Kumpulan Soal Latihan UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Indonesia) Bagian Keempat

Berikut ini adalah bagian keempat dari kumpulan latihan soal Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Indonesia (UKMPPD) yang telah kami himpun dari beberapa sumber, bagian pertama dapat dilihat di sini, bagian kedua dapat dibaca di sini dan bagian ketiga terdapat di sini. Diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi para calon peserta ujian maupun dapat juga berfungsi untuk mengasah pengetahuan dan mengingat kembali ilmu yang telah dipelajari bagi para teman sejawat maupun mahasiswa. Jika kami sempat nanti akan turut menyertakan jawaban dan pembahasan, dan kemudian akan memposting kumpulan soal berikutnya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dan lancar bagi yang akan menjalani UKDI / UKMPPD .


1. Wanita 24 tahun datang dengan  benjolan dileher sebesar telur ayam. Dia juga mengeluh jantung berdebar debar, berkeringat, demam, menggigil, Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 150/90 mmHg, nadi: 100 kali/menit, respirasi: 28 kali/menit, suhu: 37,9°C, benjolan sebesar 4 cm, mobile, konsistensi kenyal dan nyeri. Hasil laboratorium FT4 dan T3 normal, TSH tinggi. Diagnosis dari pasien tersebut?
a. Grave disease
b. Ca tiroid
c. Tiroiditis
d. Tirotoksikosis
e. Hipotiroid

2. Pasien pria usia 50 tahun datang ke klinik dengan  keluhan sering buang air kecil dan suka merasa lapar tetapi berat badan terasa menurun kurang lebih selama 3 minggu terakhir, dilakukan pemeriksaan dengan  hasil TD: 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, respirasi : 18 kali/ menit, suhu : 37°C. TB: 160 cm BB: 90 Kg. laboratorium dengan  hasil GDS 250 mg/dL. Pilihan terapi OHO pada pasien ini adalah?
a. Glibenclamid
b. Metformin
c. Glipizid
d. Ripaglinid
e. Pioglitazon

3. Perempuan usia 28 tahun, G2P1A0 usia kehamilan 12 minggu, datang ke praktek dokter keluhan sering buang air kecil dan suka merasa lapar tetapi berat badan terasa menurun. Setelah dilakukan pemeriksaan ibu tersebut didiagnosa diabetes mellitus gestasional. Terapi apa yang tepat pada ibu hamil dengan  Diabetes ?
a. Insulin
b. Metformin
c. Sulfonylurea
d. Acarbose
e. Glinid

4. Pasien 18 tahun datang dengan  keluhan lemah seluruh badan sejak 2 minggu yang lalu. Keluhan disertai demam yang tidak terlalu tinggi, tampak pucat, mata tampak kuning, mual, kadang-kadang muntah berisi cairan kekuningan sisa makanan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 90/60mmHg, nadi 82x/menit, RR 28x/menit, suhu 37,8oC, konjungtiva palpebra anemis, sklera ikterik, splenomegali. Pada pemeriksaan penunjang didapatkan Hb 6 g/dl, leukosit 8.400/mm3, trombosit 300.000/mm3, anisositosis polikromasi. Apakah diagnosis dari pasien ini?
c. Talasemia

5. Seorang pasien pria usia 44 tahun, dengan  diabetes mellitus mengeluh pusing dan perasaan tidak nyaman. Setelah pemeriksaan fisik didapatkan TD: 160/90 mmHg, nadi : 98 kali/menit, respirasi: 18 kali/menit, pilihan obat hipertensi pada pasien ini adalah?
a. Penghambat beta
b. Penghambat kalsium
c. ACE-Inhibitor
d. Diuretik
e. Penghambat angiotensin

6. Pasien perempuan usia 46 tahun datang ke klinik dengan  keluhan sering buang air kecil dan suka merasa lapar tetapi berat badan terasa menurun kurang lebih selama 3 minggu terakhir, dilakukan pemeriksaan dengan  hasil TD: 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, respirasi : 18 kali/ menit, suhu : 37°C. TB: 149 cm BB: 70 Kg . laboratorium dengan  hasil GDS 350 mg/dL.  Pilihan terapi OHO pada pasien ini adalah?
a. Glibenklamid
b. Glikinid
c. Insulin
d. Metformin
e. Pioglitazon

7. Seorang pria usia 19 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal pada sela-sela jari dan merasa sangat gatal pada malam hari. Hal ini dirasakan pula oleh anggota keluarga yang lain. Dari pemeriksaan dermatologis didapatkan terowongan pada kulit, papul eritematosa, pustule, vesikel, krusta pada sela-sela jari tangan. Penularan pada penyakit ini melalui?
a. Sabun mandi
b. Handuk
c. Tanah
d. Alat mandi
e. Gigitan serangga

8. Seorang perempuan umur 27 tahun datang dengan keluhan keputihan selama 1 minggu dan berbau tidak sedap, dari pemeriksaan fisik ditemukan keputihan seperti keju. Vulva vagina hiperemis. penyebab keadaan ini adalah?
A. Trikomonas vaginalis
B. Gardenella vaginalis
C. Candida albicans
D. Chlamydia trakomatis
E. Treponema pallidum

9. Seorang perempuan berusia 55 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan nyeri punggung yang semakin lama semakin memberat sejak 1 bulan yang lalu. Pasien sudah menopause selama 5 tahun. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 120/80 mmHg, nadi : 80 kali/menit, respirasi: 20 kali/menit, tidak tampak benjolan pada punggung, pada laboratorium didapatkan kalsitriol serum menurun. Pemeriksaan densitometri Tscore <-2,5. Diagnosis yang paling mungkin adalah
a. Osteopenia
b. Oseteomalasia
c. Osteoporosis
d. Osteogenesis imperfecta
e. Osteomielitis

10. Seorang laki-laki usia 30 tahun datang dengan  keluhan bercak putih di lengan kanan bawah, tidak disertai rasa gatal dan terasa baal. Pemeriksaan dermatologis didapatkan hipopigmentasi pada lengan bawah kanan bersifat asimetris dan ada pembesaran saraf. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan BTA (-). Diagnosis yang paling mungkin?
A. Lepra
B. Ptyriasis Versikolor
C. Ptyriasis rossea
D. Tuberkulosis Kutis
E. Psoriasis

11. Pasien 18 tahun datang dengan  kemerahan dan gatal pada pergelangan tangan. Hal ini pernah terjadi sebelumnya setelah memakai jam tangan logam. Pada pemeriksaan dermatologis didapatkan macula eritem macula erimatosa, papul, vesikel. Apa diagnosisnya?
A. Dermatitis numularis
B. Dermatitis kontak
C. Dermatitis atopic
D. Dermatitis sika
E. Neurodermatitis

12. Seorang laki-laki 43 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan buang air besar cair lebih dari sepuluh kali sehari disertai darah dan lendir. Keluhan disertai nyeri perut, badan terasa lemas  dan nafsu makan berkurang. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 120/80 mmHg, suhu 37°C. Terdapat nyeri tekan suprasimfisis pubis. Pada pemeriksaan tinja didapatkan ektoplasma pseudopodium dan berisi eritrosit. Apakah diagnosis yang paling tepat?
a. Trichuriasis 
b. Skistosomiasis
c. Giardiasis
b. Balantidiosis
d. Amebiasis

13. Perempuan, 26 thn, datang ke poli dengan diare terus menerus selama lebih dari 1 bulan disertai demam dan batuk berdahak berkepanjangan. Pasien juga mengeluhkan gatal di kemaluannya. Suaminya meninggal dengan keluhan yang sama, pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 100/60 mmHg, T: 38,5°C, konjungtiva pucat, bercak putih pada palatum, ronkhi (+), wheezing (-), apa pemeriksaan lab yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis?
a. Anti HCV
b. HbSAg
c. Anti HIV
d. CD4
e. Sputum BTA
ilustrasi ujian kompetensi mahasiswa program profesi kedokteran UKMPPD UKDI, tes dokter praktek koas tertulis, kertas, pilihan ganda, ruangan kelas, pensil 2B, UAS, UTS, SKS, semester pendek, universitas kampus, STR, SIP, internship, coass

14. Seorang perempuan berusia 26 tahun dengan  G1P0A0 datang dengan  keluhan demam sejak 4 hari yang lalu, nyeri kepala, mual, muntah, menggigil. Pada pemeriksaan fisik didapatkan : TD :120/80 mmHg, nadi: 84 x/menit, respirasi :16x/menit, suhu : 38,9°C. pada pemerisaan apus darah tepi didapatkan : eritrosit membesar, terdapat cincin biru pada eritrosit, berbentuk Accole. Terapi pada malaria yang kontraindikasi pada ibu hamil?
a. meflokuin
b. klorokuin
c. kina
d. primakuin
e. artesunat

15. Seorang pria berusia 26 tahun datang ke puskesmas mengatakan dia berencana akan melakukan perjalanan ke flores. Terapi malaria pada daerah endemic yang resisten klorokuin?
a. primakuin
b. meflokuin
c. doksisiklin
d. amodiakuin
e. arthemeter

16. Seorang laki-laki 28 tahun datang ke RS dengan  keluhan demam sejak 2 minggu lalu, demam disertai menggigil. Dua minggu yang lalu pasien pergi ke Papua. Pada pemeriksaan fisik didapatkan : TD : 120/80 mmHg, nadi: 84 x/menit, respirasi :16x/menit, suhu :38,9° C, pada Apus darah tepi ditemukan eritrosit membesar dengan ring form berbentuk Accole di dalamnya?
a. Malaria falcifarum
b. Malaria vivax
c. Malaria ovale
d. Malaria Malariae
e. Malaria Quartana

17. Seorang pria usia 25 tahun datang dengan  keluhan demam disertai dengan  sakit kepala berdenyut, sesak, seluruh badan terasa sakit, nafsu makan berkurang dan lemas, BAB hitam seperti petis, BAK seperti teh. Pada pemeriksaan didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi: 100 kali/menit, respirasi 26 kali/menit, suhu: 39,8°C, laboratorium Hb: 10 mg/dL, leukosit : 18.000, LED : 18 Hmt : 55% ureum : 90 mg/dL kreatinin: 8,5 mg/dL. Pasien tersebut didiagnosa weil disease, apa urutan penangannya?
a. Hemodialisa, rehidrasi, diet rendah protein
b. O2, infus , antibiotic, diet, balance cairan
c. O2, infus, antibiotik, diet, hemodialisa
d. Hemodialisa, diet, infus.
e. O2, rehidrasi, hemodialisa, antibiotik

18. Seorang pria usia 45 tahun datang keluhan bengkak dan gatal dikaki kanan, dari anamnesis didapatkan pekerjaannya adalah bertani, tidak suka pakai alas kaki, dari pemeriksaan fisik ditemukan garis linear berkelok-kelok kemerahan disertai papul dan vesikel disekitarnya, apa penyebabnya?
a. Strongyloides stercoralis
b. Wuchereria brancofti
c. Brugia Malayi
d. Ancylostoma duodenale

19. Seorang anak 12 tahun masuk rumah sakit dengan  penurunan kesadaran yang dialami sejak 1 jam yang lalu. Sebelumnya pasien demam, menggigil, berkeringat, nyeri otot, dan mual muntah. Dari pemeriksaan fisik didapatkan Suhu 39 derajat celcius, sklera ikterik, konjungtiva anemis. Dari hasil pemeriksaan darah didapatkan ring worm dalam eritrosit dan titik scuffner dan sitoplasma biru. Tipe malaria yang mungkin:
a. M. falciparum
b. M. Vivax
c. M. Ovale
d. M. Malariae
e. M. tropica

20. Seorang petani, mengeluhkan nyeri pada otot disetai demam, sakit kepala, mual dan muntah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD : 110/60 mmHg, nadi 66 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu 36,8°C dan terdapat bengkak pada kaki kanan dan disertai benjolan pada inguinal kanan. Penyebab penyakit tersebut adalah?
b. Brugia malayi
c. Strongyloides stercoralis
d. Ancylostoma braziliense
e. Schistosoma

21. Seorang anak laki-laki umur 7 tahun, dibawa oleh ibunya ke puskesmas dengan kondisi umum keluar cacing berwarna putih kekuningan dengan  panjang kurang lebih 20 cm pd saat BAB. Anak merasa lemah, nafsu makan berkurang, Pada Pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan. Pada pemeriksaan feses ditemukan telur berbentuk oval berdinding sel tebal dan bergelombang berwarna kuning kecoklatan. Penyebabnya adalah:
B. Taenia solium
C. Trichuris trichiura
D. Taenia saginata
E. Vermiculais sp

22. Seorang pasien pria usia 18 tahun dirawat di puskemas rawat inap karena diare dan sakit perut sejak 3 hari yang lalu, pada hasil pemeriksaan tinja ditemukan telur dari 3 jenis cacing yaitu : Ascaris lumbricoides, Necator americanus, Ankylostoma duodenale. Sebagai dokter jaga terapi apa yang paling sesuai untuk ketiga parasit tersebut dengan  dosis yang sama
A. Mebendazol
B. Tiabendazol
C. Niklosamid
D. Dietilkarbamazin
E. Pyrazinkuantel

23. Seorang pria usia 35 tahun datang keluhan bengkak dan gatal ditangan kanan, dari anamnesis didapatkan pekerjaannya adalah bertani dan kerja tanpa menggunakan sarung tangan pada pemeriksaan fisik didapatkan terowongan berkelok-kelok kemerahan disertai papul dan vesikel disekitarnya, apa penyebabnya?
a. Ancylostoma brazillense
b. Ascaris lumbricoides
c. Trichuris triciura
d. Strongyloides spp
e. Shistosoma mansoni

24. Wanita usia 50 tahun datang ke klinik dengan  keluhan nyeri sendi selama 1 minggu, sebelumnya pernah datang dengan  keluhan batuk berdahak dan didiagnosa TBC dan saat ini sedang menjalankan pengobatan TBC. Dari pemeriksaan didapatkan TD: 120/80 mmHg, nadi: 80 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu : 37°C, terdapat benjolan pada pangkal ibu jari kaki kanan, laboratorium asam urat : 7,5 mg/dL. OAT yg menyebabkan kelainan tersebut adalah
a. INH
b. Etambutol
c. Pirazinamid
d. Rifampicin
e. Streptomisin

25. Pasien wanita usia 23 tahun datang dengan  keluhan bercak putih di punggung disertai gatal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan macula hipopigmentasi dan skuama halus, respon terhadap penekanan (+), pada pemeriksaan BTA (-). Apa diagnosis yang tepat untuk pasien tersebut?
A. TBC kutis
B. Pitiriasis versikolor
C. Lepra
D. Tinea corporis
E. Pitiriasis rosea

26. Laki-laki usia 39 tahun datang ke puskesmas mengeluhkan pandangan kabur. Saat ini ia sedang menjalani pengobatan TB selama 1 bulan. Obat yang sering menyebabkan keluhan tersebut adalah?
a. Streptomisin
b. Etambutol
c. Pirazinamid
d. INH
e. Rifampisin

27. Seorang laki-laki usia 30 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan batuk berlendir selama 2 bulan. Batuk berwarna putih. Riwayat penggunaan OAT selama 6 bulan dan dinyatakan telah sembuh. Dari pemeriksaan didapatkan TD: 120/80 mmHg, nadi: 80 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu : 37°C. ronkhi (+) wheezing (-). Pemeriksaan BTA (-). Kategori terapi yang tepat pada adalah:
A. OAT kategori 1
B. OAT kategori 2
C. OAT kategori 3
D. Terapi simtomatik
E. OAT kategori IV

28. Pria usia 45 tahun datang dengan  keluhan sesak napas terutama saat berjalan jauh. Pasien memiliki riwayat hipertensi selama 3 tahun terakhir, kadar asam urat dan kolesterol tinggi. Pasien hanya dapat tidur dengan  dua bantal, batuk berdahak warna putih. Pada pemeriksaan fisis ditemukan TD: 180/110 mmHg, nadi: 110 kali/menit, respirasi 30 kali/menit, tekanan vena jugularis meningkat, ronkhi (+) pada basal paru, wheezing (-), hepar teraba 2 jari dibawah arcus costae, edema pitting pretibial. Apa diagnosisnya?
A. Asma
C. PPOK
D. Penyakit jantung kongestif

29. Pria usia 36 tahun datang ke IGD dengan  keluhan sesak napas. Riwayat Kecelakaan lalu lintas 1 jam yang lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi: 50 kali/menit, respirasi 30 kali/menit, suhu : 37°C. gerakan napas thorax kanan tertinggal, suara napas menghilang pada thorax kanan. Perkusi redup pada thorax kanan. Pada foto rontgen ditemukan gambaran radioopaque pada thorax kanan. Apa penanganan yang tepat?
A. Pasang kasa tiga sisi
B. water sealed drainage
C. Observasi
D. Toracentesis
E. Oksigen

30. Wanita 33 tahun datang dengan  keluhan batuk disertai darah. Terdapat nyeri dada dan sesak napas. Pada pemeriksaan fisis didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi 100 kali/menit, respirasi 26 kali/menit Suhu: 37,8°C, konjungtiva anemis, ronki pada paru kiri atas, dan suara napas pada lapangan paru kiri atas melemah, hipersonor pada paru kiri atas. Pada pemeriksaan foto thorax perselubungan pada lobus atas paru kiri. Apa diagnosisnya?
A. TBC aktif
B. Pneumonia
D. Atelektasis
E. Fibrosis paru

31. Pasien laki-laki 56 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan batuk-batuk berdahak sudah 2 bulan lebih disertai Sesak. Pasien memiliki kebiasaan merokok 2 bungkus sehari. Pada pemeriksaan didapatkan TD: 110/60 mmHg, nadi 90 kali/menit, respirasi 28 kali/menit, suhu : 37,6°C ronkhi (+), wheezing (-). Pada pemeriksaan Sputum BTA(+). Obat apa yang diberikan?
a. 2RHZE/4R3H3
b. 2RHZE/4HE
c. 2RHZES/RHZE/4R3H3
d. 2RHZ/4RHE
e. 2RHZE/2RH

32. Seorang laki-laki datang ke rumah sakit dengan  keluhan nyeri pada punggung bawah. Nyeri semakin berat jika dari posisi duduk ke tegak. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tidak terdapat benjolan pada perabaan, laboratorium asam urat 6,3 mg/dL, factor rheumatoid (-). Dilakukan foto rontgen dan didapatkan gambaran radiologinya. Diagnosisnya adalah :
a. Spondilolistesis.
b. Spondilitis
c. Skoliosis
d. Lordosis
e. Kiposis

33. Pasien laki-laki 56 tahun datang ke puskesmas dengan  pendengaran terasa berkurang. sebelumnya pernah datang dengan  keluhan batuk berdahak dan didiagnosa TBC dan saat ini sedang menjalankan pengobatan TBC. Dari pemeriksaan didapatkan TD: 120/80 mmHg, nadi: 80 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu : 37°C. Obat TB yang membuat pendengaran menurun adalah?
a. Rifampicin
b. Pirazinamid
c. Etambutol
d. INH
e. Streptomisin

34. Laki-laki usia 60 tahun, datang dengan  keluhan nyeri perut. Dia juga merasa mengalami penurunan berat badan secara drastis dalam beberapa minggu terakhir. Selama ini selalu merokok 2 bungkus perhari dan menyukai makanan berlemak dan memiliki DM selama 5 tahun terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD : 110/70 mmHg, nadi 70 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu 37°C, sclera icterus, teraba massa di epigastrium disertai nyeri, shifting dullness (+). Apa kemungkinan diagnosis pasien tersebut?
a. Tumor Gaster
b. Tumor Hepar
c. Tumor Pankreas
d. Tumor empedu
e. Hepatocellular carcinoma

35. Laki-laki usia 60 tahun masuk dengan  perut kembung, sudah 4 hari tidak kentut dan tidak BAB, pada pemeriksaan fisis didapatkan TD : 110/70 mmHg, nadi 70 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu 37°C, distensi abdomen, peristaltic meningkat terdapat darm contour , darm steifung, hasil dari gambaran radiologi foto polos abdomen herring bone sign. Apa diagnosisnya?
a. Ileus paralitik
b. Ileus obstruktif
c. Tumor colon
d. Tumor pancreas
e. Tumor hati

36. Pasien wanita usia 30 tahun datang dengan  nyeri perut kanan atas, menjalar ke scapula kanan terkadang disertai mual dan muntah. Selama ini pasien sering mengkonsumsi makanan berlemak dan merokok. Pada pemeriksaan fisik peristaltik normal, nyeri tekan kuadran kanan atas. Pada pemeriksan USG didapatkan penebalan dinding empedu. Kemungkinan Diagnosisnya adalah?
B. Kolelisistisis
C. Pancreatitis
D. Abses hepar
E. Colitis

37. Pasien laki-laki usia 34 th, datang dengan  nyeri perut kanan atas, demam 38°C, buang air besar cair >10x/hari disertai lendir dan darah. Keluhan disertai nyeri perut, nafsu makan berkurang dan badan terasa lemas. Pada pemeriksaan fisis didapatkan TD: 120/80 mmHg, suhu 37°C. Terdapat nyeri tekan suprasimfisis. Pada pemeriksaan ditemukan ektoplasma pseudopodium dan berisi eritrosit dalam feses. Pengobatan apa yang diberikan?
A. ciprofloxacin
B. Metronidazole
C. Spiramycin
D. Ampicillin
E. Kotrimoksazol


38. Pasien pria usia 16 tahun datang dengan  tidak sadar, pemeriksaan fiisk didapatkan TD: 140/80 mmHg, Nadi 90 kali/menit, respirasi 24 kali/menit, napas cepat dan dalam dan berbau buah. Ronkhi (+), wheezing (-), hasil pemeriksaan laboratorium GDS 512 mg/dl, pH 7,10, osmolaritas normal. Diagnosisnya adalah?
a. KAD
b. Hiperosmolar non Ketotik
c. Sinkop
d. Hiperglikemi
e. Asidosis laktat

39. Pasien pria usia 50 tahun datang ke klinik dengan  keluhan sering buang air kecil dan suka merasa lapar tetapi berat badan terasa menurun kurang lebih selama 3 minggu terakhir, dilakukan pemeriksaan dengan  hasil TD: 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, respirasi : 18 kali/ menit, suhu : 37°C. laboratorium dengan  hasil GDS 150 mg/dL kemudian pasien diminta puasa mulai jam 10 malam dan dilakukan pemeriksaan ulang glukosa pada esoknya, dengan  hasil GDP 115 mg/dL, dan TTGO 140 mg/dL. Diagnosa dari pasien tersebut?
a. Normal
b. prediabetik
c. TGT
d. DM
e. GDPT


40.  Seorang laki-laki 50 tahun. Seorang peternak kambing. Datang dengan  bengkak pada kulit lengan. Terdapat nanah dan krusta. Dari hasil pemeriksaan penunjang adalah bakteri batang, gram (+). Kemungkinan organisme penyebab?
a. Clostridium tetani
b. Clostridium perfringen
c. Staphylococcus aureus
d. Staphylococcus pyogenik
e. Bachillus anthrax

41. Pasien 54 tahun datang dengan  keluhan sesak dan batuk sebelumnya. Batuk berdahak disertai darah. Pada pemeriksaan BTA ditemukan (-/+/+). Pasien sudah menyelesaikan pengobatan TB selama 6 bulan beberapa tahun yang lalu dan dinyatakan sembuh. Apa terapi yang diberikan ?
a. 2RHZE/4RHZ
b. 2RHZES/1RHZE/5(RHE)3
c. 2RHZE/6RHE
d. 2RHZE/4RHE
e. 2RHZE/4R3H3

42. Seorang pria 35 tahun, datang ke UGD dengan  keluhan panas naik turun sejak 7 hari disertai sulit untuk BAB, setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, positif terdapat salmonella typhi. Kemudian diterapi dengan  memberikan obat ciprofloxacin. Berapakah dosis dan lama pemberian ciprofloxacin?
a. 500 mg, 2x sehari selama 7 hari
b. 500 mg, 3x sehari selama 14 hari
c. 980 mg, 3x sehari selama 14 hari
d. 250 mg, 3x sehari selama 14 hari
e. 200 mg, 3x sehari selama 14 hari

43. Pasien laki-laki usia 36 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan buang air besar berlendir dan berdarah selama 2 hari, pasien bekerja sebagai petani. Sering merasa lelah, nafsu makan turun, berat badan turun, flatus meningkat, nyeri abdomen, pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 110/60 mmHg, nadi 65 kali/menit, respirasi : 18 kali/ menit, suhu : 37°C. Konjungtiva anemis nyeri tekan pada abdomen, bising usus meningkat. Pada pemeriksaan feses didapatkan bentuk yang tak teratur dengan  tonjolan runcing, serta di dalamnya terdapat inti bergerak cepat. Diagnosis keadaan ini?
a. Balantidium coli
b. shigela
c. E.coli
d. E. histolitica.
e. Giardia lamblia

44. Pasien pria usia 26 tahun datang dengan  keluhan setiap gosok gigi gusi berdarah, juga disertai dengan  sakit kepala dan terasa demam sejak 1 minggu terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tampak pucat terlihat lemah, TD: 100/60 mmHg, nadi : 65 kali/menit, respirasi 22 kali/menit,   suhu   :   37,7°C.   konjungtiva   anemis,   gusi   tampak titik  perdarahan. laboratorium Hb:8,0 gr/dL, LED: 12 Hmt: 30% leukosit 150.000/mm3, trombosit 100.000/mm3. morfologi darah tepi limfoblas (+). Diagnose dari pasien ini adalah?
a. ITP
b. Thalasemia
e. Hemophilia

45. Seorang anak 10 tahun masuk rumah sakit dengan  keluhan demam sekitar 3 hari disertai nyeri kepala, nyeri sendi, mual dan muntah. Pada pemeriksaan didapatkan TD 110/70, Nadi 80x/i, Pernapasan 20x/I, Suhu 38,5°C. Pada lengan ditemukan ruam-ruam warna merah. Hb 12g/dl, Hematokrit 42%, Leukosit 3100/mm3. Apa diagnosis dari pasien ini?
a. DBD grade I
b. DBD grade II
c. DBD grade III
d. DBD grade IV

46. Pasien wanita 22 tahun, datang ke rumah sakit dengan  keluhan nyeri pinggang sejak 3 hari yang lalu, disertai demam dan merasa menggigil, pusing, mual dan muntah. Pada pemeriksaan fisik TD 110/70, Nadi 80x/i, Pernapasan 19x/I, Suhu 38,5°C. Nyeri ketok costrovertebra -/+. Laboratorium hematologi Hb: 14 gr% leukosit 12000 HMT: 50 LED: 17 mm/jam, urin: Eritrosit 8-9/lpb, leukosit 6-7/lpb. Apa diagnosis pada pasien ini?
a. Sisititis
b. Uretritis
c. Pielonefritis
d. Glomerulonefritis
e. Urolitiasis

47. Seorang laki-laki usia 25 tahun datang dengan  mengeluh gatal diseluruh badan sejak 2 hari yang lalu. Keluhan tersebut sudah dirasakan sejak 2 tahun terutama saat udara dingin. Pada Pemeriksaan dermatologis tampak plak eritema, menyembul dengan  bagian tengahnya tampak pucat, bentuk numular. Diagnosis:
a. Urtikaria
b. Milliaria
c. Angioedema
d. Dermatitis atopic
e. Dermatitis iritan

48. Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan  keluhan gatal di bagian dubur sejak 2 hari yang lalu. Gatal terutama pada malam hari, tidak ada demam dan diare. Pada pemeriksaan fisik didapatkan bekas garukan di sekitar dubur dan didapatkan seperti ampas kelapa pada anus. Terapi untuk kasus ini adalah?
a. Bithionol
b. Mebendazol
c. Praziquantel
d. Oxantel pamoat
e. Diethilcarbamazine

49. Bayi laki-laki usia 9 bulan datang bersama ibunya ke puskesmas dengan  keluhan kemerahan pada kedua pipi. Tidak disertai demam, pada pemeriksaan dermatologis tampak lesi eritem pada pipi kiri dan kanan, batas tidak tegas, skuama halus. Terdapat Riwayat asma pada ibu dan nenek dari pasien. Terapi topikal apa yang tepat ?
a. Krim acyclovir
b. Krim hidrokortison
c. Krim permetrin
d. Krim antibiotik
e. Krim heparin

50. Laki-laki, 32 tahun, datang dengan  keluhan keluar duh tubuh dari kemaluan. Riwayat berhubungan dengan  PSK 1 minggu lalu. Tidak nyeri. Pada pemeriksaan didapatkan secret putih keluar dari kemaluan,tidak ada ulkus, dan pada laboratorium didapatkan bakteri diplokokus gram negatif. Apa diagnosisnya?
A. Uretritis gonore
B. Uretritis non gonore
C. Sifilis
D. Herpes simpleks
E. Kondiloma akuminata

51. Pria usia 40 tahun datang dengan  keluhan Muntah dan mual 1 minggu. Sebelumnya 1 bulan yang lalu mengkonsumsi obat TBC dan nafsu makan menurun, BAB warna kuning pucat, konsistensi lunak. Pada pemeriksaan fisik TD 120/90, nadi : 80 kali/menit, respirasi : 20 kali/menit, Sclera ikterik, hepar teraba 1 jari di bawah arcus costae, 2 jari di bawah processus xyphoideus, permukaan licin, tepi tajam, lien tidak teraba. Laboratorium : SGOT 725, SGPT 1170, bilirubin total 6, bilirubin direct 3,9 , bilirubin indirect 2,1. Apa diagnosis terhadap pasien ini?
a. Hepatitis akut
b. Hepatitis kronik
c. Hepatitis fulminan
d. Hepatitis dormant
e. Hepatitis imbas obat

52. Laki-laki, 55 thn, datang ke UGD RS dgn keluhan perut buncit sejak 1 bulan yang lalu, semakin lama semakin membesar, disertai penurunan berat badan. Pada pemeriksaan fisik TD 120/90, nadi : 80 kali/menit, respirasi : 20 kali/menit, Sclera ikterik pada palpasi abdomen didapatkan hepar teraba noduler, konsistensi padat keras, tes undulasi +, shifting dullness +, HbsAg +, Anti Hbc +, pada parasintesis didapatkan cairan serosanguin, apa diagnosanya?
a. Hepatoma
b. Auto imun hepatitis
c. Wilson disease
d. Steatosis hepatis
e. Hepatic necrosis

53. Seorang laki-laki 42 tahun masuk UGD RS karena nyeri perut kanan atas. Keluhan ini juga disertai demam sejak 1 minggu yang lalu disertai BAB cair dengan  lendir dan darah. Pada pemeriksaan fisis umum, tampak sedikit ikterus, temperature 37,9°C. Pada pemeriksaan fisik abdomen, hepar teraba 2 jari bawah arcus costae. Terdapat nyeri tekan pada abdomen kanan atas. Hasil lab menunjukkan peningkatan SGOT dan SGPT. Hasil USG abdomen terdapat gambaran lesi anechoic pada hepar berbatas tegas dengan  internal echo. Apakah diagnosis paling tepat untuk pasien ini?
a. Abses hepar
b. Kista hepar
c. Hepatoma
d. Hemangioma hepar
e. Hepatitis akut

54. Seorang bayi berumur 2 hari dibawa ibunya kontrol ke RS. Sewaktu hamil ibunya menderita hepatitis B. Dari hasil pemeriksaan fisik bayi dalam batas normal. Pemeriksaan laboratorium HbsAg (-), anti HBs (+).  Yang kemungkinan dialami bayi:
a. Terinfeksi Hepatitis B
b. Tidak terinfeksi hepatitis B
c. Sudah memiliki kekebalan
d. Belum memiliki kekebalan
e. Sudah terinfeksi hepatitis B

55. Pasien laki-laki 56 tahun datang dengan  keluhan batuk-batuk berdahak sudah 3 minggu lebih disertai Sesak. Pada pemeriksaan didapatkan TD: 110/60 mmHg, nadi 90 kali/menit, respirasi 26 kali/menit, suhu : 37,6°C ronkhi (+), wheezing (-). Pada pemeriksaan Sputum BTA (+). sebelumnya pernah pengobatan 6 bulan tp baru 3 minggu berobat sudah berhenti karena merasa keluhan sudah berkurang. Termasuk kasus apakah ini?
a. Kasus Baru
b. Kasus default
c. Kasus relaps
d. Kasus putus obat
e. Kasus drop out

56. Seorang laki-laki usia 35 tahun datang dengan  riwayat nyeri dada, durasi 2-3 menit ketika sedang beraktivitas. Nyeri berkurang dengan  istirahat. Kemudian pasien datang ke dokter untuk memeriksakan keadaannya. Pemeriksaan penunjang apa yang dilakukan untuk menunjang diagnosis..
a. EKG dengan  istirahat
b. EKG dengan  latihan
c. Ekokardiografi
d. Angiography
e. Lipid profile

57. Seorang laki-laki 68 tahun datang ke ugd dengan  kesadaran menurun. Pasien dengan  riwayat hipertensi sejak beberapa tahun. Dari alloanamnesis didapatkan sebelum tidak sadar pasien mengeluh mual, muntah, dan berkeringat dingin. Dari pemeriksaan fisik didapatkan TD : 150/90 mmHg, nadi 90 kali/menit,  respirasi  28  kali/menit,  BJ  I  &  II  (+),  gallop  (+),  murmur  (-).  Dari pemeriksaan EKG didapatkan elevasi pada segmens ST di V1-V4, T inverted di V1- V4, dan penurunan gelombang q. Apa diagnose dari pasien ini..
a. Infark miokard akut
b. Perikarditis
c. Angina pektoris
d. Emboli paru
e. Old miokard infark

58. Pasien usia 50 tahun datang dengan  keluhan sakit kepala hingga tengkuk. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 160/100, nadi: 100 kali/menit, respirasi : 20 kali/menit. Thorax dan abdomen tidak ada kelainan Pengobatan untuk pasien tersebut yang sesuai dengan  JNC 7 adalah?
a. Diuretic
b. ACE inhibitor + diuretic
c. ACE inhibitor + beta blocker
d. Beta blocker + Ca antagonis
e. Diuretic + Ca antagonis

59. Seorang laki-laki 50 tahun datang ke UGD dengan  keluhan dada terasa berdebar-debar dan nyeri dada. Pada pemeriksaan fisik pasien sadar, tampak lemah, nadi 120 x/menit, pernapasan 18 x/menit, tekanan darah 100/60 mmHg. Pada pemeriksaan EKG didapatkan. Apakah diagnosis kasus tersebut ?
a. Atrial fluter
b. Atrial fibrillation
c. Ventrikel fibrilation
d. Supraventrikular takikardi
e. Ventricular takikardi

60. Pasien pria usia 16 tahun datang dengan  tidak sadar, pemeriksaan fiisk didapatkan TD: 140/80 mmHg, Nadi 90 kali/menit, respirasi 24 kali/menit, suhu : 37,8°C napas cepat dan dalam dan berbau buah. Ronkhi (+), wheezing (-), GDS 512 mg/dl, pH 7,10, osmolaritas normal. Apa penanganan awal yang tepat?
a. Injeksi Insulin IV
b. Nacl 0,9%
c. Observasi
d. Natrium bikarbonat
e. Metformin

61. Pasien pria usia 46 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan sering buang air kecil dan suka merasa lapar tetapi berat badan terasa menurun kurang lebih selama 2 minggu terakhir, dilakukan pemeriksaan dengan  hasil TD: 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, respirasi : 18 kali/ menit, suhu : 37°C. TB: 170 Cm, BB:63kg, apa nilai BMI pada pasien ini?
a. Overweight
b. Normal
c. Obese 1
d. Obese 2
e. Underweight

62. Wanita datang dengan  keluhan pusing. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi 60 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, suhu : 37°C, konjungtiva pucat, Thorax dan Abdomen dalam batas normal. Laboratorium: hb 5,8 gr/dl, leukosit 7000, trombosit 250.000. jenis darah apa yang ditransfusikan pada pasien tersebut
a. PRC
b. WB
c. FFP
d. WRC
e. Kriopresipitat

63. Laki-laki 17 tahun dengan  bercak-bercak di seluruh tubuh sejak 2 minggu. Tidak nyeri dan tidak gatal. Bercak pertama muncul di perut, kemerahan dan mulai menghilang tapI muncul bercak di bagian tubuh lainnya. Pemeriksaan fisik, pada perut dijumpai makula hiperpigmentasi, eritem. Lesi sepanjang lipatan kulit perut dan punggung. Pada punggung tampak gambaran seperti pohon cemara. Apa diagnosis pd kasus ini?
a. Lues II
b. Tinea Corporis
c. Morbus Hansen
d. Pytiriasis Rosea
e. Psoriasis Vulgaris


64. Pasien laki-laki 55 tahun datang ke poliklinik RS dengan  keluhan nyeri kepala. Keluhan tidak disertai penglihatan kabur. Riwayat Diabetes Mellitus sejak 13 tahun yang lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 170/100 mmHg, HR 100x/menit, RR 20x/menit, suhu 36°C. Pemeriksaan lab didapatkan Hb 12 gr/dl, Ht 37%, Leukosit 5.700/mm3, Trombosit 250.000/mm3, Ureum 48 mg/dl, Kreatinin 2,5 mg/dl, GDS 230 mg/dl, Kolesterol 180 mg/dl. Terapi hipertensi apakah yang paling tepat untuk pasien tersebut?
A. HCT
B. Reserpin
C. Captopril
D. Furosemid
E. Propanolol

65. Seorang laki-laki berumur 27 tahun datang ke UGD RS dengan  keluhan demam tinggi, cepat lelah, nyeri dada saat beraktivitas sejak 5 hari yang lalu. Sebelumnya ada riwayat batuk selama 2 minggu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 90/60, suhu 38.6, nadi 100x/menit. Pada telapak tangan dan telapak kaki terdapat bintik-bintik merah keunguan. Jantung : murmur (+). Pemeriksaan lab Hb 13, leukosit 19.200, trombosit 230.000. Kultur darah : Staphylococcus Sp (+). Urinalisis : hematuria (+). ECHO : vegetasi 1.5 cm katup mitral. Diagnosa yang tepat adalah?
b. endokarditis bakterialis
c. miokarditis bakterialis
d. perikarditis bakterialis
e. pankarditis bakterialis

66. Seorang perempuan, 50 tahun, datang ke IGD dengan  keluhan nyeri dada sejak 1 jam yang lalu. Nyeri dirasakan di dada kiri dan menjalar hingga rahang dan lengan kirinya. Nyeri tidak berkurang dengan  istirahat. Pasien adalah penderita hipertensi sejak 7 tahun yang lalu, tetapi tidak rutin kontrol. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 170/100 mmHg, nadi 100x/menit,  respirasi 20 x/menit, suhu 37°C. Pemeriksaan penunjang apakah yang spesifik untuk menegakkan diagnosis penyakit di atas?
a. HDL
b. SGOT
c. Kreatinin kinase
d. Troponin
e. LDL kolesterol

67. Seorang wanita usia 18 tahun mengeluh gatal pada badan. Dari pemeriksaan dermatologis tampak lesi berbatas tegas, eritema, skuama, papul dan vesikel pada tepi lesi, bagian pinggir lebih aktif dari pada bagian tengahnya (central healing). Diagnosis yang paling sesuai untuk pasien tersebut adalah?
a. Tinea versikolor
b. Tinea corporis
c. Tinea kruris
d. Psoriasis
e. Tinea imbrikata

68. Seorang pria usia 19 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal pada sela-sela jari dan merasa sangat gatal pada malam hari. Hal ini dirasakan pula oleh anggota keluarga yang lain. Dari pemeriksaan dermatologis didapatkan terowongan pada kulit, papul eritematosa, pustule, vesikel, krusta pada sela-sela jari tangan. Obat apa yang diberikan?
a. Gamexan
b. Asam salisil
c. Salisil 10%
d. As. Boricum
e. Klometrion

69. pasien 20 tahun datang dengan  keluhan gatal dan kemerahan pada kulit sejak 2 hari yang lalu. Pasien bercerita ibunya memiliki riwayat asma. Dari pemeriksaan dermatologi tampak lesi multiple, macula erimatosa,papul,vesikel. Diagnosis yang paling mungkin adalah?
A. Dermatitis numularis
B. Dermatitis kontak
C. Dermatitis atopic
D. Dermatitis sika
E. Neurodermattis

70. Pasien wanita usia 23 tahun tampak nyeri pada dada sebelah kirinya, tmapak vesikel dengan  dasar eritem pada daerah dada dan punggung bagian kiri, dan krusta yg menutupi vesikel yang pecah, penyebab pada keadaan ini adalah?
a. Herpes simpleks virus
b. Herpes zoster virus
c. Human papiloma virus
d. Rubella virus
e. Varicela

71.Wanita 24 tahun datang dengan  kluhan gatal sejak 1 minggu terakhir, pada daerah bokong dan makin bertambah jika pasien berkeringat, pada pemeriksaan dermatologis ditemukan lesi kering bentuk plakat, macula eritematosa, tepi meninggi, hiperpigmentasi, krusta, erosi, pemeriksaan selanjutnya:
a. Pemeriksaan KOH
b. Pemeriksaan gram
c. Pemeriksaan  lampu wood
d. Percobaan tzank
e. Pemeriksaan BTA

72. Wanita usia 23 tahun, datang dengan  keluhan gatal pada alat kelamin. Pada pemeriksaan didapatkan sekret warna putih kehijauan yang berbau amis. Pada pemeriksaan ginekologi didapatkan cherry red pada serviks. Apa bakteri penyebab kelainan diatas?
a. Neisseria Gonorre
b. Trichomonas
c. Chlamydia
d. Candida
e. Tinea

73. Anak perempuan usia 9 tahun dibawa ibunya dengan  koreng pada kaki. Sebelumnya tidak ada gelembung. Pada pemeriksaan dermatologis didapatkan krusta berwarna kekuningan pada punggung kaki dengan  dasar kotor. Diagnosis untuk kasus ini adalah?
a. Impetigo bullosa
b. Impetigo krustosa
c. Dermatitis atopik
d. Tinea pedis
e. Dermatitis kontak

74. Wanita usia 26 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal pada tangannya. dialami sejak 2 bulan yang lalu, pasien sudah berobat dan diberi obat salep, sempat berhenti tapi kambuh kembali. Dari pemeriksaan dermatologi gambaran makula dengan  central healing, bentuk plakat. Apa pemeriksaan selanjutnya yg digunakan untuk menegakkan diagnosis?
a. Lampu wood
b.     KOH 10-20 %
c. Pewarnaan gram
d. Tzank tes
e. Pemeriksaan BTA

75. Seorang pria usia 29 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal pada sela-sela jari dan merasa sangat gatal pada malam hari. Hal ini dirasakan pula oleh teman sekamarnya di asrama. Dari pemeriksaan dermatologis didapatkan terowongan pada kulit, papul eritematosa, pustule, vesikel, krusta pada sela-sela jari tangan.
Penyebab dari penyakit ini adalah:
a. Scabies
b. Tinea
c. Sarcoptes scabiei
d. Pruritus nokturna
e. Bakteri

76. Seorang pria usia 19 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal pada sela-sela jari dan merasa sangat gatal pada malam hari. Hal ini dirasakan pula oleh anggota keluarga yang lain. Dari pemeriksaan dermatologis didapatkan terowongan pada kulit, papul eritematosa, pustule, vesikel, krusta pada sela-sela jari tangan. Penularan pada penyakit ini melalui?
a. Kontak langsung
b. Alat makan
c. Sabun mandi
d. Gigitan serangga
e. Air

77. Laki-laki usia 30 tahun didiagnosa morbus Hansen dan sekarang minum obat lepra 2 bulan datang untuk control ulang. Pada pemeriksaan tampak macula eritem multiple. Bakteri morfologi 5%. Pembengkakan nervus medianus dan nervus auriculairs. Granuloma pada hampir sepanjang nervus. Diagnosa pada pasien ini adalah?
a. Pure neuritis leprosy
b. Lepra tuberkuloid
c. Reaksi reversal
d. Lepra multibasiler
e. Lepra pausibasiler

78. seorang wanita 17 tahun mengeluh gatal pada lipat paha. sejak 3 hari yang lalu. keluhan sudah dialami berulang selama 3 bulan. terutama setelah menstruasi. pasien senang menggunakan celana pendek. status dermatologik ditemukan makula hiperpigmentasi, pada pinggirnya ditemukan plak hiperpigmentasi, erosi, dengan  skuama kasar, tampak lesi satelit. Diagnosa?
a. Kandidiasis intertrigenosa
b. Tinea cruris
c. Tinea corporis
d. psoriasis
e. Pitiriasis

79. Laki-laki, 60 tahun datang dengan  keluahan gatal pada kaki. Gatal semakin bertambah sejak pasien berhenti kerja. Pasien sudah pernah berobat dan hilang, namun kembali gatal lagi Lokasi di kedua punggung kaki. Tampak likenifikasi dan erosi di dorsum pedis. Diagnosis?
a. Neurodermatitis
b. Tinea pedis
c. Dermatitis kontak
d. Dermatitis atopi
e. Dermatitis alergi

80. Wanita 25 tahun datang dengan  keluhan gatal- gatal di lengan kanan atas dialami sejak 1 bulan yang lalu, pasien sudah berobat dan diberi obat. Diberi salep putih, tablet hijau, dan tablet kuning. Gatal berkurang tapi lesi menetap. Dari pemeriksaan dermatologi tampak lesi eritematosa bentuk plakat , batas tegas, central healing dan papul di pinggir di ekstensor lengan. Pengobatan apa lagi yang dibutuhkan?
a. Kortikosteroid
b. Antijamur
c. Antihistamin
d. Antibiotic
e. Antiviral

81. Seorang wanita 17 tahun mengeluh gatal pada lipat paha. sejak 3 hari yang lalu. keluhan sudah dialami berulang selama 3 bulan. terutama setelah menstruasi. pasien senang menggunakan celana pendek. status dermatologik ditemukan makula hiperpigmentasi, pada pinggirnya ditemukan plak hiperpigmentasi, erosi, dengan  skuama kasar, tampak lesi satelit. Pemeriksaan?
a. Tes KOH
b. Tes lampu wood
c. Tes Tzanck
d. Pewarnaan gram
e. Pemeriksaan BTA

82. Seorang laki-laki 35 tahun datang ke tempat praktek dokter dengan  keluhan nyeri saat kencing, keluar cairan berwarna putih dari saluran kencingnya. Riwayat 5 hari yang lalu berhubungan seks dengan PSK tanpa menggunakan kondom. Status venerologis terdapat eritema di OUE (ostium urethra externa). Pada pemeriksaan mikroskopik tampak bakteri diplococcus gram negatif. Penyebab pada keadaan ini adalah?
a. Trichomoniasis
b. Neisseria go
c. Treponema pallidum
d. Klamidia
e. HSV

83. Pria mengeluh luka yang nyeri pada kemaluan. Pada awalnya terdapat bintil kemudian pecah dan membentuk luka dengan  dasar kotor. Pada pemeriksaan fisik tampak ulkus berbentuk cawan, tepi tidak rata, dasar kotor, daerah sekitarnya eritema, dan nyeri tekan. kemungkinan Penyebab dari keadaan ini adalah?
a. HSV
b. Treponema pallidum
c. Candida
d. Haemophilus ducreyi
e. Neisseria gonorrhoeae

84. laki-laki usia 20 tahun bekerja sebagai tukang bangunan datang ke rumah sakit dengan bercak-bercak putih di tungkai bawah. Dari pemeriksaan dermatologis didapatkan lesi hipopigmentasi berbatas tegas dengan  ukuran tidak teratur pada tungkai bawah. Pemeriksan kerokan KOH terlihat campuran hifa pendek dan spora bulat berkelompok, pemeriksaan BTA (-). Diagnosis yang tepat adalah :
a. P.Versicolor
b. tinea kruris
c. pitiriasis rosea
d. morbus Hansen
e. vitiligo

85. Seorang anak berusia 2 bulan datang ke puskesmas dengan  keluhan luka pada kedua pipi. Ibu memiliki riwayat asma. Dari pemeriksaan fisik tampak kemerahan pada kedua pipi serta terdapat papul dan skuama dibeberapa tempat. Diagnosisnya adalah :
a. Hemangioma
b. Dermatitis kontak
c. Dermatitis atopic
d. Dermatitis sika
e. Neurodermatitis

86. Pria usia 20 tahun datang dengan  keluhan ketombe di kepala sejak 3 bulan. Riwayat stress dan urtikaria (+). Pada pemeriksaan fisik lebih lanjut terdapat rash eritem di dahi, kulit sekitar alis, dan plica nasolabial. Apa diagnosis kasus ini?
a. Dermatitis atopi
b. Dermatitis seboroik
c. Dermatitis kontak alergi
d. Neurodermatitis
e. Dermatitis numularis

87. Beberapa orang karyawan pada sebuah pabrik lem perekat sering pingsan tiba- tiba. Pabrik itu memproduksi methanol, ethernat, gangguan pada karyawan-karyawan tersebut disebabkan?
a. Anemia
b. Udara yang buruk di pabrik
c. Terpapar bahan kimia
d. Kurangnya istirahat
e. Jam kerja yang padat

88. Laki-laki, 65 thn, masuk UGD dgn keluhan nyeri diseluruh perut sejak 3 tahun yg lalu, awalnya pada uluhati kemudian menyebar keseluruh perut. Keluhan ini sdh dialami sejak 1 thn yg lalu, pasien juga sering menkomsumsi aspirin untuk mengobati sakit kepala, pasien tampak letargi, berkeringat. Pada pemeriksaan abdomen didapatkan distensi, dan kram, nyeri tekan +, nyeri lepas +, pada pemeriksaan radiologi didapatkan gambaran radiolusen pada subdiafragma,apa diagnosisnya?
a. Primary Peritonitis
b. Secondary Peritonitis
c. Tersier Peritonitis
d. Faecal Peritonitis
e. Foreign Body Peritonitis

89. Pasien laki-laki usia 25 tahun datang diantar temannya dengan  keluhan lengan kanan sakit jika digerakan, riwayat jatuh sewaktu bermain bola. Dari cerita temannya pasien jatuh dengan  arah abduksi, extensi, dan eksternal rotasi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tonjolan pada bagian depan bahu, posisi lengan abduksi – eksorotasi, tepi bahu tampak menyudut, nyeri, adanya gangguan gerak sendi. Bagian yang terkena adalah pada keadaan ini adalah?
a. Bahu anterior
b. Bahu posterior
c. Supracondylar humerus
d. Bahu inferior
e. Fraktur humerus

90. Seorang perempuan 52 tahun datang ke poliklinik dengan  keluhan batuk sejak 3 bulan yang lalu. Keluhan lain dahak berwarna kekuningan, pilek, dan penurunan berat badan. BMI pasien : 17. Pada pemeriksaan fisik TD 130/90mmHg, nadi 100x/menit, RR 24x/menit. Pada auskultasi terdapat suara nafas vesikuler pada kedua hemithoraks paru. Pada foto thoraks terdapat gambar bercak kesuraman kecil- kecil pada kedua hemithoraks paru yang membentuk gambaran “SNOW STORM”. Apa diagnosis pada pasien ini?
a. Bronkitis kronis
b. TB paru
c. TB milier
d. Bronkietasis
e. Bronkhilolitis

91. Perempuan 35 tahun datang ke Rs dengan  keluhan sakit kepala dirasakan sudah 2 minggu. Pasien juga mengeluhkan sakit ulu hati, mual, merasa takut dan berkeringat. Pada pemeriksaan fisik Td 150/80 N 95x/m. Pemeriksaan endoskopi lambung didapatkan erosi pada lambung. Apakah diagnosis yang tepat pada pasien tsb :
a. Psikosomatik
b. Somatoform
c. Anxietas
d. Somatik
e. Depresi

92. Seorang perempuan 16 tahun sedang mengikuti ujian UN. Pasien berteriak- teriak, mondar-mandir. Suaranya pasien berubah menjadi suara laki-laki tua yang mengaku sebagai penunggu sekolah. Pasien bercerita tentang sekolah tersebut. Pasien tidak ada kelainan jiwa sebelumnya. Pasien seorang yang pendiam dan suka melamun.
Apa diagnosis pada pasien ini
a. Amnesia disorientasi
b. Fungsional disorientasi
c. Trans disorientasi
d. Konveksi holistik
e. Depersonalisasi

93. Seorang wanita usia 40 tahun datang ke Rs dengan  keluhan berubah-ubah. Punggung nyeri, perut kembung dan panas, nyeri pada kemaluan, kedua kaki terasa lemah. Pekerjaan sehari-hari dan status sosial pasien terganggu. Tidak ada kondisi medic yang mendasari penyakit. Apa diagnosis yang paling mungkin ?
a. Gangguan nyeri
b. Gangguan somatisasi
c. Gangguan konversi
d. Gangguan hipokondriasis
e. Gangguan dimorfik tubuh

94. Laki-laki usia 20 tahun datang dengan  ke puskesmas dengan  keluhan benjolan pada kelopak mata kanan atas yang dialami sejak 2 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan oftalmologi didapatkan tumor pada palpebra superior, tidak merah, tidak nyeri,  dan pseudoptosis. Apa diagnosisnya?
a. Hordeolum
b. Kalazion
c. Blefaritis
d. Abses palpebra
e. Dakroadenitis

95. Wanita usia 25 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan mata merah dan diikuti dengan  pandangan kabur dan rasa silau sejak 1 hari yang lalu. Pada pemeriksaan oftalmologi didapatkan pada injeksio perikornea, inj. Konjungtiva, kornea didapatkan bintik pungtata dan pada pemeriksaan fluoresence (+). Apa penyebab dari kelainan diatas?
a. Bakteri
b. Virus
c. Alergi
d. Jamur
e. Parasit

96. Pria, 39 tahun, datang dengan  keluahan skrotum membesar dan tidak nyeri sejak 2 hari yang lalu. Pada pemeriksaan teraba lunak, dan tidak ada massa. Tes transluminasi (+). Diagnosis yang mungkin?
a. Hidrokel
b. Varikokel
c. Hernia skrotalis
d. Orkitis
e. Torsio testis

97. Pria usia 25 tahun datang dengan  Nyeri pada skrotum dan bengkak tiba-tiba saat bangun tidur, pada pemeriksaan didapatkan skrotum hiperemis dan nyeri pada palpasi. Dan penebalan pada funikulus spermatikus. Vital sign dalam batas normal. Phren sign (+). Diagnosis?
a. Torsio testis
b. Orchitis
c. Epididimitis
d. Varikokel
e. Hernia inguinalis skrotalis

98. Wanita usia 25 tahun datang ke UGD dalam keadaan lemah diantar keluarganya, dari keterangan keluarganya pasien  habis minum racun serangga sekitar 30 menit yang lalu kemudian mual tetapi tidak muntah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/50 mmHg, nadi, 100 kali/menit, respirasi, 14 kali/menit, mata miosis, hipersalivasi. Antidotum yang dapat diberikan pada pasien ini adalah ?
a. Ca glukonas
b. Sulfas atropine
c. Epinefrin
d. Deferoksamin
e. Nalokson

99. pria usia 35 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan batuk berdahak 4 minggu disaertai penurunan berat badan dan didiagnosa TBC. Pasien diketahui memiliki 3 anak umur 7 tahun, 5 tahun, 2 tahun. Pemeriksaan apa yang harus dilakukan terhadap anak-anak pasien ini?
a. Foto thoraks
b. Sputum BTA
c. Tuberculin
d. Kultur
e. Tidak perlu dilakukan pemeriksaan

100. Pria usia 35 tahun masuk ke IGD dengan  penurunan kesadaran. Riwayat kecelakaan sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/50 mmHg, nadi, 100 kali/menit, respirasi, 14 kali/menit, Hematom di belakang telinga. Mata membuka bila dipanggil. Extensi bila dirangsang nyeri. Bicara kacau. GCS?
a.         11
b.        10
c. 9
d. 8
e. 7

101. Seorang laki-laki sedang di restoran dan tiba-tiba tersedak makanan. Anda adalah stau-satunya dokter yang ada disana. Anda sudah menyuruh orang tersebut untuk batuk sekeras-kerasnya tetapi sumbatan belum keluar. Apa yang harus anda lakukan sebagai dokter sebelum dibawa ke rumah sakit?
a. Jika kelihatan pada mulut, makanan diambil dengan  jari.
b. Heimlich maneuver
c. Triple airway maneuver
d. Pasang nasofaringeal tube
e. Abdominal trust

102. Seorang pria 25 tahun datang ke puskesmas akibat luka bacok 2 cm pada dada sebelah kanan. Pada pemfis pasien sadar tanda vital 120/70, yg lain dalam batas normal. 30 menit kemudian pasien tiba-tiba merasa sesak.Tanda vital 90/50mmHg, nadi 130x/i, pernapasan 35x/i.Pada pemfis, gerakan dada sebelah kanan terlambat, perkusi didapatkan paru kanan hipersonor, suara auskultasi pernapasan menghilang. Apa tindakan awal yang harus dilakukan segera sebelum merujuk?
a. Pasang kasa 3 sisi
b. WSD
c. Nebulizer
d. Needle thoracosintesis
e. Resusitasi cairan

103. Seorang pria usia 25 tahun masuk IGD dengan  keluhan nyeri perut setelah kecelakaan 30 menit yang lalu. Pada pemeriksaan didapatkan T 80/60, N: 125, respirasi 35. Didapatkan distensi perut dan direncanakan laparotomy eksplorasi. Termasuk ASA berapa:
a. I a
b. I E
c. II e
d. III E
e. IV E

104. Pasien laki-laki usia 25 tahun datang diantar temannya dengan  keluhan lengan kanan sakit jika digerakan, riwayat jatuh sewaktu bermain bola. Dari cerita temannya pasien jatuh dengan  arah abduksi, extensi, dan eksternal rotasi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tonjolan pada bagian depan bahu, posisi lengan abduksi – eksorotasi, tepi bahu tampak menyudut, nyeri, adanya gangguan gerak sendi. Apa komplikasi yang mungkin terjadi :
a. Claw hand
b. Drop hand
c. Lesi nervus axilaris
d. Non union
e. Union

105. Seorang pria usia 25 tahun masuk IGD dengan  keluhan nyeri perut setelah kecelakaan 30 menit yang lalu. Pada pemeriksaan didapatkan T 80/60, N: 125, respirasi 35. Didapatkan distensi perut. Apa penyebab shock pada keadaan ini;
a. Rupture lien
b. Rupture hati
c. Rupture ginjal
d. Perdarahan retro peritoneal
e. Rupture colon

106. 3 orang pasien dibawa oleh relawan ke UGD post bencana alam. Hanya ada 1 dokter jaga dan perawat. Relawan mengatakan akan datang 5 korban lagi dalam waktu 30 min. Dokter jaga telah menghubungi dokter lainnya untuk datang ke UGD. Apa tindakan tepat yang dilakukan:
a. Rujuk semua pasien untuk mengurangi mortalitas
b. segera melakukan triase ke gawat daruratan
c. penanganan konservatif
d. stabilisasi
e. menghubungi rumah sakit terdekat

107. Seorang laki-laki umur 60 tahun, datang ke praktek dengan  benjolan sebesar telur ayam di perut bawah kiri sejak pagi tadi, benjolan hilang timbul, timbul ketika mengedan dan loncat-loncatan dan menghilang jika berbaring. Pada pemfis teraba benjolan diatas lipatan inguinal, valsava test (+) apa diagnosis yang mungkin?
a. hernia inguinalis
b. hernia umbilicalis
c. hernia hiatal
d. hernia femoralis
e. hernia scrotalis

108. Peneliti ingin mengetahui hubungan kejadian Difteri dengan  rendahnya cakupan imunisasi, tetapi tidak ada data. Metode penelitian:
a. Potong lintang
b. Cohort
c. Kualitatif
d. deskriptif
e. analitik

109. Seorang perempuan 26 tahun datang dengan  keluhan batuk sejak 3 minggu yang lalu. Pada anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan foto rontgen thorak dokter mendiagnosis TB paru dengan  BTA + dan akan diberikan terapi. Pasien sedang menyusui bayi usia 2 tahun. Apa edukasi yang diberikan pada pasien ini?
a. Tidak menyusui karena dapat menularkan TB
b. Tidak menyusui karena obat TB paru dapat mempengaruhi ASI
c. Menyusui bayi dan diberi profilaksis Rifampisin
d. Menyusui bayi dan diberikan profilaksi INH
e. Menyusui bayi dan tidak diberikan profilaksis karena TB tidak berbahaya

110. laki-laki usia 23 tahun masuk ke IGD dengan  nyeri pada kedua tungkai setelah kecelakaan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 110/70 mmHg, nadi, 90 kali/menit, respirasi, 16 kali/menit, krepitasi, nyeri tekan, pemeriksaan radiologis yang dibutuhkan adalah?
a. foto 2 posisi
b. foto 1 posisi
c. foto anterior
d. foto lateral
e. foto posterior

111. Anak laki-laki, umur 15 tahun masuk dengan  keluhan benjolan pada lengan atas. Benjolan tersebut tidak merah, tapi bila diraba nyeri. Pada pemeriksaan radiologi didapatkan hasil adanya reaksi periosteal dan lesi sklerotik pada humerus. Apa diagnosisnya?
a. Osteomielitis akut
b. Osteomielitis kronik
c. Osteosarcoma
d. Osteochondroma
e. Ewing sarcoma

112. Wanita 65 tahun datang ke IGD dengan  tangan kanan sakit, riwayat jatuh dengan  tangan menopang. Pada pemeriksaan fisis didapatkan TD 110/70 mmHg, nadi, 90 kali/menit, respirasi, 16 kali/menit, tampak tangan bagian distal angulasi ke dorsal, deformitas (+), nyeri tekan (+), nyeri sumbu (+), apa diagnosisnya ?
a. Fr. Colles
b. Fr. Montegia
c. Fr. Galeazzi
d. Fr. Radius-ulna
e. Fr. Humerus

113. Seorang laki-laki umur 60 tahun, datang ke praktek dengan  benjolan sebesar telur ayam di perut bawah kiri sejak pagi tadi, benjolan hilang timbul, timbul ketika mengedan dan loncat-loncatan dan menghilang jika berbaring. Pada pemfis teraba benjolan diatas lipatan inguinal, valsava test (+) apa diagnosis yang mungkin?
a. hernia inguinalis
b. hernia umbilicalis
c. hernia hiatal
d. hernia femoralis
e. hernia scrotalis

114. Seorang anak usia 5 tahun datang ke rumah sakit bersama ibunya dengan  keluhan mata merah sejak 5 hari yang lalu. Mata juga dirasakan gatal, pandangan tidak kabur dan berair. Pada pemeriksaan ofalmologi pada konjungtiva tampak cobble stone. Penatalaksanaan?
a. Koritkosteroid
b. Antibiotic
c. Antijamur
d. Antihistamin
e. Antiviral

115. Wanita usia 30 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan mata merah dan diikuti dengan  pandangan kabur, silau. Pada pemeriksaan oftalmologi terdapat penurunan visus, Fluorescence (+) dan tampak lesi satelit. Diagnosa yang tepat adalah:
a. Ulkus kornea jamur
b. Ulkus kornea virus
c. Endoftalmitis
d. Konjungtivitis bakteri
e. Konjungtivitis viral

116. Anak usia 12 tahun datang bersama orangtuanya ke rumah sakit dengan  keluhan matanya kabur sejak 3 hari yang lalu. Tidak ada rasa gatal, tidak nyeri. Pada pemeriksaan lensa Mata kiri S-8. Mata kanan S-2. Kelainan ini merupakan?
a. Ansimetrop
b. Hipermetropi
c. Heterotrop
d. Presbiop
e. Myopia

117. Seorang anak usia 8 tahun datang bersama ibunya dengan  mata merah sejak 1 hari yang lalu. Mata juga dirasakan gatal, berair pandangan tidak kabur. pada konjungtiva palpebra ditemukan cooble stone app. Penyebab pada kasus ini adalah…
a. Virus
b. Bakteri
c. Jamur
d. Alergi
e. parasit

118. Pasien datang pada anda dengan  keluhan nyeri ulu hati. Pasien merasa penyakit ini diakibatkan oleh karena dokter sebelumnya salah memberikan obat. Pasien sebelumnya berobat dengan  keluahan nyeri sendi dan diberikan obat (lupa obatnya apa). Dari hasil pemeriksaan laboratorium, didapatkan hasil normal dan anda hanya mendiagnosis sebagai dyspepsia. Tindakan anda pada pasien?
a. Menyalahkan diagnosis dokter sebelumnya
b. Memberitahu pasien bahwa berdasarkan pemeriksaan saat ini pasien menderita dyspepsia.
c. Memberikan obat pasien tanpa sepengetahuan pasien
d. Memberitahu pasien bahwa nyeri ulu hati dapat merupakan efek samping dari obat nyeri sendi dan saat ini pasien menderita dyspepsia

119. Seorang anak laki-laki 8 tahun, mengeluh muncul bintil-bintil (papul) pada lipat siku dan lipat lutut, setelah pasien bermain di atas karpet. Pasien pernah mengalami hal serupa pada saat usia lima tahun. Kakak pasien juga sering mengalami bersin-bersin. Tes yang dapat dilakukan yaitu:
a. Intradermal
b. Subkutis
c. Subdermal
d. Tes tusuk
e. Tes temple

120. Anak berusia 4 tahun datang ke puskesmas bersama ibunya mengeluh gatal- gatal di sela jari tangan dan kaki, terutama saat malam hari. Dari pemeriksaan fisik didapatkan “kunikulus” dengan  papula-pustula. Empat saudara yang lain mengalami hal yang serupa. Terapi yang sesuai:
a. Krim hidrokortison
b. Krim deksametason
c. Krim asam fusidat
d. Krim permetrin
e. Krim gameksan

121. Seorang wanita 28 tahun datang dengan  keluhan luka-luka pada kemaluan sejak 1 minggu. Pada pemeriksaan didapatkan luka dengan  dasar bersih, tepi tidak menggaung, di sekitar luka tidak didapatkan adanya tanda-tanda inflamasi. Penyebab luka tersebut kemungkinan berasal dari :
a. Treponema pallidum
b. Neisseria gonorrhoea
c. Trichomonas vaginalis
d. Chlamydia trachomatis
e. Gardnerella vaginalis

122. Anak laki-laki datang ke puskesmas dengan  keluhan demam 3 hari. Kemudian muncul ruam makulo papula superfisial konfluen mulai dari wajah kemudian ke badan. Sebelumnya belum pernah imunisasi. Hasil laboratorium : DL, Hb dbn, leukosit, trombosit, hematokrit dbn. Hitung jenis Eosinofil/Basofil/Staf/Segment/Limfosit/Monosit = 2/0/4/40/50/2. Apakah diagnosisnya..
a. Morbili
b. Varicella
c. Roseola infantum
d. Staphylococcus
e. Streptococcus

123. Seorang wanita 35 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan berdebar-debar sejak 2 bulan yang lalu, disertai dengan  gemetar dan berkeringat. Pemeriksaan apa yg sesuai dengan  gejala tersebut?
a. FT4, TSH
b. FT3, FT4
c. FT3, FT4 dan TSH
d. FT4 dan sidik tiroid
e. FT4 dan USG tiroid

124. Seorang anak laki-laki usia 5 tahun dibawa orang tuanya ke UGD karena mengalami patah tulang lengan kiri atas. Menurut orang tua pasien, anaknya terjatuh dari sepeda, sedangkan pasien tidak memberitahukan tentang penyebab cedera dan hanya menangis, dari pemeriksaan fisik ditemukan tanda kekerasan. Apa kaidah dasara moral yang diutamakan dalam menangani kasus ini?
a. Honesty
b. Autonomy
c. Justice
d. Beneficence
e. Non maleficence

125. Beberapa jam setelah berlangsunya perpisahan SMP yang dihadiri 150 orang, 125 orang berobat ke puskemas karena diare, muntah, dari anamnesis didapatkan 100 orang makan pecal, 25 orang tidak makan. Hasil laboratorium menunjukan adanya E. coli, penelitian yang cocok untuk menilai hubungan antara pajanan dan penyakit tersebut adalah?
a. Cross sectional
b. Cohort
c. Deskriptif
d. Case report
e. Case control

126. Seorang ibu datang membawa anaknya korban pemerkosaan meminta untuk di lakukan visum et repertum. Tanpa ada pengantar dari polisi. Apa yang seharusnya dilakukan oleh dokter?
a. Meminta keluarga ke kantor polisi terlebih dahulu
b. Melakukan pemeriksaan, dan kemudian menelpon hasilnya pada polisi
c. Melakukan pemeriksaan, mamberikan salinan rekam medis
d. Membuat informed consent kemudian periksa
e. Melakukan pemeriksaan dan tidak memberitahu hasilnya kepada pasien

127. Pria usia 17 tahun datang untuk memeriksaan mata ke puskesmas dengan  keluhan kedua mata merah sejak 3 hari yang lalu. Saat bangun pagi pasien sulit membuka matanya karena banyak kotoran mata. Mata tidak nyeri, tidak kabur, namun terasa silau. Tidak ada riwayat trauma. Disekolah banyak temannya yang menderita sakit yang sama. Diagnosis yang mungkin adalah?
a. Iridosiklitis
b. Konjungtivitis
c. Uveitis
d. Keratitis
e. Iritis

128. Wanita usia 30 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan mata merah dan diikuti dengan  pandangan kabur, silau sejak 3 hari lalu. Sebelumnya pasien matanya terkena bola bulu tangkis. Pada pemeriksaan oftalmologi terdapat penurunan visus, hifema. Lensa dan funduskopi sulit dinilai. Apa yang menyebabkan penurunan penglihatan?
a. Hifema
b. Ptosis
c. Lesi pada nervus opticus
d. Fotofobia
e. Iritasi pada chiasma

129. Pasien umur 39 tahun datang dengan  keluhan penglihatan kabur dan mata cepat lelah sejak 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan didapatkan OD+5 OS+6 kelainan ini merupakan?
a. Hipermetrop
b. Presbiop
c. Astigmatisme
d. Myopia
e. Anisometrop

130. Seorang laki-laki datang dengan  keluhan penurunan penglihatan. Riwayat terkena tumbuhan ketika bekerja. Mata merah, nyeri, silau, terdapat kotoran mata. Dari pemeriksaan didapatkan tampak lesi satelit pada kornea, injeksi kornea, konjungtiva hiperemis, visus 6/72. Apa diagnosanya..
a. Keratitis bakteri
b. Konjungtivitis alergi
c. Keratitis jamur
d. Keratokonjungtivitis
e. Keratitis Viral

131. Seorang laki-laki 30 tahun datang dengan  keluhan penurunan penglihatan. Riwayat trauma terbentur batu. Dari pemeriksaan fisik didapatkan hifema, perdarahan subkonjungtiva (lupa yg lain). Pemeriksaan tambahan apa yang tepat dilakukan untuk membantu diagnosa..
a. Refraktometri
b. Kampimetri
c. Keratometri
d. Tonometri
e. Slit lamp

132. Seorang pria berusia 45 tahun datang ke rumah sakit dengan  keluhan memasukkan kawat timah melalui uretra sampai vesica urinaria. Saat kawat ditarik keluar, timbul rasa sakit, dan berdarah. Penderita sudah sering melakukan hal ini karena menimbulkan rasa nikmat. Menurut istrinya, sejak satu tahun ini kadang- kadang ia mengikat penisnya dengan  tali atau menusukkan penisnya dengan  kawat sampai berdarah. Gangguan apa yang dialami pria ini:
A. Disfungsi orgasme
B. Pedofilia
C. Ekshibionisme
D. Masokisme
E. Fetihisme

133. Seorang pasien datang kedokter dengan  memaksa ingin melakukan ct-scan atau EEG karena pasien merasa ada penyakit dikepalanya. Sedangkan dokter menjelaskan bahwa tidak ada gangguan pemeriksaan fisik dan lainnya.Apa diagnosa pasien diatas?
a. Gangguan Somatic
b. Ganngguan konversi
c. Gangguan somatoform
d. Gangguan keperibadian
e. Hipokondriasis

134. Laki-laki 35 tahun datang ke IGD RS, diantar oleh keluarganya karena pasien sering bicara kacau, mengamuk dan merusak toko tetangganya. 6 bulan yang lalu pasien mengalami kerugian, pasien kecewa dan merasa semua ini adalah konspirasi antar pedagang yang tidak sehat, pasien merasa diguna-guna tetangganya, kemudian pergi kedukun untuk meminta pertolongan menggunakan jimat-jimat. 2 minggu terakhir pasien merasa ada yang ingin membunuhnya karena ada bisikan-bisikan yang selalu mengancamnya. Sejak saat itu pasien selalu waspada, tidak mau keluar rumah dan tidak mau ke tempat umum, rumah dan tokonya pun digembok dan dirantai, pasien adalah seorang pedagang dan belum menikah. Apakah diagnosa pasien tesebut?
a. Episodik manik dengan  gejala psikotik
b. Gejala afktif bipolar
c. Skizofrenia hebefrenik
d. Skizofrenia paranoid
e. Skizofrenia katatonik

135. Pasien Perempuan 73 tahun mengeluh suka lupa ketika menaruh barang. Pasien juga sering marah-marah kepada suaminya. Diagnosis
a. Demensia
b. Skizofrenia
c. Ggg anxietas
d. Ggg cemas menyeluruh
e. Ggg psikotik

136. Seorang wanita usia 24 tahun datang dengan keluhan lupa minum pil KB pada hari ke 17, 18. Sebagai dokter apa yang anda sarankan?
a. Minum 1 pil hari ini, 2 pil esok harinya
b. Minum 2 pil hari ini, 2 pil esok harinya
c. Tetap lanjut
d. Langsung minum 3 pil
e. Stop pikirkan kontrasepsi lainnya

137. Seorang perempuan, 35 tahun datang ke RS dengan  perdarahan dari jalan lahir sedikit-sedikit sejak 1 minggu yang lalu. Pasien sat ini sedang hamil 2 bulan. Pasien telah menikah 6 tahun dan belum mempunyai anak. Pemeriksaan Fisik pasien tampak anemis. Pemeriksaan Dalam Vagina uterus sebesar UK 8 minggu, nyeri goyang portio (+), parametrium kiri dan kanan tidak teraba massa, cavum douglasi menonjol. Diagnosis yang tepat adalah :
a. KET
b. Mola Hidatidosa
c. Abortus Inkomplit
d. Abortus imminens
e. Abortus Komplit

138. Seorang wanita, 26 tahun, G2P1A0 dengan  usia kehamilan 8 bulan datang ke puskesmas dengan  keluhan demam sejak 3 hari yang lalu, pasien sudah minum obat demam namun demamnya tidak turun. TD : 110/80 N:80x/m RR:20x/m S:37,8°C. Didapatkan pembesaran tonsil T2-T2. Terapi yang sesuai adalah :
a. Eritomisin
b. Tetrasiklin
c. Kloramfenikol
d. Tiamfenikol
e. Ciprofloxacin

139. Seorang perempuan, 30 tahun dengan  G2P1A0 usia kehamilan 41 minggu datang dengan  keluar darah dari jalan lahir. Darah berwarna merah segar, tidak ada nyeri perut, perdarahan ini yang kedua kali dialami. Tanda vital dalam batas normal. Dari hasil USG 1 minggu yang lalu didapatkan plasenta pada segmen bawah rahim dan menutupi OUI. Apa tindakan yang di lakukan :
a. Partus pervaginam
b. Observasi
c. Drips Oksitosin
d. Persiapkan SC segera
e. PDV di meja operasi

140. Pasien G3P2A0 38 minggu datang dengan  keluhan nyeri pada perut dan perdarahan pada vagina, darah berwarna gelap. sebelumnya pasien berobat di bidan dan dilakukan versi luar karena letak lintang. Ada riwayat HT sejak UK 32 minggu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi: 60 kali/menit, respirasi: 14 kali/menit,konjungtiva Anemis (+). DJJ(-). Apa Diagnosa yang tepat?
a. Ruptur uteri
b. Abortus inkomplit
c. Plasentia previa
d. Solusio plasenta
e. KET

141. Pria 24 tahun datang ke puskesmas dengan  nyeri kepala sebelah terasa berdenyut. Keluhan diawali dengan  mual, muntah, dan jika terkena sinar atau dengan  suara bising. TD: 100/60 mmHg, nadi: 60 kali/menit, respirasi: 14 kali/menit, dan tidak ada kelainan pada pemeriksaan lain. Kemungkinan besar pasien ini menderita?
a. Migren dengan  aura
b. Migren tanpa aura
c. Tension headache
d. Cluster headache
e. Neuralgia trigeminal

142. Pria usia 30 tahun datang ke poliklinik dengan  keluhan mulut mencon kanan. Keluhan disertai mata kanan tidak bisa menutup, tidak ada keluhan bicara pelo ataupun kelemahan anggota gerak. Pada pemeriksaan fisik diperoleh kesadaran composmentis, TD: 120/80 mmHg, nadi : 80 kali/menit, respirasi : 18 kali/menit. Pada pemeriksaan neurologi didaptkan parese N.VII kanan perifer. Apa diagnosis yang paling tepat?
a. Periodic paralisis
b. Miastenia gravis
c. Bell’s palsy
d. TIA
e. Stroke

143. Pria usia 55 tahun datang ke IGD dengan  keluhan lemas separuh badan kiri. Pasien diketahui memiliki riwayat hipertensi sejak 12 tahun yang lalu dan meroko 2 bungkus/hari selama 28 tahun. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan TD: 170/100 mmHg, nadi 90 kali/menit, respirasi : 18 kali/menit, suhu : 36,9°C. reflex patologis -/+. Pemeriksaan penunjang yang tepat untuk membantu menegakan diagnosis adalah?
a. MRI
b. EEG
c. EKG
d. CT SCAN
e. Angiografi

144. Pria usia 45 tahun datang dengan  keluhan nyeri kepala sebelah sejak 1 minggu yang lalu. Nyeri bersifat hilang dan timbul, dirasakan terutama disekitar bola mata dan pelipis,disertai mata merah dan berair. Pada pemeriksaan fisik tidak mengalami kelainan. Wanita ini menderita?
a. Migren tanpa aura
b. Trigeminal neuralgia
c. Tension headache
d. Cluster headache
e. Migren dengan  aura

145. Seorang anak umur 3 tahun dibawah ke RS dng keluhan sesak napas yang disertai dengan  suara serak dan nyeri menelan. Riwayat demam tinggi. Dari pemeriksaan fisis ditemukan mulut berbau, pembesaran tonsil T2-T2 dengan  pseuodomembran. Diagnosis yang tepat adalah?
a. Tonsilitis Difteri
b. Tonsilolaringitis
c. Tonsilofaringitis
d. Tonsilofaringeolaringitis eutika.
e. Tonsilofaringolaringitis difteri

146. Anak usia 2 tahun datang ke puskesmas diantar ibunya dengan  keluhan sakit pada telinga kiri, disertai demam dan gangguan pendengaran selama 1 minggu terakhir. Ada riwayat batuk pilek sebelumnya. Dari pemeriksaan fisik didapatkan suhu: 39,5°C, pada otoskopi ditemukan membrane timpani intak, hiperemi, dengan  supurasi telinga tengah. Diagnosis yang tepat adalah?
a. Otitis media akut
b. Otitis media supuratif kronik
c. Mastoiditis
d. Otitis eksterna sirkumsripta
e. Otitis eksterna difusa

147. Wanita usia 25 tahun, datang ke klinik dengan  keluhan rasa tersumbat pada hidungnya. Tidak disertai bersin bersin dan tidak disertai flu dan demam. Pada pemeriksaan rinoskopi anterior didapatkan ada benjolan yang putih pucat dan berisi air. Apa diagnosisnya?
a. Polip nasi
b. Sinusitis
c. Rhinitis
d. Benda asing
e. Rhinitis atrofi

148. Seorang laki-laki datang dengan  keluhan sakit kepala yang diikuti keluar cairan dari hidung yang berbau busuk. Pada pemeriksaan didapatkan nyeri tekan pada daerah pipi. Diagnosis yang tepat adalah?
a. Rhinitis vasomotor
b. Rhinitis alergi
c. Sinusitis
d. Rhinitis atrofi
e. Polip nasi

149. Seorang laki-laki datang dengan  keluhan sakit kepala yang diikuti keluar cairan dari hidung yang berbau busuk. Pada pemeriksaan didapatkan nyeri tekan pada daerah pipi. Sinus apa yang terinfeksi pada kasus tersebut?
a. Sinus maxillaris
b. Sinus frontalis
c. Sinus ethmoidalis
d. Sinus sfenoidalis
e. Sinus anterior

150. Seorang bayi usia 8 hari dibawa ke rumah sakit oleh orangtuanya dengan  keluhan berupa benjolan pada bagian punggung bawah. Pada pemeriksaan didapatkan defek pada penutupan neural tube di daerah lumbosakral. Apakah penyebab kelainan ini?
a. Kekurangan pemberian Fe waktu hamil
b. Kekurangan pemberian asam folat waktu hamil
c. Kelebihan konsumsi alcohol waktu hamil
d. Infeksi toxoplasma waktu kehamilan
e. Genetik

151. Bayi umur 10 hari masuk rumah sakit diantar orangtuanya dengan  keluhan sianosis yang dialami sejak lahir dan memberat ketika menangis. Lahir di bidan, cukup bulan, segera menangis, sianosis. Dari pemeriksaan thorax Murmur ejeksi sistolik pd pinggir sternum kiri Dari pemeriksaan radiologi didapatkan gambaran berikut
Apa Diagnosis yang paling mungkin?
a. TOF
b. VSD
c. PDA
d. ASD
e. PDA

152. Laki-laki usia 60 tahun masuk dengan  nyeri perut, sudah 4 hari tidak kentut dan tidak BAB, disertai kembung, mual, muntah,demam sejak 1 hari yang lalu. Sebelumnya perut pernah dipijat oleh tukang pijat, setelah dipijat terasa tidak nyaman . Pada pemeriksaan fisis didapatkan kesadaran composmentis TD: 100/50 mmHg, nadi : 54 kali/menit, respirasi 12 kali/menit, suhu: 37,80°C, distensi abdomen, peristaltic meningkat,metallic sound, terdapat darm contour , darm steifung, hasil dari gambaran radiologi foto polos abdomen herring bone sign. Apa diagnosisnya?
a. Ileus paralitik
b. Ileus obstruktif
c. Tumor colon
d. Tumor pancreas
e. Tumor hati

153. Seorang anak umur 2 tahun diantar ibunya dengan  keluhan berat 6 kg. Riwayat menyusu ASI selama 3 bulan. Anak bermuka tua, baggy pants, rambut merah gampang dicabut. Diagnosa:
a. Marasmus
b. Marasmus kwarshiorkor
c. Kwarshiorkor
d. Defisiensi vitamin
e. Kurang gizi

154. Anak umur 5 tahun dengan  riwayat vaksin tidak lengkap. Saat ini datang dengan  keluhan bintik merah pada belakang telinga, leher, dan tubuh. Vaksin yang mungkin belum diberikan:
a. BCG
b. DPT
c. Hep B
d. Campak
e. MMR

155. Anak 5 th dibawa ke tempat praktek dengan  Keluhan gigi berwarna kecoklatan sejak umur 3 tahun sering diberikan obat antibiotic dari PKM. apa penyebab gigi kecoklatan tersebut?
a. Amoksilin
b. Tetrasiklin
c. Gentamisin
d. Pensilin
e. Sefalosporin

156. Perempuan, 16 thn, diantar ibunya karena Berat badan menurun drastic dari 65 kg menjadi 41 kg dalan 6 bln terakhir. Pasien merasa dirinya gemuk dan masih perlu menurnkan BBnya. Pasien menyangkal adanya kebiasaan makan berlebihan dan memuntahkannya. Diagnosis pasien ini?
a. Depresi
b. Bulimia nervosa
c. Anorexia nervosa
d. Gang obsesif kompulsif
e. Penyalahgunaan zat psikoaktif

157. Seorang perempuan diantar keluarganya ke UGD RS dengan  keluhan sering keluar rumah tanpa tujuan dan berbicara terus-menerus. Pada status mental didapatkan penampilan sangat mencolok, memakai lipstick yang berwarna merah terang dengan  bedak yang tebal. Kurang lebih 3 bulan yang lalu, pasien pernah ingin bunuh diri, tidak mau makan, tidak mau berbicara dan tidak mau keluar rumah.Diagnosis yang paling mungkin?
a. Gangguan skizoafektif tipe mania
b. Mania dengan  gejala psikotik
c. Depresi dengan  gejala psikotik
d. Gangguan bipolar episode kini depresi
e. Gangguan bipolar episode kini mania

158. Seorang pria masuk dengan  keluhan nyeri akibat terus-menerus selama 4 jam, ereksi terlihat pada penis, namun tidak pada penisnya. Tidak ada gairah seksual, diangnosis pada pasien ini?
a. Priapismus
b. Penyakit peyroni
c. Fimosis
d. Parafimosis

159. Wanita usia 26 tahun dengan  G2P1A0 usia kehamilan 8 bulan, datang untuk melakukan pemeriksaan ulang, sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 2 kali dan dinyatakan dalam keadaan normal. Dari hasil pemeriksaan menunjukan TD 130/90 mmHg, TFU 28 cm, DJJ 150 kali/menit, Leopold letak melintang, protein urine (+) dan terdapat edema ringan pada tungkai bawah. Apakah diagnosis untuk pasien ini?
a. Ekalmpsia
b. Pre eklampsia ringan
c. Pre eklampsia berat
d. Hipertensi gestasional
e. Super imposed eklampsia

160. Wanita usia 25 tahun datang dengan  keluhan keluar darah dari kemaluan dengan  warna merah segar, tidak ada nyeri, HPHT 6 minggu, pemeriksaan VT didapatkan bercak darah di OUE, tidak ada jaringan, uterus menutup. Diagnosis yang mungkin adalah?
A. Abortus iminens
B. Abortus insipient
C. Abortus inkomplit
D. Kehamilan ektopik
E. Missed abortion

161. wanita usia 25 tahun datang ke klinik dengan  keluhan lemas, mual di pagi hari dan mata berkunang-kunang. Dari anamnesis diketahui bahwa 2 bulan sudah tidak mengalami haid, hasil tes kehamilan (+). Pada pemeriksaan fisik tampak konjungtiva anemis, TD : 90/60 mmHg, nadi 58 kali/menit, respirasi 14 kali/menit, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium diperoleh Hb 8,5 gr/dL dan apusan darah tepi hipokrom mikrositer. Terapi apa yang paling tepat?
a. Tiamin
b. Piridoksin
c. Asam folat
d. Tablet Fe
e. Cyanokobalamin

162. Wanita usia 24 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan keluar darah dari kemaluan. Dari anamnesa didapatkan haid terakhir 3 bulan yang alalu dan haid sebelumnya teratur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD : 120/80 mmHg, nadi 85 kali/menit, respirasi 18 kali/menit, dan statu obstetric didaptkan TFU ½ pusat simfisis, balotement (-), DJJ (-) dan pada pemeriksaan VT teraba jaringan. Apa diagnosis pada psien ini?
a. Mola hidatidosa
b. Abortus inkomplit
c. Abortus iminens
d. Abortus insipiens
e. KET

163. Wanita usia 28 tahun dengan  G4P3A0 usia kehamilan 32 minggu datang ke UGD karena merasa ingin melahirkan. Dari hasil pemeriksaan didapatkan TD: 140/90 mmHg, denyut nadi 120 kali/menit. Diputuskan untuk segera melahirkan janin dari pasien. Tindakan apa yang dapat dilakukan untuk proses pematangan paru janin?
a. Steroid
b. Salbutamol
c. Misoprostol
d. Prednisone
e. Deksametason iv

164. Wanita usia 27 tahun dengan  P3A0 datang ke IGD karena mengalami perdarahan setelah melahirkan di puskesmas 1 hari yang lalu. Berat bayi diketahui 4100 gr, pada pemeriksaan vital sign didapatkan TD 90/70 mmHg, nadi 70 kali/menit. Respirasi 28 kali/menit. Penanganan awal yang tepat untuk pasien ini?
a. Kompresi bimanual
b. Transfuse darah
c. Resusitasi cairan
d. MgSO4
e. Cek darah rutin

165. Wanita usia 35 tahun datang bersama suaminya ke IGD dengan  keluhan sesak napas. Keluhan ini dirasakan setelah mengalami kecelakaan sebelumnya. Dari pemeriksaan fisik didapatkann TD 90/70 mmHg, nadi 65 kali/menit, akral dingin, tampak jejas di daerah sternum, vena jugularis distensi, suara napas vesikuler kedua paru, kemudian diberi cairan 2 liter tetapi tidak ada respon bermakna terhadap tekanan darah. Apa diagnosis pasien tersebut?
a. Penumotoraks
b. Hematothorax
c. Rupture aorta
d. Cardiac tamponade
e. Fraktur sternum

166. Pria usia 30 tahun dibawa oleh keluarganya ke IGD karena mengalami kecelakaan. Pasien mengeluh nyeri dada, batuk, sulit bernapas. Dari pemeriksaan fisik ditemukan hematom pada dinding dada sebelah kiri, hasil foto rontgen diperoleh gambaran lusen di lateral tanpa corakan paru, hemitoraks dan disertai pendesakan mediastinum kontralateral. Diagnosis pada pasien ini adalah?
a. Hidropneumotoraks
b. Hematotoraks
c. Pneumotoraks
d. Pneumomediastinum
e. Hernia diafragmatika

167. Wanita usia 50 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan nyeri pada bagian ujung ibu jari dan telunjuk tangan kanan terutama pada pagi hari, disertai kaku dan pembengkakan pada jari-jari tangan kanan I,II,III yang dapat hilang sendiri apabila sudah digerak-gerakan kurang lebih 10 menit. Selama 20 tahun pasien memiliki riwayat diabetes, pasien juga mengeluh nyeri tenggorokan. Hasil pemeriksaan fisik didapatkan TD: 120/80 mmHg, nadi: 80 kali/menit, bengkak, kemerahan dan nyeri pada jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan. Pada laboratorium Hb: 12 g/dL LED: 20 mm/jam HMT: 40% asam urat: 5,0 mg/dL factor rheumatoid serum (+), GDS: 230 mg/dL. Diagnosis yang paling mungkin terhadap pasien ini adalah
a. Arthritis pirai
b. Arthritis reumathoid
c. Osteoarthritis
d. Miositis
e. Osteomalasia

168. Seorang anak berusia 4 tahun datang ke puskemas dengan  keluhan mengalami bengkak sejak 5 hari yang lalu. Bengkak terjadi di wajah dan mata, mulai pagi hari dan menghilang di sore hari. Hasil pemeriksaan menunjukan preteinuria (+4), ureum 20, kreatinin 0,6. Kemungkinan diagnosisnya adalah..
b. Infeksi saluran kemih
d. Glomerulonefritis akut

169. Wanita usia 25 tahun datang dengan  keluhan sering mengeluh berdebar-debar. BB menurun dan tidak tahan panas. Pada pemeriksaan, didapatkan TD: 150/90 mmHg, nadi: 100 kali/menit, respirasi: 28 kali/menit, suhu: 37,9°C, teraba pembesaran kelenjar tiroid. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan TSH Normal, T3 dan FT 4 meningkat. Terapi yang tepat bagi pasien adalah?
a. PTU
b. Larutan lugol
c. Iodium
d. Propanolol
e. Glucagon

170. Seorang perempuan berusia 60 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan badan lemas, nafas pendek dan bengkak pada kedua pergelangan kaki. Pada pemeriksaan fisik diperoleh tekanan darah 100/60, denyut nadi 90 x/menit, frekuensi nafas 28 x/menit. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 4,0 g/dL, dan didapatkan sediaan darah makrositik. Apakah diagnosis yang paling mungkin?
a. Anemia hemolitik autoimun
b. Anemia defisiensi besi
c. Hipotiroiditis
d. ITP
e. Anemia pernisiosa

171. Seorang laki-laki berumur 42 tahun datang ke praktek dokter untuk memeriksakan rutin tekanan darahnya. Pemeriksaan tekanan darah 150/90 pada dua kali pengukuran. Pasien sudah menderita diabetes mellitus (DM) selama 2 tahun namun tidak minum obat teratur. Pasien memiliki riwayat merokok 1 bungkus per hari. Obat anti hipertensi apa yang diberikan pada pasien ini?
a. Captopril
b. Furosemid
c. Metyldopa
d. Nifedipin
e. Propanolol

172. Seorang laki-laki berusia 34 tahun, datang ke poliklinik rumah sakit dengan  keluhan badan lemah dan lemas sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan disertai dengan  buang air kecil sedikit hanya 2 gelas per hari. Pada pemeriksaan fisik didapatkan berat badan 60 kg, TD 135/80 mmHg, RR 18x/menit, HR 80x/menit. Pada pemeriksaan laboratorium darah didapatkan Hb 12,4 g/dl, ureum 51,8 mg/dl, creatinin 2,6 g/dl. Pemeriksaan laboratorium urin ditemukan protein urin (++), eritrosit 50-100/LP. Apakah diagnosa yang paling tepat?
a. Sindrom nefrotik
b. Sindrom nefritik akut
c. Rapidly Progressive Glomerulonephritis
d. Chronic renal failure
e. Stadium failure of acute kidney injury

173. Seorang laki-laki 22 tahun datang dengan  keluhan sesak nafas tiba-tiba. Pasien telah menderita batuk yang lama dan dalam pengobatan TB. Pada pemeriksaan paru  didapatkan. Inspeksi: asimetris, dada kanan cembung. Palpasi: dada kanan tertinggal. Perkusi: hipersonor di paru kanan. Auskultasi: suara vesikuler paru kanan menghilang. Apakah komplikasi yang terdapat pada kasus ini?
a. Efusi pleura
b. Pneumonia
c. Pneumotoraks
d. Empiema
e. SOPT

174. Pasien perempuan usia 65 tahun datang ke UGD RS dengan  keluhan nyeri dada kiri yang menjalar ke punggung yang dirasakan sejak 5 jam yang lalu disertai mual, nyeri tidak menghilang dengan  istirahat, pada pemeriksaan didapatkan CK-MB:50, Troponin I : 3,1. Pada EKG didapatkan ST Depresi pada lead II, III, AVF. Apakah diagnose yang paling mungkin ?
A. STEMI Anteroseptal
B. STEMI Inferior
C. NSTEMI Inferior
D. STEMI Anterior
E. NSTEMI Anterior

175. Seorang perempuan usia 17 tahun datang ke poli umum dengan  keluhan demam. Ia merasa jantungnya sering berdebar-debar. Sebulan sebelumnya ia terkena infeksi tenggorokan. Pemeriksaan fisik tanda-tanda vital tensi 120/80 mmHg, nadi 100 x/menit, pernapasan 16 x/menit, suhu 38 C. Pemeriksaan fisik jantung 3 jari midclavicula dextra, Aukultasi terdengar suara Gallop. Apa Bakteri yang paling memungkinkan untuk kasus tersebut?
a. Streptokokus Hemoliticus
b. Streptokokus Viridans
c. Staphylokokus Aureus
d. Pseudomonas Aeruginosa
e. Haemophilus Influenza

176. Wanita usia 25 tahun P3A0 datang dengan  perdarahan sehabis melahirkan anak ke-7 di dukun. Dari anamnesa didapatkan Berat anak 4000 gr, Plasenta lahir spontan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD 100/70 mmHg, nadi: 70 kali/ menit, respirasi 16 kali/menit. Uterus teraba 2 jari dibawah pusat. Kontraksi uterus baik. Inspekulo didapatkan darah mengalir dari vagina. Penyebab perdarahan adalah :
a. Rest plasenta
b. Atonia uteri
c. Rupture uteri
d. Robekan pada vagina
e. Rest sisa plasenta

177. Wanita, usia 23 tahun datang kerumah sakit untuk melakukan general check up karena ingin melanjutkan pendidikan keluar negri. Rencana dilakukan pemeriksaan foto thorax dengan  posisi sinar dari arah belakang dan kaset/film berada didepan dada pasien. Bagaimana posisi foto thorax diatas ?
a. AP (antero posterior)
b. PA (postero anterior)
c. Lateral
d. Top Lordotic
e. Lateral dekubitus

178. Laki-laki 50 tahun datang ke UGD dengan  keluhan kepala terasa pusing dan penglihatan buram 1 jam yang lalu. Keluhan disertai dengan  jantung berdebar-debar dan terasa nyeri. Pada pemeriksaan didapatkan nadi : 120x/menit, respirasi : 18x/menit, TD : 100/60mmHg. Setelah pasien di EKG didapatkan gambaran Interpretasi EKG tersebut adalah ;
a. Atrial fibrilasi
b. Atrial fluter
c. Ventrikel ekstrasistol
d. Supraventrikular takikardi
e. Bundle Branch Block

179. Seorang perempuan, 50 tahun, datang dengan  keluhan nyeri dada sejak 1 jam yang lalu. Nyeri dirasakan di dada kiri dan menjalar hingga rahang dan lengan kirinya. Nyeri tidak berkurang dengan  istirahat. Pasien adalah penderita hipertensi sejak 7 tahun yang lalu, tetapi tidak rutin kontrol. Pemeriksaan fisik didapatkan TD 170/100 mmHg, nadi 100x/menit, respirasi 20 x/menit, suhu 37°C. Pemeriksaan penunjang apakah yang spesifik untuk menegakkan diagnosis?
a. HDL
b. SGOT
c. Kreatinin kinase
d. Troponin
e. LDL kolesterol

180. Seorang laki-laki berusia 50 tahun datang ke RS dengan  keluhan batuk sejak 3 bulan lalu.keluhan disertai dahak kental berwarna kekuningan. Panas badan yang tidak terlalu tinggi, keringat dimalam hari dan di ikuti penurunan berat badan. Dari hasil anamnesis pasien mengakui 3 tahun yang lalu pernah mendapat pengobatan TB dan dinyatakan sembuh. Hasil auskultasi terdengar basal bronchial dan rhonki basah dikedua paru. Satu tahun terakhir pasien mendapat pengobatan OAT kategori II namun diakhir pengobatan BTA (+). Apakah pengobatan yang akan diberikan ?
a. Kanamisisn
b. Eritromisisn
c. Kleptomisin
d. Ciprofloksasin
e. Streptomisin

181. Wanita 17 tahun datang ke dokter dengan  keluhan gatal dibokong +/- 1 tahun. Keluhan gatal berulang tiap bulan terutama setelah menstruasi. Pasien sudah berobat ke puskesmas & sudah membaik kemudian timbul lagi. Pasien gemar memakai celana pendek. Pada pemeriksaan dermatologis didapatkan plakat dengan  makula hiperpigmentasi, tepi papul-papul eritema, hiperpigmentasi, erosi, ekskoriasi dan skuama kasar. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan?
a. Pemeriksaan KOH 20%
b. Pemeriksaan gram
c. Prick test
d. Pemeriksaan histopatologis
e. Pemeriksaan lampu wood

182. Seorang wanita 32 tahun, datang dengan  keluhan sering merasa lemas dan kram otot. Ada riwayat operasi tiroidektomi karsinoma papiler 2 minggu yang lalu dan diberikan sulih terapi untuk mencegah hipotiroid. Pada pemeriksaan fisik didapatkan “facial switch” atau kerutan dahi dan pada EKG terdapat elevasi segmen T. Kelainannya adalah?
a. hiperkalemia
b. hiperkalsemia
c. hipermagnesemia
d. hipokalemia
e. hipokalsemia

183. Seorang pasien anak laki-laki usia 8 tahun datang bersama ibunya ke puskesmas dengan  keluhan demam selama 4 hari, kemudian mengeluarkan darah dari hidung, pada pemeriksaan fisik didapatkan: Tensi: 60 mmHg (palpasi), Nadi: 150x/mnt, akral dingin, Trombosit: 25.000/mm3 Penyakit yang diderita pasien ini termasuk derajat:
a. Demam Dengue
b. I
c. II
d. III
e. IV

184. Seorang pria usia 40 tahun, datang ke UGD dalam keadaan tidak sadar. Setelah pemeriksaan, pasien harus mendapat tindakan operasi segera. Dokter langsung mengoperasikan tanpa meminta persetujuan keluarga. Tindakan bioetik dokter:
a. Benefience
b. Non-benefience
c. Non-malefience
d. Autonomy
e. Justify

185. Pasien laki-laki 24 tahun datang ke UGD RS karena bercak dan ruam merah pada seluruh tubuh. Bercak disertai mata merah dan bibir lecet. Tiga hari yang lalu pasien demam, dan 1 minggu sebelumnya pasien batuk dan membeli obat tablet dan kaplet putih sendiri yang dijual bebas. Pada pemeriksaan didapatkan Tax: 38,5⁰ C, TTV dbN, konjungtiva merah dan secret (+), macula dan papula eritema serta purpura di seluruh tubuh. Pada bibir didapatkan erosi dan krusta sanguilenta. Diagnosis pasien ini:
a. Eritema multiforme
b. TEN
c. Steven Johnson syndrome
d. Angioedema
e. Urtikaria

186. Seorang laki-laki berusia 16 tahun, datang ke puskesmas dengan  keluhan demam tinggi sejak 4 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan  sakit kepala, pegal-pegal, dan muntah. Pada pemeriksaan laboratorium darah ditemukan Hb 17 g/dl, Ht 52%, leukosit 2.400/mm3. Pada pemeriksaan laboratorium urin ditemukan protein albumin A (+) dan sedimen leukosit 3-4/LPB.
Apakah diagnosa yang tepat dari kasus di atas?
a. Demam dengue
b. Demam tyfoid
c. Malaria
d. Morbili
e. Infeksi saluran kemih

187. Seorang laki-laki 50 tahun secara tiba-tiba saat tersenyum bibir mencong ke kiri, kerutan dahi sebelah kanan tidak ada, kelopak mata kanan tidak dapat menutup sempurna (lagoftalmus) deskripsi kelainan tersebut yaitu :
a. Paresis n trigeminus dextra perifer
b. Paresis n. trigeminus sinistra perifer
c. Paresisi n Fascialis dextra perifer
d. Paresis n. Fascialis sinistra perifer
e. Paresis n. optikus

188. Pria usia 38 tahun datang bersama keluarganya ke klinik dikeluhakn oleh keluarganya tangan bergetar sejak 5 hari yang lalu, keluarga bercerita pasien memiliki gangguan jiwa dan mengkonsumsi obat untuk jangka panjang. Terapi untuk menurunkan gejala tersebut adalah?
a. Trihexyphenidile
b. Amfetamin
c. Haloperidol
d. Propanolol
e. Diazepam

189. Pria usia 25 tahun masuk ke IGD diantar oleh keluarganya dengan  alas an suka mengamuk tanpa sebab dan suka mengurung diri. Dari allo anamnesis diketahui pasien sulit tidur sejak 2 bulan yang lalu, selalu merasa ada yang mengejarnya dan mendengar bisikan suara yang hendak membunuhnya. Diagonosa dari pasien ini adalah?
a. Skizoafektif
b. Psikotik akut
c. Depresi
d. Skizofrenia
e. Gangguan waham

190. wanita usia 30 tahun datang ke puskesmas dengan  keluhan benjolan pada kelopak mata sejak 4 hari yang lalu disertai nyeri. Dari hasil pemeriksaan fisik, tampak benjolan sebesar biji jagung. Warna kemerahan mengkilat dan ada nyeri tekan. Diagnosisnya adalah?
a. Abses palpebra
b. Hordeolum
c. Kalazion
d. Moluskum kontagiosum
e. Dakroadenitis

191. Pria 23 tahun datang ke klinik dengan  keluhan penglihatan kabur. Ia mengaku sering mengerjakan laporan hingga larut malam dan mengeluh tegang dibagian  leher. Selama ini tidak  ada riwayat  hipertensi, tidak  sering kencing, tidak sering minum. Hasil pemeriksaan visusnya 6/10. Diagnose untuk pasien ini adalah?
a. Astigmatisme
b. Astenopia
c. Hipermetropia
d. Myopia
e. Neuropati optic

192. Pria usia 23 tahun datang ke IGD dengan  keluhan lemah pada kedua kaki dan lengan yang dimulai dari kedua kaki kemudian berlanjut ke kedua lengan. Dari pemeriksaan fisik tanda – tanda vital dalam batas normal dan pemeriksan neurologis ditemukan hasil bahwa kekuatan otot 22/00, reflex fisiologis menurun, sensoris hipestesia. Apa komplikasi yang terjadi?
a. Vaskulitis
b. Ascending paralysis
c. Descending paralysis
d. Entrapment
e. Herniasi cerebri

193. Wanita usia 54 tahun datang dengan  keluhan penglihatan ganda. Dari anamnesa didapatkan riwayat Diabetes mellitus dan hipertensi sejak 5 tahun terakhir. Dari pemeriksaan visus kedua mata didapatkan 5/5. Kedudukan bola mata esotropia. Pergerakan bola mata kanan kesegala arah, mata kiri tidak dapat bergerak kearah temporal. Hasil pemeriksaan lain dalam batas normal. Lesi pada bagian apa yang terjadi?
a. N. III
b. N. IV
c. N. VI
d. N. VII
e. N.V

194. Seorang wanita usia 24 tahun G2P1A0 diantar suaminya ke RS karena mulas – mulas, keluar cairan dari jalan lahir pasien mengaku umur kehamilan 34 minggu. Ini merupakan kehamilan kedua pasien. Anak pertama lahir spontan. Pada pemeriksaan VT didapatkan Pembukaan 9 cm, presentasi kepala. Apa kesimpulan keadaan pasien diatas
a. G2P1A0  + 34 minggu kala 1 fase laten + LK
b. G2P1A0  + 34 minggu kala 1 fase aktif + LK
c. G2P1A0 + 34 minggu kala II fase aktif + LK
d. G2P1A0 + 34 minggu kala III fase aktif + LK
e. G2P1A0 + 34 minggu kala uri + LK

195. Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang dengan  keluhan nyeri pada sendi khususnya pada pangkal ibu jari kaki kanan. Keluhan sudah dirasakan selama 5 hari, Pemeriksaan fisik TD 140/90 mmHg, nadi : 80 kali/menit didapatkan pangkal ibu jari kaki nyeri bila digerakan, merah, bengkak. Pemeriksaan lab asam urat 7,6 mg/dl factor rheumatoid serum (-). Apa diagnose pada pasien tersebut?
a. Arthritis rheumatoid
b. Osteoarthritis
c. Arthritis gout
d. Atritis infeksi
e. Lupus eritematosus sistemik

196. Pasien laki-laki 40 tahun berbadan gemuk, datang ke praktek dengan  keluhan nyeri dada saat mendorong mobil 1 jam sebelumnya. Nyeri dada dirasa selama 30 menit. Pasien memiliki riwayat DM sejak usia 32 tahun, namun tidak rutin minum obat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran compos mentis, TD 170/90, Nadi 96 x/menit respirasi 30 kali/menit. GDS 360 gr/dL. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien tersebut?
a. Miokarditis
b. Pleuritis
d. Keganasan paru kiri
e. Pneumotoraks

197. Seorang pria 75 tahun datang ke IGD RS dengan  keluhan tungkai kiri bengkak sejak 3 hari yang lalu. Sehari-hari pasien sering menghabiskan waktunya dengan  berbaring, makan sedikit-sedikit, atrofi otot tungkai (+). Riwayat Hipertensi (+). Hepar teraba 3 jari bawah arcus costae. JVP meningkat. Diagnosis yang paling mungkin pada kasus tersebut adalah?
B. Gagal hati
D. Imobilisasi umum
E. Malnutrisi

198. Pria 55 tahun datang ke rumah sakit mengeluh sering mengalami sesak nafas. Sesak nafas dirasa bertambah saat menaiki tangga. Riwayat hipertensi sejak 10 tahun lalu. TD 150/100, Nadi 80 x/menit, RR 24 x/menit, Suhu afebris. Pemeriksaan fisik didapatkan rhonki di basal kedua paru. Diagnosis pasien tersebut?
A. Gagal jantung kanan
B. Gagal jantung kiri
D. Efusi pleura
E. Pneumotoraks

199. Seorang pria usia 35 tahun masuk IGD dengan  keluhan nyeri pada paha kanan. Riwayat tertabrak mobil sebelumnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan TD: 90/60, N: 120, RR: 30. hematom luas pada paha kanan, CRT melambat, turgor menurun. apa penanganan awal pada pasien ini:
a. Resusitasi cairan
b. Pasang splint
c. Pemberian oksigen
d. Observasi
e. Bidai

200. Seorang anak usia 12 tahun datang ke puskesmas dengan  nyeri pada tangan kiri, riwayat jatuh dari ketinggian 5 m dengan  tangan menumpu tanah terlebih dahulu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan bengkak pada lengan atas dengan  sumbu nyeri, pada lengan bawah terdapat luka terbuka 5 cm. Penanganan pertama pada pasien ini adalah:
a. Bersihkan luka
b. Pemasangan bidai
c. Pemberian analgetik
d. Pemberian antibiotic
e. Pemberian sedasi




Kata kunci pencarian : UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia) 2019, latihan soal, pertanyaan, dokumen, download, unduh, batch, unduhan, tautan, UKMPPD (Uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter) 2019 , Ujian kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter, STR, Surat tanda registrasi, Sarjana kedokteran, ijazah, wisuda, SIP, Surat izin praktek, pembahasan,  kunci jawaban, terbaru, terupdate, terkini, IDI, Ikatan dokter Indonesia, link, pdf, .pdf, doc, .doc, .docx, internship, kolegium, skp, kepaniteraan umum, sumpah dokter, sarjana kedokteran, Sked, bachelor of medical science, sumpah dokter, wisuda, kolegium, internship, ikatan dokter Indonesia IDI, MKEK, sumpah hippocrates, sumpah hipokrates, hipokratik


0 comments:

Posting Komentar

Posting Terbaru

Silahkan Like di Facebook untuk mengikuti perkembangan artikel baru

Entri Populer

Untuk Berlangganan Melalui Pemberitahuan Email

Kehidupan yang bermanfaat adalah kehidupan hebat

Ilmu adalah kunci kemajuan

Back to Top

Terima Kasih Telah Berkunjung

Pencarian untuk website ini silahkan ketik di bawah

Diberdayakan oleh Blogger.