Kamis, 11 Oktober 2018

Kumpulan Soal Latihan UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia) Bagian Ketiga

Berikut ini adalah bagian ketiga dari kumpulan latihan soal Ujian kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang telah kami himpun dari beberapa sumber, bagian pertama dapat dilihat dan dibaca di sini dan bagian kedua dapat dibaca di sini. Diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi para calon peserta ujian maupun dapat juga berfungsi untuk mengasah pengetahuan dan mengingat kembali ilmu yang telah dipelajari bagi para teman sejawat maupun mahasiswa. Jika kami sempat nanti akan turut menyertakan jawaban dan pembahasan, dan kemudian akan memposting kumpulan soal berikutnya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses dan lancar bagi yang akan menjalani UKDI.

1. Seorang wanita datang dengan keluhan nyeri pada tungkai post KLL (kecelakaan lalu lintas). Wanita duduk di samping sopir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tungkai kanan fleksi, adduksi, endorotasi. Diagnosis:
a. Dislokasi anterior
b. Dislokasi posterior
c. Fraktur columfemoris
d. Fraktur 1/3 tengah femur
e. Fraktur intratrokanterika

2. Seorang wanita 69 tahun, datang diantar keluarganya karena nyeri kepala hebat sejak 5 hari yang lalu. Ada kelumpuhan pada wajah sebelah kiri dan terllihat mengantuk. 1 bulan yang lalu pasien mengalami kelumpuhan pada badan sebelah kiri, ada riwayat trauma dengan kepala terbentur di lantai pingsan selama 5 min. T: 130/80. Diagnosis:
a. Stroke iskemi
b. PIS
c. Perdarahan epidural
d. Perdarahan subdural
e. PSA

3. Seorang pria post KLL dengan keluhan nyeri perut. Tampak perut distended, jejas di epigastrium. T: 80/60. Apa penyebab shock;
a. Ruptur lien
b. Ruptur hati
c. Ruptur ginjal
d. Perdarahan retro peritoneal

4. 3 orang pasien dibawa relawan ke UGD post bencana alam. Hanya ada 1 dokter jaga dan perawat. Relawan mengatakan akan datang 5 korban lagi dalam waktu 30 min. Dokter jaga telah menghubungi dokter lainnya untuk datang ke UGD. Apa tindakan tepat yang dilakukan:
a. Rujuk semua pasien untuk mengurangi mortalitas
b. segera melakukan triase ke gawat daruratan

5. Seorang wanita fraktur kruris datang ke UGD. Di RS tersebut tidak ada spesialis ortopedi. Yang ada hanya dokter bedah. Jarak ke spesialis ortopedi 6 jam. Apa yang harus dilakukan?
a. langsung di rujuk kespesialis ortopedi
b. penanganan konservatif
c. pasien diusulkan ditangani oleh dokter bedah setempat
d. stabilisasi kemudian dirujuk

6. Perempuan datang dengan keluhan nyeri perut seluruh abdomen, distensi abdomen, nyeri lepas tekan (+), bunyi usus menurun, batas paru- hati menghilang, riwayat nyeri ulu hati berulang, riwayat pasien sering minum aspirin untuk mengatasi nyeri kepalanya. Tanda vital dalam batas normal.
Kemungkinan diagnosis dari pasien tersebut adalah
a. peritonitis primer
b. peritonitis sekunder
c. peritonitis tersier
d. foekal peritonitis
e. foreign body peritonitis

7. Seorang laki-laki umur 60 tahun, dengan benjolan sebesar telur ayam di perut bawah, benjolan hilang timbul, timbul ketika mengedan dan loncat-loncatan dan menghilang jika berbaring.  Pada pemeriksaan fisik teraba benjolan diatas lipatan inguinal,  apa diagnosis?
a. hernia nguinalis
b. hernia umbilicalis
c. hernia hiatal
d. hernia femoralis
e. hernia scrotalis

8. Pria 75 tahun, datang dengan keluhan kuning, sclera ikterik, bab berwarna dempul, apa diagnosis yang mungkin?
a. tumor hepar
b. Tumor gaster
c. tumor duodenum
d. tumor pancreas
e. tumor jejunum

9. Seorang wanita nulipara umur 45 tahun datang dengan keluhan benjolan pada payudara kanan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan pada kuadran lateral kanan atas, padat keras, terfiksir, retraksi papil, peau d orange.Diagnosis?
a. FAM
b. Ca Mammae
c. Sklerosing adenosis
d. Mastitis
e. Tuphyloides

10. Seorang wanita umur 50 tahun datang dengan keluhan keluar cairan dari puting susu disertai darah. Riwayat penggunaan kontrasepsi oral dengan siklus menstruasi normal. Pada pemeriksaan fisik tidak didapatkan benjolan, tidak ada retraksi papil, tidak ada pembesaran kelenjar. Diagnosis?
a. Papilloma intraduktal
b. Fibrokistik
c. FAM
d. Tuphyloides
e. Mastitis

11. Seorang wanita 55 tahun  datang dengan keluhan bejolan di leher sebesar bola pingpong. Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan yang ikut gerakan menelan sebesar 4 cm, mobil, konsisensi kenyal. Pm lab TSH meingkat, T3 & T4 normal. Diagnosis?
a. Tiroiditis.
b. Goiter toksik
c. Adenoma folikuler
d. Graves disease
e. Struma difusa

12. Seorang pasien datan dengan membawa hasil lab GDP: 116. HbA1c dua kali dengan hasil 6,8 dan 7. IMT normal, profil lipid normal, Tensi normal. Apa diagnosis:
a. Sindrom metabolic
b. Dm
c. Pre diabeik
d. Toleransi glukosa terganggu
e. Normal

13. Pasien datang keluhan nyeri dada sebelah kiri menjalar kelengan kiri tembus kebelakang sejak 4 jam yang lalu. EKG: ST elevasi. Penanganan pertama;
a. Aspirin oral
b. Warfarin
c. Heparin
d. Streptokinase
e. Morfin

14. Pasien disuntik antibiotik oleh dokter. Tiba-tiba pasien merasa sesak dan tercekik. Pada rekam medis pasien diketahui bahwa pasien sudah pernah disuntik obat yang sama sebelumnya. Penanganan yang dilakukan adalah:
a. Adrenalin
b. Sulfas atropine
c. Dexametason
d. Lidocain
e. Salbutamol

15. Pasien datang ke IRD dengan post KLL. Dilakukan pemeriksaan neurologis, buka mata ketika dipanggil, bicara meracau, berespon terhadap nyeri, ditemukan brill hematom, keluar cairan dari telinga, kebiruan di belakang telinga, pada pemeriksaan radiologis ditemukan ada gambaran radiolusen di os temporal. Apa diagnosis pasien di atas?
a. cedera kepala sedang+fraktur basis crania+fraktur linier os temporal
b. cedera kepala sedang + otorhea+ battle sign+ fraktur  Basis crania

16. seorang laki-laki nyeri pada tungkai setelah kecelakaan. Pada pemeriksaan didapatkan krepitasi, nyeri tekan, pemeriksaan radiologis yang dibutuhkan adalah?
a. foto 2 posisi
b. foto 1 posisi
c. foto anterior
d. foto lateral
e.     foto posterior

17. Laki-laki masuk rumah sakit dengan bengkak pada hidung dan sekitar mata setelah kecelakaan. Pada pemeriksaan fisis didapatkan hematom pada batang hidung dan hematom sekitar mata dan juga didapatkan diplopia. Diagnosis?
a. fraktur Os Nasal + fraktur Levort I
b. fraktur Nasal + fraktur Tripod
c. fraktur Nasal + fraktur mandibula 
d.     fraktur nasal + fraktur  Blow out
e.     fraktur nasal

18. Perempuan 60 tahun, mengeluh nyeri pada tungkai/punggung, tidak ada riwayat trauma. Pada pemeriksaan radiologis didapatkan osteoporosis dan tanda2 fraktur , diagnosisnya apa ?
a. fraktur kompresi
b. fraktur  Depresi
c. fraktur  Impaksi
d. fraktur patologis

19. Seorang anak 12 tahun MRS dengan penurunan kesadaran yang dialami sejak 1 jam yang lalu. Sebelumnya pasien demam, menggigil, berkeringat, nyeri otot, dan mual muntah. Dari pemeriksaan fisik didapatkan S 390C, sklera ikterik, konjungtiva anemis. Dari hasil pemeriksaan darah didapatkan ring worm dalam eritrosit. Tipe malaria yang mungkin:
a. M. falciparum
b. M. Vivax
c. M. Ovale
d. M. Malariae e.

20. Seorang bayi berumur 2 hari dibawa ibunya kontrol ke RS. Sewaktu hamil ibunya menderita hep B. Dari hasil pemeriksaan fisik bayi dalam batas normal. HbsAg (-), anti HBV (+). Yang kemungkinan dialami bayi:
a. Terinfeksi Hep B
b. Tidak terinfeksi Hep B
c. Sudah memiliki kekebalan

21. Seorang anak umur 2 tahun berat 6 kg. Riwayat menyusu ASI selama 3 bulan. Anak bermuka tua, baggy pants, rambut merah gampang dicabut. Diagnosa:
a. Marasmus
b. Marasmus kwarshiorkor
c. Kwarshiorkor
d. Defisiensi vitamin e.

22. Seorang anak laki-laki, datang dengan keluhan cepat merasa lelah dan pusing. Pada pemeriksaan didapatkan Hb 6,0. WBC 4000, Plt 155.000. MCV 70 , MCHC 24. Pada pemeriksaan didapatkan Hepar teraba 2 jr bawah arcus costa dan Spleen pada S II. Dari pemeriksaan didapatkan gambaran poikilositosis dan sel target. Maka kemungkinan diagnosis yang paling mungkin adalah : Dx :
a. Anemia hemolitik autoimun
b. anemia penyakit kronis
c. Thalasemia
d. Anemia defisiensi besi
e. Anemia defisien as. Folat

23. Jika seorang laki-laki yang mempunyai gejala-gejala anemia, dan pada gambaran ADT didapatkan gambaran poikilositosis dan sel target , menikah dengan wanita yang mempunyai gejala dan gambaran labolatorium yang sama, maka kemungkinan anaknya untuk normal adalah :
a.  0  % b. 25 % c. 50 % d. 75 % e. 100 %

24. Seorang anak laki-laki, datang dengan keluhan cepat merasa lelah dan pusing. BB cenderung tidak bertambah. Pada pemeriksaan didapatkan Hb 7,0. WBC 2500, Plt 125.000. Pemeriksaan yang dilakukan untuk menunjang diagnosis adalah :
a. ADT
b. Analisa pro thrombin
c. Aspirasi sum sum tulang
d. Elektroforesis Hb
e. N/A (medina)

25. ♀, G1P0A0, UK 2 atau 3 bulan datang dengan keluhan keluar darah dan jaringan dari  vagina. Ostium uteri terbuka 1 cm dan teraba jaringan. Kesadarn Compos Mentis. Tanda vital baik. Penatalaksanaan pada pasien ini?
a. Pemasangan infus
b. Rawat dan observasi
c. Rujuk untuk operasi
d. Lanjutkan kehamilan
e. Kuretase

26. ♀ gravid (N/A (medina) GPA dan UK, pokoknya sudah hamil tua) masuk dengan keluhan sesak, posisi janin tidak dapat ditentukan. TFU: 40 cm. LP: 110 cm. Penyebab sesak pada pasien ini?
a. Polihidramnion
27. ♀ G6P6A0 post partum 2 jam yang lalu di bidan. Masuk dengan perdarahan pervaginam, plasenta belum lahir, perdarahan 2 sarung, bergumpal-gumpal. TV: syok. Penyulit yang mungkin terjadi?
a. DIC
b. Subinvolusi Uteri
c. Ruptur Uteri
d. Prolaps Uteri
e. Hematom

28. ♀ masuk dengan keluhan nyeri perut tiba-tiba sampai hingga pingsan. TV: syok. Pasien  telah meikah selama 6 tahun, belum memiliki anak. Pasien ini dirujuk dengan tindakan?
a. Appendektomi
b. Histerektomi
c. Ooforektomi
d. Salpingektomi

29. Seorang anak, 8 tahun,datang dengan keluhan lemah dan selalu tempak pucat. Keluhan ini sudah lama dirasakan, BB cenderung tidak bertambah. Dari pemeriksaan didapatkan HB 8,0 gr/dl , WBC 4000, PLT 150.000. MCV 80, MCHC 30. Didapatkan pembesaran spleen (S II). Pembesaran Hepar (-)
Apa Dx yang paling memungkinkan
a. Anemia hemolitik autoimun
b. anemia penyakit kronis
c. Thalasemia
d. Anemia defisiensi besi
e. Anemia defisien as. Folat

30. ♀ gravid dengan keluhan nyeri kepala, nyeri ulu hati, TD: 170/110, proteinuria +3. Diagnosis
pasien ini?
a. Preeklampsia ringan
b. Preeklampsia sedangssss
c. Preeklampsia berat
d. Eklampsia

31. Seorang  laki-laki  42  tahun  datang  ke  puskesmas  dengan  keluhan  buang  air  besar cair >10x/hari disertai lendir dan darah. Keluhan disertai nyeri perut, nafsu makan berkurang dan badan terasa lemas. Pada pemeriksaan fisis didapatkan TD: 120/80 mmHg, suhu 37°C. Terdapat nyeri tekan suprasimfisis. Pada pemeriksaan tinja didapatkan ektoplasma pseudopodium dan berisi eritrosit. Apakah diagnosis yang paling tepat?
a. Skistosomiasis
b. Balantidiosis
c. Trichuriasis
d. Amebiasis
e. Giardiasis

32. Seorang laki-laki 42 tahun masuk UGD RS karena nyeri perut kanan bawah. Keluhan ini juga disertai demam sejak 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisis umum, tampak sedikit ikterus, temperature 37,9°C. Pada pemeriksaan fisik abdomen, hepar teraba 2 jari bawah arcus costae. Terddapat nyeri tekan pada abdomen kanan atas. Hasil lab menunjukkan peningkatan SGOT dan SGPT. Hasil USG abdomen terdapat gambaran lesi anechoic pada hepar berbatas tegas dengan internal echo. Apakah diagnosis paling tepat untuk pasien ini?
a. Abses hepar
b. Kista hepar
c. Hepatoma
d. Hemangioma hepar
e. Hepatitis

33. Pasien dengan nyeri, menderita Ca. caput pankreas. Telah diberi analgetik, namun nyeri tidak kunjung berhenti. Obat antinyeri kerja cepat yang bisa digunakan?
a. Morfin IV
b. Fentanyl IV

34. Untuk menguji efek aspirin A dan B pada kelompok uji, aspirin A yang diberikan pada kelompok uji tersebut, setelah beberapa hari aspirin B kemudian diberikan pada kelompok uji yang sama. Menggunakan apa untuk ujinya?
a. T-independent test 
b. T-dependent test
c. Chi-Square test
d. Anova test

35. Pasien   datang   ke   UGD,   habis  minum  racun serangga.   Jantung  berdebar,  miosis, hipersalivasi. Antidotum yang dapat diberikan?
a. Ca glukonas
b. Sulfas atropine
c. Epinefrin

36. Pasien datang dengan keluhan gatal-gatal pada sela-sela jari. Hal ini dirasakan pula oleh anggota keluarga yang lain. Pada pemeriksaan terdapat terowongan pada kulit. Obat apa yang diberikan?
a. Gamexan
b. Asam salisil

37. Pasien datang dengan keluhan gatal pada sela-sela jari. Anggota keluarga lain juga menderita hal yang sama. Penularan pada penyakit ini melalui?
a. Sabun mandi
b. Handuk

38. Seorang wanita (N/A (medina) GPA-nya, kawan, afwan) melahirkan seorang bayi. Pada saat yang resusitasi awal, bayi tidak menangis, sianosis, denyut jantung <90x/menit. Penatalaksanaan yang dapat dilakukan?
a. Rangsang taktil
b. VTP
c. Kompresi jantung luar

39. Seorang bayi, berumur 1 bulan(???) datang dengan kejang, mulut mencucu, tidak mau minum ASI. Riwayat melahirkan di dukun beranak. Diagnosis?
a. Tetanus Neonatorum

40. Seorang wanita (N/A (medina) umurnya, masih muda) datang dengan keluhan takut akan darah. Pasien menyadari hal ini tidaklah wajar. Karena ingin masuk sebagai mahasiswa kedokteran, pasien ingin melakukan terapi terhadap penyakitnya ini. Terapi yang sesuai?
a. Terapi desensitisasi
b. Terapi psikodinamik
c. Terapi psikoanalisis
d. Terapi eksposur
e. Terapi kognitif

41. Seorang pria datang dengan keluhan merasa sakit jantung. Dari hasil pemeriksaan fisis dan laboratorium tidak ditemukan adanya kelainan. Akan tetapi, pasien sangat yakin bahwa dia menderita penyakit jantung. Diagnosis pada pasine ini?
a. Gangguan somatisasi
b. Hipokondriasis
c. Gangguan konversi
d. Gangguan citra tubuh

42. Sepasang calon suami-istri ingin melakukan pemeriksaan pra-nikah di dokter. Pada laki-laki didapatkan anemia, hb 9,8 gr/dl, dan dari adt didapatkan eritrosit dengan sel target. Kemudian dari perempuannya didapatkan hal sama. Berapa persen kemungkinan anak mereka yang normal....
a. 0%
b. 25%
c. 50%
d.  75%
e.  100%

43. Seorang anak laki-laki datang dengan keluhan pucat, tampak sklera subiketerik, ada pembesaran hepar 2 jari bac. Riwayat ditransfusi darah beberapa kali karena keluhan yang sama. Dari ADTnya didapatkan sel target. Apa diagnosisnya
a. Anemia defisiensi besi
b. Anemia hemolitik autoimun
c. Anemia megaloblastik
d. Anemia penyakit kronik

44. Seorang laki-laki datang dengan keluhan pucat, letih, lemah. Riwayat di transfusi darah dengan keluhan yang sama. Dari adt didapatkan eritrosit dengan sel target dan bentuk tear drops. Apa diagnosisnya
a. Anemia defisiensi besi
b. Thalasemia
c. Anemia pernisiosa
d. Anemia megaloblastik
e. Anemia penyakit kronik

45. Seorang wanita datang dengan anemia, hb 6,8 gr/dl, leukosit 7000, trombosit 250.000. jenis darah apa yang ditransfusikan...
a. PRC (packed red blood cells)
b. WB (whole blood)
c. FFP

46. Seorang anak laki-laki datang dengan keluhan mata merah, gatal, berair. Tidak ada penurunan penglihatan. Riwayat kontak dengan penderita yang sama disangkal. Ibu memiliki riwayat atopi. Dari pemeriksaan didaptkan injeksi konjungtiva, yang lain dalam batas normal.Apa diagnosanya..
a. Konjungtivitis bakteri
b. Konjungtivitis atopi
c. Konjungtivitis virus
d. Keratitis

47. Seorang laki-laki datang dengan keluhan mata merah, gatal, sekret mukopurulen. Tidak ada penurunan penglihatan. Dari pemeriksaan didapatkan injeksi konjungtiva, didapatkan giant papil di konjungtiva tarsus, yang lain dalam batas normal.apa diagnosanya...
a. Konjungtivitis bakteri
b. Konjungtivitis virus
c. Konjungtivitis vernal
d. Keratokonjuntivitis sicca

48. Seorang laki-laki datang dengan keluhan penurunan penglihatan. Riwayat terkena tumbuhan ketika bekerja. Mata merah, nyeri, silau, terdapat kotoran mata. Dari pemeriksaan didapatkan tampak lesi satelit pada kornea, injeksi kornea, konjungtiva hiperemis, visus 6/72. Apa diagnosanya..
a. Keratitis bakteri
b. Konjungtivitis alergi
c. Keratitis jamur
d. Keratokonjungtivitis

49. Seorang laki-laki 35 tahun datang dengan keluhan penglihatan menurun. V0D 6/60. VOS 6/75, yang lain dalam batas norma. Setelah dikoreksi didapatkan OD S+1.00 dan OS S+1,25. Apa diagnosanya..
a. Hipermetrop
b. Miopia
c. Compound miop astigamat
d. Simple miop astigmat

50. Seorang wanita 55 tahun datang dengan keluhan penglihatan mata kiri menurun sejak 2  hari, disertai nyeri kepala dan mual, muntah. Dari pemeriksaan didapatkan OD lensa keruh, iris shadow (+). OS RC + melambat, lensa keruh, injeksi silier, tes konfrontasi berkurang pada sisi lateral. Apa diagnosanya..
a. OS glaukoma akut + ODS katarak matur
b. OS Glaukoma sekunder akut + ODS katarak imatur

51. Seorang laki-laki 60 tahun datang dengan keluhan penurunan penglihatan. Riwayat HT berobat tidak teratur, dan DM berobat tidak teratur sejak beberapa tahun. VODS 6/75. Dari pemeriksaan fisis tidak didapatkan kelainan. Pemeriksaan apa yang tepat untuk menentyukan diagnosa..
a. Refrktometri
b. Tonometri
c. Keratometri
d. Oftalmoskopi

52. Seorang wanita 55 tahun datang dengan kelihan penurunan penglihatan yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir, tidak ada riwayat trauma. Riwayat DM sejak 20 tahun berobat tidak teratur. Dari funduskopi didapatkan blot dot, cotton wol, tidak ada neovaskularisasi. Apa diagnosanya..
a. Retinopati diabetik proliferatif
b. Retinopati diabetik non-proloferatif
c. Retinopati hipertensi

53. Seorang laki-laki 30 tahun datang dengan keluhan penurunan penglihatan. Riwayat trauma terbentur batu. Dari pemeriksaan fisik didapatkan hifema, perdarahan subkonjungtiva (N/A (medina) yang lain). Pemeriksaan tambahan apa yang tepat dilakukan untuk membantu diagnosa..
a. Refraktometri
b. Kampimetri
c. Keratometri
d. Tonometri

54. Seorang laki-laki 55 tahun datang dengan keluhan bengkak pada ibu jari kaki kiri, nyeri, merah, sejak 3 hari. Hasil lab asam urat 7,0. Apa terapinya..
a. Indometasin + alopurinol
b. Alopurinol + probenecid
c. Indometasin +probenesid
d. Kolkisin + alopurinol
e. Kolkisin + probenecid

55. Seorang laki-laki 45 tahun datang dengan keluhan bengkak dan nyeri pada ibu jari kaki kanan. Asam urat 9,0. Saat ini pasien sedang mengkonsumsi OAT dengan regimen RHZE. Obat apa yang menyebabkan keluhan ini...
a. Rifampicin
b. Isoniazid
c. Pirazinamid
d. Etambutol

56. Seorang perempuan 25 tahun datang dengan keluhan penurunan penglihatan sejak satu minggu. Saat ini pasien sedang mengkonsumsi OAT dengan regimen RHZE. Obat apa yang menyebabkan keluhan ini...
e. Rifampicin
f. Isoniazid
g. Pirazinamid
h. Etambutol

57. Seorang laki-laki dengan riwayat nyeri dada, durasi 2-3 menit ketika sedang beraktivitas. Nyeri berkurang dengan istirhat. Kemudian pasien datang ke dokter untuk memeriksakan keadaannya. Pemeriksaan penunjang apa yang dilakukan untuk menunjang diagnosis....
a. EKG dengan istirahat
b. EKG dengan latihan
c. Ekokardiografi

58. Seorang laki-laki 68 tahun datang ke ugd dengan kesadaran menurun. Pasien  dengan riwayat DM sejak beberapa tahun. Sebelum tidak sadar pasien mengeluh mual, muntah, dan berkeringat dingin. Dari pemeriksaan EKG didapatkan elevasi pada segmens ST di V1-V4, T inverted di V1-V4, dan penurunan gelombang q. Apa diagnosanya..
b. Perikarditis
d. Emboli paru

59. Seorang laki-laki 35 tahun datang ke ugd dengan keluhan lumpuh pada kedua kaki setelah terjatuh setinggi 4 meter. Apa obat yang diberikan..
a. Metilprednisolon dosis tinggi
b. Prednison
c. Deksametason

60. ♀ post partum dan pada vagina terlihat benjolan berwarna merah, permukaan kasar(?) Diagnosis?
a. Inversio uteri
b. Mioma uteri
c. Ruptur uteri

61. ♀ gravid UK: 40 minggu, serasa ingin melahirkan. Kepala sudah masuk di panggul, tampak
di introitus vagina. Termasuk dalam…
a. Kala I fase laten
b. Kala I fase aktif
c. Kala II
d. Kala III
e. Kala IV

62. ♀ gravid dengan keluhan nyeri perut tiba-tiba. TD: 90/palpasi (pokoknya syok), kavum Douglasi menonjol, nyeri goyang porsio. Diagnosis.
a.  KET

63. ♀ gravid (???minggu), perdarahan pervaginam. Syok. Penanganan awal adalah….
a. Pemberian infus
b. Posisi Trandelenburg
c. Transfisu darah

64. ♀ G6P6A0 post SC dengan spinal anestesi atas indikasi gagal drips oksitosin. Penyebab
perdarahan?
a. Ruptur uteri
b. Atonia uteri
c. Laserasi jalan lahir
d. DIC

65. Seorang anak MRS dengan keluhan demam, Rumple Leede test (+), pada feses terdapat bercak kehitaman. Diagnosis?
b. DHF Gr. I
c. DHF Gr. II
d. DHF Gr. III
e. DHF Gr. IV

66. Seorang anak umur 8 bulan, 4 hari tidak BAB. Muntah, perut kembung. RT: BAB menyemprot. Diagnosis?
a. Invaginasi
b. Obstruksi usus atas
c. Obstruksi usus bawah
d. Hirschprung disease

67. Pasien wanita dengan penurunan kesadaran, habis kecelakaan. GCS 3-3-3,  melokalisir nyeri. Posisinya...
a. Dekortikasi
b. Deserebrasi

68. Obat TB yang menyebabkan nyeri sendi dan pergelangan adalah?
a. Pyrazinamid
b. INH
c. Rifampisin
d. Etambutol
e. Streptomisin

69. Seorang laki-laki datang untuk check-up kesehatan. BB: 60 kg. TB: 170 CM. Status gizi pada pasien ini?
a. Underweight
b. Normal
c. Overweight
d. Obes I
e. Obes II
70. Perut kembung, darm contour (+). Penatalaksanaan pasien ini?
a. Pasang NGT
b. Infus cairan

71. Gatal pada badan dengan central healing (+). Diagnosis?
a. Tinea versikolor
b. Tinea corporis

72. Pasien datang dengan keluhan nyeri tekan tragus (+). Membrana Timpani tidak tampak. Diagnosis?
a. OE
b. OMSA
c. OMSK

73. ♂ dengan keluhan penurunan pendengaran. Riwayat keluar cairan waktu kecil, tidak berbau.
Sekarang cairan keluar berbau, purulen, granulasi (+). Diagnosis?
a. OE
b. Ottitis Media Supuratif Kronik
c. OMSA

74. Membuka mata saat dirangsang verbal, bicara meracau, menarik tangan saat dirangsang nyeri. GCS brp?
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10
e. 11

75. Hipertensi dengan DM tipe 1. Obatnya?
a. Penghambat beta
b. Penghambat kalsium
c. ACE-I
d. Diuretik

76. Nyeri pada skrotum (dekstra/sinistra, salah satunya lah), bengkak tiba-tiba saat bangun tidur, Phren sign (+). Diagnosis?
a. Torsio testis Dextra/sinistra
b. Orchitis Dextra/sinistra
c. Epididimitis dextra/sinistra

77. Seorang pria masuk dengan keluhan nyeri akibat ereksi terus-menerus selama 4 jam, ereksi terlihat pada penis, namun tidak pada glans penisnya. Tidak ada gairah seksual, diangnosis pada pasien ini?
a. Priapismus
b. Penyakit peyroni
c. Fimosis
d. Parafimosis

78. Kulit penis dapat tertarik, namun tertahan pada glans penis. Diagnosis?
a. Fimosis
b. Parafimosis
79. Pasien dengan penurunan penglihatan pada mata kanan/kiri, mata merah, terdapat hifema, yang penuh…….penyebab penurunan penglihatan pada pasien ini?
a. Hifema

80. Pasien  dengan  mata  merah,  pada  konjugtiva  palpebra  ditemukan  cooble  stone  app.
Penyebabnya adalah:
a. Virus
b. Bakteri
c. Jamur
d. Alergi

81. Pasien dengan penurunan penglihatan OD -2 D, OS -8 D. Diagnosis pada pasien ini?
a. Hipermetrop
b. Anisometrop
c. Astigmatisme
d. Presbiopia

82. Pasien umur 39 tahun menggunakan kacamata lensa positif. Diagnosis?
a. Hipermetrop
b. Presbiop
c. Astigmatisme
d. Myopia

83. Pasien umur (?) datang dengan penurunan penglihatan. Dikoreksi dengan lensa S-1,00 -> 5/5.   S-1,25 -> 7/5.   S-0.75  -> 5/5. Resep kacamata untuk pasien ini adalah?
a.  -0.75
b.  -1.00
c.  -1.25

84. Pasien dengan penurunan penglihatan tiba-tiba pada mata kiri/kanan disertai nyeri kepala serta mual. Sebelumnya menderita katarak imatur. Pada pemeriksaan tampak BMD dangkal, pupil mid-dilatasi. Pemeriksaan yang digunakan untuk menegakkan diagnosis?
a. Kampimetri
b. Perimetri
c. Gonoskopi
d. Tonometri

85. Hitung nilai negative predictive value.

86. Hitung nilai odds ratio (ingat ad/bc)

87. Hitung persentase kegagalan AKDR (Ada gambarnya) dari bulan Januari-Desember. (Pada gambar, ada 7 pasien yang hamil selama rentang waktu tersebut).
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90

88. Seorang bapak terinfeksi TB. Pasien memiliki 3 anak umur 7 tahun, 5 tahun, 2 tahun. Pemeriksaan apa yang harus dilakukan oleh dokter terhadap anak-anak pasien ini?
a. Foto thoraks
b. Sputum BTA

89. Seorang pasien datang dengan keluhan bercak eritematosa berbatas tegas pada lipatan  paha dikelilingi satelit(+). Apa diagnosis?
a. Tinea korporis 
b.tinea kruris
c.kandidosis intertriginosa

90. Seorang pasien datang dengan keluhan bercak eritematosa berbatas tegas pada lipatan  paha dikelilingi satelit(+).
Pemeriksaan yang dibutuhkan? 
a.lampu wood
b. KOH
c. Pemeriksaan Tzank
91. Pasien datang dengan keluhan lesi bulat pada tubuh berbatas tegas terdiri atas eritem dan skuama.terdapt sentral healing. Apa diagnosisnya?
a. Tinea korporis
b. Tinea kruris
c. Tinea versikolor
d. Kandidiasis

92. Seorang laki-laki datang dengan keluhan terdapat luka pada alat kelamin berbentuk bulat dan dasarnya bersih
Diagnosisnya? 
a.sifilis stadium II
b.ulkus durum

93. Seorng laki-laki datang dengan keluhan terdapat luka pada alat kelamin berbentuk bulat dan dasarnya bersih
Apa penyebab dari penyakit tersebut? 
a.Treponema pallidum
b.Trichomonas

94. Pasien datang dengan keluhan lemah keempat anggota gerak yang dialami 6 jam setelah itu membaik kembali
Diagnosis?
a.Transient Ischemik attack 
b.Perdarahan intraserebral 
c.perdarahan subdural

95. Pasien masuk dengan keluhan nyeri kepala sesisi dirasakan berdenyut. Sebelum  sakit kepala pasien tersebut melihat adanya kilatan?
Diagnosis:
a.tension headache 
b.migren klasik
c.migren tanpa aura.

96. Pasien dengan luka bakar, yang kotor. Terdapat luka sayatan yang besar pada lengannya. Dokter menyuruh perawat untuk memasang infus dan memberikan obat tertentu, sementara dia menjahit luka sayatan tersebut. Apakah hubungan antara dojter-perawat tersebut?
a. Hubungan setara
b. Hubungan hierarki

97. Seorang dokter mengiklankan sebuah produk jamu di tv. Termasuk pelanggaran, karena?
a. Memasarkan produk yang belum diuji evidence-based-nya

98. Seorang perempuan diantar keluarganya ke UGD RS dengan keluhan sering keluar rumah tanpa tujuan dan berbicara terus-menerus. Pada status mental didapatkan penampilan sangat mencolok, memakai lipstick yang berwarna merah terang dengan bedak yang tebal. Kurang  lebih 3 bulan yang lalu, pasien pernah ingin bunuh diri, tidak mau makan, tidak mau berbicara dan tidak mau keluar rumah. Diagnosis yang paling mungkin?
a. Gangguan skizoafektif tipe mania
b. Mania dengan gejala psikotik
c. Depresi dengan gejala psikotik
d. Gangguan bipolar episode kini depresi
e. Gangguan bipolar episode kini mania

99. Beberapa orang karyawan pada sebuah pabril lem perekat sering pingsan tiba-tiba. Pabrik itu memproduksim ethanol, ethernat, etc….gangguan pada karyawan-karyawan tersebut disebabkan?
a. Anemia
b. Udara yang buruk di pabrik

100. Pasien wanita umur 18 tahun dibawa ibunya dengan keluhan penurunan BB yang drastis, disertai tidak haid selama 4 bulan. Pasien menyangkal terobsesi untuk menurunkan BB-nya. pemeriksaan fisis didapatkan kaheksia, TV dalam batas normal. Diagnosis?
a. Bulimia nervosa
b. Anoreksia nervosa

101. Seorang perempuan 40 tahun datang dengan keluhan pusing seperti berputar sejak 5 jam yang lalu, disertai dengan mual, muntah. Dari pemeriksaan fisik didapatkan nistagmus rotatoar. apa penyebab dari keluhan ini..
a. Vertigo perifer
b. Vertigo sentral
c. Labirintitis
d. Tumor otak

102. Seorang anak dengan keluhan demam tinggi, dan menagis kesakitan sambil memegang telinganya. Saat ini anak sedang flu, hidung tersumbat. Apa yang diberikan..
a. Antibiotik + antiinflamasi+dekongestan+parasintesis
b. Antibiotik + antipiretik + analgetik +dekongestan
c. Antibiotik + antipiretik +dekongestan + parasintesis

103. Pasien luka bakar dan kotor. Dokter mau membersihkan luka, dan menyuruh prawat untuk memasang infuse. Pendekatannya?
a. Pendekatan Interpersonal
b. Pendekatan hirarki
c. Pendekatan praktek kedokteran
d. Pendekatan praktek keperawatan

ilustrasi pelaksanaan ukdi ujian kompetensi dokter Indonesia, latihan soal, pertanyaan, dokumen, download, unduh, batch, unduhan, tautan, UKMPPD (Uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter, Ujian kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter, STR, Surat tanda registrasi, Sarjana kedokteran, ijazah, wisuda, SIP, Surat izin praktek, pembahasan,  kunci jawaban, terbaru, terupdate, terkini, IDI, Ikatan dokter Indonesia, link. internship, kolegium, skp, kepaniteraan umum, sumpah dokter, sarjana kedokteran, Sked, bachelor of medical science, sumpah dokter, sumpah hippocrates, sumpah hipokrates, hipokratik


104. Pasien mengeluh sakit perut. Minta disuntik obat. Dokter menolak karena tidak ada indikasi. Pasien histeris. Dokter kemudian member suntikan saline normal. Tindakan yang membenarkan tindakannya?
a. Dokter memberikan obat sesuai indikasi
b. Dokter sudah berusaha melakukan tindakan sesuai prosedur
c. Dokter melakukannya agar pasien tenang
d. Dokter melakukannya untuk menenangkan pasien

105. Dokter promosi obat jamu. Tindakan ini tidak sesuai dengan etika :
a. Dokter mengumumkan penggunaan obat yang belum jelas
b. Dokter tidak sepenuhnya melakukan pengabdian kesehatan

106. Laki-laki kesadaran menurun. Istri hamil 5 bulan. Istri menjelaskan suaminya demam, sering diare. Pemeriksaan ditemukan abses otak. Dokter minta izin istri melakukan ELISA. ELISA (+). Tindakan dokter?
a. Memberitahu istri bahwa suami terkena AIDS
b. Menyuruh istri terminasi kehamilan
c. Memberi tahu istri pemeriksaan lain untuk memastikan diagnosis
d. Mengisolasi pasien
e. Member antibiotic untuk mencegah infeksi

107. Laki-laki kesadaran menurun di ICU. Terpasang ventilator. Pasien sudah diamputasi kedua kakinya karena diabetes mellitus. Menderita DM sejak lama. Diberi insulin 20 IU tapi gula darah tidak turun-turun. Keluarga minta dokter menghentikan ventilator. Dokter melakukan tindakan  tersebut. Yang dilakukan dokter?
a. Euthanasia…
b. Indikasi gagal terapi

108. Wanita hamil 33 minggu. KPD (ketuban pecah dini) 2 jam. Belum ada his. Tindakan?
a. Rawat di rumah beri tablet kortikosteroid dan antibiotic
b. Rawat rumah sakit beri kortikosteroid dan antibiotic
c. Rawat jalan
d. Rawat kamar bersalin dan persiapkan kelahiran preterm

109. Wanita hamil hamil muda, perdarahan pervaginam. Nyeri goyang portio cavum douglasi menonjol
a. KET (kehamilan ektopik terganggu)
b. Abortus inkomplet

110. Wanita hamil tua. Datang ke bidan. Nyeri perut tembu ke belakang disertai perdarahan. Perdarahan sering berulang. Portio : teraba jaringan lunak. Tindakan yang dilakukan?
a. Rujuk ke RS
b. USG

111. In partu. Terlihat kepala di introitus vagina. Diagnosis?
a. Kala I fase aktif
b. Kala I fase laten
c. Kala II
d. Kala III
e. Kala IV

112. Wanita melahirkan. Perdarahan setelah keluar plasenta. Tampak gumpalan daging berwarna kemerahan keluar dari vagina. Diagnosis?
a. Inverse uteri
b. Plasenta dupleks
c. Mioma

113. Wanita melahirkan.  2 jam plasenta belum keluar.  Keluar  darah bergumpal-gumpal membasahi 4 lapis sarung. Penyulit yang paling sering terjadi?
a. Subinvolusi uterus
c. Ruptur uteri


114. Wanita hamil 4 bulan (atau 4 minggu??). Perdarahan. TFU pertengahan pusat dan proc. xyphoideus. Diagnosis?
a. Abortus
b. KET
c. Mola hidatidosa

115. Wanita hamil 24 minggu. Mengeluh rehim tidak membesar. 3 minggu lalu riwayat perdarahan selama 2 hari, yang sembuh dengan sendirinya. TFU 1 jari bawah pusat. DJJ (-). Diagnosis?
a. Abortus inkomplet
b. Abortus komplet
c. Abortus imminens
d. Missed abortion

116. Wanita G6P5A0. Perdarahan massif post partum. Bayi besar. Diagnosa?
a. Atonia uteri

117. Wanita 30 tahun. Menihkah 6 tahun belum punya anak. Terlambah haid 2 bulan. Datang dengan keluhan nyeri perut dan shock. Penatalaksanaan?
a. Histerektomi
b. Salphingetomi
c. Ooforektomi
d. Cystosomi
e. Appendectomy

118. Anak 12 tahun. Datang dengan keluhan bengkak pada mata. Terutama pagi hari. Kemudian bengkak seluruh tubuh. Poteinu urine >3,5 gr/jam. Pada pemeriksaan darah rutin apa yang didapatkan :
a. Hiperkolesteroemia
b. Hiperproteinemia

119. Anak 4 tahun. Datang keluhan bengkak pada mata. Terutama pada pagi hari. Berkurang pada sore hari. Disertai bengkak seluruh tubuh. Pemeriksaan urine ada eritrosit 4-5, leukosit 4- 5, protein (N/A (medina)). Apa yang menyebabkan:
a. Peningkatan perfusi glomerulus
b. Penurunan tekanan hidrostatik glomerulus
c. Peningkatan tekanan hidrostatik Kapsula Bowman
d. Penurunan tekanan onkotik glomerulus
e. Peningkatan aktivitas hormone anti diuretic.

120. Anak dibawa ibunya dengan keluhan pucat dan lemah badan. Pemeriksaan darah MCV 76, MCH 25, MCHC 30. Diet apa yang perlu ditambahkan?
a. Besi
b. Asam folat

121. Wanita keluhan pucat dan lemah badan. Didapatkan saturasi transferin 15%,  feritin serum 5 ug/dl. Apa penyebabnya?
a. Iron depletion
b. Iron deficiency anemia

122. Anak dengan keluhan keluar darah dari hidung. Nyeri pada mata, kepala, dan punggung. Pada feses ada bintik-bintik warna hitam. Rumple Leede (+). TD 100/70 mmHg.  Nadi 100x/menit. Diagnosis:
a. DBD I
b. DBD II
c. DBD III
d. DBD IV

123. Seorang anak 1 bulan dibawa ibunya ke dokter karena bibir sumbing. Yang dilakukan dokter:
a. Menjelaskan tentang penyaktinya dan merujuk ke dokter bedah mulut
b. Menjelaskan tentang penyakitnya dan mengatakan harus dioperasi secepatnya
c. Menjelaskan tentang penyakitnya dan mengatakan agar dioperasi setelah umurnya 10 tahun
d. Menjelaskan tentang penyakitnya dan merujuk ke RS yang ada dokter bedah plastic

124. Seorang anak dengan keluhan muntah-muntah warna hijau. Didapatkan peristaltic meningkat. Diagnosis?
a. Ileus obstruktif letak rendah
b. Ileus obstruktif letak tinggi
c. Volvulus
d. Invaginasi

125. Seorang anak dengan keluhan perut kembung. Sebelumnya konstipasi 4 hari. Setelah itu feses keluar menyemprot. Diagnosis?
a. Hirschprung
b. Atresia

126. Anak dibawa ibunya dengan keluhan biru seluruh tubuh bila menangis. Pada pemeriksaan didapatkan bising jantung. Pemeriksaan yang paling tepat disarankan?
a. EKG
b. Foto thorax
c. Echo

127. Seorang anak sering tersedak. Sesak napas. Berkurang bila berubah posisi. Diagnosis?
a. Laryngomalacia

128. Seorang anak diare. Nadi 132x pernapasan 39x. tampak lesu. Turgor kembali lebih 3 detik. BAK terakhir 6 jam yang lalu dan kesan kurang. Keadaan pada anak ini?
a. Dehidrasi ringan
b. Dehidrasi ringan-sedang
c. Dehidrasi sedang
d. Dehidrasi sedang berat

129. Wanita meninggal di kereta api. Ada lesi berwarna putih ukuran 2x3 di jantung. Hepar berwarna gelap. Penyebab kematian?
a. Infark miokard
b. Aterosklerosis
c. Thrombus

130. Pria meninggal tergantung. Lebam di kaki. Kaku lengkap seluruh tubuh. Belum ada tanda-tanda pembusukan. Perkiraan waktu kematian?
a. < 6 jam
b. 6-18 jam
c. > 24 jam

131. Trauma kepala akibat KLL. GCS 3-3-3. (panjang soanya, tapi nda pentingji). Keadaan apa yang terjadi berkaitan dengan motorik pasien ini?
a. Menunjuk lokasi nyeri
b. Menghindari lokasi nyeri
c. Dekortikasi
d. Deserebrasi

132. Trauma akibat KLL. Hematom di belakang telinga. Keluar darah bercampur cairan bening dari liang telinga. Tanda halo positif. Pada foto tampak fraktur linoer os temporal. Mata terbuka spontan, bicara…, menunjuk lokasi nyeri (N/A (medina), yang jelas GCSnya itu 13). Diagnosis?
a. Trauma kepala sedang + Battle sign+ fraktur liner os temporal
b. Trauma kepala berat + Battle sign + Ottore + Fraktur liner os temporal
c. Trauma kepala sedang + ottore + fraktur linear os temporal

133. Trauma KLL. Rhinore massif + brill hematom. GCS (Glasgow coma scale) 15. Penatalaksanaan?
a. Bebaskan jalan napas
b. Pasang tampon
c. Suction berkala
d. Nebulisasi

134. Trauma KLL. Mata membuka bila dipanggil. Menghindari bila dirangsang nyeri. Bicara meracau. GCS (Glasgow coma scale)?
a. 11
b. 10
c. 9
d. 8
e. 7

135. Trauma KLL. GCS 7. RR n. HR n. TD n. Penatalaksanaan?
a. Pasang IV line
b. Pasang oksigen
c. ETT
d. Ventilator

136. Mata gatal. Berair. Pada konjungtiva tampak cobble stone app. Penatalaksanaan?
a. Koritkosteroid
b. Antibiotic
c. Antijamur
d. Antihistamin

137. Mata merah. Penurunan visus. Fluorescence tampak lesi dendritik. Penyebab:
a. Infeksi virus
b. Infeksi Chlamydia
c. Infeksi bakteri

138. Mata merah. Visus menurun. Fluorenscence tampak lesi satelit. Diagnosis:
a. Ulkus kornea jamur
b. Ulkus kornea virus

139. Pasien kena matanya bola bulu tangkis. Sejak 3 hari lalu penglihatan menurun. Tampak hifema pada BMD. Lensa dan funduskopi sulit dinilai. Apa yang menyebabkan penurunan penglihatan?
a. Hifema

140. Pasien mengeluh penglihatannya menurun. 3 hari lalu ada luka lecet pada palpebra.  Pada pemeriksaan didapatkan mata yang cedera tidak dapat menutup rapat. Penyebab penurunan penglihatan?
a. Keratitis exposure
b. Cedera palpebra

141. Pria 70 tahun. Mendadak tidak bisa melihat. Ophtalmoskop normal. Fundus tidak ada kelainan. Tidak ada tanda lateralisasi. Penyebab kebutaan?
a. Glaucoma
b. Papil edema
c. Papilitis
d. Lesi chiasma
e. Stroke occipital

142. Anak matanya kabur. Dengan S-1 visus 5/5. S-0,75 visus 5/5 (banyak lensa dipakai, tapi Cuma ini yang visusnya 5/5). Jadi lensa yang dipakai?
a.  -1
b.  -0,75
c.  -0,5
d.  -1,25

143. Anak matanya kabur. Mata kiri S-8. Mata kanan S-2. Kelainan ini merupakan?
a. Ansimetrop
b. Hiermetropi
c. Heterotrop

144. Pria. Riwayat keluar cairan dari telinga. Mula-mula cairan biasa. Kemudian cairan  menjadi berwarna kuning dan berbau. Sekarang datang dengan keluhan wajah mencong. Pada pemeriksaan ototskopi didapatkan jaringan granulasi. Diagnosis?
a. OMSA (otitis media supurativa akut)
b. OMSK (otitis media supurativa kronis)
c. Kolesteatoma
d. Keganasan

145. Anak-anak. Sering bersin dan pilek pagi hari. Concha hipertrofi dan berwarna merah gelap. Penyebab?
a. Rhinitis alergi
b. Rhinitis vasomotor
c. Rhinitis influenza
d. Polip

146. Seorang laki-laki 20 tahun dengan mimisan berulang. Dialami sejak 13 tahun. Pemeriksaan ototskopi tampak massa merah gelap. CT-Scan menunjukkan massa nasofaring yang menonjol ke kavum nasi. Diagnosis?
a. KNF
b. Angiofibroma nasofaring juvenile
c. Polip

147. Laki-laki sebelumnya patah tulang paha 1 bulan lalu. Dibawa ke dukun. Sekarang datang dengan keluhan bengkak pada paha. Pemeriksaan radiologis tampak reaksi periosteal minimal, lesi osteolitik dan osteosklerotik, tampak garis fraktur. Diagnosis?
a. Osteosarcoma dengan fraktur patologis
b. Osteomielitis pasca fraktur

148. Anak-anak 10 tahun. Gatal-gatal tangan dan kaki. Saudaranya juga. Pengobatan?
a. Permetrin
b. Gameksan
c. Kloratepitol
d. Sulfur…

149. Anak-anak dibawa ibunya dengan koreng pada kaki. Sebelumnya tidak ada gelembung. Tampak krusta dengan dasar kotor.
a. Impetigo bullosa
b. Impetigo krustosa

150. Laki-laki gatal-gatal pada malah hari. Adeknya juga kena. Penyakit ini ditularkan melalui:
a. Kontak langsung
b. Alat makan
c. Sabun mandi
d. Gigitan serangga

151. Laki-laki. Gatal-gatal pada malam hari. Teman kamarnya juga. Penyebab:
a. Scabies
b. Tinea

152. Perempuan dengan bercak kemerahan. Semula tampak kemerahan berbentuk lonjong di atas pusar. Diberi obat tidak mau hilang. Sekarang tampak bercak-bercak merah di dada dan punggung dan tampak meninggi. Diagnosis?
a. Pitiriasis rosea
b. Tinea corporis

153. Laki-laki. Bercak-bercak merah. Tampak macula eritem dengan skuama di atasnya da mati rasa. Diagnosis?
a. Tinea versicolor
b. Morbus Hansen

154. Laki-laki. Minum obat lepra 2 bulan. Pada pemeriksaan tampak macula eritem multiple. Bakteri morfologi 5%. Pembengkakan nervus medianus dan nervus auriculairs. Granuloma pada hampir sepanjang nervus. Diagnosis?
a. Pure neuritis leprosy
b. Lepra tuberkuloid
c. Reaksi reversal

155. Laki-laki. Gatal-gatal. Sudah diberi obat tapi gatal lagi. Lokasi di kedua punggung kaki. Tampak likenifikasi dan erosi. Diagnosis?
a. Neurodermatitis
b. Tinea pedis

156. Gatal-gatal di lipat paha. Tampak lesi satelit. Diagnosa?
a. Kandidiasis intertrigenosa
b. Tinea cruris

157. Gatal-gatal di lengan. Macula eritem dengan central healing.
a. Tinea corporis
b. Psoriasis

158. Gatal dan kemerahan. Diberi salep putih, tablet hijau, dan tablet kuning. Gatal berkurang tapi lesi menetap. Macula merah keunguan disertai skuama di ekstensor lengan. Pengobatan apa lagi?
a. Korteikosteroid
b. Antijamur
c. Antihistamin

159. Gatal-gatal di badan. Tampak lesi satelit. Pemeriksaan?
a. Tes KOH
b. Tes lampu wood
c. Tes Tzanck

160. Wanita menglueh nyeri dan pegal pada dada. Tampak vesike-vesikel di bawah payudara. Diagnosis?
a. Herpes simplex
b. Hepes zoster
c. Varicella
d. Tinea corporis

161. Pria keluar nanah dari OUE. Tampk bakteri diplococcus gram negative berpasangan. Penyebab?
a. Trichomoniasis
b. Neisseria go
c. Treponema pallidum

162. Wanita, keputihan. Berbau. Vagina kemerahan. Tampak organism berflagella.
a. Trichomoniasis
b. Treponema pallidum
c. Candida

163. Pria mengeluh luka yang nyeri pada kemaluan. Tampak coccus. Penyebab?(N/A (medina), penyebabnya ulkus molle)

164. Seorang laki-laki 20 tahun datang ke ugd rs dengan nyeri buah zakar kiri, nyeri timbul tiba-tiba waktu bangun tidur di pagi hari. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tanda phren positif. Apa diagnosisnya?
a. Parafimosis
b. Torsio
c. Orkitis
d. Epididimitis
e. Priapismus
165. Seorang laki-laki 20 tahun datang ke ugd rs dengan nyeri buah zakar kiri, nyeri timbul tiba-tiba waktu bangun tidur di pagi hari. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tanda phren positif. Apa diagnosisnya?
a. Epididimorchitis
b. Torsio

166. Seorang laki-laki 20 tahun datang ke rs dengan keluhan ereksi terus menerus tanpa hasrat seksual. Apa diagnosisnya?
a.  Priapismus

167. Seorang anak 6 tahun dibawa ibunya ke puskesmas/rs dengan bengkak pada ujung penis dan nyeri. Pada pemeriksaan fisik kulit tampak tertarik ke atas dan tidak dapat dikembalikan. Apa diagnosisnya?
a. Fimosis
b. Parafimosis

168. Pasien datang ke IRD datang dengan riwayat kecelakaan beberapa ……. yang lalu, kemuadian pasien datang dengan.. pada pemerikssan didapatkan osteolitik, osteosklerotik, reaksi perosteal minimal, apa diagnosis?

169. Seorang laki-laki datang ke poli dgn keluhan pembesaran pada skrotumnya, yang tidak disertai rasa nyeri serta tidak terjadi gangguan seksual . Pada palpasi ditemukan skrotum membesar lunak, kistik, transluminasi tes (+). Penyakit  apa yang diderita pria ini??
a. Varikokele
b. Hidrokel
c. Seminoma
d. Hernia skrotalis
e. Orkitis

170. Seorang perempuan datang ke poli dengan keluhan nyeri perut sejak tadi malam bersifat hilang timbul menyebar ke selangkangan. Paginyanya pasien mengeluh kencing warna merah. Apa diagnosisnya?
a. Ureterolitiasis
b. Pyelonefritis

171. Seorang perempuan datang dengan keluhan benjolan di payudara, nyeri timbul menjelang haid, pemeriksaan fisik: kenyal, batas tidak tegas, mobile

172. Seorang laki-laki MRS dengan lumpuh kedua kaki setelah jatuh dari pohon 1 jam yang lalu, pasien jug mengeluh tidak dapat kencing. Pada pemeriksaan didapatkan paraplegia dan retensi urin. Bagaimana penatalaksanaan yang tepat?
a. Dirawat inap dan diberikan metalprednisolon dosis tinggi
b. Dirawat inap dan diberikan prednisone 3x5mg
c. Dirawat inap dan diberikan dexamethasone 3x10mg
d. Dirawat jalan dan diberikan metilprednisolon 3x16mg
e. Dirawat jalan dan diberikan prednisone 3x5 mg

173. Seorang laki-laki 24 tahun ke poli dengan keluhan nyeri punggung bawah, hal ini setelah kecelakaan. Pasien merasa nyeri jika melangkah. Ada gambar radiologix. Apa diagnosisnya?
a. Spondilosis
b. Spondilitis
c. Spondilisis
d. Spondilolistesis
e. Spondiloarthrosis

174. Seorang bayi dibawa ke rs dengan keluhan berupa benjolan pada bagian lumbal. Pada pemeriksaan didapatkan defek pada penutupan neural tube di daerah lumbaosakral. Apakah penyebab kelainan ini?
a. Kekurangan pemberian Fe waktu hamil
b. Kekurangan pemberian asam folat waktu hamil
c. Kelebihan konsumsi alcohol waktu hamil
d. Infeksi toxoplasma waktu kehamilan
e. Genetik

175. Sama soal diatas tentang spina bifida. Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian asam folat. Kapan waktu terbaik pemberian asam folat?
a. Trimester I
b. Trimester II
c. Trimester III
d. Sesaat sebelum melahirkan
e. Sebelum menikah

176. Seorang laki-laki ke poli dengan keluhan sulit berjalan. Hal ini terjadi setelah kecelakaan  dan lutut membentur dashboard mobil. Pada pemeriksaan didapatkan orang tersebut tidak  dapat melakukan dorsofleksi pedis. Apakah penyebab kelainan ini?
a. Lesi N. Tibialis
b. Lesi n. peroneus
c. Lesi N.ischiadicus
d. Lesi M.spinalis setinggi L5
e. Lesi M.spinalis setinggi S1

177. Seorang laki-laki 50 tahun datang ke ugd dengan keluhan lemah pada kaki sebelah kanan , lengan kanan jg lemah, pasien jg mengeluh penurunan penglihatan. Ada riwayat DM, hipertensi. Pada pemeriksaan didapatkan hemiplegia dan hemianopsia dextra. Pemeriksaan apa yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis?
a. CT scan kepala
b. Foto Kepala
c. EKG
d. EEG
e. Tes transmisi saraf

178. Seorang laki-laki 42 tahun ke poli dengan keluhan sulit BAB, riwayat BAB berdarah sebelumnya. Pada colok dubur tidak didapatakan massa, darah (+). Ada gambaran radiologinya foto barium enema  ( apple core sign). apa diagnosisnya ?
a. Tumor colon
b. Invaginasi
c. Divertikel
179. Laki-laki masuk dengan perut kembung, sudah 4 hari tidak kentut dan tidak BAB, pada pemeriksaan fisis didapatkan distensi abdomen, peristaltic meningkat. Ada foto gambaran klinisnya ( darm contour) , ada juga gambaran radiologi foto polos abdomen (herring bone sign). Apa diagnosisnya?
a. Ileus paralitik
b. Ileus obstruktif

180. Anak-anak 8 tahun datang dengan keluhan tidak BAB 3 hari, tidak kentut, perut kembung, 3 hari di observasi pemeriksaan RT BAB menyemprot. Apa diagnosis ?
a.  Hirschprung

181. Anak-anak 5 tahun datang dengan tidak BAB beberapa hari, perut kembung, muntah, riwayat pengeluaran mekonium terlambat. Kadang2 BAB menyemprot. Apa penatalaksanaannya?
a. Pasang NGT
b. Pasang infuse
c. Rujuk untuk pembedahan

182. Wanita 65 tahun jatuh dengan tangan menopang. Pada pemeriksaan fisis didapatkan deformitas (+), nyeri tekan (+), nyeri sumbu (+), apa diagnosisnya ?
a. Fraktur  Colles
b. Fraktur  Montegia
c. Fraktur  Galeazzi
d. Fraktur  Radius-ulna

183. Pasien datang ke iRD post kecelakaan lalu lintas, dilakukan pemeriksaan neurologis yaitu dipanggil membuka mata, bicara meracau, menepis jika diberi rangsangan nyeri. Hitung GCS ?
a. 7
b. 10
c. 11
d. 5
e. 6

184. Pasien masuk ke UGD post kecelakaan lalu lintas pada pemeriksaan neurologis mata tidak membuka dengan rangsang nyeri, flexi normal, bicara mengerang, berapa GCS?
a. 6
b. 7
c. 11
d. 10
e. 13

185. Seorang ibu membawa anak 10 bulan ke UGD karena sesak napas, tersedak, setelah makan kacang sambil bermain, apa yang harus dilakukan?
a. Back blow
b. Abdominal thrust
c. Heimlich maneuver
d. Pasang nasofaringeal tube

186. Seorang laki-laki sedang di restoran dan tiba-tiba tersedak makanan. Anda adalah stau- satunya  dokter  yang ada disana. Anda  sudah menyuruh  orang tersbeut untuk  batuk sekeras-kerasnya tetapi sumbatan belum keluar. Apa yang harus anda lakukan sebagai dokter sebelum dibawa ke rumah sakit?
a. Jika kelihatan pada mulut, makanan diambil dengan jari.
b. Heimlich maneuver
c. Triple airway maneuver
d. Pasang nasofaringeal tube

187. Seorang perempuan mengeluh nyeri pada bahu, setelah …… pada pemeriksaan fisis ditemukan fleksi, adduksi, dan eksorotasi lengan. Apa diagnosis?
a. Dislokasi bahu anterior
b. Dislokasi bahu posterior

188. Seorang laki-laki mengeluh bengkak pada pergelangan tangan dan sulit menggerakkan jari-jari dan pergelangan tangan. Hal ini terjadi setelah kecelakaan. Pada pemeriksaan fisis didapatkan nyeri tekan (+). Pemeriksaan apa yan dibutuhkan?
a. Foto brachium
b. Foto cubitus
c. Foto 1/3 proximal antebrachii
d. Foto wrist
e. Foto manus

189. Ibu membawa bayi umur 1bulan dengan kelainan ada defek pada bibir, gusi dan langit- langit. Sebagai dokter puskesmas apa yang dilakukan?
a. Menjelaskan penyakit dan rujuk ke bedah mulut
b. Menjelaskan penyakit dan rujuk segera untuk dioperasi
c. Menjelaskan penyakit dan dirujuk ke bedah plastic
d. Menjelaskan penyakit dan menunggu 10 tahun untuk dioperasi
e. Segera rujuk ke rumah sakit terdekat

190. Pasien datang dengan kelemahan pada tungkai kiri tiba-tiba, parese n.VII dan XII tipe sentral dimana letak lesinya?
a. Hemisfer cerebri sinistra
b. Hemisfer cerebri dextra
c. Lesi M.spinalis setinggi L5

191. Seorang pria 25 tahun datang ke ugd akibat luka bacok 2 cm pada dada sebelah kanan. Pada pemeriksaan fisik pasien sadar tanda vital 120/70, yang lain dalam batas normal. 30 menit kemudian pasien tiba-tiba merasa sesak.Tanda vital 90/50mmHg, nadi 130x/i, pernapasan 35x/i.Pada pemeriksaan fisik, gerakan dada sebelah kanan terlambat, auskultasi didapatkan paru kanan hipersonor, suara auskultasi pernapasan menghilang. Apa tindakan yang harus dilakukan segera?
a. Pasang kasa 3 sisi
b. WSD
c. Nebulizer
d. Needle thoracosintesis
e. Resusitasi cairan

192. Seorang pria, 35 tahun, datang ke UGD setelah KLL (kecelakaan lalu lintas) dengan keluhan sesak nafas. Pada dada kanan ditemukan luka memar, sebelah kiri normal.Pada pemeriksasaan fisik ditemukan fraktur costa  3  dan  4  lateral  kanan.Pada  perkusi  didapatkan  pekak.Pada foto  thorax  didapatkan perselubungan homogen pada hemithorax kanan, trakea terdorong kearah kiri.Corakan vaskuler normal. Diagnosis:
a. Pneumothorax kiri
b. Pneumothorax kanan
c. Atelectasis kiri
d. Hematotorax kanan
e. Hematotorax kiri

193. Seorang pria, 35 th, datang ke UGD setelah KLL dengan keluhan sesak nafas. Pada dada kanan ditemukan luka memar, sebelah kiri normal.Pada pemeriksasan fisik ditemukan fraktur costa 3 dan 4 lateral kanan. Pada perkusi didapatkan pekak. Pada foto thorax didapatkan perselubungan homogen pada hemithorax kanan, trakea terdorong kearah kiri.Corakan vaskuler normal. Penanganan:
a. WSD kiri
b. WSD kanan
c. ETT

194. Seorang pria datang post KLL dengan keluhan nyeri perut. Pada pemeriksaan didapatkan T 80/60, N: 125, P:35. Didapatkan distensi perut dan direncanakan laparotomy eksplorasi.Termasuk ASA berapa:
a. I a
b. I E
c. II e
d. III E
e. IV E

195. Seorang pria datang post KLL dengan keluhan nyeri pada paha kanan. Pada T: 90/60, N: 120, P:30. Pada pemeriksaaan fisik didapatkan hematom luas pada paha kanan, CRT melambat, turgor menurun. Sebutkan penanganan awal:
a. Resusitasi cairan
b. Pasang splint
c. Pemberian oksigen

196. Seorang wanita post KLL dibawa ke UGD dengan perdarahn pada wajah. Pada saat pemeriksaan didaptkan perdarahan pada hidung dan mulut. T: 110/70, yang lain dbn. Ditemukan suara berkumur. GCS: E3M4v1. Penanganan:
a. Resusitasi cairan
b. ETT
c. NGT
d. Collar neck

197. Seorang anak jatuh dari ketinggian 5 m dengan tangan menumpu tanah terlebih dahulu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan bengkak pada lengan atas dengan sumbu nyeri, pada lengan bawah terdapat luka terbuka 4 cm. Penanganan pertama:
a. Bersihkan luka
b. Imobilisasi
c. Pemberian analgetik
d. Pemberian antibiotik
e. Pemberian sedasi
198. Seorang pria post KLL di jalan tol dengan keluhan nyeri wajah.Tanda vital dbn (dalam batas normal). Pasien masih bisa membuka mata dengan nyeri, bisa melokalisir nyeri, tetapi tdk bisa mengeluarkan suara. Penanganan pertama:
a. Mencari luka di  tempat lain
b. Melakukan foto kepala untuk mencari fraktur
c. Melakukan airway dan c spine control
d. Ventilasi mekanik
e. Resusitasi cairan

199. Seorang pria 20 tahun datang ke UGD setelah main bola dengan nyeri pada bahu akibat jatuh. Pada pemeriksaan fisik didapatkan bahu fleksi, abduksi, dan eksorotasi. Apa komplikasi :
a. Claw hand
b. Drop hand
c. Lesi nervus axilaris
d. Non union

200.      Pria usia 36 tahun datang ke IGD dengan (medinaukdi.com) keluhan sesak napas. Riwayat KLL 1 jam yang lalu. Pemeriksaan fisik didapatkan TD: 100/60 mmHg, nadi: 50 kali/menit, respirasi 30 kali/menit, suhu : 370C. gerakan napas thorax kanan tertinggal, suara napas menghilang pada thorax kanan. Perkusi redup pada thorax kanan. Pada foto rontgen ditemukan gambaran radioopaque pada thorax kanan. Apa penanganan yang tepat?
a. Pasang kasa tiga sisi
b. water sealed drainage
c. Observasi
d. Toracentesis
e. Oksigen



Kata kunci pencarian : UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), latihan soal, pertanyaan, dokumen, download, unduh, batch, unduhan, tautan, UKMPPD (Uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter, Ujian kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter, STR, Surat tanda registrasi, Sarjana kedokteran, ijazah, wisuda, SIP, Surat izin praktek, pembahasan,  kunci jawaban, terbaru, terupdate, terkini, IDI, Ikatan dokter Indonesia, link, pdf, .pdf, doc, .doc, ,.docx, internship, kolegium, skp, kepaniteraan umum, sumpah dokter, sarjana kedokteran, Sked, bachelor of medical science, sumpah dokter, sumpah hippocrates, sumpah hipokrates, hipokratik

medical email icon

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terbaru

Bergabunglah dengan komunitas kami

Silahkan Like di Facebook untuk mengikuti perkembangan artikel baru

Entri Populer

Untuk Berlangganan Melalui Pemberitahuan Email

Kehidupan yang bermanfaat adalah kehidupan hebat

Ilmu adalah kunci kemajuan

Back to Top

Terima Kasih Telah Berkunjung

Pencarian untuk website ini silahkan ketik di bawah

Diberdayakan oleh Blogger.