riwayat hipertensi dan DM 7 tahun yang lalu. Dari hasil pemeriksaan ditemukan tekanan darah 150/70 mmHg, Nadi 112x/i, suhu 39ºC dan RR 32 x/i. hasil pemeriksaan leukosit 18.000 /mm3. KGD sewaktu 390 mg/dl. Penangan awal pada pasien ini?
a.   Rehidrasi b.   Beri antibiotic c.   Anti piretik d.   Insulin iv

144.  Seorang laki-laki usia 27 tahun mengeluhkan nyeri tenggorokan. Pasien tidak memiliki riwayat alergi obat sebelumnya. Untuk mengatasi keluhannnya pasien membeli sendiri obat anti biotic didepot obat. Kemudian pasien mengalami gatal-gatal diseluruh tubuh. Penanganan apa  yang diberikan kepada pasien tersebut/
a. Melanjutkan obat dan memberikan anti histamine b. Melanjutkan obat dan memberikan epinefrin 
c. Menghentikan obat dan memberikan antihistamin d. Melanjutkan obat dan memberikan kortikosteroid

145.  Seorang perempuan usia 56 tahun datang dengan keluahan mata kabur, dari hasil pemeriksaan ditemukann retinopati diabetikum. Bagaimana patofisiologi terjadinya komplikasi tersebut?
a.   Neuropati dan angiopati
b.   Neuropati dan mikroaneurisma
c.   mikroangipati dan edema macula
d.   mikroangiopati dan mikroaneurisma

146.  Seorang perempuan usia 48 tahun datang dengan keluhan sering lemas, buang air kecil banyak dimalam hari, berat badan terus menurun. Dari hasil pemeriksaan didapatkan KGD puasa 129 mg/dl, dan 2 jam post pandrial 188 mg/dl. Apakah diagnosis pasien ini?
a.   Toleransi glukosa terganggu
b.   Kadar gula darah puasa terganggu c.   DM tipe 1 d.   DM tipe 2

147.  Seorang laki-laki 60 tahun datang dengan keluhan mudah lelah, sesak napas apabila beraktivitas, berkeringat. Dari hasil pemeriksaan didapatkan TD 120/80 mmHg, Nadi 118x/I, RR 22 x/I, T
37ºC. Dari pemeriksaan fisik eksoftalmus (+/+), ditemukan dileher bruit (+), benjolan dileher bergerak sesuai ketika menelan. Apa diagnosis pasien tersebut?
a.   Hashimotto disease b.   Grave’s disease
c.   Tirotoksikosis d.   Goiter endemic e.   Goiter difusa

150.  Seorang laki-laki 60 tahun datang dengan keluhan mudah lelah, sesak napas apabila beraktivitas, berkeringat. Dari hasil pemeriksaan didapatkan TD 120/80 mmHg, Nadi 118x/I, RR 22 x/I, T
37ºC. Dari pemeriksaan fisik eksoftalmus (+/+), ditemukan dileher bruit (+), benjolan dileher bergerak sesuai ketika menelan. Pemeriksaan apa yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis?
a.   FT4 dan TSH sensitive b.   FT3 dan TSH sensitive c.   FT4 dan FT3
d.   FT4 total dan FT3 total
e.   FT4 total dan TSH sensitif

151.  Laki-laki supir truk, kecelakaan lalu lintas, mengenai stir truk, saat kejadian, posisi lutut dan panggul fleksi. Namun pasien tidak dapat menlakukan dorso fleksi ankle. Penyebabny adalah:
a.   Rupture m. tibialis anterior b.   Rupture m. tibialis posterior c.   Lesi n. Ischiadicus

152.  Pasien datang dengan keluhan ruam kemerahan yang kemudian berubah menjadi gelembung berisi cairan yang terdapat di badan dan menyebar ke muka dan tangan (seluruh tubuh). Terapi:
a.   Gentamisin b.   Asiklovir
c.   Tetrasiklin d.   Penisilin
e.   Paracetamol

153.  Laki-laki  37  tahun,    datang  dengan  keluhan  kencing  bernanah,  namun  pasien  mengakui  ada riwayat kontak dengan penjaja seksual. Berapa lama waktu terjadinya keluhan tersebut?
a.  3-5 hari
b. 3-5 minggu c.  13-15 hari d. 3-5 bulan
e.  13-15 minggu

154.  Laki-laki 20 tahun, setelah dicabut gigi, esoknya tidak dapat membuka mata kiri, tidak ada kerutan dahi kiri, dan mulut merot ke kanan. Diagnosis:
a.   bell’s palsy b.   facial palsy c.   stroke

155. Laki-laki 25 tahun jatuh kecelakaan di sepeda, setir sepeda mengenai selangkangan. Dari pemeriksaan, didapatkan vesika urinaria penuh, terdapatbutterfly hematom di area selangkangan. Vital sign dalam batas normal. Pasien sadar. Apa tindakan pertama?
a.  Pasang kateter b. Pasang IVline
c.  Pungsi vesika urinaria d. Langsung rujuk

156.  Wanita, 30 tahun, seorang penari, mengeluhkan nyeri pinggang, dari foto thorakolumbal oblique didapatkan, fraktur namun tidak bergeser L5-S1. Diagnosis:
a.  Spondilolistesis b. Spondilosis
c.  Spondilolisis
d. Hernia nucleus pulpopus

157.  Pasien TB sudah mengkonsumsi obat TB 3 tahun, SGOT/SGPT meningkat 3x, namun pasien tidak kuning. Apa yg seharusnya dilakukan dokter?
a.  Stop streptomycin
b. Stop semua obat TB
c.  Stop INH dan streptomicyn

158.  Ibu hamil TB menyusui, usia 2 bulan,  gimana sikap dokter terhadap anaknya?
a.  Stop menyusui b. Profilaksis INH
c.  Stop menyusui + profilaksis INH

159. Perempuan, 30 tahun, nyeri kepala selama 6 bulan, dari pemeriksaan didapatkan, diplopoia, hemiparesi sinistra. Diagnosis:
a.  Space occupaying lesion b. Stroke c.  Migraine d. Tension headache

160.  Pasien kecelakaan,saat dipanggil, membuka mata dengan rangsangan nyeri, hanya mengerang, dan tangannya menggapai rangsangan. GCS (glasgow coma scale) :
a.  9 b. 8 c.  10   d. 7 e.  6

161.  Pasien sudah dirawat di  ICU selama 3 minggu. Dokter sudah menyatakan mati batang otak.
Keluarga pasien meminta untuk dilepaskan semua alat bantu pada pasien. Etika moral:
a.  Beneficen
b. Non maleficence c.  Autonomy
d. Justice

162.  Seorang wanita datang  membawa bayi  yang berumur 2  bulan,  untuk  imunisasi  walau  suami menolak. Apa prinsip perilaku wanita tsb:
a.  Responsible      b. Valuing
c. Receiving         d. Adopting

163.  Seorang wanita berumur 40 thn, istri kepala desa bersikap menjaga lingkungan, terutama saat musim hujan untuk menghindari terjadinya ddemam berdarah. Apa sikap wanita tersebut:
a.  Untuk menjadi pencetus adanya perilaku
b.  Untuk menjadi predisposisi adanya perilaku   c. Untuk menjadi penguat adanya perilaku
d. Untuk menjadi pemelihara adanya perilaku e. Untuk mempermudah terbentuknya perilaku

164.  Seorang peneliti ingin melakukan penelitian kadar kolesterol total pada laki-laki deawasa (100 orang) pada desa dan kota. Standar deviasi dan perbedaan kadar kolesterol dapat dihitung pada masing-masing daerah. Uji apa?
a.  Uji normalitas b.  Uji T
c.  Uji Z
d.  Chi-square test 

165.  Seorang laki-laki 50 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri dada sebelah kiri yang dialami sejak 1 jam yang lalu. Nyeri tidak dipenagruhi oleh posisi dan tidak reda saat istirahat. Dari pemeriksaan fisik didapat TD 160/100mmHg, thoraks: batas jantung 3 jari midclavicula sinistra, rhonki (-/-). Tatalaksana nyeri:
a.  Isosorbide dinitrat b.  Aspirin
c.  Heparin d.  Morfin
e.  ACE inhibitor

166.  Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang dengan keluhan nyeri dada menjalar sampai ke bahu.
Dari pemeriksaan didapat TD 180/100mmHg, N 120x/i, RR 16x/i, suhu afebris. Diagnosis :
a.  Perikarditis
b.  Infark miokard
c.  Insufisiensi aorta
d.  Unstable angina pectoris e.  Mitral stenosis 

167.  Seorang laki-laki datang dengan keluhan nyeri dada yang dialami hilang timbulsejak 3 bulan terakhir. Nyeri akan berkurang setelah beristirahat. Pemeriksaan TD 130/mmHg, N 100/i, RR
20x/i, suhu afebris, diagnosis:
a.  Angina pectoris
b.  Rheumatid heart disease c.  Infark miokard
d.  Perikarditis 

168.  Seorang  wanita  17  tahun  datang  dengan  keluhan  demam,  dan  disertai  jantung  berdebar.
Sebelumnya pasien ini mengeluhkan nyeri tenggorokan. TD normal, T: 38C, batas jantung 3 jari midclavicula sinistra, gallop (+). Penyebab :
a.  Streptococcus haemolyticus b.  Strep. Viridans
c.  Strep. Aureus
d.  Psedomonas auroginosa e.  Haemofilus influenza

169.  Drug Induce Renal Disease (DIRD) adalah efek samping obat atau biokimia dari suatu jenis obat.
Yang paling aman adalh golongan:
a.  Sefalosporin b.  Penisilin
c.  Aminoglikosida

170.  Seorang wanita hamil 32 minggu mules2, tanda2 persalinan tidak ada, bloody discharge (-). Apa yg plg sering menyebabkannya:
a.  Fosfor
b.  Calscium
c.  Magnesium d.  Ferro
e.  Ferri

171.  Anak dibawa ibunya krena mimisan, dulunya sering lebam-lebam, apa penyebabnya:
a.  Leukosit b.  Eritrosit
c.  Trombosit

172. Ibu N 38 tahun datang ke klinik saudara, dengan keluhan keputihan yang sangat gatal. Dari hasil pemeriksaan didapatkan keputihan >> dan terdapat pertumbuhan jengger ayam. Riwayat kontak seksual (+). Apa terapi yang tepat diberikan?
a.  Psodofilin topical b.  Kauterisasi
c.  Antibiotika intravena d.  Antivirus intravena

173. ibu M 40 tahun. Istri kepala desa memberikan contoh kepada masyarakat tentang kesehatan lingkungan terutama saat hujan agar terhindar dari DBD. Tindakan yang dilakukan merupakan?
a. Faktor pencetus terbentuknya perilaku     b. Faktor penguat terbentuknya perilaku
c. Faktor predisposisi terbentuknya perilaku  d. Faktor pemungkin terbentuknya perilaku 
e. Faktor yang mempermudah terbentuknya perilaku

174. Tuan M umur 50 tahun mengeluh nyeri saat buang air kecil, keluar secret purulen dari lubang kencing,  jumlah  urin  yang  keluar  menurun.  Hasil  pemeriksaan  didapatkan  diplococus  gram negatif. Terapi yang tepat diberikan adalah..
a. metronidazol b. kloramfenikol c. cephalosporin d. ampisilin
e. penisilin

175. ibu, 25 tahun membawa anaknya untuk diikutkan dalam program imunisasi tanpa sepengetahuan suami dan keluaganya. Keluarga sebenarnya tidak setuju dengan adanya imunisasi. Tindakan yang dilakukan ibu termasuk…
a.  Responsible b.  Receiving
c.  Valueting
d.  Responding e.  Adopting

176. Tuan R, 38 tahun datang mengeluhkan nyeri pada lutut yang sudah dalami sejak 1 tahun yang lalu dan memberat dalam 3 bulan ini. Selama sertahun ini pasien sudah pernah berobat kedokter 2 kali dan dianjurkan untuk menurunkan berat badan. Namun menurut pasien nyeri lutut yang dialami tidak berhubungan dengan berat badan. Selama ini pasien hanya mengkonsumsi obat nyeri untuk menghilangkan keluhannya. Pasien jarang olahraga dengan alas an tidak punya waktu. Pasien jarang sarapan, makan nasi 2 kali dan sering mengkonsumsi cemilan gorengan. Dari hasil pemeriksaan didapatkan TB:171 BB:90 LP:102. Apa yang dapat dilakukan:
a. pengaturan diet
b. peningkatan aktivitas fisik c. modifikasi gaya hidup
d. farmakoterapi e tindakan bedah

177. Tn T 48 tahun mengeluh teraba benjolan diperut sebelah kanan dari hasil pemeriksaan tidak dijumpai hepatomegali, splenomegali dijumpai scuffner 3. Tanda vital dalam batas normal. Hb
14.1,  leukosit  35000  trombosit  245000.  Hasil  pemeriksaan  darah  didapatkan  leukosit  matur. Eritrosit dan trombosit dalam batas normal. Kemungkinan diagnosis…
a.  Leukemia limfositik kronik b.  Leukemia monositik kronik c.  Leukemia …
d.  Leukemia limfoblastik kronik e.  Leukemia mieloblastik kronik

179. Anak 8 tahun, demam terus menerus selama 3 hari. Sebelumnya anak batuk dan pilek . tanda vital normal.  Dari  hasil  pemeriksaan  darah  tepi  dokter  menyimpulkan  anak  terkena  infeksi  virus. Apakah kira-kira hasil lab tersebut yang meningkat..
a. eosinofil b. basofil
c. neutorofil d limfosit
e monosit 
180. Tn C 40 tahun mengewluhkan mata kiri merah setelah terkena lumpur. Pekerjaan seorang petani.
Setelah dilakukan pemeriksaan visus didapatkan VOS 3/60, kornea tampak infiltrate multiple berbentuk cakram. apa kemungkinan diagnosis…
a. keratitis pungtata
b. keratitis numularis c. keratitis ….
d. keratitis …. e. ulkus kornea

181. Tn C 40 tahun mengeluhkan mata kiri merah setelah terkena lumpur. Pekerjaan seorang petani.
Setelah dilakukan pemeriksaan visus didapatkan VOS 3/60, kornea tampak infiltrate multiple berbentuk cakram. Komplikasi yang mungkin…
a. ulkus kornea b. glaucoma
c. iridoksilitis

182. Tn F 38 tahun mengeluhkan nyeri pada mata kiri. Tidak terdapat pengliatan kabur. 4 hari yang lalu pasien memencet jerawat dipipi. Kemungkinan diagnosis..
a. panoftalmitis b. endoftalmitis


183. tn F 38 tahun mengeluhkan nyeri pada mata kiri. Tidak terdapat pengliatan kabur. 4 hari yang lalu pasien memencet jerawat dipipi.terapi yang dberikan..
a. pantokain b. pilokarpim c. timolol
d. tear drop e.

184. Puskesmas A terletak dikabupaten B dengan luas 43 km3.  Terbagi 2 kelurahan yaitu kelurahan mantep dan kelurahan tumpul. Berdasarkan analisis didapatkan data sebagai berikut:
kelurahan
Jumlah
penduduk
R
Jarak terjauh ke puskesmas
Jumlah
kunjungan
Mantep
22000
12
2,5 km
18000
Tumpul
18000
10
5 km
7000

Apakah yang dilihat untuk mengidentifikasi hambatan potensil pada PKM tersebut:
a. Jumlah penduduk kelurahan mantep b. Jumlah penduduk kelurahan tumpul c.Jumlah kunjungan kelurahan mantep d. Jumlah kunjungan kelurahan tumpul

185. soal sama
Apakah yang menjadi hambatan potensial pada kasus tersebut..

186.  Telinga  kiri  sakit.  dari  hasil  pemeriksaan  tes  weber  lateralisasi  ke  telinga  kiri,  tes  rinne(-), scwabach memanjang, jenis tuli apakah adek ini…
a. tuli konduksi 
b tuli neurosensorial

187. mengeluh hidung tersumbat bergantian, terutama pagi hari a. rhinitis vasomotor
b. rhinitis alergica

188. Nyeri goyang porsio. Pemeriksaan yang perlu dilakukan.. a. b HCG + Hb
b. b HCG + trombosit c. b HCG + leukosit

189. seorang laki-laki 40 tahun datang dengan keluhan melepuh pada kulitnya seluruh tubuh. Awalnya pada dada, perut dan punggung. Kemudian bulla pecah berwarna jernih. 1 minggu kemudian ditemukan bulla yang kendur. Pemeriksaan apa sebaiknya dilakukan untuk menegakkan diagnose?
a. aupitz sign
b. Koebner phenomena c. nikolcy sign

190. seorang laki-laki 40 tahun datang dengan keluhan melepuh pada kulitnya seluruh tubuh. Awalnya pada dada, perut dan punggung. Kemudian bulla pecah berwarna jernih. 1 minggu kemudian ditemukan bulla yang kendur. Diagnose?
a. pemvigus bullosa b. pemvigus krustosa c. impetigo bullosa

191. Seorang wanita 20 tahun datang dengan keluhan batuk-batuk >2 minggu, mual, muntah. Hasil pemeriksaan fisik sclera ikterik dan nyeri epigastrium tetapi tidak ada pembesaran hepatomegali sedang menjalankan terapi obat paru-paru 6 bulan. Bagaimanakah terapi yang tepat pada pasien ini?
a. OAT teruskan ditambah dengan hepatoprotektif b. OAT teruskan ditambah dengan antasida
c. OAT teruskan ditambah dengan omeprazole d. hentikan OAT sementara
e. hentikan OAT selamanya

192.  anak-anak  8  tahun  dibawa  ibunya  ke  IGD  dengan  keluhan  mimisan  dan  sering  lebam  pada tubuhnya  jika  terkena  benturan  pada  tubuhnya.  Komponen  darah  apakah  yang  mengalami kelainan?
a. hematokrit b. leukosit
c. trombosit d. limfosit
e. neutrofil

193. Seorang wanita 24 tahun datang dengan keluhan nyeri perut, mual, muntah. Hasil pemeriksaan nyeri tekan hipokondrium kanan (+) Mac Burney (+). Pemeriksaan apa lagi yang harus dilakukan untuk mendukung diagnose?
a. Psoas sign + Rovsing sign b. Bimanual +…
c. Rovsingsign +… 

194. Seorang ibu datang G3P2A0 seebelumnya pemeriksaan estimasi BB bayi 4500gr, sebelumnya pernah  melahirkan  spontan  dengan  BB  3800  gr.  Saat  ini  ibu  datang  dengan  pembukaan
10cm,…anterior. Saat ini ibu merasa ingin mengedan. Kemungkinan apa yang tercepat terjadi?
a.  Distosia bahu
b.  Perlambatan penurunan bayi c.  Pemanjangan vase aktif
d.  Perlambatan penurunan kepala bayi

195.  Bayi dirujuk oleh bidan kedokter, sudah lahir kepala 10 menit yang lalu…Tindakan apa yang tepat dilakukan oleh dokter?
a.  Ekstraksi vacuum b.  ekstraksi forcep
c.  Caesar
d.  Manuever Rac…
e.  Suntikan oksitosin

196.  seorang  laki-laki  dirawat  di  ICU,  keluarga  menuliskan  untuk  melepaskan  ventilator  terhadap pasien. Kemudian dokter melepaskan ventilator. Kemudian pasien meninggal. Tindakan apa yang dilakukan oleh dokter?
a. benefecien-non malafecien b. otono-nonmalafecien

197. Seorang laki-laki dirawat di ICU, pasien keadaannya sudah mulai membaik. Kemudian keluarga meminta pasien untuk melepaskan ventilator dokter tidak mau melepaskannya. Tidak lama kemudian pasien meninggal.  Tindakan apa yang dilakukan dokter?
a. beneficien b. autonomy
c. nonmalaficien

198. seorang laki-laki ditemukan telah meninggal, ada penjeratan menggantung diri pada lehernya.
Dokter meminta izin kepada keluarga untuk dilakukan otopsi namun keluarga menolaknya. Apa seharusnya tindakan dokter?
a. membiarkan tidak dilakukan otopsi
b. menunda otopsi sampai diizinkan oleh keluarga
c. tetap melakukan otopsi walaupun keluarga tidak bersedia d. otopsi dapat dilakukan setelah 2 hari

199. Bayi ditemukan dalam plastic dengan plasenta lengkap di sungai. Penyebab kematian dapat dilihat dengan pemeriksaan?
a. paru-paru apung b. analisa gas darah
c. pemeriksaan darah

200. anak 20 tahun datang dibawa oleh ibunya karena mengaku telah dperkosa. Dokter diminta untuk melakukan pemeriksaan. Bagaimanakah tindakan dokter yang tepat?
a. menyuruh lapor kepolisi baru dilakukan pemeriksaan
b. melakukan pemeriksaan terus dan memberikan penjelasan hasil pemeriksaannya c.  meminta izin kepada ibunya untuk dilakukan pemeriksaan

201. Ibu pasien menderira DM, pasien datang untuk memeriksaan glukosa darah. DDP 102mg/dl, 2 jam post prandial 144 mg/dl. Apa diagnosanya?
a. pasien tidak menderita DM 
b. TGT
c. GDPT

202. Pasien datang untuk memeriksaan glukosa darah. DDP 102mg/dl, 2 jam post prandial 144 mg/dl.
Pemeriksaan ulang apa lagi untuk menegakkan diagnosa?
a. TTGO
b. KGD ulang + 2 jam PP
c. 2 jam PP
d. KGD

203.  Diberikan gambar foto rontgen kaki kanan, dari gambaran foto tampak fraktur fibula dan tibia di
1/3 proksimal dextra. Ditanya, apa diagnose dari foto tersebut:
a.  Fr smith
b.  Fr. Greenstick c.  Fr. Patologis
d.  Fr. Avulsi

204.  Wanita usia 40 datang dengan keluhan keluar keputihan dari vagina, badan menimbulkan gatal.
Dari pemeriksaan ditemukan yeast cell dan budding. Dari biakan dalam media modified Thayer
Martin… uji oksidase (+). Apa mikroorganisme penyebab?
a.  Chlamidia trachomatis b.  Candida
c.  Neisscheriagonerhoe

205.  Seorang perempuan datang dengan keluhan mata kuning, pasien merupakan pemakai narkotik suntik. Hasil lab, SGOT SGPT bilirubin meningkat. Interpretasi yang diharapkan dari hasil pemeriksaan:
a. HbsAg (+), Anti HbsAg (-), IgM (+) b.HbsAg (+), anti HbsAg (-), IgG (+) c. HbsAg (-), anti HbsAg (+), IgG (+) d.           HbsAg (-), abtiHbsAg (+), IgM (+)

206.  Seorang laki-laki mengeluhkan sering terasa lapar pada malam hari, keluhan hilang jika makan….
Diagnose adalah:
a.  Gastritis
b.  Esofagitis

207.  Pasien datang dengan keluhan muntah, muntah berisi cacing. Kemungkinan penyebab:
a.  Ascaris lumbricoides b.  Tricruris trichura
c.  Taenia saginata
d.  Paragominuswestermani e.  Cacing kremi

208.  Seorang dokter menolak pasien berobat kepadanya karena hari libur dan dokter tersebut mau pergi berolahraga lagi pula ada tempat praktek dokter umum lain di dekat daerah dokter tersebut. Apa yang dilanggar oleh dokter tersebut?
a.  Etika
b.  Norma

209.  Pasien datang dengan keluhan membakar… ,sering tertawa geli, suka makan kotorannya sendiri, apa indikasi rawat pasien tersebut? 
a.  Gangguan tingkah laku b.  Halusinasi
c.  Waham d.  Paranoid

210.  Seorang anak hidungnya berbau, apa diagnosis pasientersebut?
a.  Polip
b.  Benda asing di hidung

211.  Dilakukan visum jenazah, ditemukan luka tembak di dada, berbentuk cincin memar di dada,tattu di sekitarnya. Berapa jarak tembakan tersebut?
a.  < 15 cm b.  15-30 cm c.  30-60 cm

212.  Pasien  datang  dengan  keluhan  mata  kuning,  mual  jika  makan  makanan  berlemak,  pada pemeriksaan hepar teraba 2 cm di bawah arcus costae, nyeri pada perabaan di kanan atas abdomen, air kencing seperti teh. Apa diagnose pasien tersebut?
a.  Kolesistitis
b.  Koledokolithiasis

213.  Seorang anak 8 tahun sejak 2 tahun lalu sering keluar cairan dari telinga kiri, dan memberat jika sedang pilek. Pemeriksaan otoskopi membran timpani perforasi dan keluar sekret dari telinga. Pemeriksaan apa untuk menentukan derajat gangguan pendengaran?
a.  Tes bisik
b.  Tes garputala
c.  Audiometri nada murni d.  Audiometri impedans
e.  Audiometri ....

214. Seorang anak laki 12 tahun sering kencing, banyak makan, banyak minum, berat badan menurun 5 kg. BB 65 TB 140. Ayah dan ibunya DM. Akantosis nigrikan pada leher belakang, adipomastia payudara. GDS 380. LDL 250. Trigliserida 400. Diagnosa:
a.  Insulin dependen DM
b.  Non insulin dependen DM
c.  Monogenic diabetes d.  Obesitas
e.  Hipotiroid

215.  Pasien  umur  30  tahun  sering  sakit  kepala  sebelah  sejak  usia  15  tahun.  Biasa  diawali  mata berkunang-kunang. Biasa tidur saja untuk mengurangi keluhan. Keluhan tdk pernah bertambah berat. Diagnosa:
a.  Migrain tanpa aura
b.  Migrain dengan aura c.  ...
d.  Tension headache e.  Cluster headache

216.  Pasien  usia  ...  anemia,  Hb  elektroforesa  98%,  HbF  1%,  HbA2  1%,  defisiensi  G6PD  positif.
Diagnosa:
a.  Anemia hemolitik b.  Anemia def.Fe
c.  Anemia pernisiosa 
d.  Talasemia

217.  Pasien anak2 sering gatal pada pantat klo malam hari. Temennya juga ada yg kyk gitu. Pada pantat ada garukan tapi ga ada papul ato pustula. Ada gambaran cacing. Diagnosa:
a.  Skabies
b.  Ancylostomiasis c.  Oxyriasis

218. Ditemukan perempuan 16 tahun meninggal di laut dekat penginapannya. Dari otopsi disimpulkan meninggal karena asfiksia. Apa yang seharusnya ditemukan saat otopsi?
a.  ... b.  ...
c.  Washer woman hands d.  Elektrolit normal
e.  BJ kanan = BJ kiri

219. Pasien post partum 1 jam yang lalu dibawa bidan ke puskesmas karena perdarahan. Bayi dan plasenta sudah lahir. Uterus lembek. TD:90/60, N:100x/mnt, RR:24x/mnt. Tindakan awal apa yang harus dilakukan:
a.  Masase uterus b.  Inj. Ergometrin c.  Inj.oksitosin
d.  Kompresi bimanual interna e.  Kompres bimanual eksterna

220.  Ada 32 penduduk yang digigit anjing gila. Beberapa hari kemudian 6 orang demam, 3 diantaranya kejang kemudian salah 1 nya meninggal. Sebelumnya tidak pernah ada yg meninggal. Apa yang paling cocok?
a.  Endemi b.  Pandemi c.  Epidemi d.  Outbreak e.  Wabah

221.  Seorang  pria  50  tahun  dengan  keluhan  makan  banyak,  sering  kencing.  GDS  180  GDP  120.
Pemeriksaaan apa untuk diagnosa?
a.  GDP ulang b.  GDS ulang c.  TTGO
d.  Gula darah 2 jam PP

222.  Seorang anak 8 tahun sejak 2 tahun lalu sering keluar cairan dari telinga kiri, dan memberat jika sedang pilek. Pemeriksaan otoskopi membran timpani perforasi dan keluar sekret dari telinga. Diagnosa:
a.  Otitis eksterna
b.  Otitis media akut c.  Otitis serosa
d.  Otitis efusi e.  OMSK

223.  Seorang anak 8 tahun sejak 2 tahun lalu sering keluar cairan dari telinga kiri, dan memberat jika sedang pilek. Pemeriksaan otoskopi membran timpani perforasi dan keluar sekret dari telinga. Pemeriksaan awal:
a.  Tes bisik
b.  Tes garputala
c.  Audiometri nada murni d.  Audiometri impedans
e.  Audiometri ....

224.  Wanita umur 23 tahun datang dgn keluhan melepuh pada pinggang kiri yang terasa perih terutama jika kena pakaian. Sebelumnya pernah mengalami cacar air. PF:vesikel diatas kulit yang eritem. Diagnosa:
a.  Variola b.  Varisela
c.  Impetigo bulosa d.  Herpes zoster
e.  Pitiriasis

225.  Anak dengan keluhan ruam kemerahan pada badan kemudian berisi air. Muncul awalnya pada badan lalu ke tangan dan kaki. Demam sejak 2 hari yang lalu. Mikroskopis ditemukan sel datia berinti banyak:
a.  Variola b.  Varisela
c.  Herpes zoster
d.  Impetigo bulosa e.  Pemfigus bulosa

226.  Seorang anak 15 tahun  dibawa oleh  orangtuanya  ke puskesmas karena ada benjolan dileher.
Mereka tinggal didaerah pegunungan dan masyarakat disekitar banyak memiliki keluhan yang sama. Benjolan tidak nyeri dan terlihat meskipun tidak tengadah. Penyebabnya adalah?
a.  Kekurangan asupan yodium b.  Kekurangan asupan kalsium c.  Kekurangan asupan kalium d.  Kekurangan energy protein e.  Kelebihan zat goitrogenik

227.  Pasien datang dengan keluhan demam, muntah, nyeri kepala. Keluhan dialami pasien setelah pulang berpergian dari Kupang. TD 110/80, N 80, T 39. Dari hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan eritrosit memudar dan terdapat cincin berwarna biru dengan inti berwarna kemerahan dengan gambaran accore. Parasit penyebabnya adalah:
a.  Plasmodium ovale
b.  Plasmodium knowlesi
c.  Plasmodium falsiparum d.  Plasmodium
e.  Plasmodium vivax

228.  Seorang anak perempuan berusia 19 tahun datang kepuskesmas dengan keluhan belum datang haid. Pasien sudah sering mengkosumsi obat yang memicu haid, tp tidak berhasil. Pertumbuhan rambut pubis sesuai dengan teman-teman seusianya. Apakah diagnosanya:
a.  Amonerea primer
b.  Amenorea sekunder c.  Prekok d.  Metroragia

229.  Seorang anak berusia 12 tahun datang dengan keluhan pertumbuhan yang cepat. Pasien memiliki tinggi 180 cm dengan badan yang proporsional. Dari kecil pasien sudah memiliki pertumbuhan fisik yang berbeda dari teman seusianya. Penyebab nya adalah:
a.  Kelebihan hormone gonadotropik b.  Kelebihan somatotropik

230.  Seorang bapak mengeluhkan ada bercak kehitaman dileher. Efloresensi: macula hiperpigmentasi dengan bagian tengah mengalami nekrosis. Anak juga mengalami hal yang sama. Diagnosanya adalah….
a.  Dermatitis numularis b.  Dermatitis atopic
c.  Insect bite

231. Pasien datang dengan keluhan muncul bercak putih diwajah dan badan. Ujudnya macula hipopigmentasi yang tertutup skuama halus. TIDAK GATAL, TIDAK berkurang dengan pemberian kalpanax, hasil pemeriksaan ditemukan SPORA BERGEROMBOL dan HIFA pendek, tapi Wood Lamp TIDAK menunjukkan kuning keemasan. Diagnosanya adalah:
a.  Pytiriasis versikolor b.  Pytyriasis Alba
c.  Tinea …. d.  P. rosasea

232.  Seorang laki-laki datang dengan keluhan nyeri kepala  dan munttah. Pasien tidak mau membuka mata karena saat membuka mata semua benda dirasa berputar. Tetapi tidak dipengaruhi oleh perubahan posisi kepala. Diagnosanya adalah:
a.  Vertigo perifer b.  Vertigo sentral c.  Menier disease

233.  Seorang wanita G0P4A0 ingin memakai alat kotrasepsi. Pasien memiliki riwayat hipertensi dan asma. Saat diperiksa TD 160/40, Kolesterol 300. Pilihan kotrasepsi yang tepat:
a. Injeksi… b. Injeksi… c.  Implant
d.  Pil KB
e.  Alat kontrasepsi dalam Rahim

234.  Sebuah pesawat penumpang dengan penumpang terdaftar lengkap jatuh setelah 3 jam lepas landas.
Puing-puing pesawat dapat terlihat 3 jam setelah terjatuh melalui udara. 1 minggu kemudian, tim DVI telah mengidentifikasi separuh penumpang sedangkan separuhnya lagi belum dapat didentifikasi. Waktu tim DVI masih banyak untuk mencari korban. Sementara akan dilakukan rapat rekonsiliasi pada malam persidangan, karena besok paginya pemerintah akan mengumumkan hasil pencarian dari tim DVI. Apakah keputusan rapat yang dapat disampaikan?
a.   Jumlah seluruh korban sudah tidak dapat diidentikasi
b.   Jumlah seluruh Korban dapat diidentifikasi dengan kesamaan property dimana semua peserta sidang setuju
c.   Jumlah korban dapat diidentifikasi bila ada pernyataan dari keluarga
d.   Jumlah korban dapat diidentifikasi hanya melalui kesamaan property sudah cukup. 

235.  Sebuah pesawat penumpang dengan penumpang terdaftar lengkap jatuh setelah 3 jam lepas landas. Puing-puing pesawat dapat terlihat 3 jam setelah terjatuh melalui udara 1 minggu kemudian. Apakah tipe musibah tersebut
a.  Closed disaster b.  Open disaster
c.  Semi-open disaster

236.  Sebuah pesawat penumpang dengan penumpang terdaftar lengkap jatuh setelah 3 jam lepas landas.
Puing-puing pesawat dapat terlihat 3 jam setelah terjatuh melalui udara. 1 minggu kemudian. Kemudian keluarga dari salah seorang korban datang menemui tim DVI (Disaster Victim Identification) untuk mencari keluarganya yang juga berada di pesawat tersebut. Tim DVI melakukan anamnesis. Hasil anamnesis di catat dan di simpan sebagai data oleh tim DVI. Apakah jenis data tersebut?
a.  Data Antemortem b.  Data posmortem
c.  Data korban d.  Data pelapor e.  Data DVI

237.  Seorang anak berusia 4 tahun dengan berat badan 12,5 kg mengeluhkan gatal pada duburnya.
Selain  itu  juga  tampak  bercak-bercak  putih  di  sekitar  duburnya.  Kemudian  sang  ibu datang kedokter dan diberikan pirantel pamoat 10 mg/kgBB/hari. Dan ibu ingin dalam bentuk sediaan cair. Bagaimanakah penulisan dosis yang dapat kita berikan pada anak tersebut
a.  1 dd cth I b.  2 dd cth I c.  3 dd cth I d.  1 dd C I
e.  1 dd C II

238.  Seorang ibu datang dengan keluhan sakit kepala. Sakit kepala pada seluruh bagian kepala terutama bagian belakang kepala. Sakit kepala bertambah bila pasien kelelahan. Apakah yang menyebabkan hal tersebut?
a.  Vasodilatasi pembuluh darah kepala b.  Terjepitnya saraf perikranial

239.  Seorang ibu datang dengan keluhan nyeri pada dari bahu sampai ke sikunya. Nyeri bertambah bila pasien kelelahan. Ibu tersebut bekerja sehari-hari sebagai kuli panggul. Apakah jenis pemeriksaan yang dapat kita lakukan untuk menunjang pemeriksaan?
a.  Laseque b.  Patrick c.  Bragard
d.  Lhermitte e.  Phalen

240.  Seorang ibu datang dengan keluhan nyeri pada dari bahu sampai ke sikunya. Nyeri bertambah bila pasien kelelahan.  Ibu  tersebut  bekerja sehari-hari  sebagai  kuli  panggul. Apakah  etiologi  dari keluhan tersebut?
a.  Terjepit saraf leher b.  Terjepit saraf bahu
c.  Terjepit saraf ulnaris d.  Terjepit saraf radialis 

241.  Seorang laki-laki datang dengan keluhan henti nafas….Pasien didiagnosis dengan cardiac arrest.
Apakah dasar diagnosis tersebut?
a.  Henti nafas
b.  Tidak teraba arteri radialis c.  tidak teraba arteri carotis

242.  Seorang laki-laki usia 56 tahun datang dengan keluhan lemah anggota gerak bagian kanan sejak 2 hari yang lalu. Pasien memiliki riwayat stroke. Dan dikatakan dokter adalah stroke trombotik. Paien memiliki riwayat hipertensi selama 5 tahun. Keadaan saat ini tekanan darah : 160/90 mmHg, N: 80x/I, RR: 20 x/i…Apakah terapi yang dapat diberikan?
a.  Anti agregasi platelet b.  Antikoagulasi
c.  Antitrombolitik d.  Antiinflamasi

243.  Pasien wanita usia 23 tahun datang dengan terlambat haid sejak 3 minggu terakhir. HPHT: 20 Juni
2011. Tanggal berapakah taksiran persalinan?
a.  20 Maret 2012 b.  23 Maret 2012 c.  27 Maret 2012 d.  27 Januari 2012 e.  27 April 2012

244.  Pasien wanita usia 27 tahun datang dengan mengaku hamil. Pasien lupa HPHT. Berdasarkan pemeriksaan abdomen, tinggi fundus uteri ½ simfisi pubis ke umbilikus. Berapakah taksiran usia kehamilan?
a.  8-10 minggu b.  10-12 minggu c.  12-14 minggu d.  16-18 minggu e.  18-20 minggu

245.  Seorang anak dengan keluhan batuk berdarah sejak…. Dikeluarga diketahui bahwa nenek pasien adalah penderita Tuberkulosis. Berdasarkan uji tuberculin diameter >10 mm. Apakah terapi yang diberikan?
a.  Profilaksis primer
b.  Profilaksis sekunder  c.  OAT

246.  Seorang laki-laki datang dengan keluhan terdapat benjolan di leher kanan… Riwayat mimisan dan telinga berdenging disangkal…Apakah pemeriksaan penunjang diagnosis tersebut?
a.  Biopsi benjolan
b.  Biopsy nasofaring

247.  Nanti ada gambar anak bayi dengan tampilan lesi di pipi kanan kiri adalah dermatitis atopic.
Ditanya: apakah terapi yang dapat diberikan?
a. Antiinflamasi b.  Antihistamin c.  Antibiotic

248.  Seorang wanita hamil 7 bulan. Saat ini ia mengeluhkan sulit menelan. Pada pemeriksaan tampak faring hiperemis (+). Apakah antibiotic yang dapat diberikan? 
a.  Eritromicin
b.  Cotrimoksazole c.  Tetrasiklin
d.  Seftriakson
e.  Siprofloksasin

249.  Pasien wanita datang dengan keluhan haid tidak teratur, saat ini merupakan haid hari ke-14 dimana darahnya tampak hitam dan menggumpal. Siklus hanya 16 hari dengan lama 10-14 hari dang ganti pembalut 5-6x/hari. Didapatkan riwayat pasien mengonsumsi obat OAT dalam 2 bulan terakhir. Apakah obat yang dapat menyebabkan hal tersebut?
a.  Rifampisin b.  Tetrasiklin
c.  Ethambuthol d.  Pyrazinamide e.  Streptomisin

250.  Pasien wanita dengan keluhan bola mata berubah warna menjadi oranye. Diperkirakan oleh pasien karena menggunakan kontak lensa, namun setelah ganti kontak lensa untuk yang kedua kalinya, bola mata tetap berubah menjadi oranye. Berdasarkan keterangan bahwa pasien sedang mengonsumsi OAT. Apakah obat yang dapat menyebabkan hal tersebut?
a.  Rifampisin b.  Tetrasiklin
c.  Ethambuthol d.  Pyrazinamide e.  Streptomisin

251.  Seorang anak berusia 1 minggu dibawa oleh ibunya karena mengalami bata belekan dan berwarna merah, ibu pasien merupakan pekerja seks. Apa diagnosa dari pasien??
a.  Konjungtivitis gonore b. Konjungtivitis Bakteri c.  Konjungtivitis Virus

252.  Wanita 45 tahun dibawa dalam keadaan tidak sadar dan demam sejak 4 hari yang lalu. Pasien sudah ke dokter dan mendapatkan obat tetapi tidak ada perbaikan. 10 hari yang lalu pasien berburu ke hutan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, GCS 5, td 150/90 mmHg, N:100 x/menit, T:40 C, kaku kuduk, kelenjar limfe koli teraba 2 buah, tungkai dan tangan lemah. Diagnosa keadaan di atas adalah
a.  Stroke b. Sepsis
c.  Malaria serebral
d. Meningitis bakteri

253.  Seorang laki-laki 50 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan nyeri dan timbul benjolan pada pangkal ibu jari kaki kanan yang sudah diderita selama 3 bulan. Pemeriksaan asam urat darah meningkat 7 gr/dl, diagnosa pasien diatas adalah
a.  Artritis Rheumatoid b. Artritis Gout
c.  Osteoatritis d. Sinovitis

254.  Laki-laki 26  tahun, kram perut, demam 2  hari, BAB 10 x  dalam 24  jam, mikroskopis tinja ditemukan  darah  lendir,  riwayat  gangguan  penceranaan  sebelumnya  tidak  ada.  Diagnosisnya adalah :
a.  Amubiasis b.  Rotavirus c.  Shigellosis

255.  Wanita 37 tahun mengeluh sesak nafas, merah di pipi, tes smith ag (+). Diagnosisnya?
a.  OA b. RA c.  SLE
d. Artritis Gout

256.  Laki-laki 28 thn, terdapat benjolan di leher depan, tidak sakit. Orang kampung memiliki sakit yang sama
a.  Defisiensi krom b. Defisiensi vit b1
c.  Defisiensi iodium

257.  Laki-laki 56 tahun mengeluh nyeri dada yang menjalar dari dagu dan lengan kiri setelah makan siang, nyeri kurang lebih 5 menit yang hilang saat istirahat, TD :120/70, N:100x/menit, T:37 C, diagnosis keadaan diatas adalah
a.  Pleuritis
b. Angina pektoris
c.  Refluks esophagus

258.  Seorang wanita 30 tahun dirujuk ke IGD karena mengalami demam dan nafsu makannya menurun selama 3 hari. Hasil pemeriksaan fisik pada wanita tersebut menunjukkan adanya ikterus dan hepatomegali. Uji laboratorium menunjukkan peningkatan enzim aminotransferase. Menurut pernyataan penderita, 2 tahun yang lalu ia telah mendapatkan vaksinasi hepatitis B, namun belum mendapatkan vaksinasi hepatitis A. hasil pemeriksaan serologis sebagai berikut: IgM HVA negative, : IgG HVA positive, HbsAg negative, HBcAb negative, HCV Ab positif. Kesimpulan yang paling akurat adalah bahwa penderita ini:
a.  Saat ini menderita hepatitis A, belum pernah terinfeksi HBV, dan menderita hepatitis C
pada masa lalu.
b. Saat ini menderita hepatitis A, pernah terinfeksi oleh HBV dan HCV pada masa lalu
c.  Pernah terinfeksi oleh HAV dan HCV pada masa lalu dan saat ini sedang menderita hepatitis B
d. Pernah terinfeksi oleh HAV pada masa yang lalu, belum pernah terinfeksi HBV, dan saat ini sedang menderita hepatitis C
e.  Pernah terinfeksi oleh HAV dan HCV   pada masa yang lalu, belum pernah terinfeksi
HBV, dan saat ini sedang menderita hepatitis C

259.  Seorang dokter memeriksa korban penusukan, setelah diperiksa didapatkan tepi luka rata, panjang luka 3 cm, dan dalam luka 10 cm, apa kira-kira jenis senjata yang digunakan pelaku:
a.  Pisau buah, panjang 10 cm, lebar 3 cm
b. Pisau dapur, panjang 14 cm, lebar 2,7 cm

260.  Seorang anak, 8 tahun, dibawa ibunya dengan keluhan sering keluar nanah dari telinga kanan sejak 4 minggu yang lalu, sebelumnya anak diakui sering demam dan batuk pilek, saat ini anak juga dekeluhkan  sering  tindak  mendengar  jika  dipanggil  ibunya.  Dari  pemeriksaan  ditemukan membrane timpani perforasi. Apa kira-kira diagnosa penyakit anak tsb .. 

a.  Otitis media supuratif kronik b. Otitis media akut
c.  Otitis media serosa kronik

261.  Seorang anak, 8 tahun, dibawa ibunya dengan keluhan sering keluar nanah dari telinga kanan sejak 4 minggu yang lalu, sebelumnya anak diakui sering demam dan batuk pilek, saat ini anak juga dekeluhkan  sering  tindak  mendengar  jika  dipanggil  ibunya.  Dari  pemeriksaan  ditemukan membrane timpani perforasi. Apa kira-kira yang menyebabkan  penyakit anak tsb ..
a.  ISPA

262.  Seorang wanita berusia 25 tahun datang kedokter puskesmas dengan keluhan mengalami demam selama  4    hari.  Setelah  dilakukan  pemeriksaan  laboratorimu  darah ,  maka  diagnose  yang ditegakkan adlah DBD. Dokter lalu memeriksa seluruh keluarga yang menderita demam. Tindakan dokter ini termasuk dalam
a.  Pencegahan primer b.  Disability limitation c.  Pencegahan tersier d.  Early diagnose
e.  Prompt treatment

263.  Seorang laki-laki 70 tahun datang dengan keluhan kurang pendengaran pada kedua telinga, pasien juga mengelukan kedua teling sering berdengung, apa diagnosanya?
a.  Kolesetatom b.  Presbikusis c.  otosklorosis
d.  otitis eksterna sirkumskripta

264.  Seorang laki-laki 70 tahun datang dengan keluhan kurang pendengaran pada kedua telinga, pasien juga mengelukan kedua teling sering berdengung, apa terapinya ?

265.  Obat apa yang paling bermanfaat untuk mengobati infeksi usus yang disebabkan oleh entamoeba histolytica?
a.  Ampisilin
b. Amoksisilin c. Azitromisin d.  Sefotaksim
e.  Metronidazol

266. Dalam 1 minggu terkahir diwilayah kerja puskesmas anda terdapat 32 orang terkena gigitan anjing liar, apa nama masalah tersebut?
a.  Endemi b.  Pandemi
c.  Out break
d.  Wabah

267. Seorang bayi berusia 1 minggu dibawa orang tuanya ke RS karena selalu muntah setelah minum ASI, pasien juga belum buang air besar atau mengeluarkan kotoran berwarna kehitaman dari anusnya.Pada  pemeriksaan  fisik  didapatkan  distensi  abdomen,  darm  countur  (+).Pemeriksaan colok dubur saat tangan dikeluarkan terdapat feses yang menyemprot.Apa diagnosis pada pasien ini?
a. Invaginasi
b. Hirchsprung 
c. Atresia ani
d. Atresia esofagus
e. Atresia duodenum

268. Seorang pria mengalami jatuh sejak 5 jam yang lalu, terdapat luka tertutup dan bengkak pada lutut bagian bawah yang menetap 1 jam yang lalu. Diagnosis pasien adalah..
a. Tanda kompartemen b. Hematoma
c. Hemarthrosis d. Edema
e. Traumatic arthritis

269. Seorang pria berusia 75 tahun mengeluh sulit buang air kecil sejak satu hari yang lalu. Sebelumnya pasien mengeluh BAK menjadi lebih sering dan sering tidak lampias setelah BAK. Keluhan tidak disertai pancaran kencing yang bercabang dan BAK tidak dipengaruhi oleh perubahan posisi tubuh. Pada pemeriksaan fisik ditemukan blast penuh.Pada pemeriksaan colok dubur ditemukan sphincter ani kuat, mukosa licin, ampula tidak kolaps, teraba massa sebesar 80 gram. Apa kemungkinan diagnosis pada pasientersebut?
a. Keganasan prostat b. Striktururetra
c. BPH
d. Urolithiasis
e. Nephrolithiasis

270.  Seorang  laki-laki,  65  tahun,  dibawa  ke  UGD  RS  karena  tidak  sadar  sejak  1  jam yang  lalu. Sebelumnya pasien sulit bernafas dan kejang seluruh tubuh, Dari anamnesis, jari telunjuk tertusuk pecahan kaca ketika memberikan pupuk bunga 5 hari yang lalu. Dari pemeriksaan fisis, didapatkan jari telunjuk kanan bengkak merah kehitaman. Apakah penyebab penyakit diatas ?

a. Clostridium tetani
b. Neisseria menigitidis
c. Staphylococcus aureus
d. Corynobacteriumdiphteri
e. Streptococcus beta hemoliticus

271. Seorang laki-laki mengeluh nyeri pada kedua tungkai terutama bila berjalan dan keluhan sedikit membaik ketika pasien beristirahat, edema, kemerahan. Pasien seorang perokok berat. Apa kemungkinan diagnosis pasien?
a. Burger disease
b. Takayashu
c. Varises
d. Deep vein trombosis
e. Tromboflebitis

272. Ada 5 pasien KLL datang bersamaan ke IGD. Pasien 1, 26th tidak sadar, luka di tangan kiri, perdarahan banyak. Pasien 2, 71th sadar, luka di paha, perdarahan sedikit. Pasien 3, 6th sadar, memar. Pasien 4, 60th sadar, patah di kaki, perdarahan sedikit. Pasien 5, sadar, masih kaget dengan kejadian. Pasien manakah yg didahulukan penanganannya?
a. Pasien 1
b. Pasien 2
c. Pasien 3
d. Pasien 4
e. Pasien 5

273. Wanita 26 tahun terdapat benjolan di payudara kanan.Awalnya sebesar ujung telunjuk sekarang sebesar telur ayam kampung. Tidak dipengaruhi siklus menstruasi. PF : mobile, konsistensi lunak, permukaan licin, tidak nyeri. Diagnosa yang paling mungkin?
a. FAM
b. Lipoma
c. Ca mammae
d. Mastitis
e. Phyloides

274. Laki-laki umur 45 tahun, mengalami pembesaran buah zakar sebelah kanan, tidak nyeri sejak 1 minggu. Sebulan yang lalu di lipatan paha terdapat benjolan hilang timbul,tidak nyeri. Diagnosa?
a. Orchitis
b. Hernia scrotalis
c. Hernia inguinalis
d. Hidrokel
e. Torsio testis

275. Laki-laki 52th datang ke IGD RS dengan keluhan ada penonjolan di anus setelah buang air besar. Dari anamnesis diketahui sejak 2 minggu yang lalu feses bercampur darah segar setiap BAB. Pemeriksaan rectal toucher teraba massa licin dan penonjolan ke arah anus. Apa kemungkinan vena yg terkena tersebut?
a. V. rectal media
b. V. rectal inferior
c. V. pudenda interna
d. V. rectal media dan inferior
e. V. rectal superior dan inferior

276. Laki-laki 35 tahun jatuh dari ketinggian 2 meter dengan siku langsung menabrak aspal. Hasil pemeriksaan fraktur epicondilus medial humerus dextra.Setelah reposisi dan internal fiksasi oleh dokter bedah tulang, pasien tidak bisa melakukan gerakan oposisi ibu jari. Saraf apakah yg
terkena?

277. Seorang ibu membawa bayinya yang berumur 3 hri, dengan keluhan terdapat benjolan sejak lahir. Dari PF d dapatkan massa kistik dengan diameter 5cm d antara vertebra II-IV. Bayi ini didiagnosa mielomeningitis. Apa yg diharapkan ditemukan pada pemeriksaan ?
A. Hemiplegi
B. Paraplegi
C. Hemiparese
D. Tetraparese
E. Inkontinensia Urine

278. Seorang anak 4 tahun datang dengan keluhan kejang 3x sejak tadi pagi. Tangan dan kaki kelojotan, mata mendelik ke atas. Lamanya kejang 15 menit. Sesudah kejang anak tidak sadarkan diri sampaidibawa ke rs. Ada riwayat batuk pilek sebelumnya nadi 124x/ menit. Rr 16x/ menit, suhu 38'5 . Pemeriksaan apa yg dilakukan.
A. ct scan
b. mri
c. EEG
d. lumbal pungsi
e. elektrolit.

279. Bayi lahir secara SC atas indikasi gawat janin, awalnya bayi tidak menangis, gerakan fleksi lengan, nadi 110 x/menit, tidak berespon saat diberikan rangsangan taktil, ekstremitas biru. Nilai APGAR skor adalah…
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
e. 8

280. Anak perempuan usia 9 tahun, dibawa ibunya karena memar kebiruan pada kedua tungkai sejak 2 minggu yang lalu tanpa riwayat trauma sebelumnya, tidak ada demam. Anak sering terlihat lemas,pucat dan mudah lelah. Hb 9 g/dl, leukosit 50000/ul, sel blast 80%, trombosit 150.000/ul.
Diagnosis pasien ini adalah
b. Anemia
c. Thalasemia
d. Leukemia akut
e. ITP

281. Anak laki-laki usia 5 tahun, dibawa ibunya karena tidak nafsu makan dan BB sulit naik. Ayah pasien sedang dalam pengobatan TB sejak 2 bulan yang lalu. Pemeriksaan yang paling tepat untuk menegakkan diagnosis pada anak tersebut?
a. Tes mantoux
b. Foto roentgen thorax
c. Pewarnaan gram sputum
d. Pewarnaan BTA sputum 3x
e. Biakan sputum

282. Seorang anak perempuan usia 2 tahun tanpa sengaja meminum racun serangga dari botol minuman. Pasien muntah terus menerus. Terapi yang tepat?
a. Atropine
b. Adrenalin
c. Asetil sistein
d. nalokson
e. metoclopramide

283. Anak dengan BB 20 kg mengeluh demam. Dosis paracetamol 10 mg/kgBB/kali per 8 jam. Sediaan paracetamol 250 mg/5 ml. maka dosis untuk pasien tersebut?
a. Paracetamol 3 x 1 ml
b. Paracetamol 3 x 2 ml
c. Paracetamol 3 x 2,5 ml
d. Paracetamol 3 x 4 ml
e. Paracetamol 3 x 5 ml

284. Anak perempuan, demam terdapat lenting diseluruh tubuh, beberapa sudah pecah dan tertutup krusta berwarna kekuningan. Diagnosis yang tepat?
a. Varicella
b. Morbili
c. Herpes zoster
d. Herpes simpleks
e. Rubell

285. Seorang bayi laki-laki berumur 8 bulan, diare selama 3 hari. Pasien diare 4x/sehari dengan volume ¼ gelas dengan konsistensi cair, bewarna kuning, lendir +, darah -, bayi rewel, ubun-ubun cekung.Mata cekung, mulut kering, nadi 140 x/menit, turgor kembali sangat lambat, akral hangat. Diagnosis yang tepat?
a. Diare
b. Diare tanpa dehidrasi
c. Diare dengan dehidrasi ringan-sedang
d. Diare dengan dehidrasi sedang-berat
e. Diare dengan dehidrasi berat

286. Seorang anak usia 10 thn dibawah ke klinik dng keluhan demam sejak 3 hari yg lalu. Demam turun naik dan menggigil dan muntah sebanyak 4 kali sehari. Pada pemeriksaan fisik
didapatkankonjunctiva anemis, hepatosplenomegali, suhu 38.50C Dari pemeriksaan apusan darah tepi ditemukan makrogametosit yg berbentuk seperti pisang. Pengobatan yg diberikan pada kasus ini adalah:
a. Artesunat
b. Primakuin
c. Klorokuin
d. Fansidar
e. Kina

287. Perempuan umur 35 th G3P3A0 ingin berkonsultasi dengan dokter masalah kontrasepsi, pasien ingin haidnya datang seperti biasa, dan suaminya tidak mau menggunakan kondom dan coitus interuptus. Kontrasepsi apa yang anda anjurkan ?
a. AKDR
b. Pil KB
c. Tubektomi
d. IUD

288. Perempuan 25 tahun datang ke IGD tidak sadarkan diri, pasien mencoba bunuh diri denganmeminum obat nyamuk, sesampai di igd pasien telah diberikan sulfas atropine. Apakah penetapan bahwa aktivitas obat telah bekerja ?
a. Hipersalivasi
b. Midriasis pupil maksimal

289. Pria berumur 65 th datang dengan keluhan batuk berdahak yang dirasakan sejak 3 minggu ini, pasien mempunyai riwayat pengobatan 6 bulan kurang lebih 8 tahun yang lalu dan dinyatakan pulih. Dan hasil kultur BTA (+), apa terapi yang anda berikan?
a. 2RHZES + 4RHE
b. 2RHZES + 4RH

290. Bayi ditemukan dalam kantung pelastik toilet umum, otopsi dalam apa yang bisa di temukan ?
a. Paru terapung
b. Sianosis pada bibir

291. Seorang laki laki 18 thn ditemukan terapung di dalam sungai, diduga pasien hanyut dalam banjir, otopsi apa yang dapat ditemukan?
a. Terdapat lumpur dan bercak merah pada paru
b. Paru terapung
c. Kongestiv paru



Kata kunci pencarian : UKDI, Ujian Kompetensi Kedokteran Indonesia, UKMPPD, Uji kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter, STR, Surat tanda registrasi, Sarjana kedokteran, ijazah, wisuda, SIP, Surat izin praktek, pembahasan, kunci jawaban, terbaru, terupdate, terkini, IDI, Ikatan dokter Indonesia, 2015, 2016, 2017, 2018, SKP (Satuan Kredit Profesi), pdf, word, .pdf, .doc, .docx, latihan soal, pertanyaan,  batch, dokumen, download, unduh, unduhan, tautan, link, internship, kolegium, kepaniteraan umum, sumpah dokter, Sked, bachelor of medical science, sumpah dokter, sumpah hippocrates, sumpah hipokrates, hipokratik
medical email icon

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terbaru

Bergabunglah dengan komunitas kami

Silahkan Like di Facebook untuk mengikuti perkembangan artikel baru

Entri Populer

Untuk Berlangganan Melalui Pemberitahuan Email

Kehidupan yang bermanfaat adalah kehidupan hebat

Ilmu adalah kunci kemajuan

Back to Top

Terima Kasih Telah Berkunjung

Pencarian untuk website ini silahkan ketik di bawah

Diberdayakan oleh Blogger.